1 Meter Berapa CM? Pengertian dan Cara Hitungnya dalam Ilmu Fisika

Berikut cara menghitung 1 meter berapa cm menurut ilmu fisika dengan mudah biar tidak bingung saat ada soal tersebut.

Ilmu fisika dan seringkali menjadi momok bagi sebagian orang bisa jadi termasuk Anda. Pasalnya, pemahaman ilmu ini membutuhkan pikiran dengan konsentrasi penuh. Pertanyaan atau soal-soal yang mudah saja bisa ditakuti bila Anda tidak menyukai ilmu ini. Misalnya saja soal 1 meter berapa cm? Oleh karena itu simak informasi lengkapnya.

1 Meter Berapa CM?

Untuk mengetahui 1 meter berapa centimeter anda perlu mempelajari bab tentang satuan panjang terlebih dahulu, Meter sendiri merupakan satuan pokok untuk besaran panjang dalam Sistem Satuan Internasional.

Ada setidaknya 7 tangga satuan yang harus anda ketahui diantaranya yakni:

  • km : kilometer
  • hm: hektometer 
  • dam : dekameter
  • m  : meter
  • dm : desimeter
  • cm : centimeter
  • mm : milimeter

Setiap kenaikan atau penurunan pada tingkat satuan panjang diatas perlu dibagi atau dikali 10. Untuk menjawab soal 1 meter berapa cm? maka jawabannya adalah 100 cm. Dikarenakan untuk menjadi cm dari m anda perlu menuruni 2 tangga.

Maka hitungan yang benar adalah,

  • 1 meter x 100 = 100 cm

Pengertian Satuan

Satuan dalam ilmu fisika memiliki makna sesuatu yang dapat menyatakan hasil pengukuran atau pembanding dari besaran. Setiap negara biasanya memiliki satuan yang berbeda. Misalnya saja di Indonesia biasa mengukur berat dengan satuan kilogram (kg). Beda hal dengan negara Amerika yang biasanya menggunakan satuan pound (lbs).

Jenis-Jenis Satuan

Nah, biasanya satuan ini terbagi atas satuan baku dan satuan yang tidak baku. Berikut info lengkapnya.

1. Satuan Baku (International)

Satuan baku ini biasanya adalah satuan yang sudah ditetapkan atau distandarkan secara paten sehingga bisa dipakai oleh seluruh dunia atau universal. Satuan baku ini biasanya disebut sebagai Satuan Internasional (SI).

Satuan ini sudah ditetapkan oleh International Bureau of Weights and Measures (BIPM). Contohnya adalah meter, kilogram, detik dan sebagainya. Apabila ingin menyelesaikan jawaban 2 meter berapa cm,  Anda harus memahami ini terlebih dahulu.

2. Satuan Tidak Baku

Kebalikan dari satuan baku adalah satuan tidak baku. Satuan tidak baku tidak terlalu digunakan secara universal. Misalnya saja jengkal dan langkah. Satuan seperti ini memiliki hasil yang tidak sama. Hal ini dikarenakan jengkal dan langkah tiap orang berbeda. Oleh karena itu satuan ini tidak digunakan dalam hitungan formal.

Pengertian Besaran

Seringkali anak sekolah maupun anak kuliah bahkan bisa jadi Anda yang sedang tidak berada di status itu mendapatkan pertanyaan mengenai 1 meter berapa cm. Pertanyaan ini sering ada di kehidupan sehari-hari seperti dalam mengukur panjang kayu, implementasi dalam kehidupan dan sebagainya. 

Besaran dalam ilmu fisika memiliki arti sendiri. Adapun arti besaran dalam ilmu fisika adalah sesuatu yang dapat diukur dan memiliki nilai yang biasanya dinyatakan dalam angka dan dalam satuan tertentu. Nah, dari sinilah besaran dapat dikenali dari kriterianya yaitu dapat diukur, memiliki nilai, dan dinyatakan dalam satuan.

Jenis-Jenis Besaran

Tidak jauh berbeda dengan satuan, besaran juga terbagi atas beberapa jenis. Yakni berdasarkan satuannya dan juga arahnya. Berikut jenis-jenisnya.

1. Besaran Berdasarkan Asal Satuan

Besaran yang terbagi atas asal satuannya terdiri dari besaran pokok dan besaran turunan. Berikut penjelasan lengkapnya.

2. Besaran Pokok 

Besaran pokok merupakan besaran yang tidak bergantung dengan besaran lainnya dan satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu. Adapun macam-macam besaran pokok adalah panjang (l), massa (m), waktu (t), suhu (T), kuat arus (I), jumlah zat (j), dan intensitas cahaya (n).

3. Besaran Turunan

Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok dan biasanya satuannya juga diperoleh dari gabungan besaran pokok. Adapun macam-macam besaran turunan adalah volume (V), massa jenis (ρ), tekanan (P), gaya (F), usaha (W). 

4. Besaran Berdasarkan Arah

Besaran yang berdasarkan arahnya terdiri dari besaran vektor dan besaran saklar. Berikut penjelasannya.

5. Besaran Vektor

Besaran vektor ini merupakan besaran yang biasanya memiliki arah dan nilai.  Misalnya saja, sepeda motor itu melaju dengan kecepatan 60 km/jam ke arah timur. Kecepatan inilah yang merupakan besaran vektor yang disebutkan arah dan nilainya.

Tidak hanya kecepatan yang merupakan besaran vektor. Ada juga gaya, momentum, berat, impuls, perpindahan, percepatan, tegangan permukaan, dan gaya gesek.

6. Besaran Saklar

Berbeda dengan besaran vektor yang memiliki arah dan nilai, besaran ini hanya memiliki nilai saja.  Misalnya saja sepeda motor itu melaju dengan kecepatan 60 km/jam.

Baca juga:

Cara Konversi 

Nah sebelum mengetahui juga jawaban dari soal seperti 5 meter berapa cm, cek tabel berikut.

Tabel 1 Besaran Pokok dan Satuannya

No Besaran Pokok Satuan (SI) Lambang
1 Panjang (l) Meter m
2 Massa (m) Kilogram kg
3 Waktu (t) Detik (sekon) s
4 Suhu (T) Kelvin K
5 Kuat Arus (I) Ampere A
6 Jumlah Zat (j) Mol mol
7 Intensitas Cahaya (n) Candela cd

Tabel 2 Besaran Turunan dan Satuannya

No Besaran Turunan Satuan (SI) Lambang
1 Luas (A) Meter Persegi m2
2 Kecepatan (v) Meter per Sekon m/s
3 Percepatan (a) Meter per Sekon Kuadrat m/s2
4 Gaya (F) Newton atau Kilogram meter per sekon kuadrat N atau kg. m/s2
5 Usaha (W) Kilogram meter kuadrat per sekon kuadrat kg. m2/s2
6 Massa Jenis (ρ) Kilogram per meter kubik Kg/m3
7 Volume (V) meter kubik m3

Tabel 3 Konversi Satuan Meter

Tabel 4 Konversi Satuan Panjang Indonesia dan Negara Lain

Satuan Panjang Konversi
1 inch 0,02454 meter
1 kaki 0,3048 meter
1 mil 1609 meter
1 yard 3 kaki = 0,9144 meter
1 meter 1.0936 yard = 39.370 inch

Contoh Soal 1 Meter Berapa CM

  1. Apabila Anda mendapatkan soal 1 meter berapa inci? Jawabannya ada di tabel sebelumnya yaitu 1 meter = 39.370 inci.
  2. Diketahui jarak pesepeda A dengan pesepeda B adalah 100 meter. Lalu Anda mencoba mengkonversinya dalam cm. Jadi 100 meter berapa cm? Jawabannya adalah 100 x 100 = 10.000 cm. Angka seratus didapatkan dari Tabel 3 yaitu setiap turun satu tangga, dikalikan 10. Pertanyaan ini turun dua tangga, jadi dikalikan 100.
  3. Apabila ada tukang penjahit telah mengukur kain sepanjang 10 meter kemudian Anda ingin mengkonversinya dalam cm. Jadi 10 meter berapa cm adalah mengalikan 10 dengan 100. Hasilnya 1000 cm.
  4. Diketahui seorang guru memiliki penggaris dengan satuan meter hendak dipinjam oleh muridnya yang ingin mengetahui panjang mejanya. Ternyata didapatkan nilai 15. Lalu murid ingin mengonversi 15 meter berapa cm. Jawabannya adalah 15 x 100 = 1.500 cm

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai 1 meter berapa cm yang bisa Anda coba temukan jawaban-jawabannya berdasarkan tabel konversi.  Jadi, 1 meter berapa meter itu merupakan satuan panjang internasional yang menghasilkan nilai 1 saja. Anda pun bisa mencoba mengkonversi angka lainnya berdasarkan tabel.

Posting Komentar