Ratibul Haddad Punya Khasiat Untuk Kehidupan, Ini Penjelasannya!

Khasiat ratibul Haddad bagi siapapun yang membacanya akan mendapatkan manfaat ini dalam kehidupan

Sebagai orang Islam, pasti sudah tidak asing dengan beberapa bacaan berupa zikir atau wirid. Salah satunya yang sering terdengar adalah Ratibul Haddad yang biasa disebut juga dengan Al Haddad  wirid ini tidak diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW.

Al Haddad sendiri adalah sekumpulan zikir harian yang disusun oleh seorang Habib Abdullah Al Haddad. Beliau menjadi salah satu ulama besar yang lahir pada abad 12 H yang lahir di kota Tarim, Yaman pada malam ke-5 bulan Safar.

Setelah wafat beliau meninggalkan sebuah senjata yang bisa digunakan untuk melawan kerusakan akibat gangguan jin dan manusia. Bacaan dari Al Haddad ini akan lebih baik jika dibaca usai sholat maghrib dengan berbagai keutamaan.

Bahkan bacaan Al Haddad ini menghindarkan umat manusia dari segala macam bentuk sihir, guna-guna dan bisa berbalik kepada pengirimnya atas izin Allah SWT. Isi bacaannya sendiri berupa potongan ayat Al Quran. Berikut penjelasan lebih lengkapnya!

7 Surah dan Khasiat dalam Zikir Ratibul Haddad

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika Al Haddad terdiri dari bacaan potongan ayat dalam AL Quran. Tiap ayat memiliki kandungan, makna serta khasiat sendiri dalam kehidupan. Di bawah ini akan dijelaskan khasiat bagi manusia yang didapatkan jika membaca bacaan Al Haddad dari tiap potongan suratnya:

1. Khasiat Surah Al-Fatihah

Khasiat dari bacaan Al Fatihah adalah menghindarkan dari gangguan jin karena siapapun yang membacanya akan menghindarkan dari gangguan makhluk ghaib. Selain itu juga Allah akan mengharamkan jasadnya dari api neraka.

Untuk manfaat atau khasiat dalam jiwa manusia akan merasakan ketenangan. Pasalnya siapa yang membaca fatihah akan dicatat untuknya dalam setiap hurufnya 4000 kebaikan dan dihapus 4000 kejahatan serta derajatnya diangkat 4000 derajat.

Surah Al Fatihah sendiri bagi umat Islam sudah banyak yang menghafalnya di luar kepala. Sehingga tidak sulit sekalipun tanpa membuat Al Quran ketika sedang dalam perjalanan untuk membacanya. Bahkan bacaannya bisa dalam hati.

2. Khasiat Ayat Kursi

Ayat kursi ini sudah sangat umum dipakai untuk mengusir jin dan sejenisnya bagi kaum awam. Namun selain dari khasiat yang sudah diketahui secara umum tersebut ada manfaat lebih banyak bagi para pembaca ayat kursi.

Dalam Al Quran sebagian orang yakin jika ayat kursi merupakan ayat yang paling agung. Selain itu bagi para pembaca ayat kursi akan mendapatkan kemuliaan penjagaan keturunan dan rumah yang diinggali baik dari kejahatan manusia atau makhluk halus.

Bacaan ayat kursi seusai sholat juga menjadikan manusia tidak memiliki batasan dengan surga kecuali kematian. Bukan hanya untuk diri sendiri barangsiapa yang membaca ayat kursi maka diri dan tetangga yang dekat, jauh dan masih satu lingkungan rumah akan selalu mendapat keamanan penjagaan dari Allah SWT.

3. Khasiat Surah Al-Baqarah

Untuk bacaan ratibul haddad Al Baqarah yang diambil hanya bagian akhir surat saja. Allah SWT menjelaskan dalam surat tersebut mengenai balasan surga kepada para pembacanya serta memberikan keridhoan kepada yang membacanya dengan penuh khusyu.

Selain memberikan jaminan surga balasan yang didapatkan di dunia berupa simpanan harta kekayaan. Ayat ini juga sebagai penyembuh penyakit sehingga Al Haddad yang menyisipkan dua ayat terakhir Al Baqarah bisa menghindarkan pembacanya dari berbagai macam penyakit.

Baca juga:

4. Khasiat Surah Al Ikhlas

Surah Al Ikhlas yang bacaannya pendek ini ternyata memberikan banyak khasiat bagi para pembacanya. Salah satunya pahala yang tak terhingga yakni setara dengan orang yang membaca 1/3 dari Al Quran.

Keberkahan tak terhingga juga menjadi keutamaan bagi yang membaca surah Al Ikhlas ini, begitu juga dengan orang sekitarnya yakni tetangga dan keluarga.

Bukan hanya khasiat dalam urusan duniawi namun Allah SWT juga menjanjikan khasiat hingga alam kubur dan saat melewati jembatan shirotol mustaqim menuju surga. 

5. Khasiat Surah Al Falaq dan An Nas

Paling baik khasiar surah Al Falaq dan An Nas ini adalah untuk memohon perlindungan. Itulah kenapa ada yang menyarankan membaca dua surah ini setiap terbit matahari sampai dengan terbenamnya matahari.

Siapapun yang membaca surah ini maka sudah masuk dalam golongan orang yang baik dan selamat dari kejahatan manusia di dunia. Itulah kenapa manusia tidak bisa menggantungkan dirinya hanya kepada manusia melainkan harus kepada Allah SWT.

6. Khasiat dalam Zikir Al Haddad

Setelah membaca beberapa khasiat dari ayat yang dituliskan dalam zikir Al Haddad maka beralih kepada khasiat yang bisa didapatkan dalam zikir pertama hingga ke delapan belas. Secara ringkasnya manfaat dari zikir ini adalah:

Zikir pertama memberikan pahala bagi para pembacanya yang tak terputus dari pagi hingga sore hari. Tidak ada satu amalan pun yang bisa mengalahkannya juga tidak tersisa dalam diri seseorang tersebut sebuah dosa melainkan dilimpahkan rahmat.

Zikir kedua ini memberikan khasiat sebagai pengangkat benda-benda berat. Ada kepercayaan jika Nabi Ibrahim dan Ismail ketika membangun Ka’bah mereka membaca bacaan zikir kedua Al Haddad sehingga batu-batu bisa terangkat.

Zikir ketiga ini memiliki khasiat untuk mendatangkan yang bersifat duniawi berupa kesejahteraan dan dalam segi finansial

Zikir keempat memiliki manfaat bagi para pembacanya akan terbuka berbagai jalan yang dulunya buntu dari sebuah permasalahan. Bahkan akan datang rezeki yang tak terduga dari berbagai arah.

Zikir kelima hampir sama dengan khasiat dari zikir keempat yakni dalam hal ini zikir bisa menepis kemiskinan. Bacaannya sendiri berupa sholawat yang mana bacaan ini sering disarankan bagi para umat Islam.

Zikir keenam merupakan zikir yang punya segudang manfaat mulai dari zikir yang tergolong bisa melancarkan segala urusan. Lalu zikir ini juga punya keutamaan dalam menjaga jiwa dan raga dari sakit. Bagi umat Islam yang membacanya di malam hari akan melihat hal aneh ajaib hingga bisa melumpuhkan musuh.

Zikir ketujuh khasiatnya lebih mengarah pada zikir yang membebaskan rumah dari ancaman pencuri. Untuk garis besarnya zikir ini bisa memberi khasiat menyelamatkan umat Islam dari musuh dan kekejamannya, menawar racun dan menyehatkan badan.

Masih ada zikir lainnya hingga ke-18 yang tiap zikir memiliki keutamaan masing-masing. Namun untuk gambaran khasiat dari tiap zikirnya adalah yang disebutkan di atas. Bagi umat muslim bila membaca zikir Al Haddad ini akan mendapatkan rasa aman yang luar biasa.

Itu dia khasiat dari bacaan ratibul haddad yang kerap dibaca oleh umat Islam dalam beberapa kesempatan terlebih selepas sholat fardhu. Al Haddad sendiri menyusun bacaan zikir ini saat umat Islam mendapat ancaman kedatangan pemahaman baru tentang syiah yang ditakutkan memecah belah umat.

Posting Komentar