Berikut yang Bukan Persyaratan Menulis di Media Cetak Adalah

Ingin tahu persyaratan menulis di media cetak? Maka, kamu perlu tahu tentang berikut yang bukan persyaratan menulis di media cetak adalah?

Jika kamu bertanya tentang soal “Berikut yang bukan persyaratan menulis di media cetak adalah?” Maka, kamu berada pada tempat yang benar karena kami akan membahasnya secara rinci.

Dengan penjelasan yang detail, nanti akan mempermudah kamu dalam memahami apa saja sih sebenarnya persyaratan menulis media cetak. Sehingga, ada beberapa hal yang tidak bisa masuk sebagai persyaratan menulis media cetak.

Berikut yang Bukan Persyaratan Menulis di Media Cetak Adalah

Sesuai dari sumber yang kami temukan, ada banyak hal yang bukan termasuk dalam persyaratan menulis di media cetak. Hal tersebut tergantung pada soal dan jawaban masing-masing yang kamu terima.

Gambaran kecil mengenai contoh soal yang bukan persyaratan menulis di media cetak adalah:

Soal:

Berikut yang bukan persyaratan menulis di media cetak adalah…

  • A. Mengandung gagasan sentral yang jelas
  • B. Bersifat aktual dan faktual
  • C. Mengandung materi yang bersifat promosi komersial
  • D. Mengandung unsur ilmiah populer
  • E. Tidak menyerang pribadi seseorang

Maka, jawaban yang benar adalah D. Mengandung unsur ilmiah populer.

Tidak hanya sebatas itu saja, ada beberapa alasan kenapa jawaban D menjadi pilihan paling tepat untuk soal di atas, yaitu:

  1. Isi dari sebuah artikel media cetak dibuat berdasarkan fakta yang ada
  2. Gagasannya tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca ataupun masyarakat umum yang populer
  3. Isi artikelnya juga bisa berupa pemaparan biografi tokoh, peristiwa, kisah-kisah perjalanan, kisah inspiratif dan fakta-fakta lainnya yang tidak akan menyinggung pribadi seseorang
  4. Isi artikelnya juga bersifat informatif dan faktual
  5. Isi artikel atau teksnya menggunakan bahasa resmi
  6. Tentunya dalam artikel pada media cetak tidak hanya berisi tentang opini saja. Namun, juga harus turut mendukung dari data pendukung dan analisa penulis
  7. Tulisan bersifat original atau bukan copywriting
  8. Isi artikelnya singkat, jelas dan padat
  9. Pastinya isi artikel tidak akan bertele-tela, karena artikel media cetak menggunakan metode sistematis agar pembaca mudah dalam menangkap maknanya.
Baca juga:

Bukan Persyaratan Menulis di Media Cetak

Setelah kamu mengetahui secara singkat soal yang beredar dari Google. Maka, kami menyimpulkan ada beberapa hal berikut yang bukan persyaratan menulis di media cetak adalah:

1. Bersifat Hoax atau Syara

Berikut yang bukan syarat menulis berita media cetak adalah artikel bersifat hoax dan mengandung syara. Apalagi Isi artikel mengandung hal tersebut, maka secara langsung akan dilarang keras untuk beredar. 

2. Artikel Hasil Copy Paste Milik Orang Lain

Sebagai penulis artikel, terutama media cetak tentu mengambil hasil karya orang lain bukanlah tindakan yang baik. Sebab akan menimbulkan rugi dari berbagai pihak, terutama diri kamu sendiri dan pemilik karya asli.

Oleh karena itu, jika tulisan kamu hasil copy paste, secara langsung sudah jelas jika tidak akan media cetak terima. Karena persyaratan utama dari menulis media cetak adalah original.

3. Artikel Tidak Jelas dan Bertele-tele

Menulis di media cetak tidak memerlukan artikel yang tidak jelas dan bertele-tela. Sudah kamu ketahui sebelumnya, jika menulis pada media cetak harus singkat, padat dan jelas.

Hal itu karena media cetak mempunyai ruang yang sempit, dan orang yang membacanya sangat membutuhkan informasi yang tepat. Maka, jangan gunakan kalimat yang bertele-tela, apalagi sampai informasi yang kamu suguhkan tidak jelas.

Tentu saja, tulisan yang seperti itu akan langsung tidak penerbit media cetak terima. Karena sudah menyalahi aturan yang ada.

4. Terdapat Unsur Penipuan

Apapun itu bentuknya unsur penipuan tetaplah kejahatan yang harus kamu hindari dan tidak boleh kamu lakukan. Sebab jelas akan berdampak negatif dari segala sisi dan memiliki pasal yang menjeratnya.

Pasa 378 KUHP yang akan menjerat seseorang jika melakukan penipuan.  Dimana rumusannya mengatakan jika penipuan akan terkena sanksi pidana penjara paling lama empat tahun dan dendanya.

Jadi, apa jawaban dari pertanyaan “Berikut yang bukan persyaratan menulis di media sosial adalah?” Jika membaca penjelasan di atas, maka kamu sudah tahu jawabannya, bukan?

Persyaratan menulis di media sosial haruslah artikel yang tidak mengandung penipuan, artikel tidak hoaks, artikel tidak bertele-tele, tidak boleh copy paste tulisan orang lain dan lain sebagainya.

Posting Komentar