Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah dan Keutamaannya

Berikut adalah bacaan Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah dan Keutamaannya. Al Waqiah adalah surat ke 56 yang ada di dalam Al Quran.

Al Quran adalah kitab suci umat muslim di seluruh belahan dunia. Sebagai seorang muslim yang taat, sudah semestinya membaca Al Quran secara rutin untuk memperoleh manfaatnya. Salah satu surat Al Quran adalah Al Waqiah. Terdapat doa setelah membaca surat Al Waqiah yang bisa dibaca.

Doa itu bisa dipanjatkan usai Anda selesai membaca surat Al Waqiah. Membaca surat Al Waqiah sendiri diyakini bisa memperlancar rezeki dan pembacanya jauh dari kefakiran. Berikut akan dipaparkan doa setelah membaca surat tersebut. 

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Al Waqiah adalah surat ke 56 yang ada di dalam Al Quran. Surat ini mempunyai terjemahan arti ‘Hari Kiamat’. Jumlah ayatnya sebanyak 96 dan menceritakan kondisi penghuni surga dan neraka. Setiap terjemahan dari ayatnya mengandung makna yang dapat diresapi dalam-dalam. 

Ternyata, setelah selesai membaca surat ini, Anda bisa melafalkan doa setelah membaca surat Al Waqiah. Doa tersebut ada dalam versi pendek dan panjang yang beredar di internet. Berikut adalah salah satu contoh doanya. 

 الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Terjemahan dari doa tersebut yaitu : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Mu dengan kebenaran surat Waqi’ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana engkau memudahkannya untuk kebanyak makhluk Mu ya Allah, ya Robbal Alamin.”

Selain doa di atas, ada doa setelah membaca surat Al Waqiah lain yang dapat Anda baca. Doa tersebut adalah :

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ )ثلاثا( اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Itulah doa yang dapat Anda baca setelah selesai membaca surat Al Waqiah. Jika Anda ingin memperoleh kekayaan atau dilancarkan rezekinya maka tidak ada salahnya mulai rutin membaca surat ini. 

Sebagian orang sudah mengatakan bahwa keutamaan dari membaca surat ini adalah mampu melancarkan rezeki sehingga Anda terhindarkan dari kemiskinan. Memang, surat-surat dalam Al Quran mempunyai keutamaannya masing-masing. 

Tidak hanya pada Al Waqiah saja melainkan juga Ar Rahman, Al Ikhlas, dan surat-surat lainnya mengandung manfaat jika Anda membacanya secara rutin. Hati dan jiwa raga akan merasa tenang serta damai. 

Saat membaca surat dalam Al Quran, Anda bisa membaca huruf arab dan artinya. Dengan begitu, saat membaca surat Anda bisa mengetahui apa yang terkandung dalam surat tersebut. Jika Anda ingin mempelajari maknanya secara mendalam dapat berguru pada ahli tafsir yang memiliki ilmu.

6 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah

Tahukah Anda? Jika rutin membaca salah satu surat di Al Quran yaitu Al Waqiah, maka Anda bisa mendapatkan begitu banyak manfaat. Sebenarnya bukan hanya surat Al Waqiah saja, melainkan surat-surat lain di dalam Al Quran mendatangkan ketenangan dalam jiwa pembacanya. 

Beberapa orang mengaitkan keutamaan membaca surat ini dengan rezeki. Sebab, sebagian dari mereka telah membuktikan sendiri efek setelah membaca Al Waqiah secara rutin. Benar atau tidak, lebih baik saat membaca hati dalam kondisi ikhlas ingin beribadah kepada Allah SWT. 

Dengan begitu, InsyaAllah Allah akan memberikan kemudahan bagi hamba-hambanya yang meminta pertolongan. Berikut adalah keutamaan membaca surat Al Waqiah yang perlu Anda ketahui. 

1. Membuat Jiwa Merasa Tenang

Seperti saat membaca surat Al Quran pada umumnya, membaca Al Waqiah juga dapat membuat jiwa dan hati merasa tenang bagi para pembacanya. Anda bisa membaca surat ini secara rutin untuk mendapatkan kedamaian hati dan pikiran. 

Selain itu, banyak makna yang terkandung dalam Al Waqiah yang bisa dijadikan sebagai bahan renungan dalam menjalani kehidupan. Anda dapat memetik hikmah atau makna yang terkandung dalam surat sebagai penambah pengetahuan tentang akhirat dan membuat kehidupan tentram. 

2. Menghindari Kemiskinan

Sudah banyak orang-orang yang menyangkut pautkan surat Al Waqiah dengan kekayaan. Beberapa bahkan merekomendasikan surat ini dibaca untuk rezeki lancar. Rezeki sudah ada yang mengatur yaitu Allah SWT. Sebagai seorang hamba yang bisa dilakukan adalah berdoa dan berusaha. 

Baca juga:

Nah, Anda bisa membaca surat Al Waqiah ini setelah shalat untuk mendapatkan pahala beserta keutamaannya. Keutamaan membaca surat ini salah satunya adalah terhindar dari kemiskinan. Anda bisa membaca surat ini dan berdoa kepada Allah untuk dilancarkan rezekinya dan tercukupi.

3. Mengajarkan Tentang Tauhid

Manfaat membaca surat ini berikutnya adalah mengajarkan tentang tauhid. Di dalam Al Waqiah terdapat berbagai ayat yang menyebutkan tentang kebesaran Allah SWT. Termasuk soal rezeki yang sudah diatur oleh Sang Maha Kuasa. 

Anda bisa meresapi setiap makna dari ayat-ayat di dalam surat Al Waqiah dengan meminta bantuan pada orang yang paham. Jadi, Anda tidak hanya membaca Al Quran saja melainkan juga mempelajari isi yang disampaikan melalui ayat-ayat di dalam surat tersebut. 

4. Memperoleh Syafaat Ketika Kiamat Tiba

Al Waqiah mempunyai makna hari kiamat. Di dalamnya, memuat ayat-ayat yang menyebutkan bagaimana hari kiamat datang. Surat ini bisa dijadikan sebagai renungan untuk setiap muslim agar berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjadi golongan yang beruntung masuk ke surga Allah. 

Di dalam Al Waqiah diceritakan keindahan surga yang tiada tara. Namun, tidak semua orang dapat masuk ke sana. Melainkan hanya golongan-golongan tertentu yang pantas mendapatkan surga sebagai balasan. Baca rutin surat Al Waqiah untuk mendapatkan syafaat ketika hari kiamat kelak. 

5. Pengingat akan Sifat Neraka

Surat Al Waqiah mengandung makna yang begitu dalam. Salah satunya menggambarkan bagaimana keadaan neraka suatu hari nanti. Beberapa ayat menyebutkan bahwa neraka merupakan tempat yang sangat buruk terdapat angin yang amat panas, air panas mendidih, tidak sejuk, dan lain-lain.

Dengan membaca terjemahan dari ayat-ayat dalam surat Al Waqiah bisa dijadikan sebagai pengingat betapa mengerikannya neraka. Setelah selesai membaca surat ini, Anda dapat melantunkan doa setelah membaca surat Al Waqiah sebagai pelengkap.   

6. Motivasi untuk Meraih Surga

Selain pengingat sifat neraka, di dalam surat Al Waqiah juga menyebutkan keindahan surga yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi. Surga hanya bisa dimasuki oleh golongan yang beriman dan bertaqwa. Untuk bisa masuk surga, diperlukan kesabaran dan usaha ekstra. 

Anda perlu menunaikan ibadah dengan hati yang ikhlas dan menjauhi segala larangan dan mematuhi perintah Allah SWT. Membaca surat Al Waqiah barangkali dapat memicu semangat Anda berbuat kebaikan dan mencari pahala sebanyak-banyaknya. 

Kapan Waktu yang Pas untuk Membaca Al Waqiah?

Anda bisa membaca surat Al Waqiah kapan saja. Bisa juga dibaca setelah Anda selesai menunaikan shalat fardhu. Misalnya setelah shalat shubuh pada pagi hari maupun setelah shalat ashar pada sore hari. 

Sebenarnya waktu membaca Al Waqiah ini bisa disesuaikan kembali ke pribadi masing-masing orang. Contoh lainnya sebelum berangkat kerja Anda dapat membaca surat ini agar dilancarkan rezekinya. 

Setelah selesai membaca surat Al Waqiah jangan lupa untuk melafalkan doa setelah membaca surat Al Waqiah. Anda bisa mempraktikan lafal doa yang telah disebutkan di atas sebagai referensi. Yuk, rutin membaca Al Waqiah dan dapatkan keutamaan membaca Al Quran yang bermanfaat. 

Posting Komentar