Jawaban Jazakallah Khairan, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Sering mendengar orang berkata Jazakallah Khairan? Simak penjelasan jawaban Jazakallah Khairan yang tepat sesuai dengan maknanya.

Mengucapkan terima kasih merupakan suatu akhlak yang sangat terpuji. Dimana hal ini sesuai dengan ajaran agama dan telah diajarkan sejak kecil. Makanya tak jarang orang mengucapkan jazakallah Khairan. Namun bagi sebagian masih banyak yang belum tahu dengan pasti jawaban jazakallah Khairan yang tepat itu seperti apa.

Belakangan ini mengucapkan jazakallah khairan menjadi sebuah trend dikalangan masyarakat. Ucapan terima kasih dalam Bahasa Arab ini sering diucapkan mana kala seseorang lagi mendapatkan bantuan atau pemberian dari orang lain.

Perkembangan teknologi memang membawa perubahan besar dalam segala hal, termasuk perkembangan bahasa. Saat ini banyak orang yang telah menggunakan bahasa asing dalam kehidupannya. Seperti pengucapan terima kasih dalam Bahasa Arab.

Sebagai salah satu contohnya jazakallah Khairan. Sementara itu banyak juga yang belum tahu jawaban jazakallah Khairan yang tepat. Pasalnya dalam Bahasa Arab arab jawaban jazakallah Khairan untuk wanita dengan jawaban jazakallah Khairan untuk laki-laki ini sangat berbeda.

Lantas seperti apakah jawaban yang tepat untuk kata jazakallah Khairan itu? Sebelum membahas hal ini lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui seberapa pentingkah mengucapkan kata terima kasih ini.

Pentingnya Berterima Kasih dan Menerapkannya Sejak Dini 

Jazakallah Khairan yang berarti terima kasih ini merupakan salah satu magic word yang mana harus diajarkan sejak dini. Dengan mengajarkannya sejak dini akan membuat seseorang terbiasa manakala mendapatkan bantuan, pujian, dan juga hadiah dari orang lain.

Kebiasaan mengucapkan terima kasih ini secara tidak langsung akan menunjukkan seberapa sopan kah sikap seseorang. Mengerti akan adab dan tata Krama. Kebiasaan ini akan menguat mana kala diajarkan sejak dini.

Selain itu, orang yang mau berterima kasih akan membawa dampak luar biasa bagi diri sendiri, orang lain dan juga lingkungan. Kenapa demikian? Karena dengan mengucapkan terima kasih seseorang belajar cara dasar untuk bersikap santun kepada orang lain. Hal inilah yang akan membuat dirinya lebih bisa diterima oleh orang-orang disekitarnya.

Lantas bagaimana cara mengajarkan dan membiasakan agar selalu berterima kasih jika mendapat bantuan, pujian atau pemberian dari orang lain tentunya akan lebih baik hal ini dilakukan sejak kecil atau dini. Jadi akan terbentuk sebuah kebiasaan.

Mulai dari orangtua yang harus menerapkan dan memberi contoh sehingga anak akan mengenal adab ini dan membawanya menjadi sebuah kebiasaan hingga dewasa. 

Memberi tahu jika anak tidak mengerti dan tegur jika anak lupa untuk mengatakannya. Dengan catatan tidak memaksakan kehendak, tetapi lebih ke arah memberi tahu mempraktekkan dan juga mengingatkan. 

Dengan begini secara tidak langsung kebiasaan berterima kasih pun terbentuk sejak usia dini. Jangan lupa juga beri hadiah atau ucapan terima kasih juga jika anak mampu mengucapkannya dengan baik.

Selanjutnya bagaimana jika hendak meniru mengucapkan terima kasih tetapi dalam Bahasa Arab. Sebagaimana telah disinggung di atas memang dengan berkembangnya teknologi, kebudayaan pun ikut berkembang seperti bahasa. Pemakaian kata jazakallah Khairan banyak digunakan untuk mengganti kata terima kasih.

Tidak mengapa jika mau mengucapkan jazakallah Khairan. Asalkan Anda tahu arti dan jawaban jazakallah Khairan yang tepat itu seperti apa. Pasalnya dalam Bahasa Arab penggunaan kata untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Hampir sama dengan penggunaan kata dalam bahasa inggris.

Berikut akan dijelaskan penggunaan dan jawaban jazakallah Khairan yang tepat termasuk dalam konteks tertentu.

Jawaban Jazakallah Khairan

Ada perbedaan dalam penggunaan kata jazakallah Khairan.  Jazakallah Khairan ini diucapkan untuk laki-laki sedangkan untuk perempuan menggunakan kata jazakillah Khairan. 

Lain halnya jika mengucapkannya ditujukan untuk banyak orang maka menggunakan jazakumullah Khairan. Jazakallah Khairan sendiri terdiri dari dua kata yaitu jazakallah dan Khairan.  

Dimana jazakallah berarti semoga Allah membalas mu sedangkan Khairan berarti kebaikan. Jadi jazakallah Khairan artinya semoga Allah SWT membalas kebaikanmu.

Selanjutnya bagaimana jika ada orang yang mengucapkan jazakallah Khairan? Balasan apa yang tepat untuk menjawabnya? Berikut sedikit penjelasan tentang jawaban jazakallah Khairan.

Baca juga:

Jawaban jazakillah Khairan untuk perempuan:

fa jazakilllahu khoiro atau wa iyyaki

Artinya: “Semoga demikian juga untukmu.” (perempuan)

Jawaban jazakallah Khairan untuk laki-laki:

fa jazakallahu khoiron atau wa iyyaka

Artinya: “Semoga demikian juga untukmu.” (laki-laki)

Jawaban jazakallah Khairan untuk kalian/kelompok:

wa iyyakum

Artinya: “Semoga demikian juga untuk kalian semua (jamak)

Senada dengan jawaban jazakallah Khairan, ada juga jawaban untuk jazakallah Khairan Katsiran. Dimana jawaban jazakallah Khairan Katsiran artinya hampir sama dengan jawaban jazakallah Khairan.

Katsiran sendiri artinya banyak. Jadi jazakallah Khairan Katsiran berarti semoga Allah SWT membalas dengan banyak kebaikan. Menurut ustadz Khalid Basalamah bahwa tidak ada hadits yang mewajibkan atau mengharuskan untuk menambah Katsiran.

Nabi Muhammad Saw hanya menggunakan jazakallah Khairan saja sehingga penambahan kata Katsiran dirasa malah berlebihan. Selain itu juga jangan mengurangi dan atau menambah seperti halnya mengucapkan jazakallah atau jazakallah Khairan Katsiran. Hal inilah yang harus menjadi perhatian dalam pengucapan sehari-hari.

Selain itu pengucapan dan penggunaan jazakallah Khairan ke masing-masing individu juga berbeda. Sebagaimana berikut ini: 

  • Jazakallah Khairan : diucapkan untuk satu orang laki-laki tunggal.
  • Jazakillah Khairan : diucapkan untuk satu orang perempuan tunggal.
  • Jazakumullah Khairan : diucapkan untuk laki-laki jamak.
  • Jazakunnallah Khairan : diucapkan untuk perempuan jamak.
  • Jazakallah Khairan : diucapkan untuk perempuan dan laki-laki jamak.

Itulah penggunaan dan jawaban jazakallah Khairan untuk setiap orang yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam mengucapkan dan penggunaannya. Selanjutnya apa keutamaan mengucapkan dan menjawab jazakallah Khairan ini?

Keutamaan Mengucapkan Jazakallah Khairan 

Ada banyak sekali keutamaan mengucapkan jazakallah Khairan atau terima kasih ini. Baik itu untuk diri sendiri, orang lain maupun lingkungan. Sebagai mana yang telah Islam ajarkan. 

Diriwayatkan Dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : 

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ

Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” 

Setidaknya dari hadist diatas dengan mengucapkan jazakallah Khairan atau berterima kasih kepada orang yang telah menolong atau memberikan bantuan menunjukkan adab seseorang yang sangat mulia. Mengenal dan mampu menerapkan sopan santun serta tata Krama.

Disinilah keutamaan yang dapat diambil dengan mengucapkan jazakallah Khairan akan timbul rasa saling menghargai menghormati satu sama lain dan saling tolong menolong.

Dengan mengetahui jazakallah Khairan artinya dan balasannya setidaknya akan membuat Anda lebih jelas tentang jawaban jazakallah Khairan yang tepat. Tanpa harus malu karena salah dalam mengucapkan ataupun menjawabnya. Sekian semoga dapat membantu.

Posting Komentar