Doa Agar Haid Cepat Keluar dan Usaha Agar Cepat Haid

Maka dari itu, ada beberapa doa yang dapat diamalkan sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah SWT. Berikut adalah Doa Agar Haid Cepat Keluar

Meskipun belum banyak yang mengetahui, tapi doa agar haid cepat keluar penting dipahami untuk muslimah. Dalam siklus Biologi, haid atau menstruasi terjadi setiap bulan ketika lapisan pada dinding rahim yang menebal luruh karena tidak terjadinya pembuahan pada sel telur.

Allah juga telah menetapkan terjadinya haid pada kaum wanita. Namun siklus haid setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan hormonnya. Menurut mazhab Syafi’i, perempuan mengalami haid paling singkat 24 jam dan paling lama 15 hari.

Penyebab Darah Haid Tidak Keluar

Siklus haid yang dialami wanita bisa jadi berbeda. Ada yang siklusnya cepat, ada pula yang lama. Jika darah haid tidak keluar, jangan dianggap sepele. Ada beberapa faktor yang menyebabkan darah haid tidak keluar atau telat haid.

1. Mengalami Stress

Stress menjadi penyebab yang paling utama yang membuat siklus haid mendadak berubah. Ketika stress, hormon gonadotropin serta kinerja hipotalamus atau bagian otak yang memiliki tanggung jawab mengatur siklus haid menjadi terganggu yang akhirnya membuat haid tidak keluar atau terlambat haid.

Jika anda mengalami stress yang membuat haid tidak keluar, maka lakukan teknik relaksasi ataupun mendengarkan musik.

2. Berat Badan Berlebih

Penambahan berat badan yang terlalu banyak memicu perubahan hormon dalam tubuh wanita. Wanita yang berlebihan berat badan memiliki resiko tinggi mengalami gangguan haid atau terlambat haid. Dalam kasus ini, pola makan dan olahraga menjadi sangat penting diperhatikan.

3. Berat Badan Jauh Dari Ideal

Tidak hanya kelebihan berat badan saja yang menjadi pemicu haid tidak keluar, tetapi berat badan yang rendah dan jauh dari ideal akan membuat fungsi tubuh terganggu serta membuat ovulasi menjadi terhenti. 

Hal ini biasa terjadi pada wanita yang mengalami gangguan makan, sehingga menaikkan berat badan dengan mengobati gangguan makan harus dilakukan agar siklus haid menjadi teratur.

4. Mengalami PCOS

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) ialah kondisi yang menjadi penyebab tubuh memproduksi hormon androgen lebih banyak. Hormon androgen yang berlebih menjadikan haid tidak teratur bahkan tidak keluar dan berhenti.

PCOS belum diketahui pasti penyebabnya, namun diduga berkaitan dengan kondisi lain yaitu sindrom metabolic dan resistensi.

5. Anemia

Anemia disebabkan karena kurangnya zat besi yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Jika Anda tidak mengkonsumsi zat besi sesuai kebutuhan tubuh, maka akan mengganggu proses produksi sel darah merah yang pada akhirnya menyebabkan haid menjadi terlambat.

6. Menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi dalam jenis apapun dapat menyebabkan volume darah haid menjadi sedikit serta mempersingkat siklusnya. Hal ini disebabkan karena alat kontrasepsi dapat menyebabkan penipisan lapisan rahim yang juga akan menyebabkan kehamilan tertunda.

7. Gaya Hidup 

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering makan junk food, merokok, bahkan olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan maupun kenaikan berat badan secara tiba-tiba. Pola hidup sehat sangat perlu diterapkan agar sistem dalam tubuh juga berfungsi dengan baik.

8. Faktor Keturunan

Siklus haid yang tidak teratur atau sering terlambat menstruasi bisa jadi disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Untuk kondisi ini, anda bisa memastikan kepada anggota keluarga yang perempuan apakah mengalami hal serupa atau tidak.

9. Kehamilan Dan Menyusui

Salah satu tanda kehamilan bisa berupa darah haid yang tidak keluar. Saat sedang menyusui, darah haid juga kemungkinan tidak keluar. Hal ini disebabkan oleh tingginya hormon yang memproduksi susu dan prolaktin sehingga menyebabkan terhentinya periode ovulasi dan darah haid tidak keluar.

10. Menopause

Kondisi menopause ialah kondisi dimana darah haid sudah tidak keluar. Biasanya ketika akan memasuki fase menopause, darah semakin sedikit. Dan saat fase menopause tiba, wanita sudah tidak lagi keluar darah haid.

Baca juga:

Usaha dan Doa Agar Haid Cepat Keluar

Setelah mengetahui penyebab dari haid yang tidak keluar, tentunya Anda sudah mengetahui langkah apa yang harus dilakukan baik dalam mengubah gaya hidup hingga konsultasi ke dokter. Doa juga merupakan salah satu ikhtiar yang wajib dilakukan apabila Anda seorang muslimah.

Sebenarnya, tidak ada panduan khusus terkait doa agar haid cepat keluar, namun dapat disimpulkan bahwa kondisi haid yang tidak teratur ataupun tidak keluar karena adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh.

Maka dari itu, ada beberapa doa yang dapat diamalkan sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah SWT. Dengan harapan setelah membaca beberapa doa pilihan ini, tubuh menjadi sehat dengan darah haid yang keluar.

Doa dari Hadist

Doa agar cepat haid yang pertama bersumber dari hadits.

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabbannasi, adz-hibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifaa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqoman.

Artinya:

“ Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.” (HR. Bukhari).

Doa dari Surat Al Anbiya

Doa agar haid cepat keluar yang kedua, dapat diamalkan dari surah Al Anbiya ayat 83. Doa ini pernah diamalkan oleh Nabi Ayub a.s. ketika diuji penyakit yang berat dari Allah SWT.

 رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Artinya : (Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang".

Dalam kisahnya, Nabi Ayyub mengalami penyakit yang berat, namun karena kekhusukannya berdoa kepada Allah, Allah mengabulkan doa Nabi Ayyub. Hal ini menunjukkan bahwa betapa sayangnya Allah kepada hambaNya. 

Semoga dengan mengamalkan doa ini, penyakit dalam tubuh yang menyebabkan haid tidak keluar terobati.

Doa dari Hadist Lain

Doa agar haid cepat keluar yang ketiga dapat diamalkan dari sebuah hadits

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni a’uudzu bika min zawaali ni’matika wa tahawwuli ‘aafiyatika wa fujaa’ati niqmatik wa jamii’i sakhothik

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.” (Hadist Riwayat Muslim Nomor 2739)

Doa-doa tersebut dapat diamalkan dengan niatan untuk kesehatan tubuh. Karena bisa saja di dalam tubuh kita terdapat penyakit yang menyebabkan terhambatnya darah haid untuk keluar. Tubuh yang sehat menandakan bahwa sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik.  

Makanan Agar Haid Cepat Keluar

Selain memperbaiki gaya hidup dan ikhtiar dengan doa agar haid cepat keluar, makanan ini perlu dikonsumsi jika ingin haid kembali lancar. Makanan ini secara alami dapat membuat haid teratur kembali.

1. Nanas

Nanas memiliki enzim bromelain yang dapat mempengaruhi hormone estrogen dan hormon lainnya, yang dapat membantu mengurangi peradangan. Buah nanas dipercaya dapat mengatasi haid yang tidak teratur karena berkaitan dengan peradangan.

Sifat uterotonik yang dimiliki nanas dapat menginduksi kontraksi rahim serta pelepasan lapisan rahim sehingga haid bisa datang lebih cepat.

2. Jahe

Jahe dipercaya memiliki khasiat yang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Kandungan senyawa bioaktif pada jahe dapat meningkatkan panas tubuh yang memicu adanya kontraksi rahim sehingga haid cepat keluar. Selain itu, sifat antispasmodik pada jahe juga dapat meringankan kram perut saat haid.

3. Kunyit

Salah satu bahan tradisional yang dapat memperlancar haid adalah kunyit. Kunyit dapat mempengaruhi kadar estrogen dan progesterone dalam tubuh. Kandungan curcumin pada kunyit juga merangsang aliran darah ke rahim sehingga mendorong haid untuk keluar.

4. Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen serta menurunkan kadar progesteron. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kontraksi rahim serta peluruhan lapisan rahim yang mendorong haid untuk keluar. Selain melancarkan haid, Vitamin C juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, itulah ulasan mengenai penyebab haid, doa agar haid cepat keluar, hingga makanan yang dapat dikonsumsi. Semoga dengan berbagai ikhtiar yang dilakukan dan diniatkan karena Allah, dapat memembantu mengatasi permasalahan pada tubuh terutama gangguan siklus haid yang dialami.

Posting Komentar