Doa Menjenguk Orang Sakit, Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Doa Menjenguk Orang Sakit, Seseorang yang sakit juga butuh mental yang kuat dan perasaan semangat. Jadi, dukung dan senangkan orang sakit

Menjenguk orang sakit adalah kewajiban orang muslim kepada orang muslim lainnya. Hal tersebut merupakan adab yang mulia, termasuk membaca doa menjenguk orang sakit. Kesembuhan sesungguhnya hanya milik Allah dan salah satu usaha manusia adalah dengan doa. 

Sembuh adalah kenikmatan dari Allah, sakit juga dari Allah. Manusia perlu sabar, usaha, dan doa. Doa itu bukan hanya dari yang sakit, tetapi bagi yang menjenguk. Mendoakan orang lain itu termasuk perbuatan yang baik, apabila Anda mendoakan orang lain, maka malaikat juga akan mendoakan Anda. 

Doa Menjenguk Orang Sakit

Seseorang yang sakit juga butuh mental yang kuat dan perasaan semangat. Jadi, dukung dan senangkan orang sakit dengan harapan-harapan yang baik seperti ucapan semoga lekas sembuh dan umur yang panjang. Ada doa yang dianjurkan dibaca yang sakit itu sendiri.

Seperti peristiwa ketika Rasulullah menjenguk sahabat yang sakit, lalu Rasulullah menganjurkan sebuah doa untuk dibaca sendiri sehingga kondisi seseorang itu membaik. Ada pula doa yang bisa dibaca oleh penjenguk, berikut beberapa doa dalam bahasa Arab dan latin yang bisa Anda terapkan. 

1. Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit oleh Nabi Muhammad SAW

Doa ini merupakan doa yang Nabi Muhammad SAW perintahkan baca ketika menjenguk Sayyidina Ali ketika sedang sakit. Doa ini bukan hanya meminta kesehatan, tetapi juga sabar terhadap cobaan Allah, serta meninggal dengan rahmat Allah. Berikut doa pendek Arab, latin, dan artinya. 

اللهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ تَعْجِيْلَ عَافِيَتِكَ وَصَبْرًا عَلَى بَلِيَّتِكَ وَخُرُوْجًا مِنَ الدُّنْيَا اِلَى رَحْمَتِكَ

Allahmumma inni As-aluka ta'jila 'afiyatik, wa shobron 'ala baliyyatik wa khurujan minadunya ila rohmatik.

Artinya: Wahai Allah saya mohon segera diberikan kesehatan, sabar terhadap ujian dariMu dan keluar dari dunia (mati) menuju rahmatMu.

2. Doa Pendek untuk Orang Sakit Menurut Hadits Shahih 

Doa pendek ini menurut hadits shahih yang diriwayatkan Hakim dari Ibnu Umar bin Ash dalam kitab Tanqihul Qaul Hatsist. Doa ini meminta kesembuhan sehingga yang sakit bisa berjalan menunaikan shalat. Berikut lafadz Arab, latin, dan artinya

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوّاً أَوْ يَمْشِيْ لَكَ إِلَى صَلَاةٍ

Allaahummasy fii 'abdaka yanka-u laka 'aduwwan au yamsyii laka ilaa shalaatin

Artinya: "Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu ini, sehingga dia bisa menyembuhkan musuh untuk-Mu atau dapat berjalan untuk menunaikan shalat."

3. Doa Pendek Sesuai Rasulullah SAW untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh 

Doa berikut adalah doa yang Rasulullah ucapkan ketika menjenguk orang sakit. Doa ini meminta kesembuhan kepada Allah karena hanya Allah yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Baca doa berikut sebanyak 3 kali. Berikut lafadz Arab, latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Bacaan latin: Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: "Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawarMu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit."

4. Doa Pendek Sesuai Sunnah Ketika Menjenguk Orang Sakit dari Nabi SAW Kepada Utsman Ibn Al-Ash 

Dengan seizin Allah, penyakit Utsman Ibn Al-Ash segera lenyap setelah mengikuti perintah Nabi SAW. Ketika menjenguk Utsman, Nabi SAW memerintah untuk mengusap wajah Utsman sebanyak 7 kali menggunakan tangan kanan, kemudian membaca doa berikut, 

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ (7×)

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7 x)

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai

5. Doa Orang Sakit dari Rasulullah SAW Kepada Abu Hurairah Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa ini dari Rasulullah yang kala itu bersama Abu Hurairah menjenguk seorang sahabat yang sakit, Rasulullah hendak mengajarkan kalimat doa untuk sahabat sakit tersebut. Awalnya sahabat tersebut menolak dan Abu Hurairah lah yang bertanya dan meminta Rasulullah untuk mengajarkan doa tersebut. 

Namun, pada akhirnya, sahabat yang sakit itu ternyata juga senantiasa membaca doa yang Rasulullah ajarkan sehingga suatu hari sahabat itu keluar dari rumah dalam kondisi yang membaik. Berikut doa yang Rasulullah ajarkan

توكلت علي الحي الذي لا يموت والحمد لله الذي لم يتخذ ولدا ولم يكن له شريك في الملك ولم يكن له ولي من الذل وكبره تكبيرا

“Tawakkaltu ‘alal hayyi alladzi la yamutu wal hamdu lillahi alladzi lam yattakhidz waladan walam yakun lahu syarikun fil mulki walam yakun lahu waliyyun mina adz-Dzulli wa kabbirhu takbiran.”

Artinya: Aku bertawakkal kepada Dzat yang Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Dan segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak, maupun sekutu di dalam kerajaanNya, dan tidak terhina. Agungkanlah Dia seagung-agungnya. (Riwayat Abu Ya'la dan Ibnu As-Sinni dari Abu Hurairah) 

Baca juga:

Keutamaan Menjenguk dan Doa Menjenguk Orang Sakit

Membaca doa ketika menjenguk orang sakit punya beberapa keutamaan. Apa maksud keutamaan ini? Maksudnya adalah seperti hal baik untuk yang dengan seizin Allah bisa didapatkan bagi yang melakukannya. Jadi, doa itu bukan hanya baik untuk yang sakit. 

Namun, juga ada keutamaan atau hal baik untuk Anda yang mendoakan. Keutamaan tersebut tentu berkaitan dengan hal akhirat atau hubungan manusia dan Allah. Apa saja keutamaan menjenguk dan membaca doa ketika menjenguk orang sakit? Simak enam keutamaan berikut ini. 

1. Mendapat Rahmat dari Allah SWT

Keutamaan bagi yang menjenguk adalah mendapat rahmat Allah SWT. Rahmat atau kasih sayang Allah itulah yang kelak juga bisa membawa manusia pada surganya Allah SWT. Dari Rasulullah dalam Hadis Riwayat Muslim juga telah jelas perkara menjenguk orang sakit diantara 6 kewajiban lainnya. 

Apa kewajiban itu? Kewajiban menjenguk orang yang sakit. Namun, dalam kondisi tertentu yang menghalangi, contoh, situasi pandemi Covid yang membahayakan maka kewajiban menjenguk telah gugur. Terlepas dari itu, doa yang tulus ikhlas bisa membawa rahmat untuk Anda. 

Hal ini berdasarkan hadits shahih, HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad, dishahihkan 'Shahih At-Targhib' dan Asy-Syaikh Al-Albani dalam 'Ash-Shahihah', bahwa bagi yang menjenguk orang sakit, maka berjalan dan akan diturunkan rahmat yang sangat banyak ketika sudah duduk. 

2. Malaikat Mendoakan Kembali dengan Sesuatu yang Lebih Baik

Mendoakan orang lain itu membawa keutamaan yang sangat baik, salah satunya akan didoakan oleh malaikat. Bahkan, doa malaikat mendoakan suatu hal yang lebih baik daripada doa Anda untuk orang lain. Banyak berdoa hal baik untuk orang lain akan membawa kebaikan untuk orang lain dan diri sendiri. 

Hal ini tertera dalam HR. Imam Ahmad dan Thabrani dalam Tanqihul Qaul Hatsist, Bagi yang datang menjenguk saudara muslim yang sakit, lalu duduk, akan ada 70 ribu malaikat yang akan bershalawat pada penjenguk, apabila menjenguk sore maka malaikat akan bershalawat sampai pagi.

Jika menjenguk pagi maka malaikat bershalawat sampai sore. Tak hanya itu, Menurut Ibnu Majah, malaikat juga memintakan ampunan bagi siapapun yang menjenguk orang sakit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjenguk dan membaca doa menjenguk orang sakit.

3. Mengingatkan Pada Kuasa Allah, Akhirat dan Bersyukur. 

Keutamaan ketiga adalah mengingatkan pada kuasa Allah dan akhirat. Tidak selamanya manusia dalam keadaan sehat, ada kalanya mengalami sakit yang mana berarti itu ujian dari Allah dan kesempatan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Mendoakan orang sakit juga jadi momen untuk kembali mengingat, bahwa Allah punya kuasa atas segalanya, termasuk ketika sehat dan sakit. Manusia memang berusaha melalui pengobatan, namun penting untuk berdoa doa agar cepat sembuh karena Allah juga Asy-Syafi atau maha menyembuhkan. 

Selain itu, menjenguk dan mendoakan orang sakit juga menumbuhkan rasa syukur. Melihat orang sakit harusnya membuat semakin bersyukur bahwa sehat itu adalah nikmat yang luar biasa. Bersyukur masih mampu bangun tidur, bisa melihat dengan jelas, bernafas, berjalan, makan, dan nikmat sehat lainnya. 

4. Pahala dari Allah SWT dan Membuka Pintu Surga

Keempat, mendapat pahala. Menjenguk orang sakit adalah contoh perbuatan baik dan mulia sehingga itu mendatangkan pahala, yakni limpahan pahala di sisi Allah. Hal ini diungkapkan oleh para ulama berdasarkan HR. Muslim. bahwa bila menjenguk orang sakit maka engkau mendapati Allah disisinya. 

Selain itu, HR. Ibnu Hibban dari Abu Sa'id Al-Khudri RA yang dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam 'Shahih Targhib wa Tarhib', sabda Rasulullah menunjukkan, bahwa orang yang menjenguk orang sakit adalah salah satu diantara 5 kategori yang termasuk dalam para penduduk penghuni surga. 

Agar mendapatkan keutamaan itu, Anda bisa menjenguk dan membaca doa menjenguk orang sakit agar cepat sembuh. Diantara 5 doa tersebut, doa keempat dan kelima hendaknya yang sakit sendiri untuk senantiasa membacanya. Kesembuhan itu dari Allah SWT dan kekuatan doa itu nyata adanya.

Posting Komentar