Tabel Z (Materi Tabel Z: Tabel Distribusi Normal dan Cara Membacanya)

Untuk memastikan suatu nilai berada di bawah area normal atau tidak, maka diperlukan tabel z: tabel distribusi normal, yang dilakukan berdasarkan prin

Bagi Anda yang sedang mempelajari ilmu statistika, khususnya mengenai materi distribusi normal, pastinya Anda pernah mendengar istilah tabel z. Namun apakah Anda tahu apa itu tabel z: tabel distribusi normal?

Jika belum memahami mengenai hal itu, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan ini. Karena selain akan diberikan penjelasan mengenai tabel z dan angka yang ada dalam tabel z sampai 100 tersebut, Anda juga akan diajari bagaimana cara membaca tabel tersebut. Untuk itu, mari simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Tabel Z: Tabel Distribusi Normal?

Sebelum mencari tahu mengenai apa yang dimaksud dengan tabel z dan sebelum Anda download tabel z tersebut, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai ilmu statistika distribusi normal. Hal ini dikarenakan, tabel z tersebut merupakan bagian dari distribusi normal.

Dimana selain tabel z ini, ada sejumlah istilah lainnya yang ada dalam distribusi normal. Beberapa diantaranya seperti istilah z score, dan juga tabel distribusi z. Namun apakah yang dimaksud dengan tabel z: tabel distribusi normal ini?

Sebagai pengetahuan bagi Anda, yang dinamakan dengan distribusi normal dalam ilmu statiska yaitu salah satu jenis distribusi yang ditampilkan dalam bentuk kontinyu, maupun random. Beberapa pakar statistika menyebut distribusi normal ini dengan istilah distribusi Gaussian.

Sekilas, kurva dari distribusi normal ini berbentuk menyerupai sebuah lonceng. Anda bisa melihat tampilan kurva tersebut dalam bentuk tabel z pdf, maupun dalam format lainnya. Pada umumnya, tabel distribusi normal terdiri dari peluang dari Z maupun P (Z ≤ z).

Dengan kata lain, nilai peluang akan selalu berada di angka 0 dan juga 1. Dimana nilai 0 dan 1 tersebut sering juga disebut dengan distribusi normal, yang dibuktikan dengan tabel distribusi normal standar. Sementara untuk mengetahui densitas/kerapatan dari distribusi normal ini, maka Anda bisa menggunakan rumus berikut ini:

F (x) = =12! e-12 ( x- µ )²

Keterangan:

π : Merupakan konstanta yang setara dengan 3,1416

e  : Merupakan bilangan Euler dengan nilai setara dengan 2,7183

µ  : Memiliki makna mean atau disebut juga rata-rata dalam populasi, serta

σ: Merupakan satuan deviasi populasi (simpangan baku pada populasi)

Dari rumus tersebut, bisa disimpulkan bahwa distribusi normal standar memiliki rata-rata deviasi 0 dan 1. Dimana variabel random dari distribusi normal ini dilambangkan dengan tabel z: tabel distribusi normal. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dalam rumus berikut ini:

Z = X- µ

Definisi dari Tabel Z 

Dari pembahasan di atas bisa diketahui bahwa tabel z: tabel distribusi normal merupakan bagian dari distribusi normal itu sendiri, yang dihasilkan dari variabel random. Namun secara lebih spesifik, yang dimaksud dengan tabel z ini yaitu suatu tabel yang berisi luasan daerah yang ada di bawah kurva distribusi normal, yang ditampilkan dalam bentuk presentase.

Dimana hasil penghitungannya dilakukan dengan berdasarkan z score. Sementara kurva distribusi normal yang ada dalam tabel z ini bisa berupa peluang, maupun probabilitas. Dari penjelasan di atas juga bisa diketahui bahwa tabel z statistik ini hanya berlaku untuk distribusi normal saja.

Baik itu tabel z yang sering Anda lihat dalam tabel z positif dan negatif pdf, maupun tabel z dalam format lainnya. Jenis-jenis dari tabel z: tabel distribusi normal ini antara lain:

Tabel Z dengan Cumulative from Mean

Jenis tabel z yang pertama dikenal dengan tabel z cumulative from mean. Dimana jenis tabel z yang satu ini merupakan luasan daerah yang ada di bawah kurva normal, yang dimulai dari nilai rata-rata, menuju ke sebelah kanan, hingga menuju z score yang diinginkan.

Dimana nilai rata-rata yang dimaksud disini yaitu titik 0 pada sumbu x. Karena seperti diketahui, nilai rata-rata dari tabel z: tabel distribusi standar normal memang dimulai dari angka 0. Sementara untuk tabel z cumulative from mean ini, beberapa orang seringkali menyebutnya dengan peluang.

Khususnya peluang yang berada diantara 0 dan z, maupun yang ada dalam rumus P (0 ≤ Z ≤ z). Berbeda dengan tabel z lainnya, dalam tabel z ini, Anda mungkin hanya akan melihat z score positif saja. Karena memang, dalam tabel z ini, hanya terdiri dari score z. 

Tabel Z yang Bersifat Kumulatif (Cumulative Z Table)

Selain jenis tabel z cumulative from mean, tabel z: tabel distribusi normal juga terdiri dari jenis kumulatif (cumulative z table). Dimana jenis tabel z kumulatif ini merupakan luasan daerah yang berada di bawah kurva normal. 

Dengan kata lain, tabel z kumulatif merupakan peluang yang memiliki nilai dari Z ataupun dari P ( Z ≤ z). Berbeda dengan tabel z cumulatife from mean yang hanya terdiri dari score positif saja. Maka dalam tabel z kumulatif ini terdiri dari z score positif dan juga z score negatif. Sehingga untuk mendapatkan tabel z ini, maka Anda bisa langsung download tabel z distribusi normal z positif dan negatif.

Tabel Z yang Bersifat Complementary Cumulative

Untuk jenis ketiga ini, Anda akan mengenal tabel z yang bersifat complementary cumulative. Dimana jenis tabel z yang satu ini merupakan luasan daerah yang ada di bawah kurva normal, yang diambil dari z score yang diinginkan.

Beberapa orang seringkali menyebut jenis tabel z ini dengan sebutan tabel z kiri. Karena cara perhitungan dan cara membacanya dilakukan dari sebelah kiri, menuju ke arah kanan, sampai tak terhingga. Secara sederhana, tabel z complementary cumulative ini bisa dikatakan sebagai peluang dari suatu nilai dengan besaran lebih dari Z maupun yang diukur dari P (Z ≥ z).

Baca juga:

Download Tabel Z PDF Lengkap

Setelah mengetahui apa itu tabel z selanjutnya dibawah ini adalah link unduhan tabel z lengkap. Silahkan klik saja link yang sudah disediakan berikut.

Tabel Z 1 PDF Tabel Z 2 PDF

Cara Membaca Tabel Z

Bagi sebagian orang, membaca tabel z: tabel distribusi normal bisa dibilang tidaklah mudah. Meskipun demikian, Anda bisa mengingat sejumlah panduan berikut ini. Diantaranya:

  1. Kolom pertama dan baris pertama pada tabel z menunjukkan z score
  2. Sedangkan untuk kolom pertama pada tabel z ini merupakan bilangan bulat serta bilangan yang berada di tempat desimal berada. Dalam arti, bilangan bulat dan juga bilangan yang ditulis di belakang koma
  3. Untuk baris pertama tabel z: tabel distribusi normal ini biasanya menunjukkan bilangan yang berada di tempat desimal kedua. Dalam arti, bilangan kedua yang terletak di belakang koma
  4. Sementara nilai yang Anda lihat dalam tabel z tersebut merupakan peluang, yang mana interpretasinya biasanya bergantung pada jenis tabel z yang dibuat

Dengan memahami panduan di atas, maka setidaknya kini Anda sudah bisa memiliki cukup pengetahuan dalam membaca tabel z: tabel distribusi normal. Sehingga bilamana Anda diminta untuk membuat contoh soal distribusi normal tabel z, maka Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Posting Komentar