Alhamdulillah Ala Kulli Hal Artinya Apa? Arab, Latin dan Keutamaannya (Lengkap)

Alhamdulillah dan alhamdulillah ala kulli hal artinya apa? Artinya sama-sama ungkapan syukur pada Allah SWT. Manusia patut bersyukur
Daftar Isi [Tutup]

    Alhamdulillah dan alhamdulillah ala kulli hal artinya apa? Artinya sama-sama ungkapan syukur pada Allah SWT. Manusia patut bersyukur baik ketika sehat ataupun sakit, baik ketika bahagia ataupun sedih. Alhamdulillah ‘ala kulli hal bisa jadi salah satu ungkapan yang bisa Anda gunakan.

    Alhamdulillah Ala Kulli Hal Artinya Apa?

    Alhamdulillah saja artinya segala puji bagi Allah SWT. Kalimat ini kalimat paling pendek dan sangat mudah untuk Anda ucapkan kapanpun. Sejak awal bangun tidur ada doa bangun tidur dan ada bacaan alhamdulillah, yaitu “Alhamdulillahilladzi Ahyana Ba’da ma amatana wailaihi nnusur”

    Sedangkan, arti alhamdulillah 'ala kulli hal adalah segala puji bagi Allah SWT atas setiap keadaan. Nikmat Allah datang dalam bentuk apapun, dan terkadang manusia tidak menyadari hal itu. Hendaknya selalu mengucap syukur dalam keadaan apapun. 

    Kapan Mengucapkan Alhamdulillah ‘ala Kulli Hal?

    Hadis Riwayat Ibnu Majah, dari Aisyah bahwa Rasulullah punya kebiasaan mengucapkan “Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimnus shalihat” ketika mendapati suatu hal yang beliau senangi. Lalu ketika ada yang tidak menyenangkan, beliau mengucapkan “Alhamdulillah ‘ala kulli hal”

    Berikut  tulisan Alhamdulillah ‘ala kulli haal arab, 

     الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

    Kalimat-kalimat thayyibah tersebut tentu baik untuk jadi kebiasaan, karena apapun yang terjadi di dunia, sebesar apapun masalah yang terjadi, ada Allah yang lebih besar dan kuasa atas apapun. Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya. 

    Bacaan Tahmid di Setiap Keadaan

    Membaca bacaan tahmid bagian dari ibadah yang atas izin Allah bisa mendapat pahala. Patut  selalu melantunkan bacaan alhamdulillah. Setelah makan, minum, sekolah, bekerja dan aktivitas lainnya. Tentu bukan sekadar ucapan yang keluar dari mulut, tetapi rasa syukur yang tulus dari hati.

    Seringkali suatu keadaan membuat emosi sehingga ucapan syukur alhamdulillah tidak disertai dengan hati yang lapang, tetapi dengan hati yang marah. Memang wajar manusia punya rasa amarah. Namun, perlu tahu bahwa kenikmatan dan pertolongan datang dari dan karena Allah SWT.

    Oleh karena itu, puji Allah SWT atas setiap keadaan. Akan ada kenikmatan yang Allah tambah untuk manusia yang bisa bersyukur. Selain itu, bacaan alhamdulillah seolah menjadi afirmasi positif yang membuat hati lebih tenang karena perasaan yang tidak kurang dan selalu cukup atas nikmat Allah. 

    Alhamdulillah bukan berarti pasrah dan tidak berusaha. Orang mengucap syukur alhamdulillah juga berusaha. Justru karena rasa syukur itu maka manusia semakin gemar beramal baik dan menjalankan perintah Allah. Contoh, alhamdulillah punya badan sehat sehingga rajin beribadah. 

    Bacaan Serupa dengan Allhamdulillah ‘ala Kulli Hal

    Setelah tahu alhamdulillah ‘ala kulli hal artinya apa, ketahui pula bacaan hamdalah yang serupa. Bacaan hamdalah dari hadis riwayat Ibnu Majah hanya “Alhamdulillah ‘ala kulli hal” saja. Namun, ada versi yang sedikit berbeda.

    Sama halnya dengan shalawat, ada “Shallahu ala muhammad” saja, ada juga yang “Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.” Keduanya beda, sama-sama benar, dan sah diucapkan. 

    Begitupula dengan bacaan alhamdulillah. Misal, lafadz memuji Allah dalam tiap keadaan dan nikmat. Tulisan latinnya, yaitu "Alhamdulillah 'ala kulli hallin wa ni'matin." Lafadz wa ni'matin  berarti "dan nikmat", Berikut ini dalam  tulisan Arab.

    أَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَنِعْمَةٍ

    Selain itu, ada  

     الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ 

    "Alhamdulillahil ladzi bini'matihu tatimmus sholihat"

    Artinya Segala puji milik Allah yang dengan kenikmatan-Nya menjadi sempurna segala amal soleh.

    Berdasarkan arti tersebut, menunjukkan bacaan ini untuk momen yang menyenangkan. Jadi, Anda bisa menyesuaikan bacaan, tidak ada alasan untuk tidak mengucapkan hamdalah, baik ketika sedih ataupun senang. 

    Baca juga:

    Keutamaan Mengucapkan Alhamdulillah

    Anjuran membaca alhamdulillah tiada lain untuk mendapat rahmat atau kasih sayang Allah SWT. Alhamdulillah jadi dzikir setiap selesai sholat, sunnah ketika bersin, dan lain-lain. Selain itu, ada beberapa keutamaan dalam mengucapkan lafadz alhamdulillah. Berikut penjelasannya. 

    1. Balasan Surga

    Kenikmatan dunia adalah hal yang sementara. Allah berikan kenikmatan itu, tapi Allah juga bisa ambil kenikmatan itu dalam sekejap. Nikmat hidup bisa terganti dengan kematian, Nikmat sehat bisa sakit, nikmat harta bisa habis. 

    Kenikmatan yang kekal tiada lagi selain balasan kenikmatan di surganya Allah. Tidak ada iri dengki, lelah, sakit. Di surga hanya ada kenikmatan yang tiada batasnya. Terbukanya pintu surga punya banyak kunci. Salah satunya, yaitu dengan gemar membaca alhamdulillah, baik ketika susah ataupun senang. 

    Jadi, ucapkan "alhamdulillah atau alhamdulillah 'ala kulli hal." Sesuai dengan hadis riwayat Ath Thabrani, dari Ibnu Abbas, Nabi bersabda “Orang pertama yang dipanggil masuk surga adalah mereka yang gemar membaca tahmid, yakni memuji Allah dalam kondisi lapang maupun sulit."

    2. Menahan Diri dari Sifat Angkuh

    Membaca alhamdulillah mengingatkan manusia agar tak angkuh, karena sejatinya nikmat yang sungguh luar biasa itu datangnya dari Allah SWT. Begitupun dengan hal yang tidak menyenangkan seperti datangnya masalah, sakit, dan lain-lain, hanya Allah yang bisa menolong.

    Kenikmatan dunia memang membuat terlena, terlebih kenikmatan duniawi. Hati bisa jadi angkuh dan sombong. Apa kenikmatan saja? Tidak, kesengsaraan, Perasaan marah, merasa Allah tidak adil, dan lain sebagainya bisa membuat manusia lupa dengan kekuasaan Allah SWT. 

    Mengetahui arti alhamdulillah ‘ala kulli hal  bisa buat dzikir lebih khusyuk dan sebagai pengingat untuk menguatkan iman, bersabar, dan sebagai bentuk prasangka baik pada Allah. Sesuai dengan perintah untuk selalu husnuzan pada Allah, baik ketika berlimpah nikmat maupun ketika dapat ujian. 

    3. Syukur Alhamdulillah Menambah Rezeki

    Datangnya rezeki pasti dari Allah SWT. Jadi, meminta rezeki hanya pada Allah. Mendapat rezeki bersyukurnya pada Allah, ingin menambah rezeki juga mohon dan memuji Allah. Allah menyukai pujian. Oleh karena itu, biasanya sebelum berdoa mengucapkan tahmid dan menyebut nama-nama  indah Allah. 

    Seperti “Ya Allah Ya Rahman, Ya Rahim, Ya Latif, Ya Razaq”. Anggap yang ada di dunia ini sebagai cukup, bukan kurang. Rasa syukur itu bisa menambah rezeki. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Ibrahim ayat 7. 

    ذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

    Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Qs Ibrahim ayat 7)

    Perlu tahu bahwa rezeki bukan hanya seputar uang. Rezeki bisa datang dalam bentuk apapun, seperti rezeki kesehatan, keselamatan, rasa bahagia, dan lain-lain. Hal yang penting adalah selalu mendapat rezeki yang berkah, serta dapat ridha Allah SWT. 

    4. Mendapat Pahala

    Membaca alhamdulillah berarti menyerukan pujian pada Allah SWT sehingga ada pahala bagi yang melakukannya, tentunya harus mengucapkan dengan ikhlas. Namun bukan hanya pahala, sesungguhnya keselamatan manusia kelak karena adanya kasih sayang Allah SWT. 

    Imam Hakim dan Baihaqi mengeluarkan hadis dari Jabir, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah Allah memberi nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia berkata Alhamdulillah, kecuali Allah telah menilainya telah mensyukuri nikmat itu. Apabila ia mengucapkan Alhamdulillah yang kedua kali, maka Allah akan memberinya pahala yang baru lagi, apabila ia mengucapkan Alhamdulillah yang ketiga kalinya, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya"

    Sangat mudah untuk mendapat dosa, tapi begitu mudah pula untuk mendapatkan pahala. Kebiasaan membaca alhamdulillah bisa jadi hal kecil yang mendatangkan pahala. Bahkan, dari hadis tersebut, menunjukkan Allah akan terus menambah kenikmatan hambanya. 

    5. Pengampunan Dosa

    Siapa manusia yang tidak berdosa? Tidak ada. Manusia tempatnya dosa. Banyak jalan untuk minta ampunan dosa, seperti beristighfar dan bertaubat. Selain itu, mengucapkan Alhamdulillah juga jadi salah satu hal yang bisa memohon ampunan. 

    Sesuai hadis riwayat Dailami, dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda "Perbanyaklah kalian membaca Alhamdulillah, karena sesungguhnya bacaan Alhamdulillah itu mempunyai dua mata dan dua sayap, yang selalu berdoa di dalam surga dan memohon ampunan bagi pembacanya sampai hari kiamat" 

    Banyak keutamaan mengucapkan alhamdulillah. Ucapkan alhamdulillah ‘ala kulli hal ketika menemui hal yang tidak menyenangkan. Alhamdulillah ‘ala kulli hal artinya segala puji bagi Allah atas setiap keadaan. Allah itu maha segalanya. Jadi, lantunkan puji pada Allah baik ketika senang maupun sulit.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>