Kumpulan Doa Nabi Sulaiman dan Cara untuk Mengamalkannya

Sebagai umat Islam, berdoa merupakan salah satu kebutuhan rohani yang sangat penting. Salah satu doa yang dianggap mustajab adalah doa Nabi Sulaiman.

Sebagai umat Islam, berdoa merupakan salah satu kebutuhan rohani yang sangat penting. Salah satu doa yang dianggap mustajab adalah doa Nabi Sulaiman. Artikel ini akan membahas beberapa doa yang dilantunkan oleh Nabi Sulaiman, yang jika Anda mengamalkannya dengan tepat, akan mendatangkan berbagai manfaat.

Nabi merupakan manusia dengan jenis kelamin laki-laki yang sudah mendapatkan kepercayaan dari Allah SWT karena kebesaran hatinya. Salah satu Nabi yang wajib untuk diimani adalah Nabi Sulaiman. Tidak heran jika doa-doa Nabi Sulaiman juga banyak diamalkan, apalagi banyak keistimewaan yang dimiliki.

Kumpulan Doa Nabi Sulaiman dan Cara Mengamalkan

Salah satu keistimewaan Nabi Sulaiman adalah bisa berbicara dengan hewan. Sebagai Nabi dengan kekayaan yang melimpah, beliau tidak pernah sombong apalagi serakah. Sebagai salah satu manusia pilihan, Nabi Sulaiman senantiasa bersyukur setiap waktu.

Ada sejumlah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman. Beberapa diantaranya adalah doa-doa berikut ini:

Doa untuk Mengusir Jin

Salah satu mukjizat yang Nabi Sulaiman miliki adalah bisa berbicara dengan jin. Anda bisa melantunkan doa berikut ini untuk mengusir jin, yang merupakan Q.S As-Saba ayat 13:

يَعْمَلُونَ لَهُۥ مَا يَشَآءُ مِن مَّحَٰرِيبَ وَتَمَٰثِيلَ وَجِفَانٍ كَٱلْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَّاسِيَٰتٍ ۚ ٱعْمَلُوٓا۟ ءَالَ دَاوُۥدَ شُكْرًا ۚ وَقَلِيلٌ مِّنْ عِبَادِىَ ٱلشَّكُورُ

Artinya: Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah wahai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur. 

Fakta menariknya, doa ini dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan orang yang kerasukan jin. 

Jika ingin menggunakan doa ini untuk mengusir jin, ada cara khusus yang harus Anda perhatikan. Bacakan doa pada telinga bagian kanan sambil menekan kedua jempol di kakinya.

Doa untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Ada juga doa untuk meluluhkan hati seseorang, tentunya dengan seizin Allah SWT. Ada sebuah kisah, yaitu seorang ratu namanya Ratu Balqis awalnya tidak suka alias benci terhadap Nabi Sulaiman. Tapi pada akhirnya Ratu Balqis luluh juga hingga menjadi salah istri dari Nabi Sulaiman.

Berikut ini adalah doa yang bisa jadi salah satu amalan Anda untuk meluluhkan hati seseorang:

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Artinya: “Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Doa yang termaktub dalam QS An-Naml ayat 30 ini mengisahkan bahwa Nabi Sulaiman memberi surat ke Ratu Balqis. Tidak heran jika ayat ini dijadikan sebagai perantara pengasihan atau doa untuk meluluhkan hati seseorang.

Anda bisa menggunakannya untuk hal yang positif, misalnya untuk berdoa mendapatkan jodoh terbaik dan seiman. Dengan doa yang tulus dan sungguh-sungguh, maka InsyaAllah doa akan terkabul.

Doa untuk Kekayaan

Bacaan selanjutnya adalah doa untuk memohon kekayaan. Menurut kisahnya, Nabi Sulaiman adalah Nabi terkaya. Untuk memperoleh barokah dari kekayaan Nabi Sulaiman, tidak ada salahnya mengamalkan doanya. Berikut ini adalah bacaan doa yang bisa Anda amalkan untuk barokah kekayaan Nabi Sulaiman:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Rabbku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Doa tersebut adalah lantunan dari Q.S. Shaad ayat 35 yang bisa menjadi amalan untuk memohon kekayaan kepada Allah SWT.

Doa Menjinakkan Hewan

Nabi Sulaiman juga mempunyai keistimewaan untuk berbicara kepada hewan, beliau juga paham bahasa dari hewan yang diajak berkomunikasi. Sehingga salah satu cara untuk menjinakkan hewan adalah dengan melantunkan doa berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Kapan Doa Nabi Sulaiman Dibaca?

Setelah mengetahui beberapa doa tersebut, selanjutnya adalah mengetahui kapan waktu atau momen terbaik untuk membaca doa tersebut. Doa dari Nabi Sulaiman sebaiknya dibaca setiap hari atau bisa juga dalam kondisi tertentu di mana Anda sedang membutuhkannya.

Misalnya, jika Anda menginginkan kekayaan yang melimpah atau bisnis yang berjalan baik, bisa melantunkan doa memohon kekayaan dan barokah setiap hari.

Amalan doa tidak akan putus karena Allah SWT adalah pendengar yang mengetahui setiap permintaan hamba-Nya, apalagi jika Anda memintanya dengan tulus.

Ada juga doa yang dapat dibaca secara khusus ketika tengah berada dalam bahaya atau ketika merasa tidak nyaman. Ketika melantunkan doa dari Nabi Sulaiman sebaiknya Anda berada dalam kondisi yang ikhlas serta khusyuk.

Doa yang dibaca dengan perasaan ikhlas serta tulus bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman. Tapi pastikan untuk membaca doa dalam keadaan yang tenang. Jangan berdoa dengan tergesa-gesa, cobalah untuk selalu berkonsentrasi sepenuhnya dan hanya memfokuskan pikiran pada Allah SWT.

Baca juga:

Cara Tepat Mengamalkan Doa 

Berdoa merupakan cara yang tepat untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Berdoa untuk amalan khusus akan lebih tepat dan mustajab. Anda bisa menerapkannya dengan ibadah lain untuk khasiat yang lebih besar. 

Berikut ini adalah sejumlah ibadah yang bisa dijadikan sebagai cara mengamalkan doa dari Nabi Sulaiman:

  • Menunaikan ibadah shalat hajat 2 rakaat pada 1/3 malam terakhir.
  • Membaca doa dari Nabi Sulaiman sebanyak 21 kali untuk amalan wajib setiap hari.
  • Membaca doa sebaiknya setelah selesai shalat, baik itu shalat sunnah maupun shalat wajib.
  • Anda juga bisa membaca doa Nabi Sulaiman ini sebanyak 33 kali per hari.
  • Setelah berdoa, lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 100 kali.
  • Selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah 3 kali.
  • Lalu baca juga surat An-nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas sebanyak 1 kali.
  • Anda bisa membaca doa-doa dari Nabi Sulaiman 3 kali setelah melaksanakan shalat wajib.
  • Tetaplah beristiqomah ketika melantunkan bacaan doa, serta tetap dalam kondisi ikhlas dan khusyu'.
  • Jangan lupa untuk melantunkan doa dalam keadaan suci.

Dengan membaca doa yang Anda lantunkan dengan ibadah lain, ini bisa memberikan keuntungan dan manfaat. Pasalnya doa tersebut bisa saja Allah kabulkan dalam waktu yang tepat atau pas. Pastinya tetaplah bersungguh-sungguh dan beristiqomah apabila mempunyai hajat yang besar serta ingin agar hajat tersebut disegerakan oleh Allah SWT.

Hikmah Doa Nabi Sulaiman

Setiap doa yang dilantunkan mempunyai hikmah berbeda-beda. Bagaimanapun, tidak mungkin ada ayat yang diturunkan tanpa memiliki fungsi. Berikut ini adalah sejumlah hikmah doa dari Nabi Sulaiman:

1. Mensyukuri Nikmat Allah

Berusaha keras harus selalu disertai dengan doa agar perasaan bisa semakin optimis. Dengan berdoa yang ikhlas kepada Allah SWT, niscaya doa-doa tersebut akan terkabul dalam situasi yang tepat. Berdoa juga menjadikan seseorang rajin bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT.

2. Memahami Arti Usaha

Kekayaan Nabi Sulaiman diperoleh lewat usaha dan doa. Sebagai umat Islam, Anda juga bisa menerapkannya. Berusaha dan bekerja keras itu harus, jangan lupa disertai dengan doa dan ibadah serta hati yang ikhlas.

3. Menghargai Makhluk Allah

Nabi Sulaiman memiliki sejumlah keistimewaan, termasuk berbicara dengan hewan dan jin. Dengan rajin mengamalkan doa tersebut, ini juga menjadi perwujudan rasa menghargai terhadap makhluk ciptaan Allah yang lain.

Nabi Sulaiman juga senantiasa mengajarkan agar manusia selalu berbuat baik terhadap makhluk Allah lainnya, jangan pernah bertindak semena-mena meskipun dengan hewan dan tumbuhan.

Doa Nabi Sulaiman akan semakin mustajab jika Anda mengamalkannya dengan hati yang ikhlas disertai ibadah lain. Tidak ada doa yang sia-sia, karena Allah adalah pendengar yang paling baik.

Posting Komentar