1 Kg Berapa Liter (Kilogram ke Liter)? Berikut Pembahasannya

Untuk menjawab pertanyaan 1 kg berapa liter dan sebaliknya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai densitas atau massa jenis.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda kerap menjumpai satuan berat saat sedang belanja. Misalnya saat membeli beras, minyak, atau sembako lainnya pembeli akan bertanya jumlah barang yang diinginkan. Seperempat kilo, satu kilo, dll. 1 kg berapa liter, ya? 1 kilogram mempunyai berat 1 liter.

Biasanya, semakin berat barang tersebut harganya juga jauh lebih mahal. Harga 1 liter minyak dengan harga 2 liter minyak tentu berselisih. Dengan mengetahui konversi liter ke kg diharapkan Anda bisa memiliki bayangan ukuran barang tersebut meski dengan sebutan yang berbeda.

Menghitung Sembako dalam Satuan Kilogram dan Liter

Sembako atau sembilan bahan pokok banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Bahan-bahan pokok itu terdiri dari beras, sayur, daging, susu, telur, minyak goreng, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengukur ukuran berat dari sembako-sembako tersebut dapat memakai satuan kilogram hingga liter.

Contoh sembako yang banyak dibeli adalah beras. Masyarakat Indonesia memakan nasi sebagai bahan utama mereka. Nasi yang berasal dari beras itu bukan hanya dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan pangan sehari-hari namun juga digunakan sebagai bahan untuk berzakat.

Zakat menggunakan beras ini merupakan tradisi dari mayoritas masyarakat yang memeluk agama islam. Apalagi, saat menyerahkan zakat terdapat minimal timbangan yang harus dipenuhi. Penjual beras di pasar misalnya menjual beras dengan harga per liter atau per kilogram.

Jika Anda masih kebingungan mengkonversi antara liter dan kilogram tentu akan menghambat saat ingin belanja bahan tertentu.

Selain dari pihak pembeli, pihak penjual bahan pokok yang membutuhkan hitungan satuan berat juga penting untuk mempelajarinya agar dagangan bisa diperjualbelikan lancar.

Baca juga:

1 Kg Berapa Liter?

Pertanyaan 1 kilogram berapa liter membutuhkan analisis untuk menjawabnya. Konversi antara kilogram ke liter tidak bisa dilakukan konversi secara langsung. Mengingat bahwa kg adalah satuan massa sedangkan liter merupakan satuan volume.

Supaya Anda dapat melakukan konversi antara kilogram ke liter, maka dibutuhkan besaran lain yang sering disebut massa jenis atau tingkat kepadatan (densitas). Massa jenis sendiri adalah pengukuran massa pada setiap satuan volume benda.

Jika dibuat perumpamaan, maka semakin tinggi massa jenis atau densitas suatu benda tertentu, maka massa setiap volumenya akan semakin besar pula. Cara menghitung massa jenis adalah dengan cara massa dibagi volume.

Ketika Anda mencoba menimbang air sebanyak 1 liter, maka berat yang ditunjukkan dalam satuan kilogram yaitu sekitar 1 kg. Namun meskipun begitu, air berbeda dengan minyak. Massa jenis minyak goreng 1 liter yaitu sekitar 0,9 kg.

Jadi, ketika Anda ingin membuktikan berat minyak 2 liter yang dibeli di supermarket atau pasar dan hasil timbangannya tak sampai 2 kilogram, maka Anda tidak perlu marah. Untuk lebih mudah memahami, Anda bisa mengecek pembahasan berikut ini.

Mengenal Satuan Kilogram dan Liter

Baik kilogram atau liter mempunyai tingkat satuan yang berbeda-beda. Itulah mengapa lebih baik Anda mempelajari keduanya dengan baik untuk tahu perbedaannya. Berikut satuan kilogram dan liter yang perlu Anda ketahui.

Satuan Kilogram

Anda mungkin sudah akrab mendengar satuan kilogram dalam kehidupan sehari-hari. Kilogram termasuk satuan untuk mengukur berat massa suatu benda. Singkatan dari kilogram adalah kg. Ukuran 1 gram sendiri sama dengan 0,001 kg.

Satuan gram merupakan satuan yang digunakan dalam perhitungan massa. Jika 1 gram tadi sebesar 0,001 kg, maka 1 kg sendiri sama dengan 1000 gram. Pelajaran mengenai satuan ini biasanya ada di pelajaran anak sekolah yang membahas tentang satuan berat, satuan panjang, satuan volume, dll.

Besar satuan massa yang berbasis gram yaitu miligram, centigram, desigram, gram, dan lain sebagainya. Berikut contoh konversi satuan kilogram ke satuan SI yaitu antara lain :

  • 1 kg =106 miligram.
  • 1 kg = 105 centigram.
  • 1 kg = 104 desigram.
  • 1 kg = 1000 gram.
  • 1 kg = 100 decagram.
  • 1 kg = 10 hectogram.
  • 1 kg = 10-6 ton

Satuan Liter

Nah, setelah belajar mengenai satuan kilogram selanjutnya Anda perlu mempelajari tentang satuan liter yang tak kalah pentingnya. Jika sudah terbiasa melakukan konversi antara kilogram ke liter, maka Anda tidak akan kesusahan lagi menjawab soal 10 liter berapa kg.

Jika kilogram adalah satuan massa atau berat maka liter merupakan sebutan untuk satuan volume. Umumnya, liter dipakai untuk mengukur massa tertentu seperti benda zat cair maupun zat padat yang dicairkan. Selain itu, satuan liter juga dapat Anda gunakan untuk menyatakan ukuran beras.

Satuan liter termasuk satuan yang cukup populer digunakan. Simbol dari satuan ini yaitu berupa huruf l kecil atau L kapital. Satuan volume yang berada dalam Satuan Internasional (SI) antara lain milimeter kubik, centimeter kubik, desimeter kubik, meter kubik, dan seterusnya.

Konversi satuan liter ke satuan liter lainnya contohnya seperti di bawah ini :

  • 1 liter = 10 deciliter.
  • 1 liter = 100 centiliter.
  • 1 liter = 1000 mililiter

Selain contoh di atas terdapat pula konversi volume dari liter ke meter kubik.

  • 1 liter = 0,001 m3.
  • 1 liter = 1 dm3.
  • 1 liter = 1000 cm3.
  • 1 liter = 1000000 mm3.
  • 1 mm3 = 0,000001 liter
  • 1 cm3 = 0,001 liter.
  • 1 dm3 = 1 liter.
  • 1 m3 = 1000 liter.

Rumus Konversi Kg ke Liter

Untuk menjawab pertanyaan 1 kg berapa liter dan sebaliknya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai densitas atau massa jenis. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, satuan liter dan satuan kilogram merupakan satuan yang berbeda.

Di mana kilogram merupakan satuan untuk menyatakan berat, sementara liter termasuk satuan untuk menyatakan volume. Untuk mengetahui massa jenis suatu benda tertentu, Anda bisa menghitungnya dengan rumus berikut ini.

P = m/v

P merupakan massa jenis benda yang satuannya berupa kg/m3 atau g/cm3. M adalah massa benda yang satuannya kg atau g. Sedangkan v merupakan volume benda yang memiliki satuan m3 atau cm3.

Setelah mengetahui rumus massa jenis di atas, Anda bisa menghitung rumus konversi volume ke massa.

Contoh Soal

1. Diketahui volume suatu air adalah sebanyak 1 liter dan massa jenisnya sebesar 1 kg/liter. Massa air tersebut dapat Anda hitung menggunakan rumus seperti di bawah ini.

  • m = p x v.
  • m = 1kg/liter x 1 liter.
  • m = 1 kg

Jadi, massa 1 liter air sama dengan 1 kilogram.

Anda bisa mempraktikkan rumus di atas ketika menjumpai persoalan yang melibatkan dua satuan berbeda seperti misalnya kilogram dan liter. Namun, untuk lebih memudahkannya lagi akan lebih gampang jika mempunyai tabel konversi dari l ke kg misalnya untuk pedagang beras.

Demikian pembahasan mengenai 1 kg berapa liter yang bisa Anda pelajari. Banyak benda yang menggunakan satuan liter atau kilogram untuk menyatakan ukuran. Itulah mengapa diharapkan Anda mampu menyelesaikan permasalahan konversi dua satuan yang berbeda.

Posting Komentar