1 Are Berapa Meter Persegi? Rumus, Jawaban dan Contoh Soal

Berikut jawaban 1 Are Berapa Meter Persegi Lengkap dengan Jenis Satuan Pengukuran Luas, Rumus, Jawaban dan juga contoh soal.

Ada beberapa jenis satuan ukuran untuk menghitung luas tanah atau lahan. Mulai dari satuan hektar, meter persegi, dan are. Ketiga satuan ukuran tersebut tentu berbeda-beda, tapi tetap dapat dipersamakan. Lantas, 1 are berapa meter persegi? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Jenis-Jenis Satuan Pengukuran Luas

Sebelum membahas 1 are berapa meter persegi, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis satuan pengukuran untuk menghitung luas lahan. Seperti penjelasan sebelumnya, beberapa satuan pengukuran luas lahan yaitu meter persegi, hektar, dan are. Berikut perbedaan masing-masing.

1. Meter Persegi

Sebelumnya pahami terlebih dahulu bahwa satuan "meter persegi" berbeda dengan satuan "meter". Meter (m) termasuk dalam sistem Satuan Internasional untuk menyebut ukuran panjang suatu benda. Anda dapat menulisnya dengan kata "meter" atau cukup dengan simbol berupa huruf "m" kecil (m).

Sedangkan meter persegi (m2) atau biasanya juga disebut dengan istilah meter bujur sangkar merupakan satuan luas suatu bidang. Simbolnya berupa huruf "m" kecil diikuti dengan angka 2 atau pangkat 2 (kuadrat). Jadi, Anda bisa menulisnya "m2" atau cukup dengan simbol "m2".

Ukuran meter persegi dihitung dari perkalian antara panjang dan lebar suatu bidang dalam satuan meter. Jadi, luas (m2) = panjang (m) x lebar (m). Nah, ukuran meter persegi ini sendiri berfungsi untuk menyatakan luas suatu bidang yang kecil. Misalnya, luas tanah atau luas suatu banganan.

2. Are

Are merupakan satuan luas yang nilainya setara dengan luas sebesar 100 meter persegi. Jadi, nilai 1 are = 100 m2. Satuan are biasanya disimbolkan dengan huruf "a" kecil (a). Jadi, untuk menyebut luas 10 are, maka Anda bisa menulisnya dalam tulisan yang lebih ringkas dengan 10 a.

Meskipun termasuk dalam sistem metrik, tapi satuan are tidak termasuk Sistem Internasional untuk menunjukkan luas suatu area. Meski begitu, satuan are tetap boleh digunakan dalam penyebutan luas. Baik itu luas tanah atau luas suatu bangunan.

Sejauh ini, satuan are cukup jarang digunakan. Yang lebih sering dipakai menyebut luas justru bentuk turunannya, yaitu hekto are atau dikenal dengan singkatan hektar.

3. Hektar

Hektar (ha) merupakan singkatan dari hekto are. Karena itulah, simbolnya berupa huruf "h" dan "a" kecil (ha). Artinya, dasar satuan hektar yaitu satuan are. Jika dikonversi, 1 hektar = 100 are. Yang mana, tiap 1 are = 100 m2. Jadi, setiap 1 hektar = 10.000 m2.

Dari konversi hektar ke meter persegi itu menunjukkan bahwa satuan hektar bisa mempersingkat penyebutan ukuran luas suatu area. Daripada menyebut 10.000 m2, lebih singkat jika menyebutnya dalam satuan hektar, yaitu cukup menyebutnya dengan 1 hektar atau 1 ha.

Karena itulah, satuan hektar ditujukan untuk menyebut ukuran luas yang lebih besar daripada yang biasa dinyatakan dalam satuan meter persegi. Misalnya, untuk menyebut luas kompleks perumahan, luas hutan, sawah, dan sebagainya.

Jawaban untuk 1 Are Berapa Meter Persegi?

Sebelumnya telah disinggung secara singkat tentang persamaan antara satuan are dan meter persegi. Keduanya merupakan satuan ukuran yang berfungsi untuk menyebut ukuran luas suatu area. Lantas, luas 1 are itu berapa? Berikut penjelasannya.

1 are = 1 dam2

Pada dasarnya, 1 are sama dengan 1 dekameter persegi ( 1 are = 1 dam2). Jadi, untuk mengubah satuan are ke meter persegi, ubahlah satuan are ke dekameter persegi terlebih dahulu. Nah, nilai 1 dekameter persegi sama dengan 100 meter persegi (1 dam2 = 100 m2).

1 are = 1 dam2 = 100 m2

Setelah mengetahui persamaan 1 dam2 = 100 m2, sekarang kembalikan lagi ke satuan are. Ingat, nilai 1 are = 1 dam2 dan 1 dam2 = 100 m2. Maka, untuk mengubah are ke meter persegi, kalikan nilai are dengan 100. Jadi, 1 are berapa meter persegi? Cukup kalikan 1 are dengan 100 = 100 m2.

Begitu juga jika ingin mengetahui berapa meter persegi 2 are? Gunakan rumus yang sama, yaitu kalikan dengan 100. Jadi, 2 are (x 100) = 200 m2.

Baca juga:

1 ha = 10.000 m2

Ini sebagai tambahan saja, karena ukuran luas umumnya juga dinyatakan dalam satuan hektar. Ingat nilai 1 hektar = 10.000 meter persegi. Jika ingin mengubah hektar ke meter persegi, kalikan dengan 10.000.  Sementara jika ingin mengubah satuan meter persegi ke hektar, bagi dengan 10.000.

Contoh Soal

Untuk lebih memahami konversi ukuran luas are, meter persegi, dan hektar, coba lihat contoh soal berikut ini. Selain menambah pengetahuan di bidang Matematika, beberapa contoh soal berikut juga dapat memudahkan Anda memahami ukuran luas dalam kehidupan sehari-hari.

1. Contoh Soal Konversi Are ke Meter Persegi

Pak Surya memiliki sebuah lahan tanah seluas 100 are. Ketika ingin mengurus sertifikat lahan tersebut, ternyata di formulir pendaftarannya tertera kolom pengisian luas dalam ukuran meter persegi. Berapakah luas lahan pak Surya dalam satuan meter persegi?

Jawabannya sangatlah mudah. Cukup konversikan 100 are ke satuan meter persegi. Ingat rumus dasarnya, yaitu 1 are = 100 m2. Untuk mengubah are ke satuan meter persegi, cukup kalikan dengan angka 100.  Jadi, luas lahan pak Surya = 100 are (x 100) = 10.000 m2.

2. Contoh Soal Menghitung Luas dan Konversi Meter Persegi ke Hektar

Andi berencana membeli sebuah lahan, sehingga ia mencari beberapa iklan lahan yang dijual secara online di sebuah website. Saat ingin mengetahui luas lahan tersebut, ternyata di deskripsi hanya tertera panjang lahan yaitu 800 meter dan lebarnya 500 meter. Berapa hektar luas lahan tersebut?

Sebelum mengetahui ukuran luas lahan dalam satuan hektar, hitung luasnya ke dalam satuan meter persegi terlebih dahulu. Rumus luas adalah panjang kali lebar, berarti 800 x 500 = 40.000 m2. Jadi, luas lahan tersebut adalah 40.000 meter persegi. Sekarang tinggal mengubahnya ke satuan hektar.

Ingat, persamaan hektar ke meter persegi yaitu 1 ha = 10.000 m2. Artinya, jika ingin mengubah ukuran meter persegi ke hektar, maka Anda dapat membaginya dengan 10.000.

Balik lagi ke luas 40.000 m2 tadi. Jika ingin mengubahnya ke satuan meter persegi, bagi dengan 10.000 dulu. Jadi, luas 40.0000 meter persegi (: 10.000) = 4 hektar. Itu artinya, luas lahan dalam iklan yang dilihat Andi yaitu 40.0000 m2 atau setara dengan 4 ha.

Jika ada yang bertanya, 1 are berapa meter persegi? Maka jawabannya sangatlah mudah, yaitu 100 meter persegi. Artinya, nilai 1 are setara dengan 100 meter persegi. Satuan are dan meter persegi ini sendiri digunakan untuk menyatakan ukuran luas suatu bidang, seperti luas tanah atau bangunan.

Selain menggunakan satuan are dan meter persegi, kadang penyebutan luas suatu area juga menggunakan satuan hektar. Khususnya untuk menyebut luas are yang jauh lebih besar dari yang biasa ditunjukkan oleh meter persegi. Karena setiap 1 hektar setara dengan 10.000 meter persegi.

Posting Komentar