Innallaha Ma Ashobirin Tulisan Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Berikut innallaha ma ashobirin tulisan arab yang berharakat, tidak berharakat dan artinya dalam Al-Quran.

Seringkali Anda mungkin mendengar kalimat innallaha ma ashobirin dalam berbagai kesempatan. Baik itu dalam majelis pertemuan maupun melihat secara langsung di buku atau di manapun Anda berada.  Namun, tahukah Anda makna dari innallaha ma ashobirin tulisan arab yang ada di mana saja yang bersumber dari Al-Quran tersebut? Berikut informasinya.

Innallaha Ma Ashobirin Tulisan Arab yang Ada di Al-Quran

Tulisan Innallaha Ma Ashobirin

Tulisan ini sering kali terdengar di mana-mana. Baik itu dalam podcast, majelis pertemuan, video-video yang ada di internet dan sebagainya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut adalah innallaha ma ashobirin tulisan arab yang ada di Al-quran إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّـٰبِرِينَ (innallaaha ma'a shoobiriiin).

Makna dari Innallaha Maashobirin

Innallaha maashobirin seringkali disangkut pautkan dengan berbagai macam musibah. Baik itu musibah yang tidak mengenakan hingga dijadikan bahan gurauan saat teman Anda dalam situasi yang tidak menyenangkan. Kalimat ini memang memiliki makna untuk menyemangati agar manusia tidak patah semangat dan tidak pernah merasa sendiri.

Selain itu, ayat ini juga menyuruh umat manusia agar lebih bisa bersabar dalam menghadapi ujian maupun dalam hal proses atau berusaha. Ujian yang menghadang manusia terkadang datang tidak hanya sebatas berupa kenestapaan saja melainkan juga bisa berupa kenikmatan.

Hal ini dikarenakan ayat yang berbunyi innallaha ma ashobirin artinya adalah sesungguhnya tuhan (Allah SWT) bersama orang-orang yang bersabar. Jadi, saat Anda merasakan tidak ada harapan atau ingin putus asa, Anda tidak boleh merasa sendiri. Pasalnya, Allah selalu membersamai dan tidak meninggalkan hamba-Nya.

Begitu juga saat Anda berada dalam kondisi yang mengharuskan berjuang bahkan mengharuskan selalu berusaha dan berproses menggapai impian. Tentu hal ini juga dibutuhkan suatu kesabaran. Oleh karena itu, ayat ini menyemangati agar Anda tetap berpikiran positif bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Ujian tidak hanya berupa kenestapaan saja. Ujian juga bisa berupa kenikmatan yang tidak pernah Anda sadari. Kenikmatan ini bisa melalaikan Anda dalam beribadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Anda bisa melewati kenikmatan bila Anda bersabar dalam menjalani kehidupan.

Baca juga:

Cara Menghadapi Ujian

Manusia hidup di dunia tidak akan pernah lepas dari ujian yang diberikan oleh tuhan semesta alam. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang ada dalam surat Al-Anbiya ayat 35 yang artinya ‘’setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada kami.”

Adanya ujian bukan berarti melemahkan semangat hidup hingga melemahkan semangat berjuang. Justru adanya ujian dalam kehidupan menandakan Anda sebagai manusia terpilih yang memiliki kekuatan untuk melewatinya. Lalu apa saja cara untuk menghadapinya?

1. Terus Berusaha atau Berikhtiar

Ikhtiar atau berusaha memiliki makna yaitu selalu melakukan berbagai cara yang ahsan atau baik dalam rangka memperbaiki suatu keadaan. Saat Anda berada dalam situasi yang membuat ingin menyerah, terus paksa diri agar tetap terus bergerak maju. Apakah Anda pernah mendengar kalimat la tahzan innallaha maana?

Kalimat tersebut memiliki arti yaitu jangan bersedih karena sesungguhnya Allah selalu bersama hamba-Nya. Kalimat ini membuktikan bahwasanya Anda sebagai manusia tidak boleh bersedih yang berlebihan hingga dapat menyebabkan putus asa tanpa mau berusaha kembali. Oleh sebab itu, mengingat kalimat ini bisa dijadikan amunisi agar selalu bangkit.

2. Pahami Makna Dibalik Ujian terdapat Banyak Hikmah

Setiap ujian yang menerpa manusia selalu memiliki banyak hikmah. Cobalah untuk memahami bahwasanya Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Hal ini sesuai dengan hadits rasul yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. 

Adapun isi haditsnya adalah tidaklah seorang muslim tertimpa musibah tertusuk duri atau lebih dari itu kecuali dengannya Allah akan menghapus sebagian dosanya. Hal ini sesuai dengan pembahasan sebelumnya. Oleh sebab itulah, sebagai hamba tuhan usahakan untuk selalu mengingat ayat innallaha maana arab yang ada di kitab suci.

3. Perbanyak Dzikir dan Doa

Doa memiliki makna dari segi bahasa adalah meminta, memohon, menyeru hingga memanggil. Namun, dari segi istilah doa memiliki makna permohonan atau keinginan dari sesuatu yang tingkatannya rendah kepada tingkatan yang lebih tinggi.

Lain hal dengan dzikir. Dzikir memiliki makna dari segi bahasa adalah mengingat, menyebut dan mengenang. Akan tetapi makna dzikir menurut istilah adalah mengingat atau menyebut nama Allah SWT. 

Adanya ujian membuktikan bahwasanya tuhan sedang rindu suara pinta Anda kepada-Nya. Hadirnya ujian mengharuskan Anda selalu memperbanyak dzikir dan berdoa. Dzikir dan doa yang lebih bagus adalah berdasarkan Al-quran maupun hadits. Terutama berupa kata2 innallaha maashobirin agar bisa menenangkan dan menguatkan hati Anda.

Apabila Anda kurang memahami bacaan arab, Anda bisa membaca innallaha maashobirin latin. Asalkan Anda bisa memahami dengan baik dari kalimat yang tertera. Pasalnya semua ayat yang ada di dalam kitab suci adalah firman langsung dari tuhan. Pemahamannya pun harus hati-hati atau berdasarkan fatwa para ulama.

Hal ini dikarenakan makna kalimat dalam bahasa Arab berbeda dengan kalimat dalam bahasa Indonesia. Ustadz Aceng Zakaria menerangkan dalam karyanya yang berjudul Al-Muyassar fi ‘Ilmin-Nahwi bahwasanya arti dari kalimat adalah lafadz yang mengandung makna. Oleh karenanya, istilah kalimat dalam bahasa Arab sepadan dengan istilah kata dalam bahasa Indonesia.

4. Bersikap Selalu Bersabar

Ujian atau musibah bisa menjadi kesempatan Anda untuk mendapatkan derajat yang lebih tinggi. Adanya ujian bisa menempatkan Anda berada di posisi istimewa kepada-nya. Oleh karena itu, disetiap kesempatan, di mana saja dan kapan saja Anda bisa selalu bersabar. Tidak hanya berlaku dengan diri sendiri, sabar juga bisa diperlakukan kepada orang lain atau teman. Salah satunya adalah membacakan potongan ayat sebelumnya. Apabila orang lain atau teman Anda menanyakan innallaha maashobirin surat apa, Anda bisa langsung menerapkan dengan memberikan contoh-contoh perilaku. 

Bila perlu Anda juga bisa menghadiahkan innallaha maashobirin kaligrafi agar orang lain, teman atau orang-orang terdekat Anda bisa terbiasa menerapkan dalam kesehariannya. 

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan ayat innallaha ma ashobirin. Baik itu innallaha ma ashobirin tulisan arab , latin, maknanya, hingga penerapannya. Sekalipun hanya satu ayat bisa Anda amalkan dalam keseharian dan mudah-mudahan bisa memberikan perubahan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bersosialisasi.

Posting Komentar