Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah, Latin dan Artinya Lengkap

Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah, Latin dan Artinya. Masya Allah tabarakallah adalah kalimat dalam bahasa Arab yang sering digunakan umat muslim

Tulisan Arab masya Allah tabarakallah saat ini banyak digunakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dalam berbagai kesempatan. Kalimat ini sering diucapkan sebagai ungkapan syukur dan kekaguman kepada Allah SWT dan segala ciptaan-Nya.

Dalam agama Islam, penggunaan kalimat masya Allah tabarakallah tidak terbatas hanya pada saat bersyukur atau mengagumi keindahan alam semesta. Namun, kalimat tersebut juga sering digunakan sebagai bentuk doa dan permohonan kepada Allah SWT.

Sekarang banyak milenial muslim yang menuliskan kalimat masya Allah tabarakallah sebagai caption foto atau video di media sosial. Memangnya, masyaallah tabarakallah Arab apa artinya? Dan bagaimana tulisan masya allah tabarakallah? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah, Latin dan Artinya

Masya Allah tabarakallah adalah kalimat dalam bahasa Arab yang sering digunakan umat muslim sebagai ungkapan syukur dan kekaguman kepada Allah. Singkatnya, kata "masya Allah" berarti "Allah telah menghendaki", sedangkan "tabarakallah" berarti "berkat Allah".

Jika selama ini Anda sering membaca atau bahkan ikut menulis ungkapan masya Allah tabarakallah, sebaiknya ketahui cara penulisannya yang benar. Pastikan Anda merangkainya dengan susunan huruf yang tepat. Baik itu saat menulisnya dalam huruf Arab atau latin.

Cari tahu juga terjemahan kalimat masya Allah tabarakallah dalam bahasa Indonesia agar bisa lebih memahami maknanya. Dengan begitu, Anda dapat mengaplikasikan kalimat tersebut pada konteks yang tepat. Berikut tulisan Arab masya Allah tabarakallah beserta tulisan latin dan terjemahannya.

Tulisan Arab: مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ

Latin: Masya Allah tabarakallah

Artinya: “Inilah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu.”

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ungkapan Masya Allah Tabarakallah

Setelah mengetahui tulisan Arab masya Allah tabarakallah yang benar, sekarang ketahui juga beberapa hal penting lainnya mengenai ungkapan syukur tersebut. Mulai dari dalil, makna dan tujuan pengucapan, manfaat dan keutamaan, serta contoh dan cara menjawabnya. Berikut penjelasannya.

1. Dalil Tentang Ucapan Masya Allah Tabarakallah

Ungkapan masya Allah tertuang dalam firman Allah pada Al-Qur'an surat Al-Kahfi ayat 39 yang berarti "inilah yang dikehendaki Allah". Kalimat itu ditujukan sebagai ungkapan atas kekaguman atau ketakjuban akan hal-hal yang bersifat positif, bukan kejadian luar biasa, seperti musibah.

وَلَوْلا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ إِنْ تَرَنِ أَنَا أَقَلَّ مِنْكَ مَالا وَوَلَدًا

Artinya; “Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasya Allah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan” (QS. Al-Kahfi: 39)

Dalam surat Al-Kahfi ayat 39 itu sendiri, Allah menganjurkan kaum muslim mengucapkan kalimat "masya Allah laa quwwata illa billah" saat melihat kebun yang hijau dan dipenuhi beragam buah-buahan. Hal itu kemudian ditafsirkan secara luas sebagai segala bentuk kenikmatan dari Allah.

Artinya, ketika melihat segala bentuk kenikmatan Allah yang indah dan menakjubkan, sebaiknya ucapkan masya Allah sebagai ungkapan kekaguman pada Allah. Kalimat ini juga dapat mengingatkan muslim bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak dan kekuasaan Allah.

Sementara ketika diucapkan dengan tambahan kata "tabarakallah", kalimatnya menjadi berkesinambungan, yaitu: "Inilah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu”.

2. Makna dan Tujuan Mengucapkan Masya Allah Tabarakallah

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kalimat masya Allah tabarakallah berarti "Inilah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu”. Kalimat tersebut menunjukkan sebuah ungkapan kekaguman, pengakuan dan rasa syukur atas kebesaran dan kekuasaan Allah.

Ungkapan ini masya Allah tabarakallah juga mengandung makna bahwa semua kejadian yang terjadi di alam semesta adalah atas izin Allah SWT. Kalimat itu sekaligus bermakna bahwa semua kejadian yang dikehendaki Allah pasti memiliki hikmah yang mampu memperkaya kehidupan manusia.

Dengan makna seindah itu, kalimat masya Allah tabarakallah seringkali diucapkan untuk berbagai tujuan positif yang ditujukan pada Allah, antara lain:

  • Mengucapkan syukur atas segala nikmat dari Allah.
  • Mengucapkan kekaguman terhadap kebesaran dan kekuasaan Allah.
  • Memuji segala ciptaan Allah, termasuk saat memuji kebaikan atau kesuksesan seorang manusia, karena hal itu merupakan kehendak Allah.
  • Mengingatkan diri untuk senantiasa berprasangka positif atas takdir Allah.
Baca juga:

3. Manfaat dan Keutamaan Mengucapkan Masya Allah Tabarakallah

Membiasakan diri mengucapkan kalimat masya Allah tabarakallah memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi seorang muslim, di antaranya:

  • Mengingat kebesaran Allah. Dengan mengucapkan kalimat masya Allah tabarakallah, seorang muslim mengingatkan dirinya tentang kebesaran dan kekuasaan Allah. Hal itu juga dapat mendorong seorang muslim untuk selalu merendahkan diri di hadapan-Nya.
  • Menunjukkan rasa syukur. Ungkapan masya Allah tabarakallah juga dapat menunjukkan rasa syukur atas semua nikmat dan berkat yang diberikan oleh Allah.
  • Meningkatkan iman dan ketaqwaan. Mengucapkan kalimat masya Allah tabarakallah dapat membantu meningkatkan iman dan ketaqwaan pada Allah. Sebab, kalimat tersebut mengingatkan setiap muslim bahwa segala sesuatu berasal dari kehendak Allah.
  • Menenangkan hati, Dalam situasi yang sulit, mengucapkan kalimat masya Allah tabarakallah dapat membantu seseorang mensyukuri nikmat dari Allah. Begitu juga saat kalimat tersebut diucapkan untuk memuji orang lain, maka kita dapat terhindar dari sifat iri dan dengki.

4. Contoh Penggunaan Ungkapan Masya Allah Tabarakallah

Penggunaan kalimat masya Allah tabarakallah mengandung makna syukur, pengakuan kekuasaan Allah SWT, dan rasa kagum terhadap kebesaran-Nya. Kaum muslim dapat mengamalkannya dalam berbagai ungkapan sehari-hari, baik itu secara lisan atau tertulis. Contohnya:

  • Saat melihat keindahan alam semesta, seperti hamparan bintang, fenomena matahari terbit dan tenggelam, warna-warni bunga, dan lainnya. Sebaiknya ucapkan kalimat masya Allah tabarakallah untuk menunjukkan kekaguman terhadap keindahan ciptaan Allah.
  • Saat mendengar berita baik, misalnya saat diterima di perguruan tinggi favorit, berhasil memenangkan lomba, dan sebagainya. Ucapkan masya Allah tabarakallah sebagai bentuk syukur dan pengakuan bahwa segala sesuatu berasal dari kehendak Allah.
  • Saat memuji orang lain. Misalnya, kagum dengan hasil karya, prestasi, atau perilaku seseorang yang baik kepada kita. Sebagai bentuk apresiasi, ucapkan masya Allah tabarakallah pada orang tersebut.
  • Saat menulis di media sosial. Misalnya, ketika ingin mengunggah foto keluarga, kutipan motivasi, dan sebagainya. Tambahkan kalimat masya Allah tabarakallah pada caption sebagai pengingat diri atas segala kebesaran Allah

5. Cara Menjawab Ucapan Masya Allah Tabarakallah dari Orang Lain

Jika orang lain mengucapkan kalimat masya Allah tabarakallah kepada kita, sebaiknya jawab dengan kalimat senada atau lebih baik lagi. Pastikan juga membalasnya dengan sikap yang santun dan penuh syukur. Berikut beberapa contoh jawaban untuk membalas ucapan masya Allah tabarakallah.

  • Jazakallahu khairan yang artinya "semoga Allah memberimu kebaikan". Ini adalah ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan kepada orang yang mengucapkan masya Allah tabarakallah kepada kita.
  • Barakallahu fiik yang berarti "semoga Allah memberkati kamu". Kalimat ini termasuk ungkapan penghargaan dan doa kepada Allah.
  • Wa iyyakum yang artinya "sama-sama" atau "terima kasih juga". Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih atas ucapan masya Allah tabarakallah yang disampaikan kepada kita.

Ungkapan masya Allah tabarakallah termasuk salah satu kalimat baik yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat itu juga memiliki makna mendalam, khususnya untuk merenungkan segala ciptaan Allah. Mulai dari keindahan alam semesta hingga keistimewaan manusia.

Tak heran, kini banyak muslim mengucapkannya dalam percakapan sehari-hari atau sebagai caption di media sosial. Pastikan Anda mengetahui tulisan Arab masya Allah tabarakallah beserta artinya secara tepat sebelum ikut menulisnya di media sosial atau kebutuhan lainnya.

Posting Komentar