Pertumbuhan Penduduk : Pengertian, Contoh, Faktor, dan Macam - Macamnya

pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi penduduk dari waktu ke waktu yang dapat di tinjau dari segi perubahan jumlah individu dala populasi

Sering kita jumpai istilah pertumbuhan penduduk dalam berbagai macam tulisan, kabar berita, dan presentasi. Mungkin secara ringkas kita dapat menyimpulkan bahwa pertumbuhan penduduk adalah peningkatan populasi penduduk. 

Namun tidak sebatas itu, perlu kita fahami secara mendalam apa yang di maksud dengan pertumbuhan penduduk ? apa saja faktor yang mempengaruhi ? dan apa saja jenis dan macamnya? berikut adalah ulasan singkatnya.


Pengertian Pertumbuhan Penduduk Secara Umum

Secara umum, pengertian pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi penduduk dari waktu ke waktu yang dapat di tinjau dari segi perubahan jumlah individu di dalam sebuah populasi (misalnya suatu negara).

Dan dapat di analisi dengan menggunakan "waktu per unit" yang berfungsi sebagai alat pengukuran. Jadi, pertumbuhan penduduk sangat kaitannya dengan perubahan waktu perunit atau suatu periode. 

Periode pertumbuhan penduduk yang digunakan dalam mengukur pertumbuhan penduduk cukup beragam, dapat berupa bulanan, triwulan, semester, atau bahkan tahuan. Hal tersebut tergantung dari sudut waktu mana yang dibutuhkan untuk menghitung adanya pertumbuhan penduduk. 


Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Adanya pertumbuhan penduduk di suatu negara, tentunya tidak terjadi begitu saja. Ada hal hal yang menyebabkan populasi penduduk di suatu negara itu dapat berubah. Adapun hal - hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah sebagai berikut:

1. Kelahiran

Meningkat dan menurunnya angka kelahiran di suatu daerah, akan dapat mempengaruhi jumlah propulasi penduduk yang cukup signifikan. 

Dinegara - negara yang masih memiliki banyak penduduk yang menikah di usia dini, dan belum mebatasi jumlah angka kelahiran, sudah tentu angka kelahiran akan meningkat secara cepat.

Namun berbeda dengan negara yang membatasi usia pernikahan dan membatasi jumlah angka kelahiran, maka pertumbuhan penduduk di negara tersebut relatif setabil atau bahkan menurun. 

2. Kematian

Angkat kematian juga memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk akan terhambat apabila angka kematian di suatu negara cukup tinggi. 

Kematian sangat erat kaitannya dengan kondisi kesehatan penduduk di wilayah tersebut. Semakin banyak gizi buruk, busung lapar, pola hidup tidak sehat, aids, dan lain sebagainya, akan menunkan jumlah populasi penduduk dan berpengaruh negatih terhadap pertumbuhan penduduk. begitu juga sebaliknya. 

3. Migrasi

Migrasi merupakan perindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dengan tujuan untuk menetap. 

Sama halnya kelahiran dan kematian, Migrasi memiliki potensi pengaruh yang signifikan. Apabila di suatu negara terdapat jumlah penduduk yang migrasi kenegara lain, maka pertumbuhan penduduk akan melambat. 

Faktor yang mempengaruhi migrasi antara lain, ekonomi, kesehatan, lapangan pekerjaan, iklim dan cuaca, pesona alam, wisata, dan lain sebagainya.


Macam - Macam Pertumbuhan Penduduk

Dalam memahami pertumbuhan penduduk, kita dapat menganalisinya berdasarkan faktor - faktor penyebab yang sudah di jelaskan diatas. Nah kemudian kita membaginya kedalam tiga jenis pertumbuah. Adapaun jenis - jenis pertumbuhan penduduk adalah sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Penduduk Alami

Natural increase atau Pertumbuhan penduduk alami adalah terjadinya perubahan populasi penduduk yang disebabkan oleh adanya selisih antara angka kelahiran dan angka kematian. 

Dengan melihat angka selisih kelahiran dan kematian, maka prosentasi pertumbuhan penduduk atau jumlah real dapat diketahui. 

2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Pertumbuhan penduduk migrasi merupakan perubahan populasi penduduk yang di akibatkan oleh adanya migrasi (berpindahnya) penduduk dari satu wilayah kewilayah lain (keluar dan masuk). 

Dengan meninjau angka selisih penduduk masuk dan keluar (migrasi) ke wilayah lain, dapat diketahui angka real pertumbuah penduduk atau prosentase pertumbuhan penduduk dalam suatu wilayah.

3. Pertumbuhan Penduduk Total

Pertumbuhan Penduduk Total Pertumbuhan penduduk total adalah pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi. 

Dengan mengetahui angka selisih kematian dan kelahiran, selisih angka masuk dan keluarnya penduduk, dan kemudian di total, maka akan dapat diketahui pertumbuhan penduduk total dalam suatu negara.


Contoh Pertumbuhan Penduduk

Program transmigrasi di indonesia pertama kali di galakan oleh presiden RI kedua, Soeharto. Program tersebut berupaya untuk mensama ratakan jumlah penduduk hingga keseluruh plosok indoensia yang pada saat itu hanya terpusat di pulau jawa. 

Program tersebut dapat disebut sebagai program peningkatan jumlah penduduk yang tidak alami atau buatan. Hal tersebut merupakan upaya untuk pertumbuhan penduduk di suatu wilayah lebih meningkat.

Provinsi lampung menjadi salah satu wilayah pertama yang menjalankan program yang digalakkan oleh presiden soeharto tersebut. Mengingat bahwa letak geografis provinsi lampung bersebelahan dengan Pulau Jawa.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan pertumbuhan penduduk yang kami rangkum dari berbagai macam artikel. Mohon maaf bila ada salah dan terima kasih atas dukungannya.

Mahasiswa Universitas Jember Fakultas Pertanian Unej. Happy Bloggering, Travelling, and Cooking

Posting Komentar