1 Mil Berapa Km? Anda Perlu Tahu 2 Jenis Mil Berikut Ini!

Mil digunakan sebagai satuan jarak sejumlah negara. Namun bagi yang tinggal di Indonesia seperti Anda, apakah Anda tahu, 1 mil berapa km?

Bagi sebagian negara-negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Liberia dan juga Myanmar, penggunaan satuan jarak mil kiranya sudah menjadi hal yang lumrah. Namun bagaimana dengan Indonesia, apakah Anda selaku warga negara Indonesia mengetahui 1 mil berapa km?

Mengingat seperti diketahui, alih-alih menggunakan mil, masyarakat Indonesia cenderung menggunakan kilometer (Km) sebagai satuan jarak. Namun bukan berarti Anda tidak perlu mengetahui satuan mil tersebut, bukan?

1 Mil Berapa Km? dan Mengapa di Indonesia Satuan Mil Tidak Digunakan?

Istilah mil sebenarnya diambil dari bahasa latin, yaitu “mile- passus”. Dimana arti dari istilah tersebut memiliki makna “1000 langkah”. Hal ini mungkin berkaitan dengan penggunaan mil itu sendiri sebagai salah satu ukuran untuk menghitung jarak suatu tempat.

Meskipun digunakan sebagai satuan jarak, namun nyatanya, tidak semua negara-negara di dunia menggunakan satuan ini. Hanya beberapa negara saja yang mengadopsi mil, sebagai satuan jarak yang digunakan di negara tersebut.

Beberapa diantaranya seperti Inggris, Amerika Serikat, Myanmar, dan juga Liberia. Bagaimana dengan di Indonesia? Seperti diketahui, Indonesia cenderung menggunakan satuan jarak kilometer (Km), sebagai satuan jarak, dibandingkan dengan satuan mil.

Maka tak heran, jika banyak orang Indonesia yang tidak begitu paham dengan satuan jarak tersebut, bahkan saat diminta untuk mengkonversi 1 mil berapa km/jam. Meskipun demikian, bukan berarti Anda lantas tidak ingin mengetahui besaran dari satuan mil tersebut, bukan?

Karena bagaimanapun juga, selain bisa menambah pengetahuan Anda, mempelajari hasil konversi satuan mil ini juga bisa membuat Anda mengetahui 1 mil berapa km, jika dikonversi ke dalam satuan jarak yang sering digunakan di Indonesia tersebut.

Pertanyaannya kini adalah, mengapa Indonesia lebih memilih menggunakan satuan jarak kilometer (Km) dibandingkan dengan satuan jarak mil? Sebenarnya tak ada yang tahu pasti mengenai hal itu. Hanya saja, hal tersebut mungkin saja dikarenakan, penggunaan kilometer sebagai satuan jarak telah digunakan sejak lama.

Bahkan mungkin sejak masa kolonial dulu, satuan kilometer telah digunakan di Indonesia untuk mengukur jarak antara satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Dengan kata lain, jika kemudian penggunaan kilometer tersebut diganti dengan mil, maka tentunya diperlukan suatu penyesuaian yang pastinya tidak akan mudah dilakukan.

Meskipun demikian, sebagai orang Indonesia, Anda juga perlu mengetahui 1 mil berapa km darat maupun yang dikonversi dari mil laut ke km. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui jarak tersebut, bilamana Anda mengunjungi negara-negara yang menggunakan satuan jarak mil.

Dari penjelasan diatas, mungkin ada diantara Anda yang bertanya-tanya, sebenarnya ada berapa jenis satuan mil tersebut? Mengapa dalam pernyataan di atas disebutkan mil darat dan mil laut? Bisa dikatakan, satuan jarak mil terdiri dari mil darat dan juga mil laut.

Dimana besaran dari kedua mil tersebut memiliki hasil yang berbeda jika dikonversi ke dalam kilometer (Km). Penjelasan mengenai besaran dari kedua mil tersebut akan diberikan dalam pembahasan berikut ini.

1 Mil Berapa Km?

Untuk menentukan hasil 1 mil berapa km? maka anda bisa melihat terlebih dahulu tabel konversi SI (Satuan International) dibawah ini.

SI Imperial
1 cm 0, 3937 inches
1 m 39,37 inches
1m 3,28 feet
1 km 3280,84 feet
1 km 0,62 mil
1 km 1093,61 yards
1 inch 2,54 cm
1 foot 30,48 cm
1 yard 91,44 cm
1 foot 0,3048 m
1 mile 1,609 km
1 mile 1609,34 m
1 yard 0,9144 m

Dari tabel diatas maka dapat disimpulkan bahwa 1 mil (mile) berapa km? jawabannya adalah 1,609 Km.

Diagram Konversi Satuan Mil ke KM

Selain mengetahui jawaban berapa km dalam 1 mil jarak yang telah ditempuh, tabel dibawah merupakan tabel diagram konversi mile ke kilo meter yang telah di rinci secara lengkap.

Mil Kilometer
1 mil 1,609 km
2 mil 3,218 km
3 mil 4,827 km
4 mil 6,436 km
5 mil 8,045 km
6 mil 9,654 km
7 mil 11, 263 km
8 mil 12, 872 km
9 mil 14, 481 km
10 mil 16, 090 km

Baca juga:

Jenis-Jenis Satuan Mil

1. Satuan Jarak Mil Laut (Nautical Mile)

Jenis satuan mil yang pertama dikenal dengan nautical mile atau yang sering disebut juga dengan satuan mil laut. Satuan mil yang satu ini biasanya digunakan oleh kapal-kapal laut, kapal selam, serta sejumlah transportasi laut lainnya.

Secara umum, mil laut merupakan besaran jarak busur bumi lingkaran bumi yang bisa diukur/dihitung setiap menit (per menit). Dimana satuan jarak mil laut ini biasa digunakan untuk mengukur jarak antar samudera maupun pulau.

Dengan kata lain, jika ada yang bertanya pada Anda mengenai 2 mil berapa km, pastikan terlebih dahulu, apakah yang dimaksud disini adalah mil darat ataukah mil laut. Karena perlu diketahui, bahwa besaran kedua jenis mil tersebut tidaklah sama. Khususnya saat dikonversi ke dalam satuan kilometer.

Lalu berapa besaran dari mil laut ini? Sekedar informasi, mil laut memiliki besaran sekitar 1,852 km. Dengan kata lain, jika Anda mencoba untuk mengukur 1 mil berapa km dengan jenis mil laut, maka jawabannya adalah sekitar 1,852 km.

Berbeda kiranya jika yang Anda cari adalah hasil konversi dari mil darat ke kilometer (km). Misalnya 20 mil berapa km, yang mana mil yang dimaksud disini adalah mil darat. Maka tentunya, Anda perlu mencari tahu lebih dahulu mengenai rumus satuan mil darat.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena selain besaran mil laut (nautical mile), dalam pembahasan ini juga akan dijelaskan mengenai mil darat, dan hasil konversi dari mil darat ke km. Untuk itu, Anda bisa terus simak jenis satuan mil yang kedua di bawah ini.

2. Satuan Jarak Mil Darat

Selain mil laut, beberapa negara di Eropa, Amerika, dan Asia, khususnya Inggris, Amerika Serikat, dan Myanmar juga mengenal mil darat, sebagai satuan jarak di daratan. Dimana seperti diketahui, besaran hasil konversi dari mil darat ke kilometer ini tentunya memiliki besaran yang berbeda, dengan hasil konversi mil laut ke km.

Pertanyaannya adalah 1 mil berapa km, jika satuan jarak mil yang digunakan merupakan mil darat? Sebelum Anda melakukan pengukuran, maka tentunya Anda perlu mencari tahu panduan/rumus mengenai hasil konversi mil darat ke km tersebut.

Sebagai pengetahuan bagi Anda, secara garis besar, satuan mil darat tak lain adalah 1,069 km. Sehingga bisa dikatakan, bahwa jika Anda mencari 1mil berapa km, untuk mil darat, maka jawabannya sudah bisa dipastikan adalah 1,069 km.

Bagaimana dengan 3 mil? Hasil konversi 3 mil berapa km? Mudah saja, Anda hanya tinggal mengalikannya dengan angka 3. Sehingga hasilnya setara dengan 4,827 km. Selain bisa dikonversi ke dalam kilometer, mil darat juga sebenarnya bisa dikonversi ke dalam feet maupun yard.

Dimana hasil konversi 1 mil darat ke feet yaitu setara dengan 5.280 feet. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengkonversi mil darat ini ke dalam yard. Anda hanya perlu ingat, bahwa 1 mil darat ini setara dengan 1.760 yard.

Lalu bagaimana kiranya jika Anda harus mengkonversi 11 mil darat ke dalam yard? Anda hanya perlu mengkonversi 11 mil berapa km terlebih dahulu. Barulah nantinya, Anda bisa mengkonversi hasilnya dengan mengalikannya dengan angka 1.760 yard. Mudah bukan?

Begitu juga jika Anda diminta untuk mengkonversi 10 mil darat ke dalam feet. Anda tinggal mencari terlebih dahulu 10 mil berapa km. Kemudian, Anda bisa mengalikannya dengan 5.280, yang mana angka tersebut merupakan besaran konversi 1 mil darat ke dalam feet.

Jika Anda diminta untuk mengkonversi 1 mil berapa km, maka pastikan terlebih dahulu, bahwa mil yang dimaksud adalah mil darat, ataukah mil laut. Agar Anda tidak keliru dalam melakukan penghitungan nantinya. Dengan mengetahui besaran 1 mil darat 1.069 km, dan mil laut setara dengan 1,852 km, akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan konversi dari kedua jenis mil tersebut.

Posting Komentar