Range Adalah: Pengertian dan Penggunaanya dalam Excel

Sebagai pengguna Excel, pasti sudah tidak asing dengan istilah range. Range adalah komponen penting dalam Microsoft Excel

Saat Anda belajar microsoft excel atau bekerja dengan menggunakan lembar kerja Excel, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Range. Range adalah komponen penting dalam Microsoft Excel. Nah, agar semakin paham, Anda bisa memahami penjelasan lebih jauhnya di artikel kali ini.

Langsung saja simak penjelasannya di sini.

Pengertian Range Adalah

Pada dasarnya range memiliki berbagai arti sesuai dengan bidang itu sendiri. Dalam bidang statistik, range dapat diartikan sebagai rentang atau jangkauan yakni selisih antara data nilai terbesar dengan data nilai terkecil. Sementara dalam Excel, Range adalah kumpulan sel yang bisa berupa dua cell atau lebih.

Sederhananya range merupakan gabungan atau kumpulan dari sejumlah sel pada excel yang mana dapat digunakan dengan bersamaan untuk tujuan tertentu.

Range dapat mencakup lebih dari satu cell beserta koordinatnya. Umumnya range ditandai dengan bagian sel yang terblok saat menyorotnya dengan kursor. Posisi sel di bagian kiri atas blok dan diakhir posisi sel di bagian kanan bawah merupakan tandai range yang berdekatan. Contohnya range yang diawali dengan sel B2 serta diakhiri dengan sel D10.

Sebagai contoh rentang yang diawali dengan sel B2 dan diakhiri dengan sel D10. Range ini memiliki 3 kolom dan 9 baris dengan 27 sel di dalamnya.

Kegunaan Range

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya range dalam excel digunakan dengan tujuan tertentu. Di mana kegunaan yang dimaksud ialah:

  • Range dapat digunakan untuk kemampuan memformat lebih dari satu sel dengan sekaligus
  • Mereferensikan isi lebih dari satu sel dalam bentuk penulisannya.
  • Range digunakan untuk menghapus isi lebih dari satu sel jika Anda melakukannya.

Setidaknya itulah 3 fungsi atau kegunaan yang bisa Anda gunakan Range dalam microsoft word.

Tak hanya itu, range pun memiliki peran yang tidak kalah penting yakni Anda bisa menggunakannya untuk melakukan perhitungan yakni dengan memasukkan rumus.

Tak terbatas dari itu, membuat Range dalam lembar kerja Microsoft Excel bisa memudahkan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan langkah sederhana.

Cara Membuat Range pada Excel

Ada sejumlah teknik yang dapat Anda gunakan dalam membuat range Excel yang tepat diantaranya adalah sebagai berikut;

Cara Membuat Range dengan Mouse

Dalam membuat Range dengan menggunakan mouse cukuplah simple, tidak perlu melakukannya bersamaan dengan keyboard. Di mana langkah-langkah dalam melakukan pembuatan range dengan mouse ialah berikut ini:

  1. Pertama-tama Anda bisa meletakkan kursor pada sel awal range yang diinginkan terlebih dahulu. Misalnya saja Anda meletakkannya pada bagian C5.
  2. Setelah Anda meletakan kursor di awal range yang dimau, selanjutnya Anda bisa melakukan klik dan tahan tombol pada bagian kiri mouse.
  3. Kursor yang Anda letakan tadi silahkan dibawa ke bagian sel akhir range dengan rentang di mau contohnya saja pada sel C12.
  4. Setelah melakukan hal tersebut, Anda bisa langsung melepas tombol kiri mouse. Dengan demikian range selesai Anda buat.

Dengan 4 langkah tersebut, Anda bisa membuat range yang bagus pada sel yang Anda bagikan.

Lalu bagaimana cara lain yang bisa dilakukan dalam membuat range tanpa melibatkan mouse? 

Baca juga:

Cara Membuat Range dengan Keyboard

Anda yang mungkin tidak memiliki mouse atau malas melakukannya dengan menggunakan mouse, Anda bisa membuat range dengan mengandalkan keyboard.

Dimana langkah-langkah yang tepat dalam membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama Anda bisa meletakan sel aktif tepat di bagian sel awal range.
  2. Langkah selanjutnya Anda bisa menekan dan menahan tombol shift  yang ada di keyboard.
  3. Terakhir Anda bisa menggunakan tombol-tombol berupa ikon panah yang mengarah ke kiri - kanan atau atas - bawah.

3 cara yang lebih simpel atau sederhana dalam membuat range menggunakan Keyboard. Tentunya langkah-langkah di atas dapat Anda ikuti secara mudah.

Membuat Range dengan Mouse dan Keyboard

Jika cara diatas hanya mengandalkan mouse saja atau keyboard saja, maka kini Anda bisa melakukan teknik kombinasi yakni mouse dan keyboard dalam membuat range secara mudah.

Nah dibawah langkah-langkah dalam membuat range kombinasi teknik:

  1. Pertama Anda bisa meletakkan kursor atau ikon panah di layar ke bagian sel awal range dan klik mouse.
  2. Selanjutnya setelah meletakan kursor di sel, Anda bisa menekan dan menahan tombol shift yang ada di keyboard.
  3. Setelah itu, di sini Anda bisa membawa kursor ke bagian sel akhir range. Barulah Anda bisa menekan tombol kiri pada mouse.

Demikianlah 3 langkah cara yang bisa Anda lakukan untuk pembuatan range mouse yang tepat untuk dilakukan dalam microsoft excel.

Dengan adanya berbagai pilihan teknik metode yang dapat Anda lakukan dalam membuat range yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda sendiri. Jadi dari ketiga metode di atas mana yang akan Anda coba?

Cara Memberi Nama pada Range

Setelah tadi Anda mengetahui teknik-teknik pembuatan range, maka akan kurang lengkap juga dengan mengenali cara melabeli atau memberikan nama pada range.

Pemberian nama pada range memiliki guna dan tujuan untuk memudahkan Office dalam melakukan pekerjaannya. Tak terbatas dari itu penamaan range pun dapat membantu Anda untuk menangani lembar kerja terutama jika range yang Anda buat digunakan sebagai acuan proses pekerjaan selanjutnya.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam penamaan range ialah berikut ini:

  1. Pertama Anda bisa memilih range sel yang ingin Anda namai, misalnya saja di bagian range F7.
  2. Setelah memilih range, Anda bisa melakukan klik kanan di bagian atas sel yang akan diberi nama tadi. 
  3. Setelah itu, Anda bisa melakukan klik define name. Kemudian disini Microsoft Excel akan menampilkan kotak New Name.
  4. Di sinilah Anda bisa langsung memasukan nama range yang Anda inginkan. Contohnya saja Anda ingin menamainya dengan tulisan Keterangan.
  5. Setelah Anda menuliskan nama tersebut, Anda bisa melakukan Klik OK untuk menutup kotak dialog.

Dengan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Anda bisa melakukan pelabelan atau pemberian nama yang tepat pada Range Excel yang dimaksud. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda bisa melakukannya tanpa kebingungan.

Kesimpulan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwasannya arti range dapat didefinisikan dengan dua artian. Dimana dalam matematika tepatnya bidang statistik Range (rentang atau jangkauan) yakni angka perselisihan antara data nilai terbesar dengan data nilai nilai terkecil. Sedangkan di dalam Excel, range diartikan sebagai kumpulan sel.

Pada umumnya, istilah range lebih dikenal pada Microsoft word yang mana memiliki fungsi dan guna yang tidak kalah pentingnya.

Nah untuk memanfaatkan range sebagai kemudahan Anda dalam mengoperasikan Excel, Anda dapat membuat range dengan langkah-langkah cara yang mudah untuk bisa Anda lakukan serta pelabelan namanya.

Demikianlah penjelasan terkait pengertian dan teknik metode pembuatannya. Range adalah bagian terpenting untuk bisa mengoperasikan Excel dengan mudah.

Posting Komentar