Niat, Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Istikharah Lengkap

Berikut adalah Niat, Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Istikharah Lengkap. Bagi umat Islam penting untuk mengetahui bagaimana bacaan doa setelah sholat

Bagi umat Islam penting untuk mengetahui bagaimana bacaan doa setelah sholat istikharah. pasalnya doa ini sangat berguna jika Anda rutin mengerjakannya dan memanjakannya apalagi ketika berhadapan dengan dua pilihan tertentu.

Ini karena shalat istikharah sendiri merupakan sholat yang bisa Anda dirikan untuk meminta petunjuk hanya kepada Allah SWT. Banyak orang yang menjalankan sholat istikharah karena merasa bingung di antara beberapa pilihan dan ragu untuk memutuskan salah satu hal di antaranya.

Pentingnya Membaca Doa Setelah Sholat Istikharah

Doa sesudah shalat istikharah akan memperbesar peluang diberikannya petunjuk atas dua pilihan yang sedang Anda hadapi. Oleh sebab itu, Anda juga perlu memahami tentang tata cara sholat istikharah dan memanjatkan doa setelahnya.

Jika melakukannya secara rutin, Allah akan memudahkan semua urusan dan membuka jalan Anda. Kalau urusan itu sifatnya tidak baik maka Allah akan mendatangkan penghalang sehingga dapat mencegah urusan tersebut. Dengan begitu Anda tak bisa dan tidak jadi mengerjakan urusan itu.

Berikut ini adalah tata cara melaksanakan sholat istikharah yang bisa Anda lanjutkan dengan memanjatkan doa setelah sholat istikharah.

Tata Cara Sholat Istikharah

Sebelum memanjatkan doa, Anda tentu perlu menjalankan ibadah sholat istikharah itu sendiri. Adapun cara melaksanakan shalat istikharah yaitu sama dengan sholat biasanya. Hanya saja, sholat istikharah terdiri dari dua rakaat dan satu kali salam.

Pembeda sholat istikharah dengan shalat lainnya yaitu di niat serta beberapa tambahan doa dalam shalat sunnah istikharah. Berikut ini ada tata cara untuk mengerjakan shalat istikharah yang bisa Anda pahami.

1. Membaca niat shalat istikharah yaitu:

 أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Bacaan latin: Ushollii sunnatal istikharati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat sholat istikharah dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca surat yang ada di dalam surat istikharah

4. Rukuk pertama dengan tuma’ninah

5. Membaca bacaan I’tidal

6. Sujud pertama dengan tuma’ninah

7. Membaca bacaan duduk di antara dua sujud

8. Sujud kedua dengan tuma’ninah

9. Berdiri kembali untuk rakaat kedua

10. Membaca alfatihah dan surat-surat pendek

11. Ruku kedua dengan tuma’ninah

12. Membaca I’tidal

13. Sujud rakaat kedua dengan tuma’ninah

14. Duduk di antara dua sujud

15. Membaca bacaan tahiyat akhir

16. Salam

Doa Setelah Sholat Istikharah

Jika Anda sudah mengerjakan sholat istikharah sesuai dengan tata cara di atas, ini saatnya membaca doa setelah shalat istikharah. Dengan doa ini, Anda berharap amalan sholat istikharah diterima oleh Allah SWT dan mendapat jawaban paling tepat.

Adapun bacaan doa setelah shalat istikharah dan artinya yang bisa Anda panjatkan yaitu:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(…)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut keperluanya) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku.”

Baca juga:

Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Istikharah

Agar doa setelah sholat istikharah yang Anda panjatkan lebih besar kemungkinannya diterima Allah SWT maka perlu memanjakannya di waktu tepat. Ini mengartikan Anda perlu mengerjakan sholat istikharah di waktu yang tepat.

Sebagai informasi, waktu untuk menunaikan sholat istikharah sendiri mengikuti sunah dari Rasulullah SAW. Namun untuk waktu sholat istikharah sendiri tidak ada batasan tertentu dalam waktu pelaksanaannya.

Dengan kata lain, Anda bisa menjalankannya kapan saja selama itu bukanlah waktu terlarang. Kendati demikian, ada anjuran untuk melaksanakan sholat sunah istikharah yang bisa Anda jadikan patokan agar bisa menjalankannya sekaligus memanjatkan doa sesudah sholat istikharah.

Berikut ini ada anjuran untuk melaksanakan ibadah sholat istikharah dan membaca doa setelah shalat istikharah:

1. Setelah Masuk Waktu Isya

Jika Anda ingin melaksanakan salat istikharah, maka bisa melakukannya saat memasuki waktu ba’da isya. Ini merupakan waktu sepertiga malam pertama dan menjadi waktu terbaik untuk salat istikharah. Adapun batasan waktu untuk melaksanakan salat istikharah yaitu sampai jam 10 malam.

2. Saat Tengah Malam

Selain itu Anda juga bisa melaksanakan ibadah sholat sunah istikharah di waktu tengah malam. Ini merupakan sepertiga malam kedua yang mulai dari jam 10 malam sampai 1 pagi. Di waktu tersebut, suasana malam menjadi lebih tenang dan Anda berkonsentrasi saat sholat.

3. Sebelum Masuk Waktu Subuh

Terakhir Anda juga bisa mendirikan salat sunah istikharah dan membaca doa shalat istikharah saat sudah masuk di jam 1 pagi dini hari sampai sebelum tiba waktu shalat subuh. Anda juga bisa melaksanakan sholat sunnah lain di waktu yang sama.

Hikmah dari Doa Sesudah Sholat Istikharah

Anda yang melaksanakan sholat istikharah dan memanjatkan doa setelahnya akan mendapatkan hikmah dari kegiatan tersebut. Di mana hikmah ibadah istikharah sangat berguna baik untuk di dunia maupun di akhirat kelak.

Selain itu, Anda juga akan merasakan kehidupan yang lebih ringan karena semua pilihan atau masalah selesai dengan mudah lewat sholat istikharah. Adapun beberapa hikmah dari sholat dan doa setelah istikharah bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Mendapatkan Kelapangan Hati

Shalat adalah salah satu ibadah yang wajib umat islam jalankan setiap hari. Ini karena dengan sholat, semua orang akan merasakan hati yang lapang dan terasa lega. Apalagi jika Anda melaksanakan shalat istikharah.

Dengan shalat istikharah yang Anda lakukan secara rutin, maka akan mendapat kelapangan hati dan rasa ikhlas yang sungguh-sungguh. Ini menjadi salah satu manfaat penting dari menjalankan ibadah shalat istikharah.

Apalagi, jika Anda memanjatkan doa setelah shalat istikharah secara konsisten. Niscaya Allah akan memberikan jawaban paling tepat karena hanya Allah yang tahu keputusan dan takdir terbaik bagi hambanya.

2. Terhindar Dari Keburukan atau Mudharat

Dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah istikharah maka Anda akan semakin dekat kepada Allah. Di mana dengan dekat kepada Allah, besar kemungkinan hidup Anda semakin berkah dan terbebas dari hal-hal negatif.

Sekalipun jawaban dari shalat istikharah adalah hal yang tidak Anda inginkan maka tak perlu khawatir. Percaya saja bahwa Allah sudah mempersiapkan kejutan terindah yang awalnya tidak akan Anda sukai.

Sebaliknya, jika Anda mengambil keputusan terburu-buru tanpa berserah diri kepada Allah, besar kemungkinan aka nada mudharat atau keburukan yang datang.

3. Terhindar Dari Bisikan Setan yang Menyesatkan

Dengan melaksanakan shalat istikharah, Anda tak hanya semakin dekat dengan Allah SWT. Di mana pahala dan kadar keimanan dalam diri Anda semakin bertambah. Tentu saja setan akan sulit untuk menyesatkan hamba Allah yang taat dengan kadar keimanan tinggi seperti itu.

Karena itulah, Anda yang rutin sholat istikharah akan terhindar dari bisikan sesat iblis dan setan. Apalagi jika Anda rutin memanjatkan doa setelah sholat istikharah setelahnya dengan bersungguh-sungguh dan memasrahkan semuanya kepada Allah.

Niscaya, apa pun keputusan dan jalan keluar yang Allah berikan akan Anda terima dengan ikhlas. Bisikan apa saja dari setan tidak akan mempengaruhi Anda apalagi jika godaan itu membuat diri sendiri menyimpang dan jauh dari Allah SWT.

Demikianlah informasi tentang bacaan doa setelah sholat istikharah lengkap dengan arti, latin serta sedikit penjelasan tentang pelaksanaan shalat sunnah tersebut.

Posting Komentar