Bacaan Doa Santunan Anak Yatim yang Bisa Kita Bacakan (Lengkap)

Untuk contoh doa bersama anak yatim silahkan baca di bawah ini dan lafalkan ketika akan memberikan santunan terhadap anak yatim:

Saat kita bersedekah atau menyantuni anak yatim ada baiknya sambil membacakan doa santunan anak yatim. Hal ini bertujuan apa yang kita lakukan dan niatkan semakin berkah di mata Allah. Selain itu apa yang sedang kita kerjakan ini mendapatkan pahala berlipat ganda di sisi Allah.

Sedekah kepada anak yatim merupakan salah satu kegiatan beribadah diri kita kepada Allah. Dengan santunan ke anak yatim, kita berharap Allah menambahkan pahala serta mengampuni dosa-dosa kita. Oleh sebab itulah sebaiknya santunan ke anak yatim kita iringi dengan bacaan doa tersendiri.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Allah SWT sangat mencintai hambanya yang sering menyantuni anak yatim. Saat akan menyantuni anak yatim, ada baiknya kita membaca doa anak yatim mustajab. Dengan demikian kegiatan tersebut bisa mendatangkan pahala untuk kita dan anak yatim itu sendiri.

Bagi Anda yang belum tahu seperti apa teks, bacaan dan lafadz menyantuni anak yatim di bawah ini terdapat penjelasan selengkapnya. Namun ada baiknya jika kita mengetahui lebih dulu apa saja keistimewaan dan keutamaan dalam menyantuni anak yatim.

1. Pahala Akan Terus Mengalir

Santunan kepada anak yatim akan membuat pahala kita akan terus mengalir. Hal ini karena terdapat tiga amalan yang akan selalu mengalir walaupun kita sudah meninggal dunia. Amalan tersebut antara lain ilmu yang bermanfaat, doa anak sholeh serta sedekah jariyah.

2. Harta Akan Semakin Berkah

Manfaat lain saat kita menyantuni anak yatim dan mengiringinya dengan bacaan doa sedekah anak yatim adalah harta yang kita miliki akan lebih berkah. Bukan itu saja, harta juga akan bertambah sesuai janji Allah terhadap umatnya.

3. Bisa Menutup Aib

Menyantuni anak yatim juga bisa menutupi aib yang ada di dalam diri kita. Imam Syafi’I sudah menjelaskan hal tersebut di mana sedekah adalah salah satu cara untuk menutupi aib.

4. Menghindarkan Diri dari Bencana

Kegiatan menyantuni anak yatim juga bisa menghindarkan diri kita dari bencana. Sebab apa yang sudah kita lakukan akan mendatangkan rasa sayang dari Allah. Bahkan di waktu bersamaan Allah menjadikan seseorang itu terhindar dari kematian dalam keadaan yang buruk.

Baca juga7 Aplikasi dan Layanan Membuat Twibbon Tahun Baru Islam 2022, 1 Muharram 1444 H

Bacaan Doa Santunan Anak Yatim

Saat kita menyerahkan sesuatu ke anak yang sudah ditinggal wafat oleh ayahnya bisa juga kita sebut sebagai santunan yatim. Adapun yang dapat kita serahkan kepada anak yatim bisa saja berupa apa pun dan tak harus selalu materi.

Salah satu contoh kecil yang dapat kita lakukan yaitu mengusap bagian kepala anak yatim sambil mendoakannya. Meskipun banyak orang yang melakukan santunan anak yatim dengan memberikan materi seperti uang, bahan makanan, minuman, sembako bahkan sampai tempat tinggal.

Untuk contoh doa bersama anak yatim silahkan baca di bawah ini dan lafalkan ketika akan memberikan santunan terhadap anak yatim:

اللّٰهُمّ ارْزُقْني فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْ لِكَ يَا مَلْجَأَ الْاَمِلِيْنَ

Artinya adalah, Wahai Allah Tuhanku, berilah rezeki kepada ku yang berupa kasih sayang, kepada anak yatim serta berilah makan dan penyebaran salam serta pergaulan dengan mereka yang mulia, dengan kemuliaanmu. Wahai engkau tempat berlindung kami, untuk berharap.

Doa menyantuni anak yatim atau bisa kita sebut sebagai doa anak yatim mempunyai arti tersendiri. Di mana arti tersebut yaitu memohon kepada Allah SWT agar kita dapat memberikan kasih sayang dengan cara memberi salam, makan dan perhatian ke anak yatim.

Baca juga: Bacaan Doa Sujud Syukur, Niat dan Tata Caranya (+Manfaat dan Hikmah)

Acara Santunan Anak Yatim

Biasanya pemberian santunan ke anak yatim dengan doa yang menyertainya berada dalam acara santunan anak yatim. Di mana acara seperti ini akan terselenggara dengan urutan tertentu yang tentu saja bernilai positif semua. Berikut ada susunan acara santunan anak yatim yang kerap kita temui:

Pembukaan Santunan Anak Yatim

Umumnya acara santunan anak yatim akan mulai dengan urutan pembukaan. Dalam hal ini akan ada sambutan santunan anak yatim . Di mana semua tamu yang hadir akan diminta untuk membacakan bacaan basmalah. 

Acara Inti Santunan Anak Yatim

Selanjutnya adalah acara inti yaitu pemberian santunan terhadap anak yatim. Biasanya juga ada bacaan shalawat nabi yang mengiringi pemberian santunan tersebut. Setelah itu ada doa penutup santunan anak yatim.

Penutup

Terakhir ada penutup yang mana ada bacaan doa untuk semua tamu serta anak yatim dalam acara tersebut.

Baca juga: 35+ Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2022, 1 Muharram 1444 H

Tata Cara Dalam Santunan Anak Yatim

Sebagai informasi, ada tata cara yang bisa kita lakukan dalam menyantuni anak yatim. Adapun tata cara tersebut adalah langkah yang benar. Sebaiknya kita melakukan tata cara tersebut saat menyantuni anak yatim agar mendapat keberkahan dan pahala berlipat ganda.

Berikut ini adalah tata cara dalam menyantuni kepada anak yatim yang benar

1. Mengusap Kepalanya

Cara pertama adalah kita bisa mengusap kepalanya saat memberikan santunan terhadap anak yatim. Biasanya anak kecil akan sangat suka jika ada seseorang yang mengusap kepalanya. Selain itu hal ini juga menunjukkan rasa kasih sayang kita.

2. Memanjatkan Doa

Ketika mengusap kepalanya, tepat saat itulah kita memanjatkan doa santunan anak yatim. Sebab saat itulah kita berharap apa yang dilakukan akan mendapat keberkahan dan menambah pahala di sisi Allah SWT.

3. Memberikan Santunan

Terakhir kita bisa memberikan santunan tersebut ke tangan anak yatim itu sendiri. Untuk santunannya sendiri bisa bermacam-macam bisa berupa materi, pakaian atau biaya pendidikannya.

Keajaiban Memberikan Santunan ke Anak Yatim

Kegiatan santunan anak yatim yang kita lakukan dengan ikhlas akan mendatangkan keajaiban tersendiri. Di mana keajaiban tersebut akan kita rasakan dan bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat kelak.

1. Kebutuhan Hidup Selalu Terpenuhi

Bagi orang yang suka memberi maka Allah nantinya memberikan balasan yang terbaik. Apalagi kalau kita sering menyantuni anak yatim, kebaikan dan manfaatnya sangatlah besar. Bagaimana tidak, pasalnya Allah akan selalu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bahkan Allah akan melipat gandakan harta, mempermudah segala urusan yang tentu saja siapa pun inginkan. Bahkan harta yang kita sedekahkan untuk anak yatim tak akan pernah habis. Jika secara logika memang harta kita akan berkurang.

Akan tetapi Allah akan membuka pintu rezeki yang lain dan dari mana saja karena apa yang sudah kita lakukan ke anak yatim tersebut.

2. Allah Akan Mengganti Hartanya

Selain itu Allah akan memberikan ganti yang lebih baik dari apa yang sudah kita sedekahkan untuk orang lain. Apalagi jika kita menyantuni anak yatim serta memanjatkan doa santunan anak yatim dan rutin melakukannya.

Pasalnya harga yang kita miliki saat ini di dalamnya terhadap hak orang lain. Oleh sebab itulah kita berkewajiban mengeluarkan hak orang lain tersebut dan memberikannya kepada mereka yang berhak seperti anak yatim.

Selain itu cara untuk mengeluarkan hak orang lain dalam harta kita adalah membantu sesama umat manusia.

3. Allah Menjanjikan Surga untuk Orang yang Menyantuni Anak Yatim

Sebagai salah seorang muslim tentu saja kita harus mempercayai ada kehidupan lain sesudah kematian. Akan tetapi sebelum itu terdapat peradilan dan pertanggungjawaban sebelum berada di surga ataupun neraka nantinya.

Akan tetapi di dunia Allah memberikan jalan yang sangat banyak agar bisa mendapat kebahagiaan sesudah kehidupan dunia yaitu surga. Salah satu jalan menuju surga adalah dengan memberikan santunan kepada anak yatim.

Itulah doa santunan anak yatim dan berbagai manfaat saat kita menyantuni mereka apalagi jika rutin melakukannya.

Posting Komentar