Rumus F ke C (Fahrenheit ke Celcius) dan Cara Mengubahnya

Anda mungkin pernah bertanya-tanya F ke C/Fahrenheit ke celcius itu bagaimana cara mengkonversinya. Jawabannya yaitu Anda dapat menggunakan persamaan

Fahrenheit dan celcius merupakan salah satu jenis suhu. Anda mungkin pernah bertanya-tanya F ke C/Fahrenheit ke celcius itu bagaimana cara mengkonversinya. Jawabannya yaitu Anda dapat menggunakan persamaan rumus T°C = 5/9 (T°F-32°) untuk mendapatkan jawabannya.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih mendalam, apa yang Anda ketahui tentang suhu? Apa saja jenis-jenis suhu selain Fahrenheit dan celcius? Lalu, bagaimana cara mengonversi setiap jenis suhu yang berbeda? Perhatikan terus pembahasannya di bawah ini untuk tahu lebih lanjut.

Pengertian Suhu

Satuan Internasional menyatakan satuan suhu dengan Kelvin. Akan tetapi di negara Indonesia, suhu lebih banyak dinyatakan dengan derajat Celcius. Anda mungkin sudah akrab dengan konsep suhu dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih jika mempunyai aplikasi untuk mengecek suhu yang ada di kota atau domisili tempat Anda tinggal, Anda bisa mengecek suhu yang ada di sekitar Anda itu berapa derajat Celcius. Suhu sendiri merupakan sebuah ukuran untuk menilai panas atau dinginnya suatu objek tertentu.

Besaran suhu bisa Anda ketahui dengan menggunakan alat yang bernama termometer. Semakin tinggi suhu benda, maka benda tersebut semakin panas. Arti dari suhu yang tinggi adalah molekul penyusun benda tersebut memiliki rata-rata energi kinetik yang tinggi.

Baca juga:

4 Macam Skala Suhu

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, skala terbagi atas 4 macam yakni Celsius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur. Celcius mempunyai titik tetap atas 100° dan titik tetap bawah sebesar 0°. Fahrenheit mempunyai titik tetap atas 212° dan titik bawah sebesar 32°.

Kelvin sendiri mempunyai titik tetap atas 373 K dan titik tetap bawah sebesar 273 K. Lalu yang terakhir yaitu Reamur memiliki titik tetap atas 80° dan titik tetap bawah sebesar 0°. Data tersebut diperlukan untuk mengetahui perbandingan antara Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur.

Perbandingan antara Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin yakni 5:4:9:5. Anda perlu memahami mengenai perbandingan tersebut bila ingin mengonversi antara F ke C/Fahrenheit ke celcius, Fahrenheit ke Reamur, Celcius ke Kelvin, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah dan perlu belajar fisika mengenai suhu, maka Anda perlu mengetahui jenis-jenis suhu yang akan dibahas berikut ini. Selain itu, bisa mengonversi antara suhu satu ke jenis suhu lain bisa jadi akan membantu Anda saat dibutuhkan.

Perbedaan Suhu Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur

Suhu memiliki berbagai macam skala. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, suhu merupakan ukuran untuk mengukur dingin atau panasnya suatu benda. Anda bisa menyimpulkannya dengan semakin tinggi suhu benda, maka benda tersebut akan semakin panas.

Perasaan panas atau dingin yang Anda rasakan merupakan hasil sensor di kulit. Cara untuk mengetahui suhu adalah dengan menggunakan sebuah alat yang disebut sebagai termometer. Suhu terbagi menjadi empat yakni Celsius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur.

Keempat suhu tersebut mempunyai perbedaan masing-masing. Nah, apakah Anda sudah merasa penasaran apa perbedaannya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Celcius

Pertama-tama, yang akan dibahas terlebih dahulu ialah suhu yang sudah akrab Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak negara yang menggunakan skala Celcius sebagai skala suhu termasuk Indonesia. Satuan dari skala suhu ini yaitu derajat C.

Pada air mendidih, Anda dapat mengetahui bahwa suhu air mendidih tersebut 100 derajat celcius. Sedangkan pada air yang membeku, skala celciusnya pada suhu 0 derajat celcius. Celcius diambil dari seorang ahli astronomi yang bernama Anders Celsius.

2. Fahrenheit

Skala suhu berikutnya yaitu adalah Fahrenheit atau yang sering Anda kenal dengan lambang huruf F. Skala suhu ini cukup sering dipakai di negara Amerika Serikat.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, pada skala ini air mendidik berada pada suhu 212° F sedangkan air membeku berada pada suhu 32° F.

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan skala suhu ini sebab di Indonesia kebanyakan menggunakan skala derajat Celcius. Namun, Anda bisa mempelajari skala suhu ini untuk mencari tahu jawaban konversi dari Fahrenheit ke Kelvin, Fahrenheit berapa Celcius, dan lain sebagainya.

3. Kelvin

Skala suhu Kelvin menggunakan konsep nol mutlak yang dijadikan sebagai batas bawahnya. Maksud dari nol mutlak tersebut yaitu angka 0 K.

Pada skala suhu ini titik beku sebesar 273 K dan titik didihnya sebesar 373 K. Selisih antara titik didih dan titik beku yaitu 100 derajat. Kelvin diketahui tidak perlu ditulis dengan derajat. Jadi satuan skala suhu ini adalah Kelvin (K).

4. Reamur

Skala suhu berikutnya yaitu Reamur. Skala ini ditemukan oleh seseorang yang bernama Antoine Ferchault de Reamur pada sekitar tahun 1730. Satuan dari skala ini adalah derajat reamur.

Suhu untuk air mendidih pada skala reamur yakni sebesar 80 derajat Reamur sedangkan air membekunya sebesar 0 derajat Reamur.

Perubahan-Perubahan Akibat Adanya Suhu

Pada zat yang membutuhkan kalor, maka zat tersebut tentu saja bisa mengalami perubahan wujud, antara lain:

1. Menguap

Peristiwa satu ini mungkin sudah familiar bagi Anda. Menguap dapat terjadi pada air yang direbus di dalam wadah hingga mengeluarkan uap panas.

2. Menyublim

Berikutnya ada perubahan wujud menjadi gas. Peristiwa menyublim bisa Anda amati pada penggunaan kapur barus yang ditaruh dalam lemari. Semakin lama, kapur barus itu akan mengecil akibat perubahan menjadi gas.

3. Mencair

Perubahan wujud menjadi cair sudahlah lazim ditemukan. Misalnya pada es batu yang dikeluarkan dari kulkas dan terkena sinar matahari maka akan mencair.

Selain perubahan-perubahan di atas, terdapat pula perubahan wujud zat yang melepaskan kalor seperti:

  • Membeku.
  • Mengembun.
  • Mengkristal.

Cara Mengubah F ke C / Fahrenheit ke Celcius

Konversi di sini bermaksud untuk menghitung suhu suatu objek tertentu dari satu skala ke skala lainnya yang berbeda. Misalnya mengubah Fahrenheit ke Celcius maka suhu dalam skala Fahrenheit diubah ke dalam skala Celcius dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah pernah disebutkan tadi, cara untuk mengonversi antara skala Fahrenheit ke skala Celcius yaitu menggunakan persamaan T °C = 5/9 (T°F-32°). Di mana T°C merupakan keterangan dari suhu dalam skala Celcius. Sementara T°F menyatakan suhu dalam skala Fahrenheit.

Misalnya ada contoh soal untuk mengubah 50 derajat Fahrenheit ke dalam skala Celcius maka bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa mengikuti langkah caranya di bawah ini.

Diketahui, T°F atau suhu dalam skala Fahrenheit sebesar 50 dan yang ditanyakan adalah suhu dalam skala Celcius.

T °C = 5/9 (T°F-32°)

= 5/9 (50°-32°)

= 5/9 (18°)

= 10°C

Jawaban, dari soal di atas yakni 50 derajat Fahrenheit diubah ke dalam skala Celcius menjadi 10 derajat Celcius.

Demikian pembahasan mengenai F ke C/Fahrenheit ke Celcius yang dapat Anda pelajari. Sebelum menghitung konversi suhu F ke C, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis suhu beserta pengertiannya.

Posting Komentar