Tulisan Arab Astaghfirullah, Latin, dan Artinya Lengkap

Bagaimana tulisan arab Astaghfirullah? Sebagai umat Islam, tentunya harus tahu bagaimana penulisan Arab dari kalimat istighfar ini.

Bagaimana tulisan arab Astaghfirullah? Sebagai umat Islam, tentunya harus tahu bagaimana penulisan Arab dari kalimat istighfar ini. Apalagi istighfar digunakan sebagai upaya untuk memohon maaf kepada Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan. 

Kalimat istighfar seolah menjadi salah satu yang harus sering dilantunkan setiap saat. Pasalnya kalimat ini mengandung makna pengakuan kesalahan dan kesadaran akan kelemahan manusia serta keinginan untuk bertaubat dan berupaya menjadi pribadi yang lebih baik.

Bagaimana Tulisan Arab Astaghfirullah?

Bagaimana tulisan astagfirullahaladzim Arab? Istighfar merupakan doa pengampunan yang sering diucapkan oleh umat Islam. Secara Arab, penulisan kalimat istighfar adalah "أَسْتَغْفِرُ اللهَ" (Astaghfirullah), yang secara harfiah berarti "Aku memohon ampun kepada Allah." 

Untuk kalimat Astaghfirullah Adzim, maka penulisan nya adalah استغفر الله العظيم, kalau ingin yang lebih lengkap lagi maka استغفر الله العظيم من كلّ ذنب العظيم yang artinya aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, dari segala dosa besar.

Mengucapkan istighfar secara rutin dianggap sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam tradisi Islam, banyak doa-doa istighfar yang diajarkan oleh Nabi Muhammad sebagai contoh untuk umatnya. 

Istighfar dianggap sebagai pintu pengampunan Allah yang luas, sehingga umat Islam dianjurkan untuk selalu merenungkan dosa-dosa mereka dan secara tulus memohon ampunan kepada-Nya. Lalu, apa saja keutamaan dari membaca kalimat istighfar?

Keutamaan Kalimat Istighfar

Sebelumnya, tahukan Anda bedanya Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim? Tentu, perbedaannya terletak pada penulisan dan artinya. Astaghfirullah "أَسْتَغْفِرُ اللهَ" berarti aku memohon ampun kepada Allah. 

Sedangkan Astaghfirullahaladzim “استغفر الله العظيم” berarti aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.

Kalimat istighfar merupakan bahasa istimewa yang menjadi salah satu kalimat untuk memohon ampunan dan menaati perintah Allah SWT. Ternyata ada beberapa keutamaan jika Anda rajin membaca tulisan arab astaghfirullah atau istighfar setiap hari.

Beberapa keutamaannya adalah sebagai berikut:

1. Memperoleh Kebaikan di Dunia

Keutamaan yang pertama adalah bisa memperoleh kebaikan di dunia. Ini adalah manfaat membaca istighfar dengan ikhlas dan tulus. 

Allah SWT berfirman:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِير

Artinya: "Dan minta ampunlah kepada Rabb kalian, dan bertaubatlah. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu yang sudah ditentukan, dan Dia akan memberikan kepada hambanya yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat" (Hud: 3)

2. Terhindar dari Musibah

Manfaat selanjutnya dari rajin membaca istighfar adalah bisa terhindar dari musibah. Ini mengingatkan para umat Islam pada kisah Nabi Yunus. Saat itu, Allah SWT menyelamatkan Nabi Yunus dari perut ikan paus karena beliau juga membaca istighfar.

3. Membuka Pintu Rezeki

Allah SWT juga akan membuka pintu rezeki hambanya yang rajin membaca istighfar. Ketika seseorang dengan tulus dan ikhlas memohon ampunan-Nya, Allah SWT akan melihat kebaikan dan niat baik tersebut.

Allah SWT telah menjanjikan dalam Al-Quran bahwa Dia akan memberikan rahmat-Nya kepada hamba-hamba yang beristighfar. Dalam banyak hadits juga disebutkan bahwa istighfar memiliki banyak manfaat, termasuk membuka pintu rezeki.

Dalam memenuhi janjinya, Allah SWT dapat membuka pintu-pintu rezeki yang mungkin tidak terduga. Rezeki bisa berupa keberkahan dalam pekerjaan, peluang bisnis, pertolongan dari situasi sulit, atau pemberian rezeki dalam bentuk lain yang memenuhi kebutuhan hamba.

Baca juga:

4. Mempermudah Berbagai Urusan

Kalimat istighfar yang diucapkan berulang juga bisa mempermudah berbagai urusan Anda. 

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Nabi Muhammad mengenai manfaat istighfar yang bisa memberi jalan keluar bagi berbagai kesedihan. Bahkan, setiap kesempitan juga akan mendapatkan kelapangan. Intinya, membaca istighfar harus dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Tidak cukup hanya sekedar mengucapkan kata-kata tanpa makna yang mendalam. Membaca istighfar dengan hati yang tulus dan ikhlas berarti benar-benar menyadari setiap doa yang telah dilakukan dan merasakan penyesalan.

5. Menjadi Semakin Dekat dengan Allah SWT

Siapa hamba yang tidak ingin lebih dekat dengan Allah? Tentunya seluruh umat Islam menginginkannya. Ini juga menjadi salah satu keutamaan dari membaca istighfar.

Membaca istighfar dengan tulus berarti mengarahkan kita untuk memiliki kesadaran diri yang lebih baik. Kita menjadi lebih peka terhadap kesalahan dan dosa-dosa yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya. 

Hal ini memungkinkan kita untuk terus berbenah dan meningkatkan hubungan kita dengan Allah SWT. Pintu keberkahan dan pengampunan akan lebih mudah diperoleh orang-orang yang selalu mengingat Allah SWT dan menyesali berbagai dosanya.

6. Menghapus Dosa

Tentu saja, rajin beristighfar dengan hati yang tulus juga bisa menghapus dosa-dosa. Dengan membaca istighfar sama dengan mengakui kesalahan di hadapan Allah SWT serta memohon ampunan-Nya. 

Allah SWT adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dia memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memperbaiki diri dan menghapus dosa-dosa. 

Ketika Anda berbuat kesalahan lalu bertaubat dengan sungguh-sungguh, Allah yang Maha Penyayang akan mengampuni dosa-dosa yang Anda sesali.

Namun, penting untuk diingat bahwa beristighfar bukanlah alasan untuk terus melakukan dosa tanpa penyesalan. Kita harus sungguh-sungguh berupaya menghindari dosa dan menjalankan kehidupan yang sesuai dengan ajaran-Nya. 

Beristighfar dengan hati yang tulus adalah langkah awal dalam proses perbaikan diri dan menghapus dosa-dosa kita.

7. Mengabulkan Doa

Berdoa yang didahului oleh istighfar akan lebih mudah untuk mendapat ijabah. Hal ini mencerminkan kerendahan hati kita dan kesungguhan dalam menghadap Allah SWT.

Dalam banyak hadis, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk beristighfar sebelum berdoa. Hal ini menunjukkan pentingnya membersihkan diri dari dosa-dosa dan meraih kesucian hati sebelum berkomunikasi dengan Allah SWT.

Setelah mengetahui manfaat dari Istighfar, tidak ada salahnya untuk mengamalkannya setiap hari. Anda juga bisa memajang tulisan Arab Astaghfirullah di tempat ibadah di rumah sebagai pengingat tentang pentingnya beristighfar.

Posting Komentar