Tulisan Arab Minal Aidin Wal Faizin Arti dan Keutamaannya (Lengkap)

Agar tak salah lagi dalam penulisan tulisan Arab Minal aidin wal faizin. Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Bersilaturahmi di hari raya Idul Fitri atau Idul Adha sudah menjadi tradisi bagi umat muslim, saling mendoakan dan memaafkan. Ucapan Minal aidin wal faizin adalah Kalimat yang umum diucapkan. Namun tak sedikit orang yang mengenal tulisan Arabnya. Agar tak salah lagi dalam penulisan tulisan Arab Minal aidin wal faizin, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Tulisan Arab Minal Aidin Wal Faizin

Ini hari raya besar umat muslim seperti hari raya Idul Fitri tentunya sudah tidak asing lagi dengan ucapan sapaan ataupun doa yang berbunyi Minal aidin wal faizin. Mungkin sudah banyak mengenal dengan kalimat ucapan tersebut akan tetapi tak sedikit yang tidak mengenal Bagaimana tulisan Arab ataupun hijaiyah ucapan Minal aidin wal faizin tersebut.

Maka dari itu kami berikan gambaran Bagaimana tulisan Arab Minal aidin wal faizin yang benar dan tepat.  Berikut ini merupakan tulisan ucapan Minal aidin wal faizin:

مِنَ العَائدِيْنَ والفَائِزِينَ

Terjemahan: Semoga kita tergolong orang-orang yang kembali dan berhasil

Selain ucapan Minal aidin wal faizin yang singkat di atas. 

Anda pun bisa melengkapi ucapan kalimat Minal aidin wal faizin dengan semakin lengkap yang penuh dengan doa dan keberkahan.

Opsi Ucapan Minal Aidin Wal Faizin Lengkap

Setidaknya ada 3 opsi pilihan yang dapat anda gunakan untuk mengucapkan kalimat Minal aidin wal faizin. Yang mana diantaranya adalah sebagai berikut ini;

Ucapan Pertama

Opsi pertama ini masih terbilang singkat, akan ucapan bermuat doa baik, yang mana antaranya:

جَعَلَنَا اللَّهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ العَائِدِيْنَ وَالفَائِزِيْنَ

Ja'alanallahu waiyyakum minal aidin wal faizin

Terjemahan: "Semoga Allah menjadikan kita semua tergolong orang-orang yang kembali (fitrah) dan berhasil (dalam ibadah)".

Ucapan Kedua

Agak sedikit lebih panjang dengan doa yang bermuat lebih banyak pula tentunya.

جَعَلَنَا اللَّهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ العَائِدِيْنَ وَالفَائِزِيْنَ وَالمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عَامٍ وَاَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Ja'alanallahu wa iyyakum minal 'aidin wal faizin wal maqbulin kullu 'aamin wa an(g)tum bikhoirin.

Terjemahan: "Semoga Allah menjadikan kita semua tergolong orang-orang yang kembali fitrah, berhasil, dan diterima ibadahnya. Selamat hari raya".

Ucapan Ketiga (Lengkap)

Opsi terakhir atau tepatnya ucapan ketiga ini memiliki ucapan kalimat yang lebih panjang dari lainnya. Di mana tulisan arab minal aidin wal faizin:

كُلُّ عَامٍ وَاَنْتُمْ بِخَيْرٍ وَصِحَّةٍ وَسَلَامَةٍ وَمِنَ العَائِدِيْنَ الفَائِزِيْنَ تَقَبَّلَ

اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَعِيْدُكُم مُبَارَكٌ. كُلُّ عَامٍ وَأَنْتَ وَأَسِرَكُمْ الكِرَامُ بِخَيْرٍ

وَصِحَّةٍ وَسَلَامَةٍ آمِنِيْنَ مُعَافِيْنَ

Kullu 'aamin wa antum bi khoirin wa sihhatin wa salamatin wa minal 'aidin wal faizin. Taqabbalallahu minna wa minkum wa 'iidukum mubarok. Kullu 'aamiin wa anta wa wa asirrokumul kiraamu bi khoirin wa sihhatin wa salaamatin miniina mu'aafii.

Terjemahan: "Selamat hari raya, semoga kamu sekalian baik, sehat dan selamat, serta tergolong orang-orang yang kembali fitrah yang juga berhasil. Semoga Allah menerima ibadah kita dan kalian semua. Hari raya penuh keberkahan. Selamat hari raya kamu dan keluargamu ada dalam kebaikan, kesehatan dan keselamatan. Seluruhnya aman dan baik-baik saja."

Nah itulah opsi beberapa kalimat ucapan yang bisa anda gunakan sebagai doa yang anda panjatkan jika bertemu dengan saudara-saudara keluarga maupun kerabat di saat hari lebaran.

Baca juga:

Jawaban Ucapan Minal Aidzin

Sudah sepantasnya kita yang menerima kalimah Minal aidin wal faizin untuk menjawabnya. Jawaban dari kalimat Minal aidin wal faizin ini bisa anda pilih dengan berapa opsi di bawah ini:

aamiin, aamiin ya Rabb, atau aamiin ya Rabbal ‘aalamiin

minal aidin wal faizin Kullu ‘aamin wa antum bi khair 

Ya, Anda bisa membalasnya dengan mengaminkannya atau membalasnya dengan ucapan kalimat yang sepadan.

Makna dalam Kata Aidin dan Faizin

Pada dasarnya kalimat Minal aidin wal faizin ini memiliki arti dalam terutama pada bagian akhir yakni aidin dan Faizin. Lebih jelasnya terkait makna kandungan dalam 2 kata tersebut bisa anda simak di bawah ini: 

Makna Kata Aidzin Kembali

Izin yang mana memiliki arti sebagai kembali atau hijrahnya kembali Fitri.  Ucapan doa Minal aidin wal faizin adalah Kalimat yang diucapkan setelah melaksanakan bulan Ramadhan atau tepatnya di hari raya telah melaksanakan ibadah kepada Allah.

Maksud dari kata kembali Fitri adalah melakukan berbagai ibadah selama Ramadhan,  kita kembali pada keadaan saat pertama kali diciptakan. Tentunya dengan syarat melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan harus diiringi dengan benar sesuai ilmu, keimanan kesabaran kita ketawakalan dan kebaikan pada Allah.

Ibnu Taimiyyah menggambarkan nah kondisi fitrah manusia di saat pertama kali diciptakan yakni manusia dengan keadaan beriman kepada Allah mencintai dan berkomitmen untuk menaati aturan dan perintah dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Makna Faizin Beruntung

Kata faizin memiliki arti sebagai beruntung. Dimana kita melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan hingga selesai seharusnya itu sudah menjadi keberuntungan bagi kita karena telah menyelesaikan hingga bagian akhir.

Perlu Anda pahami bahwa kata faizin yang memiliki arti beruntung ini adalah orang yang terbebas dari neraka dan masuk ke surga. 

Hal ini tertuang dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala pada surat Al Imran ayat 185 yang memiliki terjemahan:

“Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia beruntung” (QS Ali Imran: 185).

Di mana kita senantiasa beribadah dengan ikhlas menempuh jalan dan melaksanakan amalan selama bulan Ramadhan seperti ibadah shalat, puasa, ibadah sedekah mencari ilmu agama dan amalan-amalan baik dalam agama Islam.

Keutamaan Mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin

Setidaknya ada tiga pokok keutamaan dalam mengucapkan Minal aidin wal faizin diantaranya:

1. Saling Mendoakan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa arti kata ucapan Minal aidin wal faizin Ini mengandung makna doa. Yang artinya jika anda mengucapkan kalimat tersebut kepada saudara maka anda mendoakan  saudara tersebut. Begitupun dengan saling mengucapkan kalimat tersebut yang artinya saling mendoakan mendoakan. Doa adalah perbuatan yang sangat terpuji dan sudah menjadi keharusan sebagai saudara umat muslim untuk senantiasa saling mendoakan.

2. Saling Memaafkan

Kita hanya mengucapkan kata Minal aidin wal faizin umumnya juga saling memaafkan. Memaafkan ini sudah diatur dalam Alquran tepatnya pada surah Al Hujurat

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Terjemahan: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS Al-Hujurat: 10)

3. Menjaga Hubungan Baik

Saling bersilaturahmi dan mengucapkan Minal aidin wal faizin adalah suatu upaya untuk menjaga hubungan baik antara sesama Muslim. Menjaga hubungan sesama manusia atau hablum minannas merupakan salah satu perintah yang dianjurkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Itulah keutamaan dari mengucapkan Minal aidin wal faizin. 

Dengan anda memahami tulisan Arab Minal aidin wal faizin memudahkan anda untuk mengirimkan pesan hari raya dengan mudah.

Posting Komentar