10+ Ide Kerajinan Dari Kardus Bekas yang Bisa Anda Tiru

Di bawah ini ada beberapa contoh kerajinan tangan dari kardus yang bagus dan bisa Anda buat dengan sangat mudah.

Ada sangat banyak kerajinan dari kardus yang bisa Anda coba buat di rumah dengan memanfaatkan benda tersebut. Kardus sendiri adalah salah satu benda yang kerap Anda buang setelah isi di dalamnya terpakai.

Padahal, kardus bisa menjadi barang berguna baru yang murah, awet dan mudah dalam membuatnya. Agar dapat mengubah kardus menjadi kerajinan yang bermanfaat, maka perlu kreativitas tinggi dan kesabaran dalam membuatnya.

Apa Saja Contoh Kerajinan Dari Kardus Bekas?

Untuk Anda yang ingin membuat kerajinan tangan dari kardus tak perlu bingung seperti apa pemanfaatannya. Di bawah ini ada beberapa contoh kerajinan tangan dari kardus yang bagus dan bisa Anda buat dengan sangat mudah.

1. Bingkai Foto

Benda pertama yang bisa Anda buat dari kardus bekas adala bingkai foto. Memang tak ada yang menyangka jika kardus bekas bisa menjadi bingkai cantik. Adapun cara untuk membuat bingkai foto dari kardus tergolong mudah.

Sebab, Anda dapat menggunakan kardus sebagai hiasan di bingkai ataupun sebagai bahan dasar pembuatan bingkai itu sendiri. Untuk membuat kerajinan kardus sendiri, Anda hanya perlu mempersiapkan pensil, penggaris, kardus, lem fox, gunting, pilox dan lain sebagainya.

Pertama, silakan ukur kardus sesuai ukuran kardus yang Anda inginkan kemudian tempelkan antara kadus satu dengan lainnya. Setelah itu, gunting kardus lain sesuai hiasan bingkai dan pilox sesuai warna kesukaan. Kemudian keringkan dan bingkai pun siap Anda gunakan.

2. Rak Dinding

Ide pemanfaatan kardus bekas berikutnya agar menjadi benda baru yang bermanfaat bisa berupa rak dinding. Jika Anda tertarik membuat kerajinan seperti ini, ada baiknya menggunakan jenis kardus yang bagus dan tahan lama.

Ada banyak jenis kardus yang kokoh dan tahan lama serta bisa Anda gunakan untuk menjadikannya sebagai rak dinding. Kardus tersebut bisa berupa bekas kemasan barang elektronik seperti kulkas, televisi dan masih banyak lagi.

Untuk teknik pembuatan kerajinan kardus berupa rak dinding hanya menggunakan kardus, lem dan gunting. Kemudian sesuaikan ukuran kardus dengan rak dinding yang Anda inginkan maka sudah bisa menggunakan rak tersebut.

3. Lampu Tidur Hias

Tak hanya hanya untuk wadah sebuah benda, kerajinan yang berasal dari kardus bekas juga dapat menjadi hiasan cantik. Misalnya saja adalah Anda membuat lampu tidur hias yang cantik dan terasa indah ketika ada lampu menyala.

Cara pembuatannya sendiri sangatlah mudah, hanya perlu mempersiapkan kardus, lampu, saklar, lem tembak, cutter, dan pensil. Kemudian, bentuk lampu tersebut sesuai keinginan Anda dengan berbagai macam tampilannya.

Lampu tidur seperti ini merupakan kerajinan dari kardus yang bisa dijual. Selama Anda membuatnya dengan tampilan cantik dan fungsional, tentu saja banyak orang bersedia membelinya.

4. Hiasan Ruangan

Dengan kreatifitas tinggi, Anda pun bisa membuat hiasan ruangan dari kardus bekas yang sederhana. Hiasan dari kardus seperti ini akan menghasilkan kesan minimalis dan elegan apalagi kalau Anda pandai mengeksekusinya.

Meskipun begitu, untuk cara pembuatannya sendiri memanglah mudah. Anda bisa menggunakan kardus bekas, lem, gunting dan bisa menambahkannya dengan boneka.

Kemudian, lapisi kardus dengan kertas kado untuk mempercantik warnanya. Terakhir tempelkan boneka ataupun hiasan lainnya agar menghadirkan kesan lebih feminis.

5. Tempat Penyimpanan Berkas

Tak hanya sekadar menjadi hiasan, kardus juga bisa Anda sulap jadi benda yang lebih bermanfaat. Salah satu contohnya adalah dengan menjadikan kardus bekas untuk tempat penyimpanan berkas. Di mana penyimpanan berkas tersebut kerap kita temukan di rak ataupun meja perkantoran.

Dengan membuat kerajinan dari bahan kardus yang sangat bermanfaat seperti tempat penyimpanan berkas, maka Anda bisa menghemat budget dan tidak perlu membelinya.

Baca juga:

6. Laci

Selanjutnya Anda dapat membuat kerajinan berupa benda yang berguna lainnya yaitu laci dari kardus. Namun, laci yang bisa Anda ciptakan dari kardus bekas berupa laci mini untuk penyimpanan aksesoris berukuran kecil.

Untuk cara pembuatannya relatif simple, di mana Anda hanya perlu memakai kardus, cutter, lem, kertas kado, penggaris, dan pita. Selain itu, Anda pun bisa membuatnya dengan bermacam jumlah kompartemen sesuai kebutuhan dan keinginan.

Dengan laci berukuran mini dari kardus seperti ini, Anda pun bisa mempercantik ruangan sekaligus menggunakannya sebagai media penyimpanan.

7. Kursi dari Kardus

Tak ada yang menyangka jika kerajinan berbahan dasar kardus bisa berukuran besar dan kerap Anda gunakan sehari-hari. Di mana, Anda bisa membuat kursi yang berasal dari kardus bekas untuk tempat duduk. Tak perlu khawatir kesulitan saat membuatnya sebab caranya sangatlah mudah.

Pasalnya, Anda hanya perlu menggambar bentuk sebuah pola tepat di atas kardus karton. Setelah itu potong dan rakit pola tersebut dan kursi siap Anda gunakan. Kebanyakan saat ini kursi yang berasal dari kardus bekas orang gunakan sebagai salah satu perabot kafe.

Di mana kafe tersebut menginginkan sebuah value yang masih jarang kafe-kafe lainnya gunakan. Namun, harap perhatikan material kardus yang Anda gunakan haruslah kokoh dan awet jika ada orang mendudukinya.

8. Mini Studio Foto

Saat ini, kebutuhan akan studio foto sangat dibutuhkan untuk orang yang memiliki hobi fotografi. Selain itu, studio foto berukuran mini berguna bagi pengusaha yang ingin memfoto produknya dan memasangnya di sosial media.

Namun, Anda tak perlu mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk membeli mini studio foto yang baru. Pasalnya, Anda pun bisa membuat mini studio foto sendiri dengan memanfaatkan kardus bekas. Tentu saja dengan studio foto seperti ini aka menekan pengeluaran untuk pemotretan.

Apalagi cara membuatnya sangatlah mudah, karena hanya perlu menyediakan sebuah kardus bekas. Setelah itu, lubangi bagian samping membentuk persegi dan tempelkan kertas untuk menjadi peredam cahaya lampu di sampingnya.

9. Standing Laptop

Bentuk hiasan dari kardus bekas juga bisa berupa benda yang berguna untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Contohnya saja Anda bisa membuat standing laptop yang unik dan cantik dari bahan dasar berupa kardus bekas.

Membuat dudukan atau meja laptop dari kardus juga sangatlah mudah dan bermanfaat untuk siapa saja. Apalagi bagi Anda yang tengah mengerjakan tugas namun tidak mempunyai meja memadai untuk menunjang laptop.

Namun harap pastikan jika kardus yang Anda gunakan untuk membuat standing laptop sangat kokoh. Hal ini demi meminimalisir laptop menjadi jatuh karena kardus penopangnya rusak. Pastikan juga permukaannya tidak licin agar laptop tidak tergelincir.

10. Celengan Kardus

Berikutnya ada celengan yang termasuk dalam kerajinan kardus dan bisa Anda buat dengan mudah. Membuat celengan untuk menabung dari kardus juga menjadi salah satu kreatifitas yang dapat Anda lakukan ketika memiliki waktu luang.

Selain itu, Anda pun bisa membuat inovasi celengan kesukaan dengan tambahan ornamen-ornamen cantik di atasnya.

Akan tetapi jika Anda berhasil membuat celengan bagus dari kardus, sebaiknya jangan menyimpannya di tempat yang lembab. Sebab, tempat lembab bisa membuat kardus menjadi basah dan membuatnya rusak.

Itulah sederet contoh kerajinan dari kardus yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa membuatnya karena bahan yang Anda butuhkan juga cukup mudah untuk Anda temukan.

Posting Komentar