Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad, Arti, dan Maknanya

Seperti apa tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina Muhammad dan apa arti serta makna nya? Berikut pembahasannya.

Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad atau yang juga disebut dengan shalawat nabi tentu sudah sering kita dengar dalam doa maupun dzikir. Tentunya bacaan Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad ini mempunyai arti dan makna nya tersendiri. 

Bacaan allahumma sholli ala sayyidina muhammad ini adalah kalimat mulia yang diperuntukan untuk Rasulullah Muhammad Saw. Manusia teladan yang menjadi junjungan muslim di seluruh dunia. Dalam Islam, kalimat ini dikenal dengan "Sholawat". Ketika membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW ini tidak di lisan saja. Karena ketika membaca sholawat harus berasal dari ketulusan hati.

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad, Arti, dan Maknanya

Untuk pembahasan mengenai Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad dan Artinya 

Berikut ini adalah Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad dan juga terjemahan latin yang biasa dibaca di takhiyat akhir serta artinya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.

كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ

Kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima

Artinya: Sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim.

Anjuran untuk membaca sholawat ini terdapat di Al Quran surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Di antara beberapa sholawat nabi, Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad ini adalah salah satu sholawat yang paling singkat. Karena itulah jika banyak umat Muslim yang sering membacanya saat tengah beraktivitas sehari - hari, terutama setelah menjalankan ibadah shalat 5 waktu.

Selain shalawat yang disebutkan diatas, ada juga beberapa bacaan shalawat lain diantaranya:

Shalawah Saadah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ اللّٰهِ صَلاَةً دَائمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللّٰهِ

Bacaan latin:

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin ‘adada ma fi ‘ilmillahi sholatan da-imatan bidawami mulkillahi.

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad sebanyak bilangan yang ada dalam pengetahuan Allah, dengan rahmat yang abadi seabadi kerajaan Allah.”

Shalawat  Tibbil Qulub

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Bacaan latin:

Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Baca juga:

Keutamaan Membaca Shalwat Allahumma sholli ala sayyidina muhammad 

Terdapat berbagai keutamaan yang bisa diperoleh ketika seseorang mengamalkan bacaan sholawat, termasuk Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad. Berikut ini adalah keutamaan yang disebutkan Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah di Kitab Shalawat Nabi saw.

1. Memperoleh rahmat dari Allah SWT

Orang yang bersholawat akan memperoleh 10 rahmat oleh Allah SWT, walaupun dirinya hanya membaca sebanyak satu kali. Hal ini dijelaskan di2 hadits HR muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Orang bershalawat kepadaku satu kali, Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

2. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT

Membaca sholawat artinya mendoakan Rasulullah serta memuliakannya di sisi Allah SWT. Oleh sebab itulah, untuk orang yang bersholawat kepada Nabi Muhammad, Allah akan memberi balasan berupa mengangkat derajatnya. Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa, dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

3. Dikabulkan doanya

Setelah membaca sholawat, ada baiknya untuk membaca doa kepada Allah SWT karena niscaya doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. seperti hal nya dijelaskan di hadits, bahwa Rasulullah bersabda:

“Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

4. Memperoleh syafaat

Membaca sholawat tentunya dapat Anda lakukan dimanapun dan kapan pun. Tetapi, membacanya setelah mendengarkan suara muadzin yang sedang mengumandangkan adzan bisa mendatangkan syafaat. Dari Abdullah bin Umar, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barangsiapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat”.

Makna dari Hauqalah Hawla wa La Quwwata Illa Billah 

Dalam Islam, sholat adalah sebuah bentuk pujian dan cara umat Islam bersilaturahmi kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat adalah sebuah ibadah yang mendatangkan pahala yang amat besar. Sholawat tidaklah sekedar bacaan saja, tetapi juga menjadi jalinan cinta dengan kekasih Allah Swt. seperti yang disebutkan Allah Swt dalam Surat Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Sholat adalah rahmat ilahi bagi mereka yang membacanya. Tidak ada satu ibadah pun saat Allah Swt memerintahkan hamba-Nya untuk melakukan ibadah itu, Allah Swt melakukannya, kecuali sholawat yang dimulai dari dzat-Nya Yang Maha suci. Oleh sebab itulah, sangat besar serta dahsyatnya keutamaan membaca sholawat ini.

Berdasarkan Imam Ghazali, ketika orang mencintai sesuatu, ia akan selalu menyebutnya. Di saat ia mencintai Allah Swt, ia akan selalu mengingat dan berzikir kepada-Nya. Begitu juga ketika saat ia mencintai Rasulullah Saw, ia tentunya akan memperbanyak sholawat kepadanya. Jika seorang hamba banyak berzikir kepada Allah, namun ia tak bersholawat atau kurang bersholawat kepada Rasulullah Saw, zikirnya itu tidaklah sempurna.

Itulah pembahasan mengenai Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad, arti, dan maknanya yang bisa Anda baca setiap harinya. Bacaan Shalawat ini mempunyai arti dan makna yang mendalam, selain itu Shalawat ini bisa Anda baca setiap harinya agar mendapat syafaat.

Posting Komentar