6 Bacaan Doa Agar Hati Tenang: Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Anda dapat menemukan berbagai doa agar hati tenang baik dalam ayat Al Quran maupun shalawat

Doa merupakan kekuatan umat muslim dalam menjalani kehidupan salah satunya dalam menghadapi hati yang merasa cemas ataupun perihal ingin ditenangkan hati dan hidupnya. Maka dengan ini kami akan memberikan sejumlah doa agar hati tenang dalam artikel ini.

Lantas mana saja doa-doa tersebut? Simak pembahasannya di sini.

Doa Agar Hati Tenang

Hati tenang di situasi apapun merupakan satu hal yang diinginkan oleh semua orang. Sebagai umat muslim, doa adalah kuncinya. Maka dari itu sudah sepatutnya untuk mengetahui doa untuk ketenangan hati.

Di mana doa-doa yang bisa Anda jadikan pegangan untuk berdoa demi ketenangan hati dapat dilihat sebagai berikut ini:

Doa Ketenangan Hati untuk Merasa Cukup

Doa pertama yang bisa Anda jadikan amalan agar hati dapat dan pikiran dapat tenang dalam situasi apapun sekaligus agar selalu merasa dicukupkan atas keadaan yang dialami, Anda bisa menggunakan doa satu ini.

Dimana bunyi doa penenang hati dan pikiran tersebut adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Tulisan latinnya: Allahumma innii as-aluka nafsan bika muthmainnah, tu’minu biliqoo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna bi ’athoo-ika.

Terjemahannya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani)

Dengan doa tersebut insya allah Anda akan dicukupi dan merasa tercukupi dalam situasi apapun, senantiasa hati dibuat merasa tenang dan damai.

Doa Menghindari Kecemasan Hati

Selanjutnya untuk dijadikan doa ketenangan hati, Anda pun bisa menggunakan dan mengamalkan bacaan shalawat penenang hati yang dapat diamalkan dalam keseharian Anda. Doa ini berbunyi:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Tulisan latinnya: Allahumma innii a’udzubika minal hammi wal hazani. Wa A'udzubika minal ajzi, wal kasali. Wa A'udzubika minal jubbni wal-bukhli. Wa A'udzubika min gholabatid daini wa qohri rijali.

Terjemahan:

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Dengan doa ini Anda akan terhindari dari segala penyakit hati, merasa cemas maupun terhindar dari kejelekan sifat hati seperti yang telah tersebut dalam doa.

Baca juga:

Doa Menghindari Ketenangan Hati

Daftar  doa selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai pegangan doa ketenangan hati, Anda bisa melihat tulisan arabnya di bawah ini:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Tulisan latinnya: Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Doa ini memiliki arti terjemahan: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250)

Dari arti terjemahan ini Anda sudah bisa simpulkan bahwa doa ini berarti penuh untuk keteguhan pendirian dan hati Anda.

Doa agar Diberikan Ketenangan dan Kesabaran

Tak hanya diberi ketenangan hati, dengan doa satu ini Anda pun akan diteguhkan dan beri kesabaran agar hati semakin  kuat menghadapi situasi sulit apa pun.

Dimana doa yang dimaksud ini adalah sebagai berikut:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Tulisan latinnya: Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatammillisaanii, yafqohuu qoulii.

Terjemahannya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” 

Doa singkat ini merupakan doa kekuatan yang keteguhan dan ketegaran hati.

Doa Penenang Hati dan Pikiran di Saat Bersedih

Jika Anda merasa sedih entah itu alasan apapun termasuk terkena musibah atau permasalahan lainnya Anda bisa mengucapkan doa agar hati tenang di bawah ini:

اللهم إني عبدك وابن عبدك وابن أمتك ناصيتي بيدك ماض في حكمك عدل في قضاؤك ، أسألك بكل اسم هو لك سميت به نفسك أو أنزلته في كتابك أو علمته أحدا من خلقك أو استأثرت به في علم الغيب عندك أن تجعل القرآن ربيع قلبي و نور صدري وجلاء حزني وذهاب همي

“Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fiyya hukmuk, adlun fiyya qadla’uk, as’aluka bikullismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzalitahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a  qalbi wanura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi,”

Terjemahan:

"Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuanMu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisiMu, agar engkau menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku.”

Doa agar Penenang Hati dengan Surah-Surah Alquran

Selain dengan doa-doa di atas anda pun bisa menjadikan ayat-ayat suci Al Quran sebagai doa untuk penenang hati dan pikiran.

Sebab sebagaimana hadis-hadis yang menyatakan bahwa jika anda merasa sakit maka bacalah surah Alquran sebab AlQuran merupakan obat dari segala obat.

Salah satu bacaan Alquran yang menjadi penenang hati dan pikiran yakni sebagai berikut ini:

Surah Al-Insyirah

Al Insyirah atau yang disebut juga dengan surat Alam Nasroh merupakan salah satu surat pendek yang memiliki arti dan makna dalam. Bagaimana anda bisa menemukannya pada ayat 6 yang memiliki arti "setelah kesulitan ada kemudahan"

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Ayat ini menjelaskan bahwa jika anda sedang mengalami kesulitan maka di kemudian waktu akan diberi kemudahan dalam masalah yang dialami.

Inilah yang menjadikannya sebagai keajaiban doa penenang hati dengan surat ayat ini niscaya hatimu akan senantiasa merasa senang dalam situasi hidup yang sesulit apapun.

Al Baqarah

Al Baqarah urutan surat pertama dari Alquran besar. Dalam surah ini pun anda bisa menemukan berbagai kumpulan doa penenang hati salah satu penggalannya bisa anda temukan pada ayat  250; ayat 186; ataupun ayat 216

Surah Ar Ra'd

Selain dalam surah Al Baqarah anda pun bisa menemukan penggalan ayat doa penenang hati dalam surah Ar Ra'd antaranya ayat 24 dan 28. 

Yang mana memiliki arti pengingat kepada umatnya untuk tidak pernah jauh dari-Nya dalam kehidupannya serta memberikan ketentraman dan kesabaran hati.

Selain dari ketiga surat tersebut tentunya Anda bisa menemukan doa-doa agar hati tenang lainnya dalam penggalan surah Alquran.

Posting Komentar