Doa Minum Air Zam Zam: Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Mendapatkan beragam manfaat dari pengonsumsian air Zam Zam akan semakin terasa jika seseorang sambil melafalkan doa minum air zam zam.

 Air Zam Zam merupakan salah satu oleh-oleh khas yang akan dibawa oleh jamaah haji maupun umroh setelah pulang beribadah. Banyak khasiat dan manfaat dari pengonsumsian air tersebut. Khasiat dan manfaat akan semakin terasa jika  sebelumnya membaca doa minum air Zam Zam.

Adab minum sendiri juga harus dijunjung tinggi karena berperan baik untuk kesehatan tubuh Anda. Mengonsumsi air Zam Zam juga terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya di dalam tubuh. Tidak heran keberadaannya selalu diburu oleh lapisan umat muslim di dunia

Mengenal Air Zam Zam Secara Singkat

Air Zam Zam merupakan sumber mata air yang banyak sudah ada sejak zaman nabi Ibrahim AS. Keberadaan sumber mata air tersebut menjadi berkah lantaran tidak pernah kering sepanjang masa. Air Zam Zam dianggap sangat istimewa oleh seluruh umat muslim di dunia karena bermanfaat.

Banyaknya khasiat dan manfaat yang terdapat pada air Zam Zam membuat keberadaannya dijadikan oleh-oleh para jemaah haji dan umroh saat kembali ke tanah air. Air ini merupakan bentuk mukjizat dan kekuasaan Allah SWT.

Sampai saat ini air Zam Zam masih tersedia dalam jumlah melimpah. Keberadaan air Zam Zam dapat ditemukan dalam produksi minum kemasan sehingga sangat praktis dan pemanfaatan jauh lebih maksimal untuk semua orang.

Tata Cara Minum Air Zam-zam

Meminum air Zam Zam sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan sehingga manfaat jauh lebih besar. Tata cara minum air Zam Zam umumnya bisa belajar melalui beberapa media cetak. Berikut tata cara minum air Zam Zam yang bisa Anda terapkan:

1. Diawali dengan Basmalah

Agama Islam menganjurkan umatnya untuk mengucapkan basmalah saat akan melakukan beragam aktivitas dan kegiatan. Hal ini juga berlaku bagi seorang umat muslim yang ingin mengonsumsinya air Zam Zam. Mengonsumsi air Zam Zam dengan mengucapkan basmalah jauh lebih berkah.

2. Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW juga memberikan anjuran kepada para umatnya untuk senantiasa menggunakan tangan kanan saat akan makan, minum, berjabat tangan, dan sebagainya. Minum dengan tangan kanan sangat dianjurkan sebab minum dengan tangan kiri sama dengan meniru kebiasaan setan.

3. Hindari Minum Dengan Sekali Tegukan

Adab minum yakni dilarang dalam sekali tegukan. Pada ulama dan orang yang ahli dalam agama biasanya minum dalam 3 kali tegukan. Cara ini mengharuskan seseorang untuk bernafas di luar wadah. Tindakan minum dalam sekali tegukan sangat dilarang dan bisa menyebabkan tersedak.

4. Minum Sampai Kenyang

Umat muslim juga disarankan untuk minum sampai dengan kenyang.  Minum air Zam Zam tidak kenyang sama dengan meniru perbuatan orang kafir. Bahkan ada juga hadis yang mengatakan bahwa yang membedakan orang muslim dengan orang kafir yakni minum dengan kenyang. 

5. Minum Dengan Berdiri

Berbeda dengan makan maupun minum pada umumnya, seseorang yang akan mengonsumsi air Zam Zam disunnahkan sambil berdiri. 

6. Memperbanyak Doa dan Harapan

Minum air Zam Zam juga disarankan sambil membaca beragam doa. Tidak sedikit pula orang berharap kesembuhan suatu penyakit dari pengonsumsian air Zam Zam. Umumnya doa akan orang lafalkan sembari minum air Zam Zam.

Doa Minum Air Zam Zam

Mendapatkan beragam manfaat dari pengonsumsian air Zam Zam akan semakin terasa jika seseorang sambil melafalkan doa seperti penjelasan sebelumnya. Doa minum air Zam Zam tergolong mudah untuk dihafalkan karena cukup ringkas dan singkat.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

"Allahumma innii as'aluka ilman naafian wa rizqan waasi'an wa syifaa'an min kulli daa'in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.''

Artinya: ''Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.''

Diriwayatkan dalam beberapa hadits, Rasulullah SAW sangat menyukai minum air Zam Zam semasa hidupnya. Bahkan rasulullah pernah mencelupkan tanganya pada sumur Zam Zam. 

Baca juga:

Manfaat Minum Air Zam Zam

Minum air Zam Zam diketahui memang menyimpan beragam manfaat dan khasiat dalam tubuh sehingga banyak orang yang menyukainya. Tidak sedikit pula orang berbondong-bondong membeli air Zam Zam kemasan untuk merasakan manfaatnya. Berikut manfaat minum air Zam Zam:

1. Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Manfaat ini seringkali dicari oleh beberapa orang saat mengonsumsi air Zam Zam. Air tersebut terbukti mampu menyembuhkan beragam penyakit di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, anggapan terkait manfaat tersebut sudah dipercaya sejak zaman Nabi dan Rasul. 

 Ibnu 'Abbas, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zamzam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit."

2. Meningkatkan Energi

Dr Knut Pfeiffer selaku kepala pusat medis telah melakukan beberapa penelitian bahwa efek dari minum air Zam Zam memiliki efek baik bagi tubuh. Sistem imunitas dan energi di dalam tubuh semakin meningkat secara drastis.

Energi yang selalu meningkat menyebabkan sistem imunitas ikut meningkat. Hal itu menyebabkan beragam aktivitas bisa dilakukan dengan baik dan benar. Penelitian yang dilakukan oleh kepala pusat medis tersebut telah dilakukan dengan beragam percobaan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Mengonsumsi air Zam Zam juga diyakini mampu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Hal itu dipengaruhi oleh melimpahnya kandungan kalsium. Tulang yang kuat biasanya membuat seseorang mudah beraktivitas terlebih aktivitas berat.

Kandungan kalsium juga mampu membuat pertumbuhan gigi semakin terjamin. Keberadaan kalsium mampu membuat pertumbuhan gigi pada balita semakin maksimal. Kebanyakan manfaat ini digunakan oleh orang tua yang anaknya mempunyai permasalahan dalam pertumbuhan gigi.

4. Mengandung Banyak Berkah

Orang yang berbuka puasa dengan minum air Zam Zam terkadang mampu membuat merasa kenyang. Hal ini disebabkan dalam air Zam Zam mengandung banyak keberkahan. Menariknya manfaat ini juga sering dicari oleh masyarakat untuk menunda rasa lapar saat momentum tertentu.

Berkah yang terkandung dalam air Zam Zam biasanya juga bisa menghasilkan beragam manfaat lain. Tidak jarang juga ada sebuah anggapan bahwa air Zam Zam merupakan alternatif dari berbagai macam permasalahan. Hal itu tentu saja berdasarkan Rahmat dan izin Allah SWT.

5. Menghilangkan Kemunafikan

Penjelasan sebelumnya sempat menyinggung bahwa mengonsumsi air Zam Zam sampai kenyang sangat dianjurkan. Minum air Zam Zam tidak sampai kenyang sama dengan perilaku orang munafik, sehingga umat muslim sebisa mungkin minum air tersebut sampai kenyang.

Dengan minum air Zam Zam sampai dengan kenyang mampu menghindari diri dari beragam kemunafikan dan kufur terhadap nikmat Allah SWT.  Oleh sebab itu, umat muslim sangat antusias saat mengonsumsi air Zam Zam. Manfaat ini juga disebutkan dalam beberapa hadits dan firman Allah.

Kesimpulan

Air Zam Zam merupakan sumber mata air yang sudah ada sejak zaman nabi Adam AS. Hingga saat ini keberadaan air Zam Zam masih bisa dimanfaatkan oleh hampir semua orang khususnya jamaah haji di tanah suci. Air Zam Zam juga menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk konsumsi.

Terlepas dari sumber air yang tidak pernah kering, air Zam Zam juga menyimpan beragam manfaat untuk kehidupan. Salah satu manfaat yang terdapat pada air Zam Zam yakni mampu menyembuhkan beragama penyakit di dalam tubuh manusia, terlebih sambil melafalkan doa minum air Zam Zam.

Posting Komentar