Bacaan Sholawat Jibril Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Berikut adalah Bacaan Sholawat Jibril Arab, Latin dan Artinya Lengkap. Bagi umat muslim, melakukan sholawat bukanlah hal yang baru lagi.

Bacaan sholawat jibril bisa Anda terapkan mulai dari sekarang untuk membentuk kebiasaan memuji Rasulullah SAW. Selain itu, sebagai umat muslim yang mencintai nabinya, wujud cinta tersebut dapat dibuktikan dengan senantiasa mengamalkan sholawat. 

Nabi Muhammad SAW adalah sosok panutan yang perlu dijadikan contoh berperilaku baik. Rasulullah SAW adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk menuntun umat muslim menuju jalan kebenaran. Bahkan dalam salah satu surat al quran, shalawat nabi sangat dianjurkan. 

Bagi Anda yang masih belum mengetahui tentang bunyi atau sholawat jibril lirik dan artinya bisa menyimak pembahasan berikut ini. 

Apa itu Sholawat?

Bagi umat muslim, melakukan sholawat bukanlah hal yang baru lagi. Sholawat tersebut niatnya ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir. Nabi Muhammad SAW atau baginda Rasulullah SAW telah membawakan islam kepada umatnya dan menuntun ke jalan yang benar.

Sebagai salah satu bentuk rasa cinta Anda kepada Rasulullah SAW, Anda bisa mewujudkannya melalui membaca bacaan sholawat jibril dan sholawat lainnya. Sholawat sendiri merupakan suatu kegiatan berdoa kepada Allah SWT agar memberikan berkah dan rahmat untuk nabi Muhammad SAW. 

Telah tertuang dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya “Sesungguhnya Allah serta malaikat-malaikat-Nya telah bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi serta ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. 

Dari penggalan arti surat al-quran di atas, Anda mungkin sudah mendapat gambaran seberapa penting memanjatkan shalawat kepada Rasulullah SAW. Shalawat sendiri termasuk bentuk pujian untuk Rasulullah SAW. 

Apalagi, jika ingin berada dekat dengan Rasulullah SAW ketika hari kiamat nanti, maka perbanyaklah shalawat. Hal itu sejalan dengan hadist yang menerangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

“Orang yang paling dekat denganku di hari kiamat nanti adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi). Anda bisa mengamalkan shalawat setiap hari terutama pada hari Jumat supaya rasa cinta Anda kepada Nabi Muhammad SAW terus meningkat. 

Bacaan Sholawat Jibril

Setelah mengetahui sekilas pengertian dari sholawat nabi, maka berikutnya Anda akan mempelajari tentang sholawat jibril. Sesuai dengan namanya, sholawat ini merupakan sholawat yang diajarkan oleh Malaikat Jibril. 

Mengamalkan bacaan sholawat ini akan mendatangkan berbagai keutamaan. Salah satunya adalah kemudahan dalam hal mencari rezeki. Lagipula, sebagai umat Nabi Muhammad SAW sudah seharusnya untuk membiasakan diri membaca sholawat sebagai wujud rasa cinta kepada Nabi.

Bacaan sholawat Jibril pendek sehingga mudah untuk Anda hafalkan. Anda bisa mengamalkannya kapan pun ketika memiliki waktu luang. Berikut adalah bacaan sholawat Jibril yang perlu Anda ketahui. 

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Tulisan arab tersebut dapat Anda baca latinnya yaitu “Shallallahu ‘ala Muhammad”. Sedangkan arti dari bacaan sholawan tersebut adalah, “Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad”. 

Dengan lafal sholawat yang pendek itu, tentunya bisa Anda hafal dengan mudah. Caranya baca berulang kali hingga lidah merasa terbiasa. Baru setelahnya, amalkan bacaan sholawat Jibril sebanyak yang mampu Anda lakukan. 

Walaupun bacaan sholawat tersebut cukup singkat, akan tetapi jika Anda rutin membacanya setiap hari maka Anda akan merasakan keistimewaan. Keistimewaan dari sholawat Jibril yaitu Allah akan memudahkan dalam mencari rezeki dan memberikan pertolongan kepada hambanya. 

Sebagian ulama ada yang menyarankan jumlah tertentu dalam mengamalkan sholawat Jibril. Akan tetapi, hal itu bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan dan lakukan secara bertahap setiap hari untuk meningkatkan intensitas bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Jenis-Jenis Bacaan Sholawat

Selain bacaan sholawat Jibril, terdapat bacaan sholawat lain yang juga bertujuan mendoakan berkat dan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah jenis-jenis bacaan sholawat lain beserta artinya. 

1. Sholawat Nariyah

Sholawat ini dibuat oleh Syekh Nariyah yang berisi pujian kepada Allah SWT dan bertujuan untuk mendoakan Rasulullah SAW. Bacaan shalawat ini lebih panjang dari sholawa Jibril sehingga Anda bisa menggunakan teks untuk menghafalnya secara bertahap. 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُوَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِوِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Bacaan arab tersebut latinnya adalah sebagai berikut: “Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil’uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka”.

Arti sholawat nariyah di atas adalah: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Barangkali sebelumnya Anda sudah familiar mendengar sholawat tersebut di tempat pengajian misalnya. Dengan begitu, Anda bisa mulai mengamalkan bacaan sholawat Nariyah. 

Baca juga:

2. Sholawat Ibrahimiyah

Selanjutnya, selain sholawat nariyah terdapat bacaan sholawat lain yaitu sholawat ibrahimiyah. Sesuai dengan namanya, jenis sholawat ini tidak hanya mendoakan Nabi Muhammad SAW saja melainkan juga untuk mendoakan Nabi Ibrahim As. Berikut adalah bacaan sholawat ibrahimiyah. 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

Bacaan arab tersebut latinnya adalah: “Allahumma shalli’alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidina muhammadin kamaa shallaita alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima, wabarik ‘alaa aali sayyidina muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima fil ‘aalamiina innaka hamiidun majidun”.

Sedangkan untuk artinya yaitu: “Ya Allah, berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya diantara makhluk-makhlukMu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan bacaan shalawat di atas. Karena beberapa bagian lafal ada yang hanya tinggal mengulang, Anda bisa menghafalkannya pelan-pelan. 

3. Sholawat Syifa

Jenis sholawat syifa merupakan sholawat yang dibacakan untuk menjadi penawar kala seseorang terkena suatu penyakit. Bacaan sholawat Syifa adalah sebagai berikut. 

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Tulisan arab di atas dapat Anda baca latinnya: “Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa ‘aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dhiyaa-iha, wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallim”.

Sementara arti dari bacaan sholawat tersebut adalah: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas baginda kami Nabi Muhammad SAW yang mencintai dan dicintai Allah, yang menghilangkan segala penyakit dan menghilangkan segala kesempitan.”

Anda bisa membaca bacaan sholawat Syifa ini untuk mendapatkan ketenangan batin. Selain itu, atas izin Allah SWT dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Keutamaan Memanjatkan Sholawat Nabi

Bagi umat muslim yang senantiasa memanjatkan sholawat nabi tentunya akan memperoleh banyak manfaat dan keutamaan. Membiasakan lisan untuk menyebut nama Nabi Muhammad SAW melalui rutin sholawat akan membuat Anda mudah mengingat Rasulullah SAW. 

Membaca sholawat juga membantu hati merasa tenang dan tentram. Karena sholawat termasuk salah satu bentuk amalan yang akan berbuah pahala. Bahkan terdapat perintah untuk bershalawat di dalam al quran. 

Terdapat beberapa jenis bacaan sholawat yang bisa Anda baca mulai dari sholawat jibril, sholawat nariyah, sholawat ibrahimiyah, hingga sholawat syifa. Selain itu, membaca sholawat juga termasuk bentuk implementasi cinta Anda sebagai umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW. 

Amalan membaca sholawat bisa Anda lakukan secara rutin setiap hari. Apalagi, pada hari Jumat lebih baik Anda memperbanyak shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. 

Nah, setelah mengetahui bacaan sholawat jibril di atas serta beberapa bacaan sholawat lainnya, Anda bisa mulai menerapkannya secara rutin. Anda juga dapat bertanya kepada pemuka agama di lingkungan sekitar untuk mengajari cara membaca shalawat yang benar.

Posting Komentar