Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah Bacaan Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir Tulisan Arab, Latin dan Artinya Lengkap. Islam memiliki beragam bacaan yang bisa diamalkan

Islam memiliki beragam bacaan doa yang bisa diamalkan umat muslim untuk menyampaikan permohonan pada Allah. Mulai dari memohon kesehatan, rezeki, hingga kemudahan menghadapi masalah. Seperti doa allahumma yassir wala tu'assir Arab yang banyak orang amalkan.

Bacaannya yang pendek memudahkan orang-orang dalam menghafal dan mengamalkannya. Apalagi, doa tersebut memiliki banyak keutamaan dan bisa diamalkan kapan saja. Apa saja manfaat membaca Allahumma yassir wala tu assir? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir Arab

Bacaan Allahumma yassir wala tu assir adalah salah satu doa yang dapat diamalkan tanpa dan batasan waktu khusus. Berikut penjelasan lengkap tentang asal mula, jenis doa, dan waktu terbaik untuk mengamalkan doa tersebut.

1. Asal Mula

Saat mendengar bacaan Allahumma yassir wala tu assir pertama kali, mungkin sebagian dari Anda mengira doa tersebut merupakan penggalan ayat Al-Qur'an. Sampai-sampai ada yang bertanya, Allahumma yassir wala tu assir artinya surat apa?

Padahal, bacaan Allahumma yassir wala tu assir bukanlah penggalan ayat Al-Qur'an. Bacaan tersebut merupakan penggalan kalimat dari salah satu hadits shahih dari Al-Bukhari dan Muslim. Disebutkan bahwa bacaan itu adalah salah satu nasehat dari Rasulullah SAW.

Namun, sabda Rasulullah tersebut tidak hanya berupa kalimat Allahumma yassir wala tu assir saja. Rasulullah juga melanjutkannya dengan perintah memberikan kabar gembira dan larangan agar tidak ditakut-takuti seperti berikut ini.

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر, بَشِّرُوْوَلَا تُنَفِّرُو

Yassiruu walaa tu’assiruu, basyiruu walaa tunaffiruu.

Artinya: “Permudahlah, jangan dipersulit, berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Akan tetapi, bacaan yang seringkali diamalkan sebagai doa memohon kemudahan hanya bagian depan saja yaitu Allahumma yassir wala tu assir. Sementara kalimat basyiruu walaa tunaffiruu seringkali tidak diucapkan.

2. Jenis Doa

Jika ditelaah berdasarkan jenis kalimat dalam bahasa Arab, Allahumma yassir wala tu assir terdiri dari beberapa jenis kata berikut ini.

  • Mengandung kata seruan, yaitu pada kata "Allahumma" yang berarti "Ya Allah".
  • Mengandung kata perintah, yaitu pada kata "yassir" yang berarti "mudahkanlah".
  • Mengandung kata larangan, yaitu pada kata "la tu assir" yang berarti "jangan dipersulit".

3. Kontroversi

Berdasarkan arti terjemahannya, kalimat Allahumma yassir wala tu’assir berisi permohonan kepada Allah agar dimudahkan dan tidak diberi kesulitan. Namun, sebagian orang justru berpendapat bacaan tersebut tidak dianjurkan untuk dibaca.

Alasannya, mereka menganggap orang yang membaca doa tersebut terkesan berburuk sangka pada Allah. Seolah-olah Allah menyulitkan hamba-Nya, sehingga hamba-Nya memohon agar tidak diberi kesulitan. Padahal, Allah berfirman tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hamba-Nya.

Hal itu sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 286 berikut ini.

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

4. Waktu Terbaik untuk Mengamalkannya

Terlepas dari kontroversi di atas, masih banyak muslim yang mengamalkan doa Allahumma yassir wala tu assir untuk memohon kemudahan. Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus tentang kapan waktu terbaik untuk mengamalkan doa tersebut.

Karena doanya bertujuan untuk memohon kemudahan dalam kesulitan, Anda dapat membacanya ketika akan atau sedang mengalami kesulitan tertentu. Contohnya, ketika akan mengikuti ujian sekolah, sebelum berangkat bekerja, atau ketika mengalami kesulitan finansial, dan sejenisnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengamalkan doa Allahumma yassir wala tu assir pada waktu yang mustajab. Misalnya, berdoa di hari Jumat, setelah mengerjakan sholat fardhu, setelah sholat malam, ketika adzan berkumandang, turun hujan, atau saat berpuasa.

Baca juga:

Keutamaan Membaca Allahumma Yassir Wala Tu'assir Arab

Bukan tanpa alasan mengapa banyak muslim yang mengamalkan doa Allahumma yassir wala tu assir. Selain karena bacaannya pendek dan mudah diingat, doa tersebut juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan, antara lain:

1. Sebagai Jalan Doanya Dikabulkan

Allah telah berfirman dalam surat Al Mu'min ayat 60 bahwa Allah memerintahkan semua hamba-Nya untuk senantiasa berdoa.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Ayat itu juga menyebutkan bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya. Jika seorang hamba tidak pernah berdoa, bagaimana Allah bisa mewujudkan doanya?

Dengan membaca Allahumma yassir wala tu assir, itu artinya seorang muslim tengah menyampaikan doanya kepada Allah. Kelak, jika Allah ridho, maka doa itu pun akan dikabulkan oleh Allah. Tapi ingat, jangan berdoa tanpa usaha. Tetap barengi doa tersebut dengan berusaha semaksimal mungkin.

2. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan pada Allah

Dengan senantiasa berdoa pada Allah, seorang muslim secara tidak langsung dapat lebih mendekatkan diri pada Allah. Bagaimanapun hari-hari yang dilewati, muslim tersebut akan senantiasa mengingat Allah. Karena hanya Allah tumpuan harapannya dalam hidup.

Berdoa juga menjadi perwujudan sikap berbaik sangka dan berserah diri pada Allah. Dari sana, seorang muslim dapat belajar bahwa segala yang terjadi di dunia ini berada dalam kekuasaan Allah. Dengan begitu, ia pun dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah.

3. Terhindar dari Frustasi dan Perbuatan Buruk Lainnya

Allahumma yassir wala tu assir seringkali dibaca sebagai doa untuk memohon kemudahan. Ketika seorang muslim mengamalkannya pada saat mengalami kesulitan, tentu hal itu merupakan pilihan yang bagus. Karena dia lebih memilih mengingat Allah daripada tenggelam dalam kesedihan.

Dengan begitu, seorang muslim dapat memiliki harapan positif ke depannya. Dia akan terhindar dari rasa kecewa, marah, dan frustasi pada hidup. Dia juga akan menghindari perbuatan buruk lainnya yang bertujuan untuk lari dari masalah, seperti mengonsumsi narkoba, dan sebagainya.

Bacaan Allahumma Yassir Wala Tu'assir Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Allahumma yassir wala tu assir termasuk salah satu doa yang cukup populer dan banyak orang tahu. Banyak muslim yang terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu saat berzikir pada Allah atau ketika bingung menghadapi ujian dan kesulitan dari Allah.

Tak jarang, beberapa muslim mengunggah tulisan Allahumma yassir wala tu'assir Arab beserta artinya sebagai status media sosial. Ada yang mengunggahnya sebagai media untuk menyuarakan hati, mencari ketenangan, atau sekadar membagikan bacaan bagus yang bermanfaat.

Meski begitu, beberapa muslim lainnya belum tahu bagaimana tulisan doa Bacaan Allahumma yassir wala tu assir dalam bahasa Arab. Bahkan, ada juga yang belum tahu sama sekali tentang doa ini dan belum pernah mengamalkannya sama sekali.

Mengingat kandungannya yang begitu mendalam dan memiliki banyak keutamaan, sebaiknya para muslim perlu mengetahui doa ini. Berikut tulisan doa Allahumma yassir wala tu assir dalam bahasa Arab, latin, dan artinya yang perlu Anda tahu. Baca perlahan, hafalkan, dan coba amalkan.

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر

Tulisan Latin: Allahumma Yasir wala tu’assir.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit.”

Sesuai terjemahannya dalam bahasa Indonesia di atas, doa Allahumma yassir wala tu assir bertujuan untuk memohon kemudahan pada Allah. Lewat bacaan tersebut seorang muslim juga memohon kepada Allah agar segala urusannya tidak dipersulit.

Doa tersebut menunjukkan bahwa hanya Allah yang berkuasa atas segala urusan hamba-Nya. Allah yang berkuasa untuk menurunkan kenikmatan sekaligus ujian bagi hambanya. Ketika seorang muslim mendapat kesulitan, maka hanya Allah semata yang dapat mengangkat kesulitan tersebut.

Baca kembali tulisan Allahumma yassir wala tu'assir Arab dan artinya di atas untuk lebih memahaminya. Hafalkan bacaan tersebut dan amalkan secara rutin sebagai doa memohon kemudahan dari Allah, terutama saat menghadapi kesulitan tertentu.

Posting Komentar