Doa Agar Anak Lancar Mengikuti Ujian Arab, Latin dan Artinya

Apa doa untuk ujian sekolah? Berikut 5 Doa Agar Anak Lancar Mengikuti Ujian Arab, Latin dan Artinya Lengkap.

Setiap muslim harus berikhtiar semaksimal mungkin agar hajatnya dikabulkan. Selain itu, mereka juga perlu berdoa dan bertawakal kepada Allah. Tak heran, Islam memiliki beragam bacaan doa yang bisa diamalkan untuk memohon sesuatu, termasuk doa agar anak lancar mengikuti ujian.

Tak dapat dipungkiri, sebagian orang takut menghadapi momen-momen ujian. Baik itu ujian akhir semester, ujian akhir sekolah, hingga ujian seleksi masuk pendidikan atau pekerjaan tertentu. Tentunya setiap orang yang menghadapi ujian berharap lulus dan mendapat nilai bagus.

Selain memaksimalkan usaha dengan belajar, umat muslim juga perlu mengimbangi ikhtiarnya dengan berdoa pada Allah. Adakah doa agar apa yang dipelajari masuk ke otak? Atau doa apa yang bisa melancarkan ujian? Simak beberapa bacaan doa berikut ini.

Doa Agar Anak Lancar Mengikuti Ujian (Dibaca Oleh Anak)

Apa doa untuk ujian sekolah? Sebenarnya tidak ada doa khusus yang secara spesifik ditujukan untuk menghadapi ujian sekolah. Namun, dalam Islam terdapat beberapa bacaan doa untuk memohon kemudahan dan kelancaran yang bisa Anda amalkan sebelum menghadapi ujian.

Anda bisa mengajarkan beberapa bacaan doa berikut kepada anak-anak Anda agar mereka mengamalkannya setiap akan melaksanakan ujian. Mulai dari membacanya sejak anak belajar mempersiapkan ujian hingga membacanya saat hari H sebelum ujian berlangsung.

Langsung saja, berikut bacaan doanya, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

1. Doa Memohon Kemudahan dan Kelancaran

Doa berikut bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberi kemudahan, kelancaran, serta kelapangan hati pada saat menghadapi ujian. Harapannya, segala materi yang telah dipelajari bisa diingat dan semua soal dalam ujian dapat terselesaikan dengan baik.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28)

2. Doa Memohon Kemudahan

Doa berikut juga bertujuan untuk memohon kemudahan pada Allah. Sebab, hanya Allah yang mampu mengurangi dan menghilangkan segala kesulitan hamba-Nya. Meskipun soal-soal ujian yang dihadapi begitu sulit, namun atas izin Allah, soal tersebut bisa dikerjakan dengan mudah.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْل

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

3. Doa Memohon Kelancaran Saat Mengerjakan Ujian

Doa yang ketiga juga bertujuan untuk memohon kelancaran dalam ujian. Lewat doa ini, seorang hamba menegaskan bahwa semua pengetahuan yang ia miliki hanyalah titipan dari Allah. Ia juga berharap agar pengetahuan tersebut bisa kembali padanya, salah satunya yaitu saat mengerjakan ujian.

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدَعْتُكَ جَمِيْعَ مَا قَرَأْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ اِلَيْهِ

Allahumma innistauda’tuka jami’ama qoro’tuhu fardudhu illayya ‘inda hajati ilaihi

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa (pelajaran) yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba pada saat hamba membutuhkannya."

Doa yang Bisa Dibaca Orang Tua Agar Anak Lancar Mengikuti Ujian

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya sukses, terutama saat menghadapi ujian di sekolah. Di samping memotivasi anak agar rajin belajar dan berdoa, orang tua juga bisa membaca doa khusus untuk anaknya. Salah satunya yaitu doa memohon anak yang cerdas dan pintar.

Baik ayah atau ibu bisa membacanya sejak anak masih dalam kandungan hingga ia tumbuh besar dan memasuki usia sekolah. Orang tua juga dapat membaca doa berikut ketika anaknya sedang ujian atau akan mengikuti ujian dalam waktu dekat.

1. Doa Memohon Anak yang Cerdas

Lewat doa berikut ini, orang tua memohon kepada Allah agar anak-anaknya mendapatkan hikmah berupa akal budi. Dengan begitu, kelak ia bisa tumbuh menjadi umat yang senantiasa berperilaku baik dan bermanfaat bagi sesamanya.

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

2. Doa Memohon Anak yang Pintar dan Cerdas

Selain mengucap doa di atas, orang tua juga dapat mengamalkan doa berikut ini untuk memohon anak yang pintar dan cerdas. Lewat doa ini, orang tua berharap anaknya memiliki akal yang sehat dan sempurna,sehingga kelak menjadi pribadi yang berilmu dan suka beramal.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan."

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, memiliki akal yang cerdas, dan memiliki ilmu, dan suka beramal.”

Baca juga:

Keutamaan Membaca Doa Agar Anak Lancar Mengikuti Ujian

Doa merupakan salah satu sarana komunikasi antara seorang manusia dengan Allah. Baik itu saat menghadapi ujian atau tidak, setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa pada Allah untuk memohon ridho-Nya. Karena hanya Allah Yang Berkuasa atas segala yang terjadi di alam semesta.

Termasuk ketika hamba-hamba-Nya akan melewati momen ujian. Meskipun seorang hamba telah memaksimalkan usahanya dalam belajar, namun hasil ujian tersebut tetap berada dalam kuasa Allah. Karena itulah, penting bagi semua umat muslim agar senantiasa berdoa pada Allah.

Apalagi, berdoa merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Seperti beberapa keutamaan doa yang dibaca saat akan menghadapi ujian di atas. Dengan membaca doa-doa tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat, antara lain:

1. Hajatnya Dikabulkan Oleh Allah

Allah telah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Mu'min ayat 60 bahwa Beliau akan mengabulkan setiap permohonan doa hamba-Nya. Ketika kita menginginkan sesuatu, maka jangan hanya berdiam diri. Tapi usahakan dan barengi dengan doa pada Allah. Sebagaimana firman-Nya berikut ini.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Begitu pula dengan orang tua yang mendoakan anaknya agar lancar dalam menghadapi ujian. Meskipun anaknya yang akan melaksanakan ujian, tapi orang tua juga perlu mendoakannya. Sebab, Rasulullah pernah bersabda jika doa orang tua termasuk salah satu doa yang tidak akan tertolak.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak: doa orang tua (kepada anaknya), orang orang yang berpuasa, doa orang yang sedang safar” (HR. Al Baihaqi no. 6619)

2. Hati Lebih Tenang dan Tentram

Berdoa juga memberikan efek yang menenangkan hati dan pikiran, terutama ketika menghadapi kesulitan dan ketidakpastian. Saat pikiran resah karena akan menghadapi ujian, serahkan semuanya pada Allah lewat doa dan hati pun perlahan akan lebih tenang.

Dengan begitu, Anda bisa lebih percaya diri saat menghadapi ujian. Pikiran terbebas dari rasa cemas, sehingga lebih fokus pada soal-soal ujian. Tidak perlu merisaukan bagaimana hasil ujian nanti, karena di dalam hati yakin bahwa keputusan Allah adalah yang terbaik.

3. Mendekatkan Diri pada Allah

Membiasakan diri pada Allah secara tidak langsung juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah. Karena dengan berdoa pada Allah, maka seorang hamba berserah dan mempercayakan segala hajat dan takdirnya pada kuasa Allah.

Apalagi, biasanya seseorang berdoa pada waktu-waktu paling mustajab, seperti setelah mengerjakan sholat fardu, sholat malam atau saat berpuasa. Demi mendapatkan waktu paling mustajab tersebut, maka seorang muslim pun meningkatkan amalan-amalan baiknya yang lain.

Misalnya, dari yang biasanya jarang sholat malam, sekarang menjadi lebih rajin sholat malam agar mendapatkan waktu mustajab untuk berdoa. Dari sana, seorang hamba bisa lebih mengingat dan mendekatkan dirinya pada Allah.

4. Lebih Semangat Belajar

Seorang muslim yang mengimani pentingnya berusaha dan berdoa pasti tidak akan setengah-setengah dalam mengerjakan keduanya. Ia percaya bahwa hajatnya hanya akan terkabul jika usaha dan doa saling beriringan, termasuk ketika akan menghadapi ujian.

Dengan kepercayaan tersebut, seorang muslim akan menjadi lebih semangat dalam belajar. Mulai dari membaca ulang materi pelajaran, berlatih mengerjakan soal, dan sebagainya.

Ketika anak akan menghadapi ujian, dorong mereka agar lebih giat belajar. Ajarkan juga beberapa bacaan doa agar anak lancar mengikuti ujian di atas. Anda sebagai orang tua juga bisa mengamalkan beberapa doa permohonan agar anak-anak menjadi pribadi yang pintar dan cerdas.

Selain menjadi salah satu sarana berserah pada Allah, membaca doa sebelum mengikuti ujian juga memiliki banyak keutamaan. Mulai dari mendekatkan diri pada Allah, serta menjadikan hati lebih tenang dan percaya diri saat menghadapi ujian. Jadi, coba terapkan hingga menjadi kebiasaan.

Posting Komentar