7 Aplikasi Translate Aksara Jawa ke Huruf Latin, Bisa dengan Foto!

jika Anda ingin mentranslate aksara jawa, Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi translate aksara jawa ke huruf latin yang bisa dengan foto.

Jawa merupakan suku budaya yang menarik untuk dipelajari. Adat istiadat dan bahasanya memang menarik. Nah, jika Anda ingin mempelajari tulisan aksara jawa atau sekedar menerjemahkan aksara jawa, Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi translate aksara jawa yang ada di daftar bawah ini.

Aplikasi Translate Aksara Jawa ke Huruf Latin

Ingin belajar aksara jawa atau sekedar ingin menerjemahkan aksara jawa? Anda bisa mengandalkan sejumlah aplikasi Translate Aksara Jawa yang ada di bawah ini.

1. Aplikasi Bagaskara

Aplikasi pertama ada aplikasi yang bernama Bagaskara. Aplikasi satu ini dapat Anda andalkan dalam menerjemahkan bahasa atau aksara jawa. Aplikasi Bagaskara ini dikenalkan dan dikembangkan oleh Developer, Priayudha Akadita S. 

Bagaskara aplikasi yang sudah dipercaya dalam menerjemahkan atau mengalihkan huruf latin ke hanacaraka ataupun sebaliknya dengan secara akurat.

Berbagai fitur dari Bagaskara bisa Anda manfaatkan salah satunya aplikasi Bagaskara ini dapat menerjemahkan huruf latin ke Aksara Jawa hanya dengan tangkapan kamera saja.

Dengan demikian Anda tak perlu lagi ya repot-repot untuk menulis huruf latin dari awal tinggal memotret saja dan hasilnya akan langsung muncul.

Aplikasi satu ini pun tidak memakan banyak penyimpanan, di mana ukurannya hanya sekitar 6.4MB saja. Hal ini sangat cocok untuk smartphone Anda yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan.

Nah Jika Anda benar tertarik dengan aplikasi satu ini silahkan dapatkan dengan mengunduhnya melalui Google Play Store cara gratis.

2. Translator Jawa

Aplikasi alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam menerjemahkan aksara Jawa ialah Translate Jawa.

Translator Jawa dikembangkan oleh developer Mongosilakan. Masih dengan ukurannya yang minimalis yakni hanya berkisar pada 4,9 MB, menjadikan ruang penyimpanan Anda semakin leluasa dan lapang sehingga Anda tak perlu khawatir dan kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Tak hanya itu tampilan Translator Jawa pun menyuguhkan layar yang sederhana dan ringan, sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan lebih mudah. Hal ini karena aplikasi Translator Jawa Memang Adik khususkan untuk smartphone yang ada di tingkat entry level.

Meski begitu aplikasi translate Jawa menawarkan translate jawa yang sudah terstandarisasi dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa baku.

Di mana menawarkan translate aksara jawa mulai dari Ngoko, Krama, hingga Krama Inggil. 

Aplikasi ini memang benar-benar rekomendasi untuk Anda gunakan.

3. Hana.Rip

Hana Rip merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer dansvel. Aplikasi satu ini cukup worth it untuk digunakan sebagai kelebihan dan fasilitas yang ditawarkan di dalam aplikasi ini.

Hana Rip yang merupakan aplikasi translate aksara jawa ini sudah sesuai dengan pedoman serta panduan dari beberapa sumber seperti buku Wewaton Sriwedari maupun  buku Pedoman Penulisan Aksara Jawa yang merupakan terbitan Yayasan Pustaka Nusatama Tahun 2002. Hal ini dari Jelaskan melalui lansiran website resminya.

Sama halnya dengan aplikasi sebelum-sebelumnya Hana Rip juga memiliki ukuran yang cukup minimalis yakni hanya berkisar pada 4.7 MB saja. Dengan ukuran kecil ini Anda tak perlu khawatir ruang penyimpanan penuh.

Selayaknya menggunakan fitur Google Translate, Anda dapat belajar bahasa Jawa ataupun aksara Jawa dengan menstranslatekannya secara lancar.

Aplikasi satu ini memang cukup worth it untuk digunakan bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Jawa. 

Silakan unduh melalui Google Play Store secara gratis dan pasang di perangkat Anda untuk menggunakan aplikasinya.

Baca juga:

4. Aplikasi Aksara

Aksara merupakan aplikasi Translate aksara jawa alternatif yang dapat Anda gunakan sebagai aplikasi translate aksara Jawa. Aksara merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer Kampoeng Studio.

Aplikasi aksara menawarkan berbagai fasilitas dan fitur yang bisa Anda manfaatkan. Aplikasi aksara ini tak hanya bisa Anda gunakan untuk mentranslate aksara Jawa tetapi juga berbagai suku bahasa dan aksara daerah Indonesia.

Fitur-fitur di dalamnya cukup lengkap bahkan huruf hanacaraka yang tersedia pun lebih bagus dan jelas terbaca. 

Aplikasi ini memang sangat menarik untuk dicoba sebagai aplikasi bantuan untuk membantu Anda dalam mempelajari dan memahami aksara Jawa.

Sayangnya developer aplikasi ini mengakui bahwa aplikasi aksara masih belum akurat 100%.  Oleh sebab itu, developer aplikasi ini mengundang Anda untuk berkontribusi dalam memperbaiki algoritma sehingga platform tersebut dapat digunakan dengan lebih baik.

Aplikasi ini memang patut untuk dipertimbangkan kembali sebelum Anda menggunakannya.

5. Aksara Jawa - Nulis Aksara Jawa

Aksara Jawa merupakan aplikasi yang sangat worth it untuk Anda gunakan sebagai aplikasi bantuan dalam mempelajari bahasa dan aksara Jawa.

Dikembangkan oleh developer UZAN, aplikasi ini ditawarkan sebagai aplikasi bantuan untuk  aksara jawa, tanpa perlu lagi membuka Pepak Boso Jowo.

Menariknya lagi aplikasi ini sudah mendukung fitur keyboard di mana Anda bisa menuliskan aksara Jawa dengan menggunakan keyboard ponsel Anda. Sangat menarik bukan?

Aksara Jawa merupakan aplikasi yang sangat lengkap dengan fitur-fitur andalan di mana aksara jawa mendukung beberapa aksara kuno seperti aksara Swara, aksara Murda, dan aksara jawa lainnya. 

Anda tak perlu khawatir dengan ruang penyimpanan ponsel Anda sebab aplikasi aksara jawa ini memiliki ukuran yang cukup minimalis yakni hanya 4,3 MB saja.

Jadi tunggu apa lagi Anda bisa segera mengunduhnya di Google Play Store secara gratis.

6. Menulis Aksara Jawa Kuno

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan aksara Jawa khususnya Jawa Kuno, Anda bisa mengandalkan aplikasi satu ini.

Di sini Anda bisa mendapatkan penawaran dua opsi fasilitas salah satu antaranya ada Latin ke Aksara dan Aksara ke Latin.

Opsi pertama ini Anda bisa memasukan teks dengan huruf alfabet pada umumnya.

Sementara opsi kedua Anda langsung bisa menuliskan aksara jawa lainya.

Aplikasi Menulis Aksara Jawa Kuno ini hanya dikhususkan untuk konversi saja, Anda tidak dapat menyalin hasil konversi tersebut apalagi membagikannya.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

7. Aplikasi Nulis Jawa

Aplikasi alternatif yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah Aplikasi Nulis Jawa. Aplikasi ini dikembangkan oleh Diono Software.

Aplikasi ini cukup menarik bagi Anda yang membutuhkan aplikasi aksara jawa yang dapat terpasang di Android dalam membantu Anda untuk mengubah tulisan alfabet menjadi Hanacaraka.

Aplikasi satu ini memang cukup worth it jika melihat pada segi ulasannya.

Untuk menggunakan aplikasi Nulis Jawa, Anda hanya perlu mengetikkan tulisan latin alfabet untuk mengubahnya ke aksara jawa, tinggal tunggu dan akan muncul tulisan aksara Hanacaraka yang Anda mau.

Selain mengubah tulisan latin ke bahasa jawa, Anda pun dapat mengubah aksara Jawa menjadi sebuah tulisan latin biasa.

Demikianlah daftar aplikasi translate aksara jawa yang dapat Anda pilih. Selain aplikasi di atas, Anda pun dapat menemukan ragam aplikasi lainnya di Google Play Store.

Posting Komentar