Musikal Adalah Bagian dari Teater, Berikut Penjelasannya!

Makna musikal adalah apapun yang berkaitan dengan musik. Dalam dunia seni musikal sering digabungkan dengan drama hingga jadi pertunjukan menarik

Musik yang bisa kita dengarkan saat ini sudah mengalami perjalanan dan sejarah yang cukup panjang. Sedangkan musikal adalah sesuatu yang masih berkaitan dengan musik itu sendiri yang sering digunakan dalam drama dan menjadi sebuah drama musikal.

Berbicara dahulu mengenai seni musik secara bahasa terdiri dari dua kata yakni seni dan music. Dua kata ini memiliki artinya masing-masing.

Untuk seni merupakan dimensi yang diciptakan atau rasa manusia yang dituangkan dalam media tertentu sebagai implementasi pada orang lain. Sedangkan kata musik berasal dari kata musikos yang artinya pada bahasa Yunani adalah dewa keindahan.

Pada akhirnya seni musik diartikan sebaai bidang keilmuan atau aliran seni yang memakai nada dan suara atau kombinasi hubungan temporal untuk menyampaikan pesan, amanat dan nilai dalam kehidupan. Setelah mengetahui sedikit tentang seni, musik, seni musik kini saatnya bahas lebih detail tentang musikal.

Musikal Adalah Bagian dari Seni

Di seluruh penjuru dunia musik menjadi hiburan populer. Bukan hanya itu saja seni musik banyak diajarkan di sekolah sebagai pelajaran tambahan. Bahkan di masa kini seseorang yang mendalami musik bisa dijadikan sebagai profesi sumber penghasilan.

Para ilmuwan memiliki pandangannya sendiri mengenai makna seni musik. Karena musik telah lahir beberapa abad lamanya maka di bawah ini akan ditulis beberapa pendapat ahli mengenai makna seni musik.

1. Aristoteles

Pengertian seni musik dari pandangan Aristoteles merupakan sebuah karya dengan kemampuan dan tenaga pengembangan yang asalnya dari rasa. Pengekspresiannya lewat deretan nada dan juga melodi yang memiliki warna dari penciptanya.

2. Sylado

Dari pandangan Sylado pengertian seni musik adalah bentuk dari sebuah wujud yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara penciptanya memakai alunan musik dan nada yang menjwai. Nada ini nantinya bisa menggerakkan isi hati para pendengar.

3. Lexicographer

Dari pandangan Lexicographer seni music adalah keilmuan yang memadukan satu unsur yakni ritmis dengan beberapa unsur vokal, nada dan instrumental. Pandangan ini melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapka sesuatu dari sang pencipta seni yang sifatnya emosional.

Jadi bisa ditarik kesimpulan dari pengertian seni musik adalah sebuah bidang karya seni yang tertian dalam kumpulan ilusi dan lantunan suara menggunakan ritme, vokal dan instrumental. Asalnya dari pengalaman rasa sang pencipta untuk disampaikan kepada pendengar atau yang menikmatinya secara emosional.

Musikan dalam Seni Drama

Musikal sendiri masih berkaitan erat dengan seni. Bahkan musikal sering digabungkan dengan drama dan menjadi pertunjukan drama musikal menarik dan mampu menghidupkan suasana cerita drama bisa jadi semakin menarik.

Masuk ke dalam kategori seni drama musikal juga memiliki beberapa unsur dan cirinya tersendiri. Berikut ini detail lengkapnya:

  • Tema: Dalam drama musikal terdapat gagasan dasar atau ide dasar yang disebut sebagai tema. Ini menjadi landasan dalam sebuah lakon yang sifatnya intrinsik yakni tidak terungkap secara tertulis dalam lakon. Tema ini akan menggerakkan cerita dari awal sampai akhir.
  • Pemain atau tokoh: Untuk menghidupkan sebuah cerita supaya bisa dinikmati secara maksimal butuh adanya pemain atau tokoh. pemain merupakan unsur yang sangat penting dalam pementasan. Ada pemain utama, pembantu dan figuran dalam sebuah drama.
  • Plot atau alur cerita: Plot ini merupakan susunan kejadian atau insiden yang dipilih. Manusia dan tragedi ini akan membuat sebuah aksi atau insiden bisa terjadi.
  • Dialog: Naskah yang berisikan dialog atau kisah yang dipentaskan akan diperankan oleh pemain. Kemudian pementasan ini dilakuan lewat dialog yang menjadi gambaran nyata wata di tiap pemain.

Dalam dialog ini harus menonjolkan dua sisi. Pertama adalah pesan yang ingin disampaikan dan kedua memiliki unsur lainnya seperti tata rias, pencahayaan dan pentas yang bisa menggambarkan karakter atau kejadian tanpa harus berbicara.

Jika kata musikal tidak digabungkan dengan drama menurut KBBI musikal adalah berkaitan dengan musik, punya kesan musik, dan punya rasa peka terhadap musik. Pada intinya musikal tidak bisa lepas dengan kata dasarnya yakni musik.

Baca juga:

Sejarah Perjalanan Seni Musik 

Keberadaan seni musik mempunyai sejarah panjang begitu juga dengan perjalanannya. Bahkan musik sudah ada sejak zaman manusia lahir pertama kali di muka bumi ini dan berkembang pesat dengan beberapa jenisnya seperti sekarang ini.

Dimulai dari zaman prasejarah saat manusia Homo Sapiens ratusan ribu tahun lalu ditemukan alat musik tertua yakni flute. Alat musik ini berasal dari tulang beruang yang terdapat lubang di dalamnya.

Alat tersebut kemudian dipakai untuk mengeluarkan bunyi yang khas dan dipakai oleh manusia pada zaman itu untuk beragam keperluan. Alat musik flute sendiri sudah berusia 40.000 tahun lebih

Pada zaman abad pertengahan tahun 467 sampai 1572 M musik banyak dipakai untuk acara agama Kristen. Namun, disini sudah mulai berkembang alat musik tidak hanya dipakai dalam acara keagamaan saja.

Sampai ke zaman modern sekarang terhitung usai abad ke-20 sampai sekarang banyak sekali media atau platform yang lahir sebagai alat untuk mendengarkan musik. Saat ini jenis musik yang ada juga lebih berfokus kepada suara gaya dan ritme.

Perubahan yang terjadi dengan adanya perkembangan teknologi semakin canggih membuat musik bisa direkam, edit bahkan memiliki beberapa genre. Itulah sebabnya saat ini manusia bisa menikmati musik jauh lebih mudah dan suaranya yang juga lebih indah.

Manfaat musik dalam kehidupan  modern diantaranya :

  • Sebagai pemeriah suasana ketika mengadakan acara baik acara formal maupun non formal. Acara formal contohnya keagaman dan upacara adat yang membutuhkan musik. Lalu untuk kegiatan pesta non formal musik juga dibutuhkan agar suasana pesta lebih meriah.
  • Sebagai mata pencaharian. Saat ini banyak orang yang cita-citanya ingin menjadi musisi, pencipta lagu dan lainnya. Profesi yang berkaitan dengan musik bahkan dihargai dengan harga tinggi. Di Indonesia sendiri sudah banyak ajang pencarian bakat yang ada kaitannya dengan musik.
  • Sebagai nilai kecakapan. Cakap bermain musik membuat seseorang bangga karena ada yang bisa ia tunjukkan ke orang lain sebagai nilai lebih. Wajar jika saat ini banyak orang tua yang sudah melatih anak mengenal musik sejak dini.
  • Sebagai perangsang otak. Banyak ibu hamil sengaja mendengarkan musik saat mengandung dengan tujuan sejak dalam kandungan sensor anak atau daya rangsang anak mulai terlatih. Hal ini sudah teruji secara ilmiah.

Pada intinya musikal adalah bagian dari musik. Manusia menjadikan musik sebagai hiburan yang tak ternilai. Dari mulai anak hingga orang tua menyukai musik dan bisa jadi solusi ketika kesepian dan butuh teman.

Posting Komentar