35+ Contoh Cover Makalah Individu dan Kelompok Yang Benar (Lengkap)

Para siswa maupun mahasiswa kerap membuat makalah untuk melengkapi berbagai tugas, Untuk itu, simak contoh cover makalah yang baik berikut ini.

Para siswa maupun mahasiswa kerap membuat makalah untuk melengkapi berbagai tugas sekolah dan mata kuliah dari guru atau dosen. Tentu dalam proses pembuatannya perlu memperhatikan sistematika penulisan yang benar, termasuk dalam membuat cover. Untuk itu, simak contoh cover makalah yang baik berikut ini.

Pengertian Cover Makalah

Sebelum masuk ke contoh, ketahui terlebih dahulu pengertian cover dan tujuannya pembuatannya. Jadi, cover atau sampul adalah halaman terluar dari sebuah buku atau karya tulis. Dalam konteks ini adalah halaman terluar dari makalah.

Karena merupakan halaman terluar, otomatis cover makalah merupakan pertama yang pembaca lihat sebelum masuk ke halaman isi. Untuk itulah, cover makalah memuat informasi utama yang berkaitan dengan makalah bersangkutan. Mulai dari judul, tujuan penulisan, dan identitas penyusun.

Tujuan pembuatan cover makalah yaitu untuk melengkapi keseluruhan isi karya tulis sekaligus sebagai identitas utama yang mewakili isi makalah. Tampilan cover yang memuat informasi utama makalah juga memudahkan pembaca mengetahui gambaran isi dari makalah tersebut.

Karena itulah, pembuatan cover makalah tidak boleh dilakukan sembarangan. Strukturnya harus tepat sesuai dengan isi makalah. Jangan sampai memuat informasi yang keliru sedikit pun, terutama dalam penulisan judul dan data penyusun.

Baca juga: Apresiasi Adalah: Pengertian, Arti , Tujuan, Tahapan dan Contohnya

Struktur Pembuatan Cover Makalah

Pembuatan cover makalah tidak boleh sembarangan. Sebagai salah satu jenis karya tulis ilmiah, tentu penulis harus memperhatikan strukturnya dengan tepat. Jangan asal menulis kata-kata atau menambah gambar-gambar tertentu yang tidak relevan dengan isi makalah.

Lantas, apa saja yang harus ada di cover makalah? Ikuti strukturnya berikut ini.

1. Jenis Karya Tulis

Struktur cover paling atas yaitu jenis karya tulis. Apakah itu makalah, laporan praktikum, atau jenis karya tulis lainnya. Karena sekarang kita membahas cover makalah, maka tulis “MAKALAH” pada bagian cover paling atas. Gunakan huruf kapital dengan format tebal atau bold.

2. Judul Makalah

Biasanya beberapa penyusun tidak perlu menuliskan jenis karya tulis pada sampul, sehingga yang tertera paling atas adalah judul makalah. Tapi jika ingin menuliskan jenis karya tulis, maka tulis judul makalah berada tepat di bawah penulisan jenis karya tulis.

Ada juga yang menulis keterangan “MAKALAH” di bawah penulisan judul. Untuk penulisan judul makalah sendiri, tulis menggunakan huruf kapital semua dan tetap gunakan format bold. Gunakan format huruf miring (italic) untuk menulis kata dalam bahasa asing, tidak baku, atau istilah khusus.

Jika judul memuat informasi metode penelitian atau keterangan lainnya dalam tanda kurung, penulisannya tidak harus kapital semua. Gunakan huruf kapital hanya pada pada huruf pertama di masing-masing kata, sementara sisanya huruf kecil. Contohnya:

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA KECANDUAN MEROKOK
  • MAKNA SIMBOLIK DALAM TRADISI TEDHAK SINTEN BAGI MASYARAKAT SUKU JAWA.
  • PENGARUH TAYANGAN SINETRON “SI UNYIL” TRANS 7 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Siswa Kelas 5 SD Cempaka 1 Surabaya)

3. Tujuan Penulisan

Struktur selanjutnya adalah tujuan penulisan makalah. Tuliskan tujuan penulisan makalah tepat berada di bawah judul makalah. Tulis sama seperti penulisan judul, yaitu huruf kapital hanya pada huruf pertama setiap kata dan gunakan format tanpa bold. Contohnya:

  • Makalah ini Ditulis untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Agama Islam.
  • Dosen Pengampu: Dr. Syarif Ma’arif, S.PdI, M.A.
  • Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Ujian Akhir Semester Gasal.
  • Tahun Akademik 2022.
  • Makalah.
  • Ditulis Sebagai Laporan Praktikum Public Speaking
  • Mata Kuliah Komunikasi Publik

4. Logo Institusi

Di bawah tujuan penulisan, cantumkan logo institusi tempat penyusun bernaung. Jika penulisnya merupakan mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi, maka cantumkan logo kampus tersebut. Pastikan logonya terlihat jelas dan berwarna agar tampilannya lebih menarik.

5. Identitas Penyusun 

Setelah mencantumkan logo institusi, tulis identitas penyusun, yang meliputi nama dan nomor induk. Jika makalah tersebut merupakan tugas kelompok yang dikerjakan bersama, maka tulis nama kelompok terlebih dahulu, baru kemudian daftar nama anggota kelompok dan nomor induk.

Tulis identitas penyusun seperti penulisan judul, yaitu huruf kapital pada huruf pertama di setiap kata. Formatnya tanpa bold, kecuali untuk nama kelompok. Contoh:

  • Disusun Oleh:
  • Rina Wulandari Sasmita
  • NIM. 130531001289

  • Diajukan Oleh:
  • Kelompok 5
  • Ilyas Andrianto (NIM. 123456781)
  • Sandrina Novia Putri (NIM. 123456782)
  • Lutfia Almira Desta (NIM. 123456785) atau
  • Oleh:
  • Kelompok Merdeka
  • Ketua            : Astria Nia Santika (NIM. 12345678)
  • Sekretaris      : Surya Rahman F (NIM. 12345679)
  • Anggota        : Nila Rahmasari (NIM. 12345683), Vidia Alisa (NIM. 12345693)

6. Nama Institusi Penyusun dan Tahun Pembuatan

Setelah menulis identitas penyusun secara lengkap, cantumkan nama dan alamat institusi yang menaungi penyusun. Jika merupakan tugas mata kuliah, maka tulis program studi, fakultas, perguruan tinggi, dan tahun akademik waktu makalah dibuat.

Tulis dengan huruf kapital semua atau seperti penulisan judul, di mana hanya huruf pertama tiap kata saja yang kapital. Pastikan juga formatnya bold semuanya. Contoh:

  • Program Studi Hubungan Internasional
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Universitas Airlangga
  • Surabaya
  • Tahun Akademik 2022-2023
  • JURUSAN TEKNIK BANGUNAN
  • FAKULTAS TEKNIK
  • UNIVERSITAS NEGERI MALANG
  • 2022

Tips dalam Membuat Cover Makalah

Bagaimana cover makalah yang baik dan benar? Selain memperhatikan strukturnya di atas, pastikan juga cover makalah yang Anda buat memiliki tata letak dan tampilan yang bagus. Artinya, seluruh tulisan pada cover dapat terbaca dengan jelas dan efektif.

Untuk itulah, pemilihan font, ukuran, batas halaman, dll sangat menentukan hasil akhir cover. Jangan membuatnya sembarangan, tapi jangan berlebihan pula dalam menonjolkan estetika hingga mengabaikan efektifitasnya. Ikuti tips berikut untuk membuat cover makalah yang baik dan menarik.

1. Font, Ukuran, dan Perataan

Cover makalah pakai font apa? Umumnya, penulisan karya tulis ilmiah menggunakan jenis font Times New Roman dengan ukuran 12. Tapi jika dari pihak dosen atau institusi memiliki aturan sendiri terkait pilihan font dan ukuran, maka ikuti ketentuan tersebut.

Semua tulisan yang ada di cover makalah menggunakan rata tengah (center). Pastikan mengaturnya secara otomatis agar hasilnya presisi dan tepat berada di tengah-tengah halaman. Jika membuatnya di Microsoft Word, gunakan fitur rata tengah otomatis dengan klik ikon Center atau tekan Ctrl + E.

2. Batas Halaman

Umumnya, pengaturan margin atau batas halaman cover makalah menggunakan ukuran berikut:

  • Top (atas): 3 cm
  • Left (kiri): 4 cm (menyisakan 1 cm untuk penjilidan)
  • Bottom (bawah): 3 cm
  • Right (kanan): 3 cm

Contoh Cover Makalah

Untuk memberikan gambaran yang jelas bagaimana cover makalah yang baik, perhatikan beberapa contohnya berikut ini. Mulai dari contoh cover makalah individu hingga contoh cover makalah kelompok dari berbagai jenis mata kuliah dan program studi.

1. Contoh Cover Makalah SMP Kelompok

2. Contoh Cover Makalah Individu SMP


Sumber gambar: kiranakhatulistiwa.org

3. Contoh Cover Makalah Kelompok SMA

4. Contoh Cover Makalah Individu SMA

5. Contoh Cover Makalah Kuliah Tugas Kelompok

Sumber gambar: slideshare.com

6. Contoh Cover Makalah Kuliah Mahasiswa Individu

Sumber gambar: theinsidemag.com

7. Contoh Cover Makalah Mahasiswa

8. Contoh Cover Makalah Tulisan Tangan

Sumber gambar: buatmakalah.com

9. Contoh Cover Makalah STAIM

Contoh Cover Makalah Universitas Umum

10. Universitas Sebelas Maret Surakarta

11. Universitas Negeri Jakarta

12. Universitas Nusa Cendana

13. Universitas Negeri Semarang

14. Universitas Pancasila

15. Universitas Negeri Padang

16. Universitas Terbuka Malang

17. Universitas Negeri Medan

18. Universitas Padjadjaran

19. Politeknik Negeri Lampung

Contoh Cover Makalah Universitas Khusus

20. Universitas Muhammadiyah Tangerang

21. STIK Harapan Bangsa Purwokerto

22. Universitas Muhammadiyah Palembang

23. STAI Muhammadiyah Tulungagung

24. Politeknik Kesehatan Padang

25. Politeknik Negeri Semarang

26. POLTEKKES RS dr. Soepraoen Malang

27. Universitas Muhammadiyah Makassar

Contoh Cover Makalah Umum

28. Cover Makalah SMA

29. Cover Makalah SMP

30. Cover Makalah Kelompok

31. Cover Makalah Individu

32. Cover Makalah Bahasa Inggris

33. Cover Makalah Format APA

34. Cover Makalah Format MLA

35. Cover Makalah Umum

Sekarang tak perlu bingung bagaimana membuat cover makalah yang benar untuk memenuhi tugas kuliah. Ikuti contoh cover makalah di atas dan sesuaikan dengan tugas yang Anda buat, apakah untuk individu atau kelompok. Ikuti juga tips pilihan font, ukuran, dll agar tampilan cover bagus.

Posting Komentar