Informatika Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajarinya

Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan komputer yang ditampilkan dalam bentuk informasi. Berikut ini penjelasannya.

Pernahkah Anda mendengar kata informatika? Apa itu informatika? Informatika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan, penyimpanan, pengeluaran, penganalisisan dan pengaturan data dalam skala besar yang ditampilkan dalam bentuk informasi. Informatika sendiri pertama kali diciptakan oleh seorang ilmuwan asal Jerman Karl Steinbuch tahun 1957 makalahnya yang berjudul “Informatics: Automatic Informat Ion Processing”

Informatika ini sendiri sudah berkembang sejak 20 tahun yang lalu hingga sampai saat ini, dan telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang mampu berdiri sendiri tanpa bergantung pada teknologi tertentu. sehingga dengan hadirnya informatika tersebut, harapannya dapat membantu mempermudah seseorang dalam berinteraksi dengan teknologi menggunakan cara terbaik dan efisien. 

Nah maka dari mengapa perlunya kita mempelajari informatika karena semakin tahun, perkembangan teknologi akan semakin maju, tentu segala sesuatunya selalu membutuhkan teknologi. Agar mengetahui lebih detail terkait pengertian informatika beserta dengan jenis dan fungsinya, yuk langsung simak saja ulasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Informatika Adalah

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwasanya informatika adalah ilmu yang difokuskan pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman dan jaringan komputer itu sendiri. Sedangkan menurut Philippe Dreyfus dan I’Academia informatika merupakan kumpulan bidang ilmu dan teknik yang dimana secara khusus menyangkut transformasi atau pengolahan data menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis seperti komputer.

Sementara itu menurut KBBI (2016) informatika ialah ilmu yang membahas tentang pengklasifikasian, aktivitas simpan, pengeluaran, serta penyebaran pengetahuan yang telah di record. Membahas tentang informatika sendiri, ternyata informatika telah mencangkup beberapa macam bidang diantara yaitu, Ilmu komputer, bidang informasi, sistem informasi, teknik informasi serta program atau aplikasi informasi. 

Berdasarkan pada ruang lingkupnya, ternyata informatika mencangkup beberapa aspek yang lebih luas lagi, diantaranya yaitu.

1. Information Theory (Teori Informasi)

Teori informasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang konsep matematis dari suatu informasi yang bagian darinya.

2. Informasi Science (Ilmu Informasi)

Ilmu informasi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara pengumpulan, penjabaran, manipulatif penyimpanan, dan penyebarluasan informasi untuk kepentingan sosial serta kemasyarakatan secara merata.

3. Informasi System (Sistem Informasi)

Sistem informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik pengembangan pada suatu sistem agar dapat mengolah berbagai macam informasi yang sudah ada. 

4. Information Security Science (Ilmu Keamanan Informasi)

Ilmu ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses pengamanan serta perlindungan data pada sistem komputer.

5. Computer Science And Engineering (Ilmu Komputer dan Teknik Komputer)

Didalam ilmu ini membahas terkait pemprosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi, menggunakan teknologi informasi serta pemrograman yang berbasis dengan komputer. 

6. Social Informatics (Informatika Sosial)

Informatika sosial adalah ilmu yang membahas tentang aspek sosial dari TIK dan ICT dalam perubahan sosial, organisasional dan penggunaan teknologi, yang mencangkup kelembagaan teknologi, informasi sosial, kemasyarakatan serta praktik-praktik sosial. 

Fungsi Informatika

Agar dapat lebih memahami terkait apa itu informatika, sebaiknya Anda juga mengetahui fungsi dari informatika itu sendiri yang meliputi:

  • Sebagai tempat menyimpan dan mencari kembali (retival)
  • Sebagai tempat pembuatan alat dan aplikasi komputasi dengan kreatif dan inovatif.
  • Sebagai tempat pengkajian mengenai cara informatika membentuk relasi kita, organisasi kita, serta dunia kita.
  • Sebagai tempat asistensi dalam berkomunikasi secara perseptif dengan teknologi.
  • Sebagai tempat transmisi
Baca juga:

Tujuan Mempelajari Informatika

Dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan, tentunya terdapat tujuan-tujuan yang harus dicapai, termasuk dalam ilmu informatika sendiri. Diantaranya yaitu.

1. Mampu Berpikir Komputasional

Tujuan utama, seseorang yang mempelajari ilmu informatika ialah harus mampu berfikir dengan komputasional agar dapat menciptakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan secara kritis, kreatif dan sistematis.  

2. Mampu Memahami Ilmu Dasar Informatika

Dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan, tentunya setiap orang wajib paham terlebih dahulu mengenai dasar-dasarnya agar dapat mempermudahnya disuatu hari, sama hal dengan mempelajari informatika, juga terdapat dasar-dasarnya yang harus dipahami meliputi sistem komputer, jaringan, internet, analisis data, dan algoritma pemrograman.   

3. Mampu Berpikir Kreatif Dalam Menghasilkan Artefak Komputasional Secara Sederhana

Tujuan selanjutnya yang diharapkan dalam mempelajari informatika adalah mampu menghasilkan artefak dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang sudah ada serta menerapkan proses rekayasa dan mengintegrasikan pengetahuan di bidang lain agar dapat membentuk solusi sistematik.

Baca juga:

Manfaat Mempelajari Informatika

Sementara itu manfaat yang akan diperoleh dari mempelajari ilmu informatika ialah dapat membantu manusia memecahkan masalah terutama jika berkenaan dengan informasi dan komunikasi, selain itu, manfaat lain dari ilmu informatika itu sendiri adalah membantu mempermudah pekerjaan manusia, sehingga pekerjaan tersebut menjadi efektif dan lebih efisien. Nah itulah tujuan dan manfaat mempelajari informatika yang bisa Anda ketahui.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Informasi tambahan, bagi Anda yang sedang mengambil jurusan teknik informatika tidak perlu khawatir jika nantinya setelah lulus kuliah akan susah mendapatkan pekerjaan, sebab saat ini lulusan teknik informatika sangat banyak dicari oleh setiap perusahaan yang selalu mengutamakan teknologi untuk beroperasi. Sehingga dapat simpulkan untuk prospek karir pada jurusan ini terbilang sangat luas dengan era digital yang terus berkembang.

Berikut ini profesi-profesi yang dibutuhkan berbagai pihak perusahaan dari lulusan teknik informatika diantaranya yaitu.

Programmer 

Programmer merupakan seseorang yang ahli dalam menuliskan kode-kode suatu software atau aplikasi. Selain itu seorang programmer harus mampu menguasai bahasa pemrograman dan tahu cara menggunakannya. 

Database Engineer 

Database Engineer merupakan seseorang yang ahli dalam merancang, mengelolah, serta memelihara basis data milik perusahaan.

Web Engineer

Web Engineer adalah seseorang yang ahli dalam mengatur domain, membuat basis data, mendesain serta memelihara situs website. Bidang pekerjaan ini merupakan bidang yang cukup banyak diminati orang-orang.

Software Engineer 

Software Engineer merupakan seorang yang ahli dalam pengembangan pengembangan dan pengoperasian software

Computer Network 

Computer Network ialah seseorang yang ahli dalam merancang, mengelolah, serta merawat jaringan IT di suatu perusahaan.

Game Developer 

Game Developer merupakan seseorang yang ahli dalam mendesain dan membuat video game dalam bentuk konsol yang mengedukasi.

Konsul IT 

Konsul IT ialah seseorang yang ikut serta dalam perencanaan, dan pengevaluasian IT pada suatu organisasi perusahaan.

System Analyst 

System Analyst merupakan seorang yang ahli dalam melakukan analisis terhadap suatu sistem di perusahaan serta mampu memberikan resolusi  yang baik dengan memanfaatkan perangkat lunak.

Nah, bisa kita ambil kesimpulan bahwa pada intinya informatika adalah ilmu yang berhubungan dengan informasi, teknologi dan pengolahannya yang telah direkam. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar