Doa Sapu Jagat: Tulisan Arab, Latin beserta Artinya Lengkap

Bacaan doa sapu jagat seringkali dilantunkan oleh umat muslim seusai sholat wajib. Berikut bacaan adalah bacaannya yang benar.

Manusia seringkali membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Banyak cara yang dapat ditempuh sebagai seorang insan untuk memohon pertolongan kepada penciptanya, salah satunya yaitu dengan berdoa. Doa sapu jagat banyak ditempuh oleh orang untuk memohon petunjuk dan pertolongan.

Doa tersebut memang sudah terkenal mampu dijadikan sebagai jabatan untuk memohon ridho kepada Allah. Bacaan sapu jagat memang terkenal singkat namun arti yang terkandung di dalamnya mampu menambah amalan dan pahala untuk kehidupan dunia maupun akhirat Anda.

Kenapa Doa Tersebut Bernama Sapu Jagat?

Pertanyaan itu seringkali timbul di hadapan banyak orang. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh makna yang terkandung di dalamnya mencangkup banyak permohonan mulai dari keselamatan, keamanan, rezeki dan hal baik lainnya. 

Tradisi muslim di wilayah Indonesia biasanya menggunakan sapu jagat sebagai penutup wirid, tahlil, dan Yasin. Pemimpin doa pada momen tersebut biasanya mengajak jamaah lain untuk mengaminkan permohonan dan harapan tersebut, agar bisa terkabulkan.

Mengutip dari bacaan Doa-Doa Mustajab di dalam Al Qur'an bahwa sapu jagat banyak dilantunkan oleh mukmin setelah menjalankan ibadah haji dengan penuh ketulusan. Para mukmin tersebut melontarkan harapan untuk senantiasa bahagia di dunia dan Akhirat. 

Kemudian Allah SWT memuji "bagi mereka adalah bagian (balasan) dari apa yang mereka kerjakan”, (QS Al Baqarah: 202). Dalam tafsiran Ibnu Katsir juga disebutkan bahwa sapu jagat mempunyai kandungan mencangkup kebaikan di dunia dan menghindari diri dari keburukan.

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab, Latin dan Artinya

Bacaan sapu jagat seringkali dilantunkan oleh umat muslim seusai sholat wajib. Banyak keutamaan yang terdapat di dalamnya. Hampir semua umat muslim sudah pasti tidak asing lagi dengan doa tersebut karena bacaan lumayan singkat. Berikut bacaan dari sapu jagat:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar. 

Artinya:Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka."

Sapu jagat seringkali orang gunakan sebagai bentuk permohonan kepada Allah jika terdapat kesulitan agar dimudahkan segala urusan di dunia maupun akhirat.

Makna Sapu Jagat

Bacaan sapu jagat sebenarnya mengandung banyak permohonan dan harapan manusia sebagai hamba yang beriman. Tidak sedikit juga umat muslim mengamalkan makna Sapu jagat dalam kehidupan. Ciri khas bacaan sapu jagad yakni mudah diingat karena cukup singkat.

Kebaikan di dunia memang menyangkut banyak hal mulai dari keamanan selama menjalani kehidupan, mendapatkan pasangan setia, rezeki melimpah, hingga sifat sabar menghadapi kehidupan fana. 

Mendapatkan keuntungan dan kebaikan tentu menjadi harapan hampir semua orang. Hal ini bisa diusahakan jika rajin berdoa dan selalu mengikuti seluruh anjuran dalam agama. Keberkahan selama kehidupan akan membuat manusia senantiasa bersyukur dan berusaha istiqomah.

Keutamaan Membaca Doa Sapu Jagat

Banyak keutamaan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membaca dan menerapkan isi maupun kandungan di dalam bacaan sapu Jagat. Berikut beberapa keutamaan yang bisa didapat saat membaca sapu jagat:

1. Mencangkup Seluruh Kehidupan di Dunia

Sapu jagat memang menjadi salah satu bentuk pujian oleh Allah SWT kepada hamba yang melantunkan dan menerapkan dalam kehidupan. Membaca dan mengamalkan bacaan sapu jagat membuat orang senantiasa dalam lindungan dan kebaikan serta memalingkan segala keburukan.

Kebaikan yang ada di dunia ini mencangkup banyak hal mulai dari rezeki, umur panjang, kesehatan, keamanan, ilmu, pasangan sholih maupun sholihah dan masih banyak lagi. Semua hal yang bermanfaat dan tidak merugikan termasuk dalam kebaikan di dunia.

2. Memperoleh Kebaikan Selama di Akhirat

Semua umat muslim di dunia pasti mengharapkan syafaat ketika hari kiamat tiba. Bentuk mengupayakan keamanan dan keselamatan selama di akhirat sangat banyak salah satunya yaitu membaca doa sapu jagat. Doa tersebut mampu menghilangkan segala rasa khawatir dan gelisah.

Jaminan kebaikan selama di akhirat mencangkup banyak hal salah satunya yaitu ketenangan dari rasa takut saat berada di padang mahsyar, kemudahan selama masa hisab amal perbuatan, dan masih banyak lagi. 

3. Banyak Dibaca Oleh Nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa doa sapu jagat sering dilantunkan oleh nabi Muhammad SAW. Keutamaan inilah yang menyebabkan umat muslim berlomba-lomba untuk melantunkan bacaan sapu jagat setelah selesai sholat dan dalam momentum tertentu.

Anas bin Malik mengucapkan “ Allahumma Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Allah, Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Jalan Penuh Keselamatan

Orang yang rajin membaca doa sapu jagat umumnya pasti memiliki sifat sesuai anjuran dalam bacaan tersebut. Membaca dan mengamalkan doa sapu jagat mampu menghindari berbagai macam bentuk keburukan selama kehidupan di dunia. 

Hamba yang ingin mendapatkan keselamatan dan keberkahan di dunia maupun akhirat bisa mengikuti beberapa anjuran seperti mengikuti perintah Allah, menjauhi larangan-nya dan meninggalkan hal-hal yang diharamkan.

5. Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Anas Bin Malik mengatakan bahwa saat Rasulullah menjenguk orang sakit sering membacakan doa ini. Hal ini juga masih banyak diterapkan oleh kehidupan manusia hingga saat ini. Membaca doa sapu jagat saat sakit mampu menjadikan diri Anda lebih tenang dan nyaman.

Tidak sedikit pula, mukmin yang bertaqwa akan mengikuti jejak Rasulullah berupa membacakan doa ampuh sapu jagat jika sedang mengunjungi kerabat maupun sanak saudara yang sedang sakit. Manfaat itu memang benar-benar terbukti khasiatnya.

Baca juga:

Waktu yang Pas untuk Membacakan Sapu Jagat

Banyak orang yang meyakini terdapat momen tertentu doa ini terbukti memberikan manfaat. Membaca doa sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Tetapi ada beberapa waktu yang dapat dijadikan sebagai alternatif berdoa mustajab. Berikut beberapa waktu tersebut:

1. Antara Adzan dan Iqomah

Waktu singkat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membaca sapu jagat sambil menunggu. Tidak sedikit pula orang akan membaca wirid dan doa lain sebagai pelengkap sembari menunggu waktu sholat tiba. Tradisi ini sudah banyak dijalankan oleh hampir semua umat muslim di dunia.

2. Setelah Sholat Fardhu

Momen doa yang mudah diijabah oleh Allah yakni setelah sholat wajib 5 waktu. Pada momen tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai waktu untuk membaca sapu jagat. Anda bisa membaca doa tersebut setelah bacaan doa lainnya. Kebanyakan sapu jagat dibaca paling akhir.

3. Setelah Sholat Sunah

Selepas sholat sunah baik tahajud maupun duha banyak orang memanfaatkan momen tersebut untuk melantunkan sapu jagat. Anda bisa melakukan hal tersebut pada pukul 01.00 sampai menjelang waktu subuh tiba. Doa ini memang dapat dibaca oleh siapa saja.

4. Malam Lailatul Qadar

Momen paling tepat selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membaca sapu jagat yakni saat menjelang Lailatul Qadar. Momen Lailatul Qadar memang seringkali dinantikan seluruh umat muslim karena lebih baik dari seribu bulan. 

5. Malam Ke-23 Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan waktu penuh pengampunan. Banyak umat muslim di dunia yang berlomba-lomba mencari keberkahan dari bulan ramadhan. Anda bisa memanjatkan berbagai macam doa seperti sapu jagat pada momen bulan suci. 

Nah itulah beberapa manfaat dari sapu jagat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlepas dari banyaknya manfaat dan keutamaan, membaca sapu jagat bisa mendekatkan diri dengan Allah. Oleh sebab itu, di momen tertentu banyak orang gemar membaca doa sapu jagat.

Posting Komentar