Sudut Deklinasi Adalah: Pengertian, Fakta dan Penjelasannya (Lengkap)

Pertanyaan terkait pengertian dari sudut deklinasi adalah pertanyaan yang sering muncul, banyak yang tidak tahu pengertian dan makna deklinasi.

Untuk membahas deklinasi, mungkin akan lebih mudah jika Anda sebelumnya bisa menentukan arah menggunakan kompas. Pengertian dari sudut deklinasi adalah akan terjawab lebih mudah jika sebelumnya sudah pernah mengetahui kompas dan menggunakannya.

Arah yang ditunjukkan kompas sebenarnya tidak menunjukkan arah utara melainkan arah kutub magnet selatan bumi. Artinya arah tersebut sedikit bergeser dari arah utara bumi yang jadi rintangan bagi navigator selama beberapa abad saat menggunakan kompas.

Kompas pertama kali ditemukan oleh William Gilbert pada tahun 1600. Penemuan kompas ini datang dari negara China.

Jarum magnet pertama kali ditemukan oleh China pada masa pemerintahan Dinasti Qin sekitar tahun 221 sampai 206 sebelum masehi. Tujuan kompas saat itu dipakai sebagai ramalan, baru pada abad ke 11 kompas dikembangkan oleh ilmuwan China sebagai Navigasi.

Dari sejarah menunjukkan jika kompas dipakai untuk navigasi pada abad ke 12 hingga marak dipakai di seluruh dunia oleh pelaut dan penjelajah. Sampai sekarang eksistensi kompas masih terus muncul, namun ada perkembangan teknologi yang lebih memudahkan manusia menunjukkan arah dari kompas, penjelasan  lengkapnya ada di bawah ini.

Pengertian dari Sudut Deklinasi

Setelah membahas sedikit mengenai kompas, kini saatnya membahas mengenai sudut deklinasi. Pasalnya sejarah asal mula kompas berlanjut dengan sudut deklinasi tiga abad setelahnya yakni pada abad ke-15.

Pada abad tersebut titik utara bumi baru ditemukan  secara magnetik bukan lagi menunjukkan titik utara bumi secara geografis. Disini ada fakta yang sedikit mencengangkan kala itu terkait dengan medan magnet bumi yang ternyata tidak tegak secara vertikal namun sedikit miring.

Sebelum menjawab pembahasan pengertian sudut deklinasi disini akan dijelaskan jika sudut deklinasi bisa memiliki nilai positif dan negatif. Penentuannya bergantung pada arah penyimpangannya.

Nilai positif sudut deklinasi didapatkan saat jarum utara kompas menyimpang ke arah timur. Sedangkan sudut deklinasi negatif ketika jarum utara kompas menyimpang ke arah barat.

Jawaban Pertanyaan Pengertian dari Sudut Deklinasi Adalah

Makna dari sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara dan selatan jarum kompas dengan kutub utara dan selatan geografis bumi.  Secara singkatnya sudut ini adalah sudut penyimpangan yang dibentuk antara jarum magnet utara – selatan dengan arah utara selatan yang sebenarnya.

Selain sudut deklinasi ada juga yang disebut sebagai sudut inklinasi. Sudut ini adalah sudut yang dibentuk oleh medan magnetik garis-garis gaya magnetik dengan arah horizontal permukaan bumi.

Penjelasan Sudut Deklinasi

Jarum kompas akan selalu mengarah ke arah jarum utara. Jarum kompas adalah magnet. Kompas memiliki sebuah kutub utara dan selatan. Kutub utara jarum kompas akan mengarah ke kutub utara bumi.

Kutub antar magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub magnet tak senama akan saling menarik. Teori sudah dipelajari di sekolah dan untuk melihatnya langsung juga sangat mudah karena bisa langsung dilihat oleh para siswa sekolah dasar sekalipun.

Itu artinya kutub utara dari jarum kompas menunjuk ke arah kutub utara bumi yang sesungguhnya adalah kutub selatan magnet bumi.

Hal ini sama halnya dengan kutub selatan bumi yang sebenarnya adalah kutub utara magnet. Kutub magnet bumi tidak tepat dan berimpit dengan sederet kutub bumi.

Perbedaan sudut antara kutub magnet bumi dan sebuah kutub bumi inilah yang dimaknai dengan sudut deklinasi.

Baca juga:

Fakta Besar Deklinasi di Bumi

Faktanya besar deklinasi di bumi tidak sama di satu tempat dengan lainnya. Di dekat ekuator, sudut deklinasi justru kecil.

Semakin dekat dengan kutub, sudut deklinasi akan semakin besar. Besaran sudut deklinasi ini harus diperhitungkan saat menggunakan kompas, selain membentuk sudut dengan kutub bumi jarum kompas juga membentuk sudut menggunakan bidang datar.

Jarum kompas sejatinya tidak selalu sejajar dengan bidang datar. Hal tersebut artinya garis gaya magnet bumi tidak selalu sejajar dengan permukaan bumi.

Sempat membahas sedikit tentang inklinasi, yang dimaksud dengan inklinasi adalah sudut kemiringan hasil dari jarum kompas terhadap bidang datar. 

Sama halnya dengan deklinasi, besaran sudut inklinasi tidak sama pada semua tempat di bumi. Di dekat garis khatulistiwa sudut inklinasi tersebut sama dengan nol. Semakin dekat dengan kutub sudut inklinasi akan semakin besar.

Fungsi Kompas dan Cara Menggunakannya

Penting mengetahui fungsi kompas dan cara penggunaannya. Selama ini kompas digunakan sebagai penunjuk arah dan bekerja berdasarkan medan magnet bumi. Jarum yang ada pada kompas bisa menentukan arah mata angin dari arah utara ke selatan.

Meski dikenal sebagai penunjuk arah namun kompas juga punya fungsi lainnya yakni untuk pengukur sudut horizontal dan membuat sudut siku-siku. 

Bagian kompas sangat beragam ada yang paling pokok adalah jarum kompas atau jarum magnet. Jarum kompas menjadi bagian paling penting karena lewat jarum inilah akan menunjukkan arah utara dan selatan.

Cara perawatan kompas agar tidak karatan adalah dengan menggunakan minyak bening sebagai cairan antistatik. Ada juga jarum magnet yang diberi fosfor untuk membantu melihat arah kompas saat malam hari.

Kompas Non Magnetis

Banyak yang tidak menyadari jika kompas mempunyai dua jenis yakni kompas magnetis dan non magnetis. Kompas magnetis terdiri dari pelat dasar atau silva, orientasi, prisma, jempol dan solid state.

Sedangkan kompas non magnetis contohnya adalah GPS, Gyro atau astro. Meski ada banyak jenis kompas namun dari segi kegunaannya kompas dipakai untuk navigasi tidak untuk yang lainnya sejak masa lalu sampai sekarang.

Para pelaut bahkan punya kompas tersendiri berbeda dengan kompas jenis lainnya begitu juga kompas navigasi militer.

Kompas pelaut  pertama kali dikembangkan oleh para astrolog dan ilmuwan di Tiongkok tahun 1050 atau abad ke-10. Kompas tersebut hampir mirip dengan jenis kompas yang dipakai oleh Christopher Columbus selama masa penjelajahannya pada abad ke-15.

Sedangkan untuk kompas navigasi militer merupakan kompas magnet modern yang lengkap dengan kaca pembesar dan cermin. Jenis kompas ini dipakai bersamaan dengan peta sebagai identifikasi arah yang harus ditempuh sepanjang latihan kemiliteran.

Kompas terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Saat ini untuk menunjukkan arah manusia modern lebih memilih GPS yang tersedia di smartphone. Secara fungsi tentunya sama yakni menunjukkan arah tapi GPS lebih real dan bisa menunjukkan dengan jelas lokasi tujuan.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai kompas dan pengertian dari sudut deklinasi adalah yang bisa dipahami secara detail dengan penjelasan di atas. Soal mengenai pengertian sudut deklinasi atau perbedaannya dengan inklinasi sering ditemukan di pelajaran anak sekolah.

Posting Komentar