3+ Contoh Teks Biografi Pahlawan Beserta Strukturnya (Terbaik)

Daftar Isi [Tutup]

    Bercerita tentang seseorang, tentang prestasi, jasa-jasa, riwayat hidup dan lain sebagainya, akan lebih terasa jelas apabila kita menceritakan dengan menggunakan sebuah tulisan. 

    Karna dengan adanya tulisan akan membuat suatu cerita akan terasa lebih jelas dan dapat dengan mudah untuk di fahami oleh para pembaca. salah satu jenis tulisan yang dapat digunakan untuk hal tersebut adalah teks biografi. Lantas apa itu teks biografi ? dan bagaimana ciri - cirinya ?

    Pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis akan mencoba mengajak para pembaca sekalian untuk memahami secara detail segala hal yang berkaitan dengan teks biografi, yang di mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, dan kaidah bahasa yang digunakan dalam teks biografi itu sendiri. 

    Dan juga untuk lebih mempermudah pemahaman, kami akan memberikan beberapa contoh terkait dengan teks biografi. selamat belajar.


    Pengertian Teks Biografi

    Teks biografi adalah suatu karya tulis yang kontennya memuat riwayat atau kisah tentang seseorang (Misal seorang tokoh). 

    Teks biografi memang khusus di buat untuk menceritakan kisah riwayat hidup seseorang yang di anggap penting, menarik, unik, atau karna seseorang tersebut dianggap sebagai seorang tokoh penting oleh penulis. 

    Definisi biografi yang lain adalah keterangan atau kisah perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata.

    Definisi pengertian biografi jika ditinjau dari segi etimologi, kata biografi sendiri berasal dari bahasa yunani yang didasarkan pada kata bios yang berkmakna Hidup dan kata graphien yang bermakna tulis. 

    Berdasarkan kedua kata tersebut dapat ditarik kesimpulah  bahwa definisi pengertian biografi menurut terminologi adalah riwayat kehidupan yang ditulis. Jadi Biografi adalah sebuah karya tulis yang berisikan cerita tentang riwayat kehidupan seseorang.

    Dengan adanya biografi, kita dapat mengetahui banyak hal tentang seseorang meliputi karya, kejadian, misteri hidup, dan lain sebagainya dengan penjelasan berupa prilaku atau tindakan dalam kehidupan seseorang yang ditulis kedalam teks biografi tersebut. 

    Memang biografi sifatnya umum, siapa pun dia dapat di muat dalam teks biografi. Namun pada umumnya seseorang yang di tulis dalam biografi adalah seorang tokoh. 

    Contohnya adalah biografi mario teguh, biografi iwan fals, biografi chairil anwar, biografi soekarno, biografi albert einstein, biografi ra kartini, dan lain sebagainya. Dan umumnya saat ini biografi ditulis secara kronologis.

    Dalam penulisan teks biografi, biasanya penulis memerlukan bahan atau sumber pendukung yang berkaitan dengan seseorang yang hendak ditulisnya kedalam sebuah teks biografi. 

    Bahan atau sumber pendukung  tersebut dapat berupa surat - surat, buku harian, benda, karya, foto, dan lain sebagainya. Dan tidak lupa lagi, sumber yang penting bagi penulis biografi adalah refrensi buku - buku yang sebelumnya membahas dan menceritakan tokoh yang berkaitan (jika ada).


    Jenis - Jenis Teks Biografi

    Sering kita jumpai berbagai macam karangan teks biografi yang ditulis di buku, artikel, majalah, blog, dan lain sebagainya. 

    Namun terkadang kita merasa bingung setelah melihat berbagai macam biografi yang berbeda-beda. Pada umumnya, jenis dari biografi itu sendiri ada dua, yaitu biografi singkat dan biografi panjang.

    1. Teks Biografi Singkat

    Pengertian biografi singkat adalah sebuah teks karangan biografi yang hanya memuat konten tentang fakta - fakta, Peran penting, Serta karya - karya yang telah di hasilkannya seperti penemuan sebuah teori, penemuan alat, dan lain sebagainya. Bigorafi singkat ini sering kita jumpai dalam artikel, majalah, atau blog.

    2. Teks Biografi Panjang

    Pengertian biografi panjang adalah sebuah teks karangan biografi yang memuat berbagai macam informasi baik itu fakta, peran, karya, keluarga, pendidikan, tempat tinggal, hal yang di sukai dan lain sebagainya.

    Secara lengkap yang kemudian dikisahkan dengan lebih mendetail dan di ceritakan dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik.


    Ciri - Ciri Teks Biografi

    Dalam membedakan teks biografi dengan teks - teks yang lain seperti teks eksplanasi, teks eksposisi, teks prosedur, teks berita,dan lain sebagainya dapat kita amati dari ciri teks biografi itu sendiri. berikut adalah beberapa ciri - ciri teks biografi :

    1. Miliki srtuktur yang jelas meliputi orientasi, masalah atau peristiwa, dan reorientasi
    2. Kontens yang disajikan merupakan fakta yang di sajikan dalam sebuah narasi.
    3. Faktualnya peristiwa hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi.
    4. Menggunakan komponen penting dalam penulisannya yang meliputi:
      • Judul Biografi
      • Hal yang menarik dan mengesankan dari sang tokoh dalam biografi
      • Hal yang mengagumkan dan mengharukan dari sang tokoh dalam biografi
      • Nilai - nilai yang dapat diteladani dan dicontoh dari kehidupan sang tokoh


    Struktur Teks Biografi

    Seperti yang telah disinggung pada bagian ciri - ciri biografi diatas bahwa teks biografi memiliki struktur yang jelas. Struktur teks biografi itu sendir adalah sebagai berikut :

    1. Orientasi

    Pada bagian awal (orientasi), pada umumnya menjelaskan pengenalan tokoh dalam biografi. Pada bagian ini, penulis mulai mengenalkan siapa tokoh yang di tulisnya. 

    Selain itu, penulis juga menunjukkan pencapaian prestasi yang telah di capai oleh tokoh tersebut. Hal tersebut dikarenakan penulis ingin menunjukkan bahwa tokoh yang ditulisnya itu memang menarik untuk di baca.

    2. Masalah atau Peristiwa Penting

    Setalah penulis mengenalkan sang tokoh, kemudian dilanjutkan penjelasan tentang masalah - masalah atau peristiwa - peristiwa penting yang pernah di alami sanga tokoh dalam biografi tersebut. 

    Saat ini gaya pembasan masalah yang digunakan dalam menjelaskan masalah atau peristiwa tersebut adalah secara kronologis. dan juga Hal-hal yang mengesankan, menarik, mengagumkan, dan mengharukan pernah dialami sang tokoh dalam biografi tersebut, diuraikan pada bagian yang kedua ini.

    3. Reorientasi

    Bagian ketiga ini adalah bagian penutup, Namun bagian ini bersifat opsional (boleh ada, boleh tidak). Di bagian ini penulis memberikan penjelasan tentang pendapat atau pandangan pribadi terhadap tokoh dalam biografi. Pandangan tersebut dapat berupa pandangan negatif dan juga positif, itu tergantung penulisnya.


    1. Contoh Teks Biografi Pahlawan Ra Kartini

    Tokoh Emansipasi Wanita Indonesia "Biografi Ra Kartini"

    Raden ajeng kartini atau yang akrab disebuat R.A Kartini adalah salah satu pahwalan nasional yang dikenal sebagai Pahlawan  yang memperjuangkan Emansipasi Wanita Indonesia. 

    Wanita kelahiran asal kota jepara pada 21 april 1897 merupakan putri dari R.M. Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang bangsawan yang menjabat sebagai bupati jepara.

    Di usia ke 20-an, Ra Kartini menaruh perhatiannya pada masalah - masalah sosial khususnya masalah sosial yang terjadi pada wanita yang ada di jawa, seperti wanita harus dipingit, tidak bebas dalam menuntuk ilmu atau belajar, serta adanya adat yang mengekang kebebasan perempuan. 

    Menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum.

    Keprihatinan R.A kartini dituangkan kedalam tulisan dan surat-surat yang di krimkan kepada belanda dan media surat kabar. dalam surat - surat tersebut R.A kartini mengemukakan gagasan baru mengenai emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi. 

    Gagasan tersebut dianggap hal baru yang akan dapat merubah pola pikir masyarakat. Tidak hanya itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi tentang makna  peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme, Kebijaksanaan dan Keindahan, dan Ketuhanan.

    Tulisan dan surat - surat R.A Kartini kemudian mendapat perhatian dari berbagai macam kalangan dari seluruh dunia. Terdapat beberapa pihak yang kemudian mengumpulkan surat dan tulisan kartini yang di susun kemudian menjadi beberapa buku yang diantara adalah sebagai berikut:

    1. Habis Gelap Terbitlah Terang
    2. Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya
    3. Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904
    4. Panggil Aku Kartini Saja (Karya Pramoedya Ananta Toer)
    5. Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya
    6. Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.

    Gagasan R.A kartini telah merubah pola fikir masyarakat khusunya masalah emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi.

    Seiring dengan perubahan pola fikir masyarakat tentang persamaan hak wanita, mulai sejak itu wanita banyak yang mendapatkan perlakuan yang baik layaknya kaum laki - laki. dan sudah sepantasnya R.A kartini mendapatkan julukan sebagai pahlawan emansipasi wanita indonesia.


    2. Contoh Teks Biografi Pahlawan Ki Hadjar Dewantara

    Pelopor Pendidikan Bagi Kaum Pribumi Indonesia

    Ki Hajar Dewantara merupakan seorang tokoh pendidikan bagi kaum pribumi indonesia pada zaman penjajahan Belanda.

    Lahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, Ki Hadjar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang Belanda.

    Tulisan Ki Hadjar Dewantara adalah "Seandainya Aku Sorang Belanda" dengan judul asli "Als Ik Eens Nederlander Was" yang pernah di muat dalam surat kabar De Express milik Douwes Dekker tahun 1913. Artikel tersebut di tulis dalam konteks rencana pemerintah Belanda untuk mengumpulkan sumbangan dari indonesia. 

    Ki Hadjar Dewantara meninggal dunia pada tanggal 28 April 1959 dan di makamkan di Wijayabrata, Yogyakarta. Tinggal lahirnya (02 Mei) di jadikan sebagai hari pendidikan nasional di Indonesia. 

    Selain itu, ki hadjar dewantara, dijadikan sebagai bapak pendidikan indonesia. Nama Ki Hadjar Dewantara juga di abadikan sebagai nama kapal perang indonesia, yaitu "KRI Ki Hadjar Dewantara". 

    Semboyan dalam pendidikan yang beliau pakai adalah "Tut Wuri Handayani". Semboyan ini berasal dari ungkapan aslinya "Ing Ngarsa Sang Tulada. Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani". Hingga saat ini, semboyan ini tetap digunakan sebagai semboyan pendidikan di indonesia.


    KH Hasyim Asy'ari adalah salah satu pahlawan nasional yang sangat disegani oleh masyarakat indonesia, khususnya masyarakat yang menganut agama islam. Dikalangan ulama pesantren, beliau dijuluki dengan sebutan Hadratus Syeikh (Maha Guru).


    3. Contoh Teks Biografi Pahlawan KH Hasyim Asy'ari

    Pahlawan Nasional Pemrakarsa berdirinya Nahdlotul Ulama

    Kh. Hasyim Ay'ari belajar dasar-dasar ilmu agama  pada ayahnya. Setelah menginjak umur 15 tahun, beliau berkelana menimba ilmu di berbagai pesantren yang ada di indonesia. Hingga pada tahun 1892, beliau memutuskan untuk melanjutkan proses menimba ilmu di kota makkah.

    Pada tahun 1899, sepulangnya dari Makkah, Kh Hasyim Asy'ari mendirikan Pondok Pesantren Tebu Ireng, yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Pulau Jawa.

    Pada tahun 1925, Kh Hasyim Asy'ari menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya Nahdlotul Ulama (NU), yang berartikan kebangkitan Ulama.

    Selama masa hidupnya, Kh Hasyim Asy'ari banyak membuat tulisan dan catatan - catatan yang mencakup berbagai hal, seperti bidang pendidikan. Salah satu tulisan beliau mengenai pendidikan ialah Adab Al-alim Wal Muta'alim Fi Ahwali Ta'alumihi Wama Ta'limihi. 

    Tulisan beliau ini menjelaskan tentang pengajar dan pelajar dalam hal - hal yang perlu di perhatikan oleh pelajar selama belajar.

    Pada usia 72 tahun, tepatnya tanggal 07 september 1947, beliau meninggal dunia di jombang dan di makamkan di kawasan pondok pesantren tebu ireng, jombang.