1 Juta Dollar Berapa Rupiah? Simak Penjelasannya yuk!

1 juta dollar berapa rupiah? Tergantung pada nilai tukar pada masanya. Lalu apa faktor yang mempengaruhi nilai tukar? Simak dibawah ini!

Berbicara mengenai mata uang yang ada di dunia, maka mata uang dollar tidak akan pernah terlewatkan. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang bertanya 1 juta dollar berapa rupiah?

Dari persoalan tersebut, tentu mempunyai jawaban yang akurat. Akan tetapi, perlu kamu tahu jika 1 juta dollar berapa rupiah bisa saja berbeda-beda setiap harinya. Sebab, nilai tukar per hari akan berbeda-beda tergantung kurs tukar di hari tersebut.

1 Juta Dollar Berapa Rupiah?

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya jika setiap harinya nilai 1 juta dollar akan berubah-ubah. Semua tergantung pada seberapa besar nilai tukar pada hari yang kamu ingin tahu tersebut.

Semisal saja, per tanggal 07 Agustus 2023, 1.000.000 juta dollar berapa rupiah?

Maka, jawaban singkatnya yaitu tinggal mengalikan satu juta dengan nilai tukar dollar pada hari ini. Sehingga, jawabannya yaitu 1.000.000,- x 15.179 = Rp 15.179.000.000,-.

Itu merupakan jawaban yang paling tepat untuk hari ini. Tidak menutup kemungkinan juga, hari besok masih memiliki nilai yang sama. Oleh sebab itu, jika kamu ingin tahu 1 juta dollar berapa rupiah sesuaikan dengan nilai tukar yang ada pada saat itu.

Tentang Mata Uang Dollar

Ada banyak negara yang menggunakan mata uang dollar antara lain Amerika, Kanada, Australia, Singapura, Hong Kong, Jamaica, Liberia, Taiwan, Namibia dan lain sebagainya.

Kutipan dari laman The Balance, sebelum menggunakan dollar sebagian besar negara dunia mengikuti standar emas. Awalnya mengacu pada dollar tahun 1944 karena adanya perjanjian Bretton Woods.

Perjanjian tersebut diteken oleh 44 negara sekaligus berisi adanya kebijakan moneter pasca perang dunia II. Dalam isinya menjelaskan bahwa negara-negara yang mengklaim negara maju berkomitmen mengontrol nilai tukar lokal dengan dollar AS.

Oleh karena itu, jika nilai mata uang suatu negara terlalu lemah dari dollar, maka bank akan membeli mata uang pada pasar valuta asing. Sebaliknya, jika mata uang terlalu tinggi, maka bank mencetak lebih banyak.

Dan produksi percetakan inilah yang akan mempengaruhi dalam peningkatan pasokan dan menurunkan harga mata uangnya.

Baca juga:

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang Termasuk Dollar

Ada banyak faktor yang membuat nilai tukar dollar terhadap mata uang rupiah semakin tinggi. Hal ini juga perlu kamu tahu untuk memperkuat pertanyaan 1 juta dollar berapa rupiah di Indonesia.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya:

1. Perbandingan Tingkat Suku Bunga

Bank sentral memiliki andil penting dalam hal ini, karena bank sentral bisa mempengaruhi inflasi. Inflasi yang akan berimbas pada nilai tukar mata uang dengan mengubahnya menjadi tingkat suku bunga suatu negara.

Jika suku bunga lebih tinggi akan meningkatkan permintaan atas mata uang negara tersebut. Otomatisnya akan mendokrak nilai tukar mata uangnya.

2. Perbandingan Tingkat Inflasi

Melanjutnya factor lainnya untuk mendapatkan jawaban yang tepat mengenai 1 juta dollar berapa rupiah Indonesia, maka perbandingan tingkat inflasi mempengaruhi nilai tukar mata uang.

Jika tingkat inflasi konsisten rendah pada suatu negara, maka akan lebih kuat nilai tukarnya dibandingkan dengan inflasi yang lebih tinggi. Penyebabnya karena daya beli mata uang relatif lebih besar dari negara lainnya.

3. Utang Publik

Utang public suatu negara untuk membiayai proyek-proyek juga akan mengarah pada inflasi. Dan jika inflasi disertai dengan gagal bayar, otomatis mengakibatkan peringkat utang akan turun dn memperlemah nilai tukarnya.

4. Stabilitas Politik dan Ekonomi

Selain dari ketiga hal sebelumnya, guna  menjawab 1 juga dollar berapa rupiah dengan tepat. Maka, kamu membutuhkan informasi faktor pengaruh nilai tukar naik turun yaitu stabilitas politik dan ekonomi.

Sudah jelas jika semua investor akan mencari negara dengan kinerja ekonomi yang bagus sekaligus situasi politiknya stabil. Karena minat investor untuk berinvestasi inilah yang akan meningkatkan kurs mata uang.

Selain itu, sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi termasuk perbandingan harga ekspor dan impor, neraca perdagangan untuk melihat kondisi ekonomi negara dan lain sebagainya.

Itulah informasi mengenai persoalan 1 juta dollar berapa rupiah. Kesimpulan singkatnya tergantung pada nilai tukar masing-masing di hari yang bersangkutan. Oleh sebab itu, tidak dapat kamu pastikan secara pasti.

Posting Komentar