25+ Contoh Blog Pribadi Inspiratif Untuk Blogger Pemula (2022)

Ingin mulai membuat blog? Yuk cari tahu referensinya terlebih dahulu dengan menyimak contoh blog pribadi (blogger) inspiratif berikut ini!
Daftar Isi [Tutup]

    Jika Anda memiliki hobi menulis dan bingung menuangkan hobi Anda tersebut, maka Anda bisa membuat sebuah blog. Namun sebelum melakukan hal itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa contoh blog pribadi / contoh blogger seperti yang akan dibahas berikut ini.

    Bukan hanya sekedar menulis saja, Anda juga bisa menjadikan blog tersebut sebagai sumber pendapatan bagi Anda sendiri. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menjadikannya sebagai blog adsense. Untuk itu, Anda perlu mempelajari beberapa contoh cara memulai blog. Khususnya dalam membuat blog dengan kategori adsense.

    Syarat Blog Agar Bisa Diterima Pihak Adsense

    Adsense merupakan salah satu layanan yang disediakan Google yang bisa digunakan untuk menampilkan iklan. Biasanya, layanan adsense ini akan muncul pada sebuah blog ataupun website, dalam bentuk space ataupun ruang khusus, yang nantinya bisa diisi dengan sejumlah iklan.

    Dengan kata lain, salah satu contoh blog adsense biasanya akan menyediakan space pada blog yang dibuatnya, yang mana dengan adanya space tersebut, memungkinkan penyedia iklan bisa menampilkan iklan mereka di ruang khusus tersebut, dengan harga yang telah disepakati oleh kedua pihak, yang tak lain adalah pemilik blog adsense dan penyedia iklan tersebut.

    Dengan demikian, pengguna blog adsense tersebut nantinya akan memperoleh imbalan dari tayangan iklan tersebut, yang mana hal tersebut secara tidak langsung bisa menjadi penghasilan bagi blogger itu sendiri.

    Meskipun begitu, tidak semua blog bisa menjadi blog adsense. Setidaknya ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemilik blog tersebut, agar blog yang dimilikinya bisa menjadi contoh blog yang bisa dilirik layanan Google yang satu ini. Apa saja syarat-syarat yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya:

    1. Konten/artikel yang ditampilkan merupakan konten yang menarik, berkualitas, serta orisinal.
    2. Pemilik blog haruslah berumur minimal 18 tahun, saat membuat blog tersebut.
    3. Jumlah pengunjung website haruslah berjumlah minimal 250 pengunjung per hari.
    4. Tidak pernah menampilkan konten/artikel yang berbau SARA dan fornografi.

    Konten/artikel yang ditampilkan bukanlah jenis-jenis konten yang dilarang. Misalnya konten barang-barang ilegal, barang-barang imitasi (kw), senjata tajam, minuman keras, obat-obatan terlarang, dan hal-hal yang dilarang lainnya.

    Baca juga: Blogger Vs Vlogger, Mana Yang Lebih Menjanjikan di Masa Depan?

    Contoh Blog Pribadi Inspiratif Untuk Blogger Pemula

    Untuk memulai dalam membuat sebuah blog, khususnya blog yang bisa diterima oleh adsense, selain Anda bisa melengkapi sejumlah persyaratan yang ditentukan pihak adsense, Anda juga perlu menyimak dan mempelajari contoh blog adsense itu sendiri.

    Untuk memudahkan Anda, di bawah ini akan diberikan beberapa contoh blog inspiratif dari blogger yang sudah berpengalaman. Diantaranya:

    1. Blog yang Bertema Traveling

    Jika Anda adalah tipikal orang yang senang bepergian (traveling), sekaligus memiliki hobi menulis. Maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuat sebuah blog yang bertemakan traveling. 

    Karena sebagaimana diketahui, traveling kini menjadi hal yang mulai banyak diminati oleh kalangan masyarakat, maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan tips dan informasi lainnya seputar kegiatan traveling yang telah Anda lakukan, ke sejumlah pengunjung dari blog Anda.

    Anda bisa memulai untuk membuat blog traveling ini dengan menyimak contoh cara memulai blog, serta menyimak beberapa contoh blog yang bertema traveling. Salah satunya yaitu Trinity Traveler. Dimana blog traveling yang satu ini merupakan salah satu blog yang dimiliki oleh Trinity.

    Dimana dalam blognya tersebut, Trinity mengungkapkan sejumlah perjalanannya ke sejumlah negara dengan budget yang terbatas. Karena berbagai cerita inspirasi yang dituangkan dalam blog miliknya tersebut, membuat Trinity bukan hanya dikenal sebagai blogger traveler saja. namun lebih dari itu, dia kemudian dikenal sebagai seorang penulis.

    Salah satu pengalamannya, yang sebelumnya hanya dia tuangkan melalui blog, kemudian dijadikan menjadi beberapa buku, yang mana salah satunya yaitu sebuah buku dengan judul “Trinity, The Naked Traveler”, yang kemudian dirilis dalam sebuah film. 

    2. Blog dengan Tema Kuliner

    Selain traveling, dunia kuliner saat ini makin banyak diminati oleh kalangan masyarakat tanah air. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini dengan membuat sebuah blog yang bertemakan kuliner, dengan mengenalkan beragam kuliner yang ada disekitar Anda. Baik itu mengenai kuliner nusantara, maupun kuliner mancanegara.

    Anda bisa membahas mengenai review maupun rekomendasi tempat-tempat kuliner yang bisa membuat orang lain tertarik untuk mencicipi kuliner tersebut. Jika Anda membutuhkan inspirasi mengenai contoh blog pribadi / contoh blogger bertema kuliner ini, maka Anda bisa mengunjungi blog Anak Jajan.

    Dimana blog yang ditampilkan dalam bahasa Inggris ini menampilkan berbagai konten seputar kuliner, serta membahas mengenai review dari sejumlah kuliner, termasuk restoran mana saja yang bisa menjadi pilihan bagi para pecinta kuliner.

    Tak tanggung-tanggung, blog yang dikelola oleh Marius Tjenderasa dan juga Julia Veronica ini telah menyabet beberapa penghargaan. Diantaranya penghargaan Dreamed Radio Selebgram Award, Influenced Asia 2017 serta RCTI Socmed Awards 2016.

    3. Blog dengan Tema Fashion

    Bagi Anda yang memang menyukai fashion, maka Anda bisa mempelajari contoh cara memulai blog dengan menyimak blog milik Diana Rikasari. Dimana blog yang satu ini memang didesain secara khusus dengan menampilkan tips, ootd (outfit of the day) dan hal-hal lainnya yang berbau fashion, dengan desain yang unik dan menarik.

    Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena Diana Rikasari membuat blog pribadinya tersebut dengan tampilan gambar dan warna-warna yang menarik dan ceria. Hal ini memang sengaja dilakukan, agar bisa disesuaikan dengan konsep dari blog itu sendiri, yang merupakan salah satu contoh blog pribadi / contoh blogger fashion inspiratif lainnya dengan konsep youth and colorfull.

    4. Blog dengan Tema Otomotif

    Selain beberapa tema di atas, tema otomotif juga bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk membuat sebuah blog yang bisa diterima pihak adsense. Salah satu contoh blog adsense dengan tema otomotif ini yaitu Nick’s Car Blog.

    Merupakan salah satu blog yang dimiliki, sekaligus dikelola oleh Nicks Roshon. Dimana dalam blog ini, Anda akan melihat beberapa konten yang membahas mengenai tips dalam memilih mobil, cara memodifikasi mobil, cara merawat mobil, berita seputar otomotif, dan yang lainnya.

    5. Blog Tema Parenting

    Pada masa ini, ilmu tentang pengasuhan anak, hingga pendidikan mengenai orangtua dan anak (parenting) bukan hanya dibahas di kalangan komunitas kecil, seperti di kalangan keluarga saja. Namun kini, parenting bisa didapat dari mana saja, bahkan dari sebuah blog sekalipun. 

    Anda juga bisa membagikan pengalaman dalam mengasuh anak serta ilmu parenting lainnya, yang bisa Anda lakukan melalui blog Anda. Namun sebelum Anda melakukannya, ada baiknya Anda terlebih dahulu menyimak blog milik Mira Sahid.

    Mengapa harus blog milik Mira Sahid? Karena blogger perempuan yang satu ini merupakan salah satu parenting blogger terkenal di Indonesia. Bahkan selain aktif mengelola blog miliknya tersebut, Mira Sahid juga tercatat sebagai salah satu founder dari Kumpulan Emak Blogger, yang kini telah memiliki member sebanyak 1000 orang.

    6. Blog dengan Tema Kesehatan

    AloDok bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengetahui contoh cara memulai blog dengan tema kesehatan. Dimana blog yang satu ini menampilkan berbagai informasi mengenai kesehatan, seperti informasi mengenai penyakit, obat, tips seputar kesehatan, dan informasi kesehatan lainnya.

    Bukan hanya itu saja, blog kesehatan yang satu ini juga menyediakan layanan konsultasi gratis. Dimana sebagai pengguna, Anda akan diarahkan ke salah satu dokter yang akan memberikan layanan konsultasi. 

    Dengan layanan tersebut serta berbagai konten kesehatan yang berkualitas yang disajikannya, membuat blog AloDok menjadi salah satu contoh blog adsense yang banyak diminati masyarakat pada masa ini.

    7. Blog dengan Tema Fotografi

    Blog Humans of New York (HONY) merupakan salah satu contoh blog / blogger dengan tema fotografi. Dalam blog ini, Anda akan melihat 3 kategori yang ditampilkan. Diantaranya yaitu kategori stories, countries dan juga kategori series.

    Dimana dalam setiap kategori tersebut menyajikan berbagai foto yang merupakan hasil jepretan yang dilakukan oleh pemilik blog tersebut, yang bernama Brandon Stanton. Berbagai hasil karya fotografi tersebut diambilnya dalam sebuah perjalanan yang dilakukannya ke sejumlah negara. 

    Bukan hanya sekedar foto/gambar saja, dalam blog ini juga, Brandon Stanton juga tak lupa menyelipkan cerita mengenai kisah dari kehidupan orang-orang yang ditemuinya selama perjalanan tersebut.

    8. Blog dengan Tema Lifestyle

    Selain menampilkan fashion, maupun kuliner, sebenarnya Anda juga bisa membuat blog Anda dengan beragam tema sekaligus, yang dikenal dengan tema lifestyle. Seperti juga yang disuguhkan oleh Agi Tiara, dalam blog miliknya yang bernama Duch of York.

    Blogger perempuan asal Jogjakarta tersebut diketahui mulai membuat blog tersebut pada tahun 2014 yang lalu. Dengan konsep yang didominasi whitespace, Agi Tiara menampilkan berbagai tips kecantikan, review makanan, opini, hingga berbagai aktivitas traveling yang pernah dilakukannya yang dituangkan dalam blognya tersebut, yang dipadukan dengan foto-foto yang telah diedit dengan tampilan yang sangat menarik.

    Dengan kata lain, bagi Anda yang ingin membuat blog, namun masih bingung mengenai tema apa yang akan ditampilkan pada blog Anda nantinya. Maka Anda bisa meniru contoh blog/contoh blogger Duch of York ini dengan tema universal, seperti kategori lifestyle misalnya. 

    9. Blog Tema Resep Makanan dan Tutorial Memasak Makanan Sehat

    Apakah Anda adalah tipikal orang yang gemar memasak beragam makanan sehat, sekaligus senang mencoba resep-resep baru? Jika memang Anda adalah orang dengan tipikal tersebut, maka sangat tepat kiranya jika Anda menyimak contoh blog adsense yang satu ini.

    Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena blog yang bernama Eating Bird Food ini memang menyajikan berbagai resep masakan sehat, tutorial memasak, hingga informasi mengenai kandungan nutrisi dari setiap masakan yang dibuat.

    Pemilik blog dari Eating Bird Food ini sendiri merupakan seorang ahli gizi, sekaligus personal trainer terkenal yang bernama Britany. Sehingga tak heran, jika dalam blog ini, Anda akan melihat beragam masakan sehat, hingga informasi berbagai kandungan gizi dan nutrisi, yang ada dalam setiap masakan dibuat.

    Baca juga: Apa Itu Blog? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

    Contoh Blog Tema Pendidikan

    Keberadaan Tema blog pendidikan sendiri masih sangat dibutuhkan oleh siswa, Dikarenakan keterbiasaan mereka dalam mencari informasi dari internet sehingga tema ini masih ramai pengunjungnya.

    Untuk anda yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi - materi pendidikan SD, SMP, SMA , Bebeberapa contog blog dibawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda.

    10. Bospedia.com

    11. GuruSD.web.id

    12. OperatorSekolah.com

    13. Bloggers.ID

    14. SekolahDasar.net

    15. Ainamulyana.blogspot.com

    16. Gurune.net

    17. Kudupinter.com

    18. Kangmartho.com

    19. Sejutaguru.com

    20. Informasiguru.com

    Baca juga: 10+ Template Blogger Bootstrap Responsive Terbaik

    Contoh Blog Pribadi (Blogger) Lainnya

    Selain contoh - contoh blog / website yang sudah dijelaskan diatas, masih banyak blogger yang bisa anda jadikan motivasi untuk terus maju, jika memang anda memiliki skill menulis yang cukup baik anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Berikut adalah contoh blog yang sudah menghasilkan.

    21. Mastimon.com

    22. Igniel.com

    23. Sugeng.id

    24. Gita Savitri

    25. PanduanIM

    26. El Creative Academy

    27. Blogger Toraja

    28. Blogger Perempuan

    Penutup

    Itu dia beberapa contoh blog/contoh blogger dengan berbagai tema. Semoga beberapa contoh blog adsense yang telah disebutkan diatas bisa menjadi inspirasi bagi Anda, yang ingin memulai untuk membuat blog. Khususnya dalam membuat blog yang bisa menginspirasi banyak orang, sekaligus yang bisa mendatangkan penghasilan bagi Anda, sebagai pemilik dari blog tersebut.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>