Doa Nisfu Syaban, Tulisan Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Doa nisfu syaban merupakan doa mujarab yang diamalkan pada malam yang istimewa. Lalu apa saja keistimewaan doa ini? Berikut ulasan lengkap mengenai ma

Bagi sebagian umat muslim mempercayai malam nisfu syaban merupakan salah satu malam yang mujarab untuk memanjatkan doa. Di malam ini umat muslim membaca doa nisfu syaban dan amalan-amalan penting lainnya. Lalu bagaimana urutan doa nisfu syaban? Berikut dibawah ini penjelasan lengkap malam nisfu syaban.

Mempelajari Doa Nisfu Syaban dan Amalan Penting Lainnya 

Malam nisfu syaban selalu dinantikan oleh sebagian besar umat muslim. Doa di malam nisfu syaban menjadi doa yang khidmat untuk dipanjatkan. Namun, sebenarnya banyak yang belum paham apa saja doa malam nisfu syaban, bagaimana tata cara doa nisfu syaban dan bacaan doa nisfu syaban. 

Apa itu Malam Nisfu Syaban

Malam nisfu syaban diartikan menjadi malan pengampunan atas dosa, malam pembebasan dan malan untuk berdoa. Itulah mengapa malam ini sangat istimewa bagi umat muslim. Nisfu syaban diperingati setiap tanggal ke 15 bulan Syaban yakni bulan kedelapan pada kalender islam atau kalender Hijriyah. 

Dibeberapa daerah banyak tradisi yang dilakukan saat malam nisfu syaban. Malam nisfu syaban menjadi momen untuk mengenang leluhur mereka. Berikut beberapa tradisi malam nisfu syaban di Indonesia: 

Balangan, Kalimantan Selatan

Masyarakat di daerah Balangan, Kalimantan Selatan mempunyai tradisi turun menurun saat malam nisfu syaban. Mereka melakukan ibadah sholat maghrib, shalat hajat, shalat taubat, membaca doa yasin nisfu syaban sebanyak 3x kali, sholat isya dan sholat tasbih yang dilakukan secara bersama-sama. Di daerah Balangan ini ibadah berjamaah yang dilakukan pada malam nisfu syaban disebut sebagai babacaan. Setelah ibadah selesai mereka kemudian melakukan acara makan bersama. 

Brebes, Jawa Tengah 

Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Brebes biasanya dimulai sehari sebelum malam nisfu syaban. Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih masjid, makam dan ziarah kubur bersama. Pada malam harinya mereka melakukan ibadah pembacaan Al-Qur'an, doa2 nisfu syaban dan sholawat. 

Lingga, Riau 

Di daerah Sumatera tepatnya Kabupaten Lingga Provinsi Riau, untuk ibadah di malam nisfu syaban mereka lakukan bersamaan. Setelah itu mereka memakan kue khas Riau yang sengaja mereka bawa. Selain itu mereka menyiapkan air putih yang ditaruh botol untuk kemudian air putih itu mereka minum sebagai minuman doa. 

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban

Dalam hadits riwayat Nasai no. 2356, Ahmad No. 21753 dan telah disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, disebutkan bahwa malam nisfu syaban merupakan sebuah malam dimana catatan manusia akan dilaporkan. Berikut beberapa hadits mengenai keistimewaan malam nisfu syaban. 

"... Syaban adalah bulan yang dilupakan oleh orang-orang antara bulan laporan Rajab dan Ramadhan. Bulan syaban adalah bulan laporan amal kepada Allah. Maka saya senang amal saya dilaporkan sementara saya dalam kondisi berpuasa". 

Di malam yang istimewa ini Allah juga mengabulkan doa orang-orang. Sehingga disebutkan Lailah Al-Ijabah atau malam dikabulkannya doa. Malam istimewa ini disebutkan dalam hadits Ibnu Abbas. 

"Lima malam tidak akan ditolak doa didalamnya, malam Jumat, malam pertama di bulan Rajab, malam nisfu syaban, malam Lailatul Qadar dan malam hari raya Idul Adha dan Idul Fitri". 

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi, disebutkan malam nisfu syaban adalah malam dimana dosa-dosa orang mukmin diampuni. 

"(Rahmat) Allah turun ke bumi pada malam nisfu syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)". 

Oleh karena malam nisfu syaban merupakan malam yang sangat istimewa maka umat islam dianjurkan untuk memperbanyak baca doa nisfu syaban. Selain itu Anda juga dianjurkan memperbanyak istighfar dan juga membaca dua kalimat syahadat. Di dalam hadits yang lainnya, yakni hadits dari Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu'anhu disebutkan bahwa di malam nisfu syaban Allah SWT akan memberikan ampunan dosa dengan mendatangi makhluk-Nya. 

"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam nisfu syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang bermusuhan". 

Baca juga:

Amalan yang Dianjurkan saat Malam Nisfu Syaban 

Di malam yang sangat istimewa maka Anda sebaiknya bermunajat memohon kepada Allah. Berikut beberapa amalan yang bisa Anda lakukan saat malam nisfu syaban tiba. 

1. Membaca Al-Qur'an

Saat malam nisfu syaban Anda dianjurkan memperbanyak membaca Al-Qur'an. Berikut hadits dari Abu Umamah yang menerangkan keutamaan membaca Al-Qur'an saat malam nisfu syaban. 

"Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat". 

Selain membaca Al-Qur'an maka perbanyak juga membaca doa khusus malam nisfu syaban. Berikut dibawah ini contoh doa nisfu syaban. 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Allahumma innaka 'afuwwun- kareemun-tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat."

Doa Malam Nisfu Syaban


اللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ أَشْقِيَاءَ أَوْ مَحْرُوْمِيْنَ أَوْ مُقَتَّرِيْنَ عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِيْ وَحِرْمَانِيْ وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سُعَدَاءَ مَرْزُوْقِيْنَ مُوَفَّقِيْنَ لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ: “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Tulisan Latin: Allaahumma yaa dzal manni walaa yumannu 'alaika ya dzal jalaali wal ikraam, yaa dzath thouli wal in'aam laa ilaaha illaa anta, zhoharul laajiin, wa jaarol mustajiiriin, wa amaanal khoo-ifiin.

Allahumma in kunta katabtanii 'indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan awmahruuman awmathruudan awmuqtarron alayya fir rizqi famhu.

Allahumma bifadhlika fii ummil kitaabi syaqoowatii wahirmaanii wathordil walq taaro rizqii wa tsabitni indaka fii ummil kitaabi sa'iidam marzuuqom muwaffaqal lil khairaat. Fa innaka quita waqoulukal haqqu fii kitaabikal munzali 'alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa-u wayutsbitu wa'indahuu ummul kitaabi.

llaahil bittajallil a'zhomi fii lailatin nishfi min syahri sya'baanal mukarromillatii yufraqu fiihaa kullu amrin haklim wayubromu ishrif 'annii minal balaa-l maa a'lamu wamaa laa a'lamu wa anta allamul ghuyuubi birohmatika yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa alaa aalihi washohbihi wasallim.

Artinya: "Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepadaMu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan.

Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menempatkan diriku di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisiMu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engkau menghapuskan.

Ya Allah Tuhanku, berkat karuniaMu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisiMu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitabMu dan firman Mu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus. Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisiNya ada Ummul Kitab.

Ya Tuhanku, berkat penampilan yang Mahabesar (dari rahmatMu) pada malam pertengahan bulan Syaban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui serta yang lebih Kau ketahui (daripadaku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmat Mu wahai yang maha penyayang diantara para penyayang.

Puasa Nisfu Syaban

Puasa nisfu syaban merupakan ibadah berpuasa yang dilakukan pada waktu syaban yakni pada tanggal 15.  Berikut doa niat puasa nisfu syaban yang bisa Anda baca saat niat untuk menjalankan ibadah berpuasa. 

نَوَيْتُ الصَّوْمَ فِى النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ سُنَّةَ اللَّهِ تَعَالَى

Nawaitus shauma fin nisfi min sya'bana sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat puasa sunnah pada pertengahan bulan Syaban karena Allah SWT."

Sebagai malam pengampunan Anda sebaiknya memperbanyak membaca istighfar. Lafal istighfar yang Anda ucapkan adalah bacaan istighfar yang Anda ingat dan hafal. Atau bisa juga dengan membaca bacaan dzikir lengkap seperti bacaan tasbih, tahmid dan takbir. Anda juga bisa menunaikan ibadah sholat tahajud. 

Malam nisfu syaban menjadi malam yang istimewa. Anda bisa membaca doa nisfu syaban dan memanfaatkan malam ini dengan sebaik-baiknya.

Posting Komentar