Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai Arab, Latin dan Artinya. Mencintai atau menyukai seseorang adalah tarikan hati yang bisa

Mencintai atau menyukai seseorang adalah tarikan hati yang bisa muncul kapan saja dan kepada siapa saja tanpa tertebak. Lalu bagaimana membuat orang tersebut agar mencintai kita dan menjadi jodoh kita? Salah satu caranya yakni dengan mengamalkan doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai.

Doa adalah cara yang ampuh dalam menuntaskan segala urusan. Termasuk perkara jodoh yang berkaitan dengan menarik hati orang yang Anda sukai, bahkan dari jarak jauh. Doa pun ialah cara terbaik bagi seorang muslim yang taat dalam mencintai dan mengekspresikan cintanya kepada orang lain.

Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai

Doa ini berdasarkan kisah dari Nabi Daud a.s dan Nabi Musa a.s. Ketika beliau berdua sama-sama harus menghadapi suatu hal yang sukar melunak bagi manusia.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ (...) كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orangnya) ... kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.”

Dan artinya:

"Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”

Namun, saat Anda mengamalkan doa ini, hendaknya cinta Anda jangan sampai hanya karena nafsu semata. Nafsu adalah pendorong terbesar bagi umat manusia menjadi pribadi yang buruk. Tanpa adanya rahmat dan perlindungan Allah SWT, nafsu bisa dengan mudah mengarahkan Anda untuk berbuat jahat.

Doa Memudahkan Urusan Pendekatan

Bukan hanya dengan doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai dari jarak jauh, Anda juga bisa mengamalkan doa-doa dalam pendekatan. Supaya urusan Anda selama proses mendekati orang tersebut mendapat kemudahan dari Allah SWT, sebagaimana yang ada dalam Q.S Taha: 25-28:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Dan artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

Doa agar Mencintai Kita karena Allah SWT

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan sebuah doa untuk meluluhkan hati orang yang kita cintai hanya karena Allah SWT, yaitu:

اللَّهمَّإِنِّيأَسْأَلُكَحُبَّكَ،وَحُبَّمَنْيُحِبُّكَ،وَالعمَلالَّذِييُبَلِّغُنيحُبَّكَ،اللَّهُمَّاجْعلحُبَّكَأَحَبَّإِلَيَّمِننَفسي،وأَهْلي،ومِنالماءِالبارِدِ

Allahumma Inni-As’aluka Hubbaka Wa Hubba Man Yuhibbuka Wal-Amalalladhi Yuballighuni Hubbak. Allahummaj’al Hubbaka Ahabba Ilaiya Min Nafsi, Wa Ahli Wa Minal-Ma’il-Barid.

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, curahan cinta-Mu dan rasa cinta kepada orang-orang yang mencintai-Mu dan kecintaan melakukan perbuatan yang dapat menyampaikan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah jadikanlah kecintaanku kepada-Mu melebihi kecintaanku kepada diriku, keluargaku, dan kepada air yang segar."

Doa untuk Segera Mendapat Kebaikan dalam Hubungan

Doa ini kaitannya dengan sebuah hubungan yang sedang terjalin antara dua orang. Khususnya bila hubungan tersebut sedang berjalan dengan kurang baik. Bacalah doa dari Al-Qur’an surat Al-Qashas ayat 24 ini sebanyak tujuh kali setiap Anda selesai sholat subuh:

رَبِّإِنِّىلِمَاأَنْزَلْتَإِلَيَّمِنْخَيْرٍفَقِيْرٌ

“Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr.”

Dan artinya:

“Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Doa untuk Seseorang yang Kita Cintai agar Mencintai Kita

Ada satu doa dengan lafal pendek yang mengandung makna begitu dalam dan luar biasa untuk Anda amalkan.

أَحَبَّكَ الَّذِيْ أَحْبَبْتَنِي لَهُ

“Ahabbakalladziii ahbabtanii lahu.”

Dan artinya:

“Semoga Allah mencintai kamu yang cinta kepadaku karena-Nya.”

Bacaan ini berdasarkan hadis Rasulullah yang Abu Daud riwayatkan. Panjatkan sebagai bentuk kerinduan akan cinta Allah SWT yang mencintai makhluk-Nya. Lafal pendeknya mudah untuk Anda hapalkan. Namun, pastikan mengamalkannya dengan yakin dan ikhlas mengharap ridho Allah SWT.

Doa agar Seseorang Merindukan Kita

Selain memohon seseorang agar mencintai kita dan menjadi jodoh, ada pula doa yang dapat memunculkan rasa rindu dengan menyebut namanya.

اللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ بِهَيْبَةِ عَظَمَتِكَ وَبِسَطْوَةِ جَلَالِكَ اَنْ تَجْعَلَ مَحَبَِّتِى (فلانة بنت فلان) وَاَنْ تُلْقِى المَوَدَّةَ وَالمَحَبَّةَ فِى قَلْبِهَا وَعَطْفِهَا عَلَيَّ بِفَضْلِكَ يَاكَرِيْم

“Allahumma inni as aluka, bihaibati adhamatika, wabisatwati jalaalika antaj’ala mahabatii fii qalbi wa’an tulqil mawaddata wamahabata fii qalbihi wa aththofhu, alayya bi fadhlika yaa kariim.”

Dan artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, berkah wibawa keagungan-Mu dan amukan keluhuran-Mu, agar Engkau jadikan kecintaan di dalam hati … (sebutkan namanya bin nama dari ayahnya) …. Dan resapkanlah kecintaan dan kasih sayang terhadapku di dalam hatinya. Dan cenderungkan ia padaku lewat anugerah-Mu. Wahai Dzat Yang Maha Mulia.”

Doa Meluluhkan Hati Seseorang dari Jarak Jauh

Adakalanya jarak yang jauh menjadi persoalan serius dalam hal percintaan, saat Anda baru mulai mengenal orang yang Anda sukai. Hanya dengan doa dari Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 14 Anda bisa menggapainya, walau dari jarak jauh.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ وَٱلْخَيْلِ ٱلْمُسَوَّمَةِ وَٱلْأَنْعَٰمِ وَٱلْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَٰعُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَٱللَّهُ عِندَهُۥ حُسْنُ ٱلْمَـَٔابِ

“Zuyyina lin naasi ḥubbusy syahawaati minan nisaai wal baniina, walqanaṭiril muqanṭarati minaz zahabi, wal fiḍḍati wal khailil musawwamati wal an’aami wal ḥarss, zaalika mataa’ul-ḥayaatid dun yaa, wallaahu ‘indahụ ḥusnul maaab.”

Dan artinya:

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

Cara mengamalkan doa ini adalah membacanya sambil membayangkan atau memikirkan wajah orang yang Anda tuju. Namun, hati Anda harus senantiasa tulus ikhlas dan hanya mengharapkan pertolongan Allah SWT. Tidak ada yang lainnya.

Baca juga:

Doa Meluluhkan Hati Orang yang Membenci Kita

Bakal selalu ada orang-orang yang memendam kedengkian dan iri hati, hanya karena tidak menyukai kehidupan orang lain. Sebaik apapun sikap orang tersebut kepada para pembencinya. Tanpa penyelesaian yang baik dan benar, perselisihan tersebut akan terus berlangsung dan sukar berakhir.

Ikhtiar yang bisa Anda lakukan pula untuk mengatasi itu ialah melalui doa. Berdoalah agar Allah SWT membantu meluluhkan hati pembenci tersebut dengan membaca:

اللهم اني اسالك حبك وحب من يحبك والعمل الذي يبلغني حبك اللهم اجعل حبك احب الي من نفسي واهلي ومن الماء البارد

“Allahumma inni as`aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal amalal ladzi yu ballighuni hubbak. Allahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli wa minal ma’il barid.”

Dan artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu cinta-Mu dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon kepada-Mu perbuatan yang dapat mengantarku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih kucintai daripada diriku, keluargaku, dan air yang dingin (di padang yang tandus).”

Doa Meluluhkan Hati Orang yang Marah

Kemarahan kerap kali melanda hati banyak orang secara alami. Bentuk emosi dan perasaan yang muncul sebagai respons atas situasi dan kondisi tak terkendali atau kekecewaan. Ada banyak kondisi yang bisa memicu munculnya marah seperti fustasi karena tertipu.

Bisa juga karena mendapatkan ancaman, perlakuan tidak adil, kenangan dari masa lalu, serangan fisik atau psikis yang menyakitkan, atau tidak dihargai. Bacakanlah doa ini sebelum atau saat Anda menghadapi seseorang yang sedang marah untuk meluluhkan hatinya:

سُبْحَانَ اللّهِ  - والْحَمْدُللّهِ -  وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ  - وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم

“Subhanallah, Walhamdulillah, Wala ilaha illallah wallahu akbar, wala haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim.”

Dan artinya:

“Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.”

Ada pula lafal yang lainnya, yakni:

“La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab’a wa rabbul ‘arsyil ‘adzim, la ilaha illa anta ‘azza jaaruka wa jalla tsanaa’uka.”

Dan artinya:

“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai ‘arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindungan-Mu dan Maha Tinggi perlindungan-Mu.”

Amalkan salah satu atau kedua bacaan ini paling sedikit tiga kali, setiap kali Anda akan berhadapan dengan orang yang marah. Bacalah dengan hati yang ikhlas, semata-mata karena Allah SWT.

Cara Mencintai Orang Lain dalam Islam

Islam memiliki cara-cara yang baik, luhur, dan mulia dalam mencintai seseorang. Rasa cinta yang lahir dari cara-cara tersebut juga bisa meluluhkan hati orang yang Anda cintai. Bukan hanya karena wajah yang rupawan atau harta benda semata, tetapi juga karena sikap dan hal lainnya, seperti:

1. Berbicara dengan Baik Tanpa Menyakiti

Pada dasarnya, hubungan antarmanusia yang baik, tenteram, dan damai dapat terjalin hanya jika mampu berbicara dengan baik tanpa saling menyakiti. Ketika hubungan seperti ini sudah menjadi kebiasaan, maka cinta dapat tumbuh kapan saja dan kepada siapa saja yang melakukannya.

Terlebih, bila orang yang Anda sukai sering melihat Anda berbicara dengan sopan dan hormat kepada orang yang lebih tua. Sebaliknya, siapa pun tidak akan suka mendengar kata-kata kasar. Ketika mereka tidak bisa merasa nyaman, jangankan cinta, mereka justru akan lebih memilih untuk menghindar.

2. Bersikap Baik

Bersikap baik bukan hanya lewat ucapan belaka. Juga jangan hanya Anda tujukan kepada orang yang Anda sukai saja. Bersikap baiklah kepada siapa pun, maka semua kebaikan tersebut akan kembali kepada Anda dalam bentuk yang tidak akan Anda duga.

Siapa tahu, sikap baik yang Anda tunjukkan setiap waktu terlihat oleh orang yang Anda sukai hingga mampu meluluhkan hatinya. Lagipula, mengaplikasikan sikap baik dalam keseharian juga merupakan ajaran Islam.

3. Melalui Doa

Doa adalah senjata yang paling kuat dalam mencintai seseorang. Lewat doa, kerasnya hati orang yang Anda sukai bisa luluh dengan pertolongan Allah SWT. Mulai saja dengan doa-doa yang pendek. Lakukan secara rutin dan ikhlas, serta niatkan semata-mata hanya karena Allah SWT.

4. Murah Senyum

Mudah tersenyum kepada siapa saja juga termasuk kebaikan yang bisa Anda tebarkan. Apa sulitnya menebar senyum yang ramah dan hangat? Orang-orang yang menerimanya akan bahagia, begitu pula seseorang yang Anda sukai.

5. Rendah Hati

Tidak ada satu pun manusia yang berhak sombong, karena sombong hanyalah hak milik Sang Pencipta. Jadi apa pun pencapaian Anda, tetaplah rendah hati. Khususnya dalam mencintai seseorang. Lagipula orang yang Anda cintai bukanlah milik Anda sepenuhnya.

6. Tolong-Menolong dalam Kebaikan

Tidak ada ruginya menolong sesama dalam hal kebaikan, karena Allah SWT pasti membalasnya cepat atau lambat. Namun, lakukan pertolongan tersebut hanya karena-Nya, dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Cinta bukan hanya tentang hubungan satu arah, ego, atau pemaksaan. Cara-cara menjalin cinta bukan hanya dengan doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai, tetapi juga melalui sikap yang baik. Selain itu, senantiasa berharaplah akan pertolongan dari Allah SWT untuk memudahkan urusan Anda.

Posting Komentar