1 Inch Berapa Cm? Penjelasan, Rumus dan Contoh Soal

Rumus 1 Inch Berapa Cm (Inchi ke Centimeter), Diameter 1 inch berapa cm adalah pertanyaan yang sangat sering muncul utamanya saat Anda di sekolah.

Anda pasti pernah bukan menggunakan meteran untuk mengukur sesuatu? Satuan yang selama ini umum digunakan adalah satuan cm atau centimeter. Namun selain itu, ternyata satuan panjang inch juga bisa menjadi alternatif. Menurut Anda 1 Inch berapa cm ya? Ya, jawabannya adalah 2,54 cm.

Satuan cm memang paling dikenal masyarakat dan paling banyak pula digunakan dalam pengukuran. Semua bentuk benda dapat diukur dengan berbagai alat yang berbeda. Benda dengan bentuk lingkaran, lonjong, kotak, segitiga, dan lain sebagainya dapat diukur dengan cara yang berbeda.

Apa Itu Cm?

Cm atau sentimeter adalah salah satu satuan panjang dari Sistem Satuan Internasional atau SI. Satuan ini seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap satu centi-nya memiliki panjang sekitar lebar satu kuku orang dewasa.

Cm biasa digunakan untuk mengukur tinggi badan, lebar bahu, panjang benda, dan juga lebar benda. Pekerjaan yang biasa menggunakan satuan ukur cm adalah penjahit, pengrajin, dan juga seniman. Cm juga seringkali digunakan saat di sekolah untuk pembelajaran mengukur.

Baca juga:

Apa Itu Inchi?

Inci atau inch adalah satuan yang memiliki panjang lebih besar dari cm. Satuan inch dulunya digunakan oleh Kerajaan Inggris dan Amerika. Berasal dari bahasa Inggris kuno yakni ince atau ynce. Satuan ini memiliki simbol standar in atau bisa juga dengan menggunakan simbol petik dua (“).

Satuan yang umumnya digunakan di negara barat Amerika Serikat dan Inggris ini juga sering dipakai di negara Jepang sebagai standar satuan pengukuran untuk komponen elektronik. Sedangkan di Eropa, Inchi digunakan untuk tampilan layar secara informal.

Lalu Apa Perbedaan dari Cm dan Inch?

Cm adalah bagian dari sistem metrik satuan internasional sedangkan inch adalah cabang dari sistem manajemen kerajaan dalam pengukuran.

Cm umum dipakai di daerah Eropa sedangkan Inch umum di daerah AS dan juga Inggris. Cm memiliki ukuran yang juga lebih pendek dibandingkan dengan Inch.

Rumus 1 Inch Berapa Cm (Inchi ke Centimeter)

Sumber: https://youtu.be/EA2JniI8yKo

Diameter 1 inch berapa cm adalah pertanyaan yang sangat sering muncul utamanya saat Anda di bangku sekolah. Anda akan diminta untuk mengubah sebuah besaran panjang benda dari satuan yang satu kesatuan yang lainnya dengan besaran panjang yang berbeda-beda.

Memang penting sekali bagi kita untuk memahami berbagai satuan ukur dan bukan hanya yang biasa digunakan saja. Hal ini dikarenakan di beberapa kondisi tertentu, satuan ukur lainnya mungkin lebih diperlukan. Pemakaian satuan ukur yang berbeda-beda ini juga akan efektif pada tempat yang tepat.

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, 1 inch dalam cm ini adalah senilai sama dengan 2,54 cm. Anda bisa menulis satuan ini dengan 1 inch = 2,54 cm atau 1” = 2,54 cm. Tanda penulisan inch dengan strip dua di atas (") sering dipilih karena lebih praktis.

Dalam komputer dan alat elektronik lain, simbol inch biasanya juga menggunakan petik dua atas. Sedangkan untuk centimeter ditandai dengan simbol cm pada umumnya. Keduanya sama-sama bermanfaat dalam dunia pengukuran.

Benda yang menggunakan inch dalam pengukurannya sebagai contoh layar laptop, layar ponsel. Layar TV, dan juga velg ban mobil.

Daftar Ukuran Konversi dari Inch

Apakah hanya inch yang bisa diubah ke cm? Apakah cm juga bisa diubah ke inch? Jawabannya adalah inch bisa diubah ke segala bentuk satuan ukur panjang begitu juga dengan cm. Ada begitu banyak satuan panjang yang bisa Anda gunakan untuk berlatih.

Selain 1 inch berapa cm jumlahnya, Anda juga bisa mengetahui besaran inch jika dikonversikan ke dalam satuan lainnya. Berikut ini adalah daftar untuk memudahkan Anda mengamati perbandingannya:

  • 1 inch = 2,54 cm
  • 1 inch = 0,025 m
  • 1 inch = 25,4 mm
  • 1 inch = 1/36 yard

Sebagai contoh jika sebuah meja memiliki panjang 20 inch, maka jika dijadikan ke satuan lainnya bisa dengan cara:

20 inch x 2,54 = 50,8 cm

Atau

20 inch x 0,025 = 0,5 m

Lalu, bagaimana dengan cara mengetahui besaran 1 cm berapa inch? Anda bisa mengikuti cara di bawah ini:

1 cm : 2,54 = 0,3937 inch

1 m : 0,025 = 40 inch

Demikian seterusnya dengan menggunakan cara seperti di atas.

Cara yang sama juga bisa Anda praktikkan dengan satuan lainnya. Cobalah lebih banyak latihan agar Anda segera memahami besaran inch dalam cm dan bagaimana cara mengubah inch ke satuan yang lainnya. Dan dibawah ini adalah urutan tangga satuan panjang berikut singkatannya:

  • Km = Kilometer
  • Hm = Hektometer
  • Dam = Dekameter
  • M = Meter
  • Dm = Desimeter
  • Cm = Centimeter
  • Mm = Milimeter

Contoh Konversi Soal Inch

Cobalah beberapa bahasan berikut ini untuk memperdalam pemahaman Anda tentang satuan inch.

1. Di sebuah rumah terdapat TV dengan layar yang lebarnya 20 inch. Berapakah lebar layar TV jika dinyatakan dengan cm?

Jawab:

1 inch = 2,54 cm maka,

20 inch x 2,54 = 50,8 cm.

Jadi, lebar layar TV jika dinyatakan ke dalam cm adalah 50,8 cm.

2. Sebuah pipa kamar mandi memiliki diameter 4 inch. Berapakah diameter pipa jika dinyatakan dengan milimeter?

Jawab:

1 inch = 25,4 mm maka,

4 inch x 25,4 = 101,6 mm.

Jadi, diameter pipa kamar mandi adalah sebesar 101,6 mm.

3. Ayah akan memotong sebuah kayu yang akan dibuat menjadi meja. Ayah harus memotong kayu sepanjang 100 inch. Namun, ayah hanya memiliki alat ukur panjang dengan satuan m. Apa yang harus dilakukan ayah?

Jawab:

Ayah harus mengubah satuan inch menjadi meter. Caranya yakni: 1 inch = 0,025 m maka,

100 x 0,025 = 2,5 m.

Jadi, ayah harus memotong kayu dengan panjang 2,5 m untuk membuat meja.

4. Sebuah selendang memiliki panjang 200 inch dengan hiasan batik pada motifnya. Jika diubah menjadi satuan yard, berapakah panjang selendang tersebut?

Jawab:

1 inch = 1/36 yard maka,

200 x (1/36) = 5,555 yard.

Jadi, selendang tersebut memiliki panjang 200 inch atau sama dengan 5,555 yard.

5. Sebuah LCD memiliki panjang 500 cm terpasang di depan kelas. Berapakah panjang LCD tersebut jika siswa harus mengukurnya dengan cm?

Jawab:

1 inch = 2,54 cm maka,

500 cm : 2,54 = 196,8503 inch.

Jadi, panjang LCD di kelas adalah 500 cm atau 196,86 inch.

1 inci berapa cm jumlahnya sudah diketahui dengan bahasan di atas. Anda bisa gunakan inch ataupun cm dalam mengukur benda disekitar Anda. Perlu Anda ketahui jika ketepatan hasil hitung sangat diperhatikan dalam dunia pendidikan.

Pastikan Anda tidak salah menulis angka karena itu akan mempengaruhi hasil ukur. Bilangan di depan ataupun dibelakang koma adalah penting untuk sama-sama dituliskan secara akurat. Setelah memahami 1 inch berapa cm, konversi satuan ukur mana lagi yang ingin Anda ketahui?

Posting Komentar