Download Bacaan Al Barzanji Lengkap dan Terjemahannya

Salah satunya yaitu bacaan Al Barzanji yang biasanya dibaca dalam peringatan maulid nabi, karena di dalamnya mengisahkan kehidupan Rasulullah.

Ada banyak kitab yang dapat dimanfaatkan para muslim untuk memperdalam ilmu agama dan meneladani kisah para ulama. Salah satunya yaitu bacaan Al Barzanji yang biasanya dibaca dalam peringatan maulid nabi, karena di dalamnya mengisahkan kehidupan Rasulullah.

Di dalamnya memuat kisah Rasulullah secara lengkap. Mulai dari kelahiran, kehidupan awal, hingga kisah dakwah dan sifat-sifat baik Rasulullah yang patut diteladani. Saat ini Anda dapat mengunduh dan mengakses teks Barzanji secara online lewat tautan yang dilampirkan dalam artikel berikut.

Download Bacaan Al Barzanji Lengkap dan Terjemahannya

Pada awalnya, kitab Al Barzanji berjudul "Iqd Al-Jawahir" atau yang berarti kalung permata. Tapi kemudian kitab tersebut lebih dikenal dengan sebutan Al Barzanji, karena merujuk pada pada pengarangnya, yaitu Sayyid Ja'far bin Hasan Al Barzanji. Download file berikut untuk melihat isi kitab.

1. Link Download Kitab Al Barzanji Arab

Tautan berikut berisi bacaan kitab Al Barzanji lengkap yang ditulis dalam tulisan Arab (tanpa tulisan latin dan terjemahannya). Bentuknya berupa file PDF yang bisa langsung Anda download secara gratis melalui Google Drive. Berikut identitas kitab beserta link download-nya.

  • Judul: Iqd Al-Jawahir (Al-Barzanji)
  • Ukuran file: 10.08 MB
  • Ditulis oleh: Sayyid Ja'far bin Hasan al Barjanzi
  • Diterbitkan oleh: Maktabah Al-Madinah
  • Diterbitkan di: Karatasi, Pakistan
  • Link Download: Download di sini

2. Link Download Kitab Al Barzanji dan Terjemahannya

Khusus bagi Anda yang ingin mempelajari arti bacaan dalam kitab Al Barzanji, coba baca kitab beserta terjemahannya melalui link berikut. Bentuknya juga berupa file PDF, namun isi di dalamnya berupa teks Al Barzanji Arab beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

  • Judul: Terjemah Al-Barzanji
  • Ukuran file: 3 MB
  • Disusun oleh: Ilzamul Wafik
  • Link Download: Download di sini

Intisari Kitab Al Barzanji

Tautan untuk mengunduh kitab Al Barzanji telah tersedia di atas. Anda bisa langsung membacanya untuk mengetahui isi kitab selengkapnya. Namun, jika ingin mengetahui intisari bacaan Al Barzanji, terlebih dahulu, simak beberapa daftarnya berikut ini.

1. Silsilah Nabi Muhammad

Kitab Al Barzanji menceritakan silsilah keluarga nabi Muhammad yang merupakan anak dari seorang bernama Abdullah. Abdullah sendiri merupakan keturunan Abdul Muthalib bin Hasyim, yaitu yang anak dari Abdul Manaf bin Qushai, dan seterusnya.

2. Kegiatan Berniaga yang Dijalankan Rasulullah

Selain ditugaskan sebagai pemimpin muslim, nabi Muhammad juga terkenal sebagai saudagar yang jujur dan sukses. Kitab ini mengisahkan bagaimana Rasulullah dulu ikut pamannya berniaga hingga ke kota Syam Syuriah sejak usianya masih 12 tahun.

3. Kisah Pernikahan Rasulullah

Rasulullah menikah saat beliau berusia 25 tahun. Saat itu nabi Muhammad meminang Sayyidah Khadijah yang berusia lebih tua darinya, yaitu 40 tahun. Khadijah sendiri merupakan sosok wanita setia yang senantiasanya menamani nabi Muhammad menjalankan kegiatan dakwah.

4. Kisah Pengangkatan Muhammad Menjadi Utusan Allah

Dalam kitab Al Barzanji juga menceritakan kisah nabi Muhammad ketika diangkat menjadi Rosul di usia 40 tahun. Saat itu Allah mengutus malaikat Jibril memberikan wahyunya yang kemudian ditandai dengan turunnya surat Al-Alaq ayat 1-5 di gua Hira.

5. Kisah Wafatnya Nabi Muhammad

Akhir hidup Rasulullah juga tidak luput dikisahkan dalam kitab Al Barzanji ini, yaitu ketika nabi Muhammad wafat di kota Madinah. Tepatnya, pada tanggal 12 Rabi'ul Awal pada tahun 11 Hijriah. Saat itu nabi Muhammad sering ditimpa sakit, hingga akhirnya meninggal dunia.

Baca juga:

Keutamaan Membaca Kitab Al Barzanji

Setelah mengetahui intisari kitab Al Barzanji, sekarang ketahui juga keutamaan membaca kitab yang ditulis Sayyid Ja'far bin Hasan al Barjanzi tersebut. Ada banyak manfaat yang bisa muslim dapatkan jika sering membaca dan mengamalkan kitab Al Barzanji, di antaranya:

1. Sumber Inspirasi dan Keteladanan Rasulullah

Dengan membaca kitab Al Barzanji, seorang muslim dapat mengetahui kisah inspiratif Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan teladan utama umat Islam. Lewat kitab tersebut, muslim dapat dapat belajar tentang kesabaran, kejujuran, keadilan, dan sifat-sifat terpuji lainnya dari Rasulullah.

2. Pembentukan Akhlak ke Arah Lebih Baik

Membaca kitab Al Barzanji yang memuat banyak kisah teladan Rasulullah juga dapat membantu seorang muslim membentuk akhlak yang lebih baik. Misalnya, terinspirasi menjadi lebih lemah lembut setelah mengetahui bagaimana kasih sayang nabi Muhammad ketika berinteraksi dengan orang lain.

3. Meningkatkan Pengetahuan Keagamaan

Lewat kitab Al Barzanji, seorang muslim juga dapat meningkatkan pengetahuan tentang agama Islam, khususnya yang berkaitan dengan sejarah Rasulullah. Dengan mempelajari tafsir dan terjemahannya, seorang muslim bisa mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang agama Islam.

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Membaca kitab Al Barzanji juga dapat membantu memperkuat hubungan spiritual seorang muslim dengan Allah. Dalam proses membaca, seseorang dapat menghayati perjuangan Rasulullah dalam menegakkan agama Islam, sehingga termotivasi untuk lebih meningkatkan keimanan kepada Allah.

5. Bijaksana dalam Mengambil Keputusan Hidup Sehari-Hari

Kisah-kisah dari kehidupan nabi Muhammad SAW dapat memberikan banyak hikmah dan pelajaran berharga bagi seorang muslim. Khususnya untuk membantu muslim dalam mengambil berbagai keputusan penting dalam hidupnya.

Dengan memahami bagaimana nabi Muhammad menghadapi tantangan, mengelola konflik, dan menyelesaikan masalah, seseorang dapat belajar untuk mengambil keputusan yang bijaksana. Salah satunya yaitu dengan senantiasa melibatkan Allah dalam mengambil setiap keputusan penting.

Bacaan Al Barzanji termasuk salah satu kitab yang sering dibaca kaum muslim, terutama saat peringatan hari-hari besar Islam. Di dalamnya memuat banyak kisah inspiratif yang dapat diteladani dari kehidupan Rasulullah SAW. Download dan baca kitab selengkapnya melalui tautan di atas.

Posting Komentar