Rekomendasi 5 Aplikasi Pengubah Tulisan Latin ke Arab, Bisa Dipakai di HP Android

Aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab ternyata ada cukup banyak tersedia. Terutama, bagi Anda yang menggunakan smartphone Android.

Aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab ternyata ada cukup banyak tersedia. Terutama, bagi Anda yang menggunakan smartphone Android. Ternyata pilihan aplikasi dengan layanan ini cukup banyak. Namun, diantara banyaknya pilihan itu, tidak semua aplikasi bisa efektif digunakan untuk mengubah tulisan. 

Layanan aplikasi ini memang ditujukan untuk memudahkan Anda menerjemahkan tulisan Arab. Selain itu, agar Anda mengerti cara membaca tulisan Arab dalam tulisan latin. Namun, tidak semua aplikasi bisa menyediakan perubahan yang akurat dan benar. 

Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi yang tidak hanya sekedar menyediakan fitur pengubah tulisan saja. Namun, bisa memastikan bahwa fitur dan hasil perubahan yang diberikan akurat. Sehingga, lebih berguna bagi Anda yang ingin belajar membaca tulisan Arab. 

Rekomendasi Aplikasi Pengubah Tulisan Latin ke Arab 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, walaupun pilihan aplikasi ini cukup banyak. Apalagi, bagi Anda smartphone Android. Anda tinggal membuka toko aplikasi yang tersedia, memasukkan nama aplikasinya. 

Kemudian, akan banyak pilihan aplikasi yang bisa didownload. Namun, tidak semua aplikasi ideal untuk digunakan dan bisa menyediakan perubahan tulisan yang akurat. Penting bagi Anda untuk memilih aplikasi yang tepat agar tidak ada kesalahan perubahan tulisan. 

Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah tulisan latin ke Arab. Jika Anda Android sedang mencari aplikasi dengan layanan ini. Maka, aplikasi dibawah ini adalah pilihan yang ideal:

1. Harakat Keyboard

Pilihan aplikasi pertama yang direkomendasikan adalah Harakat Keyboard. Seperti nama aplikasinya, Harakat Keyboard tidak hanya bisa mengubah tulisan Arab ke tulisan latin saja. Aplikasi ini juga menyediakan layanan yang mengubah keyboard latin menjadi keyboard Arab. 

Jadi, saat Anda mengetik akan langsung menjadi tulisan Arab di tampilan layar. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki panduan untuk belajar huruf Arab. Mulai dari pengenalan huruf sampai penggunaan harakatnya. Tidak heran, jika aplikasi ini ideal sekali untuk belajar.

Cara menggunakan aplikasi ini bisa dengan mengcopy paste kalimat yang ingin diubah penulisannya. Anda juga bisa menuliskan langsung kalimat yang ingin diubah dengan keyboard yang sudah diset dalam tulisan Bahasa Arab. Itu jika Anda sudah memahami cara untuk menulis tulisan Arab. 

2. Alquran Arab dan Latin Pemula

Sesuai dengan nama aplikasinya, aplikasi ini sangat ideal untuk para pemula yang tidak mengerti sama sekali Bahasa Arab maupun tulisan Arab. Aplikasi ini berupa Al Quran yang tersedia dalam Bahasa Arab maupun latin untuk membacanya. 

Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur tambahan untuk menerjemahkan tulisan arab ke latin. Jadi, tidak harus ayat Alquran saja. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan tulisan dalam Bahasa Arab yang lain. 

Penggunaan dan tampilan aplikasinya sangat sederhana dan mudah diakses. Desain ini memang sengaja, agar para pemula semakin mudah menggunakan dan mempelajari tulisan Arab dan latin. Jadi, Anda yang masih pemula tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi satu ini. 

3. Indonesian-Arab Translator

Jika ingin mengubah tulisan Arab ke latin maupun sebaliknya, tentu saja aplikasi yang paling ideal digunakan adalah aplikasi penerjemah. Aplikasi Indonesia-Arab Translator adalah aplikasi khusus untuk menerjemahkan dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia. 

Dalam aplikasi ini, terdapat juga fitur mengubah tulisan Arab ke latin. Jadi, Anda tinggal mengcopy tulisan arab yang ingin diubah. Kemudian, menempelkannya pada kolom yang disediakan dan memproses perubahannya. 

Tulisan latin dari tulisan Arab tersebut akan langsung muncul di layar. Walaupun punya fitur penerjemahan, namun aplikasi ini terbilang aplikasi yang ringan. Jadi, smartphone Android dengan spesifikasi minimum saja bisa memasang dan menggunakan aplikasi ini. 

Baca juga:

4. Tulisan Arab Sehari-Hari

Jika Anda ingin belajar tulisan Arab dan bisa diaplikasikan langsung di kehidupan sehari-hari. Maka, pilihan aplikasi yang tepat adalah Tulisan Arab Sehari-Hari. Sesuai dengan nama aplikasinya, Anda tidak hanya bisa mengubah tulisan Arab ke latin saja. 

Namun, mengenali tulisan Arab yang memang sering di kehidupan sehari-hari. Anda bisa mempelajari bahasa dan tulisan Arab praktis yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Seperti yang diketahui, belajar bahasa yang paling ideal adalah dengan menerapkannya. 

Jika Anda mempelajari Bahasa Arab yang memang digunakan sehari-hari. Maka, semakin mudah mengaplikasikan dan melatihnya. Dengan begitu, akan semakin terlatih dan cepat menguasai. Baik Bahasa Arab maupun mengenali dan menulis tulisan Arab. 

5. Menulis Arab Pegon

Aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab ini bukan mengubah tulisan arab sembarangan. Namun, tulisan arab yang lebih istimewa yaitu arab gundul. Arab gundul adalah tipe tulisan Arab yang tidak menggunakan harakat. Jadi, biasanya lebih sulit dialih bahasakan maupun diubah ke tulisan latin. 

Cara menggunakannya sangat sederhana, Anda tinggal mengcopy tulisan Arab pegon yang ingin diubah. Kemudian, mempastenya ke dalam aplikasinya. Maka, hasil perubahan tulisannya akan terlihat di layar. 

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini akan membantu Anda untuk mempelajari huruf Arab Pegon. Huruf yang menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia, walaupun penggunaannya belum dikenal secara luas.

Semua aplikasi yang disebutkan di atas bisa didownload di toko aplikasi resmi smartphone Android. Setiap aplikasi bisa digunakan secara gratis, jadi Anda tidak perlu membayar lagi.

Di antara banyaknya pilihan aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab yang tersedia di toko aplikasi Android. 5 aplikasi yang disebutkan di atas merupakan yang paling direkomendasikan untuk digunakan. Semuanya bisa memberikan perubahan tulisan arab ke latin yang akurat dan rapi serta paling sesuai. 

Posting Komentar