1 Liter Berapa CC? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Pernahkah Anda bertanya-tanya 1 liter berapa cc, atau mungkin sebaliknya, 1 cc berapa liter? Jika Anda belum mendapat jawabannya, simak penjelasan ini

Seperti diketahui, liter dan centimeter kubik (cc) merupakan salah satu ukuran yang digunakan untuk mengukur volume. Namun apakah Anda mengetahui 1 liter berapa cc, dan bagaimana mengkonversi satuan cc ke liter? Misalnya menghitung 10 cc berapa liter?

Meskipun mungkin saja Anda mengetahui jawabannya, namun tak jarang, masih banyak juga yang belum mengetahuinya. Terutama dalam mengkonversi antara satuan volume yang satu dengan satuan volume lainnya. Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai hal itu, yuk simak informasi menarik berikut ini!

1 Liter Berapa CC? Kenali Dulu Satuan Volume Berikut Ini!

Sebelum mencari tahu mengkonversi satuan liter ke cc, memang ada baiknya jika Anda bisa memahami terlebih dahulu mengenai apa saja yang termasuk ke dalam satuan volume. Karena sama halnya dengan satuan berat dan juga satuan panjang, satuan volume juga memiliki penghitungan tersendiri. 

Khususnya yang berkaitan dengan cara mengkonversi antara satuan volume yang satu ke satuan volume yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai melakukan konversi 1 liter berapa cc, maka tentunya akan lebih baik jika Anda bisa mengetahui terlebih dahulu mana saja yang termasuk satuan volume.

Jika selama ini Anda mengenal Kilometer (Km), Hektometer (Hm), Dekameter (Dam), Meter (m), dan yang lainnya sebagai satuan panjang. Maka sebenarnya, Anda telah memiliki cukup bekal untuk bisa mempelajari satuan volume secara keseluruhan.

Bahkan mungkin bisa mengkonversi satuan liter ke cc, maupun satuan ml ke cc. Misalnya melakukan konversi untuk mencari tahu 1000cc berapa ml. Namun bagaimana cara mengkonversi kedua satuan tersebut? 

Bagi Anda yang masih merasa bingung dengan beberapa satuan volume tersebut, maka Anda bisa mulai mempelajari satuan volume ini dengan mengulang materi mengenai satuan panjang yang mungkin pernah Anda peroleh saat berada di bangku sekolah. Seperti diketahui, satuan panjang terdiri dari:

  • Kilometer (Km)
  • Hektometer (Hm)
  • Dekameter (Dam)
  • Meter (M)
  • Desimeter (Dm)
  • Centimeter (Cm), dan
  • Milimeter (Mm)

Pada umumnya, untuk mengkonversi satuan panjang yang satu ke satuan panjang di bawahnya, Anda harus mengalikannya dengan angka 10. Begitu pun sebaliknya, Anda bisa membagi satuan panjang yang satu dengan angka 10 jika ingin mengkonversinya ke satuan panjang yang ada di atasnya.

Misalnya untuk mengkonversi Kilometer (Km) ke Hektometer (Hm), Anda perlu mengalikannya dengan angka 10. Sehingga 1 Km menjadi 10 Hm. Sementara untuk mengkonversi Meter (M) ke Dekameter (Dam), maka Anda harus membaginya dengan angka 10. Sehingga 100 M menjadi 10 Hm.

Lalu bagaimana dengan satuan volume? 1 liter berapa cc? Sebenarnya satuan volume berupa liter dan cc ini tak jauh berbeda dengan satuan panjang pada umumnya. Hanya perhitungannya saja yang berbeda.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengubah setiap satuan panjang di atas menjadi satuan volume dengan cara berikut ini. Antara lain:

  • Kilometer (Km) menjadi Kilo liter (Kl)
  • Hektometer (Hm) menjadi Hekto liter (Hl)
  • Dekameter (Dam) menjadi Deka liter (Dal)
  • Meter (M) menjadi Liter (L)
  • Desimeter (Dm) menjadi Desiliter (Dl)
  • Centimeter (Cm) menjadi Centi liter (Cl), serta
  • Milimeter (Mm) menjadi Mili liter (Mm)

Dengan mengetahui satuan volume di atas secara tidak langsung Anda bisa mengetahui  mengenai 1 liter berapa ml, yang nantinya bisa dijadikan tolok ukur untuk mencari tahu 1 liter berapa cc? Dari penjelasan mengenai satuan volume di atas, mungkin ada diantara Anda yang mulai bertanya-tanya.

Misalnya pertanyaan mengenai bagaimana cara penghitungan satuan volume tersebut? Samakah dengan penghitungan mengenai satuan panjang? dan mengapa dalam satuan volume tersebut tidak ada satuan cc? Sedangkan kini Anda tengah mencari tahu 1 liter berapa cc? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan selanjutnya berikut ini.

Cara Konversi Satuan Volume

Sama halnya dengan satuan panjang, satuan volume berupa liter, Desi liter (dl), Centi liter, dan yang lain juga menggunakan kelipatan 10, untuk mengkonversi ke satuan volume yang setingkat di bawah ataupun di atas dari satuan volume tersebut.

Misalnya, saat Anda harus mengkonversi 1 liter ke Desi liter (Dm), maka Anda perlu mengalikannya dengan kelipatan 10, menjadi 10 Dm. Sementara untuk mengkonversi 10 liter menjadi Deka liter (Dam), maka tentunya Anda perlu membaginya dengan kelipatan 10, menjadi 1 Dam.

Namun perlu Anda ketahui juga, bahwa selain menggunakan satuan volume diatas yang terdiri dari Kilo liter, Hekto liter, Dekameter, Liter, dan yang lainnya, seperti yang telah disebutkan di atas. Satuan volume juga bisa dibuat dengan menggunakan ukuran Kilometer kubik (Kmᶟ), Hektometer kubik (Hmᶟ), dan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak daftar satuan volume berikut ini. Diantaranya:

  • Kilometer kubik (Kmᶟ)
  • Hektometer kubik (Hmᶟ)
  • Dekameter kubik (Damᶟ)
  • Meter kubik (Mᶟ)
  • Desimeter kubik (Dmᶟ)
  • Centimeter kubik (Cmᶟ, ataupun CC), serta
  • Milimeter kubik (Mmᶟ)

Dimana pengukuran untuk satuan volume tersebut berlaku kelipatan 1000. Misalnya jika Anda ingin mengkonversi 5mᶟ menjadi dmᶟ, maka Anda perlu mengalikannya dengan angka 1000, menjadi 5000dmᶟ.

Begitupun jika Anda ingin mengkonversi satuan Meter kubik (mᶟ) menjadi Dekameter kubik (Damᶟ), maka tentunya, Anda perlu membaginya dengan 1000. Hal ini juga sebenarnya berlaku bagi satuan volume kilo liter, hekto liter, dekaliter, liter, dan yang lainnya.

Dengan kata lain, jika Anda ingin mengkonversi satuan volume dengan ukuran liter, maka Anda perlu mengalikannya maupun membaginya dengan angka/kelipatan 1000. Apakah hal ini juga berlaku bagi konversi cc ke liter? Misalnya 5 cc berapa liter?

Bisa dibilang, hal ini juga berlaku bagi satuan volume cc. Dimana Anda bisa mengalikan ataupun membaginya dengan kelipatan 1000, bilamana ingin mengkonversinya dengan satuan volume lainnya. Namun bagaimana caranya?  Sebenarnya, 1 liter berapa cc?

 Baca juga:

Mengenal CC dalam Satuan Volume

Bukan hanya Anda saja, mungkin ada juga beberapa orang yang masih kebingungan saat harus mengkonversi 1 liter berapa cc. Hal ini dikarenakan, liter dan cc merupakan satuan volume dari 2 tangga pengaturan yang berbeda.

Lalu bagaimana mengkonversi satuan liter ke cc, ataupun satuan cc ke mililiter (ml)? Sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah bahwa satuan liter ini sama dengan 1 desimeter kubik (1 dmᶟ).

Sementara untuk mengkonversi 1 liter berapa cc ini, Anda bisa mengubahnya terlebih dahulu menjadi 1dmᶟ. Sementara seperti yang diketahui cc merupakan kependekan dari centimeter kubik. Sehingga untuk mengkonversi 1 liter menjadi cc ini, Anda bisa menggunakan rumus/panduan ini:

  • 1 liter = 1 dmᶟ
  • Cmᶟ = ml = cc

Dimana dalam panduan di atas disebutkan bahwa 1 liter memiliki besaran/ukuran yang sama dengan 1 dmᶟ. Sedangkan cc ini memiliki ukuran yang sama dengan cmᶟ dan juga mili liter (ml). Dengan kata lain, jika ingin mengetahui 1 liter berapa cc, maka Anda perlu mengkonversi 1dmᶟ ke cmᶟ dengan mengalikannya dengan angka/kelipatan 1000. 

Hal ini dikarenakan, untuk mengkonversi satuan volume dengan menggunakan ukuran kilometer kubik, centimeter kubik, dan yang lainnya tersebut, Anda perlu mengalikan ataupun membaginya dengan angka/kelipatan 1000.

Kesimpulan, 1 Liter Berapa CC?

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa 1 liter adalah 1000 cc, yang mana 1 liter ini disamakan dengan 1dmᶟ. Sehingga untuk mengkonversinya menjadi centimeter kubik, Anda perlu mengalikannya dengan angka/kelipatan 1000. Dari penjelasan diatas, kiranya kini Anda telah mengetahui 1 liter berapa cc, bukan?

Posting Komentar