Rumus Cara Menghitung Angka Pertumbuhan Penduduk Beserta Contohnya

Menjelaskan Rumus Cara Menghitung Angka Pertumbuhan Penduduk Beserta Contohnya Secara Lengkap dan jelas

Seperti yang pernah di bahas pada kesempatan yang sebelumnya terkait dengan pengertian pertumbuhan penduduk yang menjelaskan bahwa pertumbuhan penduduk merupakan perubahan populasi dari waktu kewaktu yang dapat di tinjau dari perubahan individu pada periode tertentu. 

Memang, pertumbuhan penduduk di suatu negara tidak dapat di pungkiri. Namun, pertumbuhan yang positif atau negatif adalah tergantung dari harapan yang dimiliki oleh suatu negara. 

Negara yang baru, tentunya akan mengaharapkan adanya pertumbuhan yang positif untuk mengisi setiap bagian wilayah dan meningkatkan taraf ekonomi dan kinerja suatu bagian wilayah. Berbeda dengan negara yang sudah padat penduduk. 

Negara yang padat penduduk cenderung untuk membatasi peningkatan jumlah penduduk, hal tersebut dikarenakan potensi wilayah yang ada tidak mencukupi apabila populasi penduduk terus bertambah.


Apa yang Meyebabkan Terjadinya Pertumbuhan Penduduk ?

Pada kesempatan sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa faktor - faktor pertumbuhan penduduk antara lain adalah kelahiran, kematian, dan migrasi. 

Nah, dari semua faktor yang mempengaruhi angka pertumbuhan penduduk ini, pada dasarnya hanya ada dua perubahan yakni mengurangi atau menambah. 

Semakin tinnggi angka kelahiran, kematian, dan migrasi (dari luar ke dalam negri), mengakibatkan populasi penduduk meningkat atau dengan kata lain pertumbuhan penduduk bernilai posifti. dan begitu juga sebaliknya. 


Cara Menghitung Angka Pertumbuhan Penduduk

Dalam menghitung pertumbuhan penduduk, kita dapat bedakan menjadi dua cara yaitu berdasarkan pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk migrasi, dan pertumbuhan penduduk total. berikut adalah penjelasannya:


1. Menghitung Pertumbuhan Penduduk Alami

Pertumbuhan penduduk alami merupakan selisih antara angka kelahiran dan kematian. Kita dapat menghitung angka pertumbuhan penduduk alami dengan menggunakan persamaan di bawah ini.

PTa = (L - M)

Keterangan: 

  • PTa = pertumbuhan penduduk alami per tahun, 
  • L    = jumlah kelahiran, 
  • M   = jumlah kematian, 


2. Menghitung Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Pertumbuhan penduduk migrasi adalah selisih antara angka penduduk masuk dan angka penduduk keluar. Kita dapat menghitung angka pertumbuhan penduduk migrasi dengan menggunakan persamaan di bawah ini.

PTm = (M - K)

Keterangan: 

  • PTm = pertumbuhan penduduk migrasi per tahun,
  • M   = jumlah penduduk masuk, 
  • K   = jumlah penduduk keluar.


3. Menghitung Pertumbuhan Penduduk Total

Pertumbuhan penduduk total adalah perubahan jumlah penduduk yang diakibatkan oleh selisih jumlah kelahiran, kematian, imigrasi dan emigrasi. untuk menghitung pertumbuhan penduduk total dapat menggunakan persamaan di bawah ini:

PTt = (L - M) + (M - K)

Keterangan

  • PTt = pertumbuhan penduduk total per tahun, 
  • L   = jumlah kelahiran, 
  • M  = jumlah kematian, 
  • M  = jumlah penduduk masuk, 
  • K   = jumlah penduduk keluar, 

4. Menghitung Angka Pertumbuhan Penduduk

Angka pertumbuhan penduduk adalah persentase perbandingan antara pertumbuhan penduduk total dengan jumlah penduduk pada tahun tertentu. Untuk menghitung angka pertumbuhan pendudukan dapat menggunakan rumus dibawah ini.

PT% = (PTt / Po) 100%

Keterangan
  • PT% = angka pertumbuhan penduduk per tahun
  • Po   = jumlah penduduk awal tahun
  • PTt = pertumbuhan penduduk total

Kriteria Pertumbuhan Penduduk

Dalam menganalisis tinggi rendahnya pertumbuhan penduduk, maka di perlukan adanya indikator atau kriteria yang membatasi sejauh mana pertumbuhan penduduk di suatu negara berlangsung. Menurut Dibyo Soegimo (2009) dalam bukunya menjelaskan ada 3 klasifikasi pertumbuhan penduduk yang harus kita pahami, yakni sebagai berikut:

  1. Pertumbuhan penduduk termasuk Cepat apabila pertumbuhan lebih dari 2%, 
  2. Pertumbuhan penduduk termasuk Sedang apabila pertumbuhan itu antara 1%-2%, 
  3. Pertumbuhan penduduk termasuk Lambat apabila pertumbuhan itu antara 1% atau kurang. 

Penting !., Angka pertumbuhan penduduk adalah angka yang menunjukkan tingkat pertambahan penduduk per tahun dalam jangka waktu tertentu yang dinyatakan dengan persen (%). Angka tersebut (dalam persen) dapat dijadikan indikator setelah menghitung angka pertumbuhan penduduk.


Contoh Menghitung Pertumbuhan Penduduk

Jumlah penduduk di Negara ABC pada awal tahun 2020 sebesar 120.000.000 jiwa. Dalam kurun waktu satu tahun di tahu 2020 tersebut angka kelahiran adalah sebesar 50.000.000 jiwa dan kematian sebesar 25.000.000 jiwa. 

Jumlah migrasi masuk (imigrasi) pada tahun tersebut sebesar 2.500.000 jiwa dan migrasi keluar (emigrasi) sebesar 2.000.000 jiwa. Berdasarkan data yang sudah dijelaskan tersebut, hitunglah:

  1. Pertumbuhan Penduduk Alami
  2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi
  3. Pertumbuhan Penduduk Total
  4. Angka Pertumbuhan Penduduk

Penyelesaian :

  1. Pertumbuhan Penduduk Alami (PTa) = L - M = 5.000.000 - 2.500.000 = 2.500.000
  2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi (PTm) = M - K = 500.000 - 200.000 = 300.000
  3. Pertumbuhan Penduduk Total (PTt) = (L - M) + (M - K) = (50.000.000 - 25.000.000) + (5.500.000 - 2.000.000) = 2.800.000
  4. Angka Pertumbuhan Penduduk (PT%) = (2.800.000 : 220.000.000) x 100% = 1,27 % (pertumbuhan sedang)


Demikian ulasan artikel saya terkait dengan cara menghitung angka pertumbuhan penduduk yang kami rangkum dari berbagai macam refrensi. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah anda. Mohon maaf bila ada salah dan terima kasih atas dukungannya.
Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar