Doa Pulang Umroh untuk Tamu Tulisan Arab, Doa Pulang Umroh Mabrur

Ada beberapa doa pulang umroh untuk tamu tulisan Arab. Anda bisa mengamalkan yang mana saja. Doa sesudah pulang umroh untuk tamu bisa Anda baca

Ada banyak doa dalam rangkaian umroh sejak sebelum keberangkatan hingga kepulangan. Umumnya saat sudah pulang, akan ada banyak orang yang bertamu ke rumah untuk meminta doa. Ada beberapa doa pulang umroh untuk tamu tulisan Arab. Anda bisa mengamalkan yang mana saja.

Doa sesudah pulang umroh untuk tamu bisa Anda baca ketika para tamu tersebut sedang berada dalam rumah Anda. Sama halnya seperti kepulangan dari ibadah haji yang juga dimintai doa-doa oleh tamu. Minimal dari banyaknya kumpulan doa yang ada, ada salah satu yang bisa Anda berikan.

Ibadah Umroh

Umrah merupakan salah satu bentuk kegiatan ibadah yang ada dalam agama Islam. Mirip beribadah haji, hanya saja dengan rangkaian aktivitas yang lebih pendek, waktu fleksibel, biaya lebih kecil, serta cakupan tempat-tempat yang berbeda.

Pelaksanaan beberapa ritual ibadahnya berlangsung dalam Masjidil Haram, Kota Makkah. Cara-caranya adalah dengan melakukan ziarah ke ka’bah, lalu menjalankan tawaf mengelilinginya. Berlanjut melakukan sa'i antara bukit Shafa dan Marwah. Cukur atau gunting juga rambut Anda.

Begitu pentingnya ibadah umroh sebagai salah satu ajaran sunah dari Rasulullah SAW, maka tidak heran bila itu juga termasuk doa pulangnya. Sudah seperti ritual yang tidak terpisahkan seusai menjalankan umroh. Apalagi dengan kebiasaan mengunjungi kerabat atau tetangga yang sudah membudaya.

Ditambah lagi, ketika baru saja pulang dari perjalanan jauh yang berhubungan dengan peribadahan serta diri yang suci. Bukan hanya berkunjung sebagai tamu setelah Anda pulang, tidak sedikit pula yang turut menitipkan doa sebelum berangkat umroh. Misalnya, doa supaya bisa lekas menyusul umroh juga.

Keutamaan Membaca Doa Pulang Umroh Mabrur

Salah satu keutamaan penting dari doa umroh adalah menunjukkan kesungguhan Anda dalam melaksanakan umroh yang mabrur. Doa sepulang umroh memperbesar peluang ibadah Anda senantiasa mendatangkan manfaat yang besar. Tidak ada kebahagiaan usai melaksanakan umroh selain mabrur.

Kendati belum semua orang yang pulang dari umroh sadar akan keutamaan dari doa tersebut. Masih ada juga yang melewatkannya. Karena antara lain belum hapal lafal doa pulang umroh untuk tamu tulisan Arab. Salah satunya karena ada banyak macam kumpulan doa tersebut.

Doa Pulang Umroh untuk Tamu Tulisan Arab

Tidak semua orang mendapat kesempatan untuk menjalankan umroh. Salah satu faktornya adalah soal biaya. Supaya bisa mengamalkan doa pulang umroh untuk tamu yang datang ke rumah, maka Anda mesti tahu tulisan Arab-nya terlebih dulu. Setelahnya, Anda bisa mulai menghapalkannya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا،  وَعُمْرَتَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّاِر. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Doa seputar ibadah umroh juga bukan hanya kepada para tetangga, melainkan pula dari para tamu kepada Anda. Tidak lain berisi doa-doa keselamatan, kelancaran, dan ibadahnya diterima Allah SWT. Biasanya sesudah mendoakan, para tamu bisa menikmati oleh-oleh dari umroh.

Hukum Doa Pulang Umroh untuk Para Tamu

Sebetulnya, tidak benar-benar ada dalil yang secara spesifik menyebutkan doa khusus terkait jamaah umroh setelah pulang. Namun, bagaimanapun doa berisi harapan-harapan baik. Ada atau tidaknya dalil, mendoakan tetap mengandung kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Pun selama Anda meyakini setiap doa yang Anda panjatkan, niscaya akan Allah SWT kabulkan. Apalagi bila doa-doa tersebut untuk orang lain. Siapa saja bisa melakukannya. Kapan pun boleh melaksanakannya. Bahkan tanpa ada permintaan dari kerabat, Anda bisa mendoakan begitu saja.

Sebagaimana tersebut dalam sebuah hadis mengenai manfaat doa yang memberi kebaikan bagi kehidupan. Hadis tersebut adalah dari Muadz RA, yang menerangkan bahwa Nabi SAW bersabda,

"Sesungguhnya doa itu bermanfaat (memberi kebaikan) untuk yang sudah turun (terjadi) dan yang belum terjadi. Karena itu, perbanyaklah berdoa, wahai hamba Allah."

Hadis tersebut diriwayatkan Imam Ahmad dan Tirmidzi, serta dihasankan al-Albani.

Baca juga:

Anjuran untuk Jamaah Pulang Umroh

1. Membacakan Doa

Bukan hanya Jemaah yang sudah pulang dari umroh yang membacakan doa, para tamu yang datang ke rumah pun bisa melakukannya, yakni mendoakan jamaah tersebut. Tentu dengan lafal doa yang berbeda. Sebagaimana doa berisi harapan baik, maka harapan tersebut juga untuk kebaikan jemaah.

Ini tercantum pula dalam Hasyiyah al-Qalyubi. Tersebut mengenai anjuran saat melakukan penyambutan untuk jemaah yang baru saja pulang dari umroh.

"Hendaknya mereka (keluarga) menyambutnya (orang yang umroh) seperti yang lain, dan memberikan doa (jika baru pulang haji atau umroh), ‘Semoga Allah menerima umrohmu, semoga Allah mengampuni dosamu dan memberi ganti untuk biaya perjalananmu.’”

Anjuran tersebut pun semakin kuat dengan adanya keterangan dalam Kitab Al-Furu’ dari Ibnu Muflih. Beberapa ulama menganjurkan pula supaya mendoakan jemaah yang baru saja pulang dari umroh. Termasuk dalam ulama tersebut yakni al-Ajuri yang menukil keterangan dari al-Fadhl ibn Ziyad.

2. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Umroh akan menjadi sia-sia dan amat sayang, bila sepulang dari tanah suci tidak ada perubahan signifikan dalam kualitas beribadah. Tingkatkan ibadah sehari-hari Anda agar memperoleh umroh yang mabrur. Lebih bagus lagi bila menambahkan beberapa ibadah yang belum pernah Anda kerjakan.

Salah satunya seperti melaksanakan salat sunah dua rakaat setibanya Anda pada kampung halaman. Ini juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas segala nikmat kelancaran dan keselamatan selama Anda umroh. Alangkah baiknya bila melakukan salat tersebut dalam masjid yang berada dekat rumah.

Setiap Jemaah yang beribadah ke tanah suci, baik umroh maupun haji pasti sangat ingin memperoleh mabrur. Mulai dari perilaku hingga ke kualitas ibadah. Bukan hanya untuk ajang pamer karena punya kemampuan melaksanakan umroh, bahkan hingga berkali-kali.

Dari yang sebelumnya bermalas-malasan untuk salat, berubah rajin lima waktu. Bahkan sampai melaksanakan salat sunah. Dari yang sebelumnya agak pelit, menjadi dermawan tanpa pamrih. Begitu pula memperbaiki perilaku menjadi lebih tenang, sabar, dan pemaaf.

Sesudah tahu, doa pulang umroh untuk tamu tulisan Arab tersebut bisa mulai Anda hapalkan. Tambahkan juga kebaikan kepada para tamu dengan bersedekah. Bukan hanya memberi doa, melainkan pula menebar kebaikan ke saudara, kerabat, hingga tetangga.

Posting Komentar