6 Bacaan Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Arab, Latin dan Artinya

Salah satu bacaan yang paling terkenal memang adalah Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai. Namun, masih ada doa-doa lain dari beliau yang bisa diamalkan.

Salah satu kisah nabi dan rasul yang paling terkenal dalam Al-Qur’an adalah kisah hidup Nabi Yusuf a.s. Mulai dari kelahiran beliau hingga menafsirkan mimpi. Nabi Yusuf juga terkenal sebagai sosok yang rupawan dan banyak dicintai. Ada bacaan doa Nabi Yusuf agar dicintai yang bisa Anda amalkan juga.

Doa-doa ini pun ada beragam. Misalnya, ada pula doa Nabi Yusuf agar wajah bercahaya, perlindungan dari maksiat, atau saat merindukan seseorang. Namun, ada cara mengamalkan tersendiri untuk doa-doa tersebut agar lebih maksimal. Termasuk kapan waktu yang baik untuk membaca doa-doa tersebut.

Bacaan Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai

Salah satu bacaan yang paling terkenal memang adalah doa agar dicintai seperti Nabi Yusuf. Namun, masih ada doa-doa lain dari beliau yang tak kalah pula pentingnya. Seperti doa untuk menghindari maksiat, saat bercermin, punya akhlak mulia, dan masih banyak lagi. Berikut kumpulan doa-doa tersebut:

1. Doa agar Dicintai dan Wajah Bercahaya

Soal perjodohan, percintaan, tampil dengan wajah yang bercahaya nan rupawan, dan mendapat rasa suka dari banyak orang. Siapa yang tidak menginginkannya? Mengusahakan semua itu lewat doa-doa juga salah satu cara manusia dalam berikhtiar beserta tawakal untuk mendapatkan yang terbaik.

Salah satu amalan yang bisa Anda lakukan adalah melalui bacaan doa Nabi Yusuf agar disukai banyak orang. Sebagaimana kelebihan yang beliau miliki pula dengan wajah yang rupawan. Berikut adalah bacaan dan artinya:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.”

Dan artinya: ”Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.“

Namun, pastikan Anda punya niat baik dan keimanan yang kuat bila hendak mengamalkan doa ini. Bukan karena kecintaan Anda pada keduniawian, atau hanya karena ingin menaklukkan para wanita. Jadi Anda pun akan secara sadar, sabar, dan penuh rasa syukur selama mengamalkannya.

2. Doa Saat Bercermin dan Berakhlak Mulia

Nabi Yusuf bukan hanya masyhur akan ketampanannya. Beliau pun memiliki akhlak mulia yang bisa umat Islam teladani. Akhlak yang menjadikan beliau lebih baik dari saudara-saudaranya, dan menyelamatkan beliau dari banyak situasi.

Kemuliaan akhlak beliau bahkan tercermin saat beliau bercermin. Sebagai bentuk ungkapan syukur atas segala karunia, kebaikan, dan pertolongan dari Allah SWT., meski dengan beragam ujian dan cobaan. Bacalah doa berikut ketika Anda bercermin:

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

“Allahumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.”

Dan artinya: ”Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.“

Dengan satu-satunya pertolongan dari Allah SWT., tujuan doa ini adalah agar Anda mendapat akhlak yang baik dari-Nya.

3. Doa Pengasih dari Surat Yusuf

Ada pula doa Nabi Yusuf ayat 4 dari Q.S. Yusuf yang bisa Anda amalkan sebagai doa pengasih. Ini berhubungan dengan mimpi yang datang kepada beliau berupa sebelas bintang, juga sujudnya matahari dan bulan kepada beliau. Dalam Al-Qur’an berbunyi:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ 

“Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn.”

Dan artinya: ”(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.“

Setelah mendengar kabar dari Nabi Yusuf mengenai mimpi tersebut, ayah beliau memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa agar beliau mendapat lindungan Allah SWT dari segala marabahaya dan kejahatan para saudaranya. Saudara-saudara beliau membencinya karena iri merasa dengan wajahnya.

4. Doa Memohon Perlindungan Allah SWT

Dengan latar belakang kisah Nabi Yusuf yang sering mendapat perlakuan jahat dari saudara-saudaranya, terdapat doa perlindungan yang tertuang dalam Al-Qur’an. Bacaan doa tersebut ada pada ayat 101 Surat Yusuf, yang berbunyi:

رَبِّ قَدْ ءَاتَيْتَنِى مِنَ ٱلْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِى مِن تَأْوِيلِ ٱلْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ 

“Rabbi qad aataytanii minal mulki wa ‘allamtanii min ta’wiilil ahaaditsi, faathiros samaawaati wal ardhi, anta waliyyi fiddunyaa wal aakhiroh, tawaffanii muslimaw wa alhiqnii bish shoolihiin.”

Dan artinya: ”Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.“

Dalam Surat Yusuf pada ayat ke-64, juga ada doa untuk memohon agar terlindungi dari kejahatan, yang artinya adalah:

”Maka Allah adalah sebaik-baik Penjaga dan Dia adalah Maha Penyayang diantara para Penyayang.“

5. Doa Menghindari Perilaku Keji dan Maksiat

Nabi Yusuf juga mendapat cobaan berupa kehadiran wanita yang berniat menjerumuskan beliau dengan berbuat kemaksiatan. Wanita yang merupakan istri dari pengasuh beliau menggoda dan memaksa beliau untuk bersetubuh dengannya. Berikut adalah doa untuk menangkalnya dengan lindungan Allah SWT:

قَالَ رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

“Qāla Rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad’ụnanī ilaīh, wa illā taṣrif ‘annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn.”

Dan artinya: ”Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.“ (Q.S. Yusuf, ayat 33)

6. Doa Saat Merindukan Seseorang

Nabi Yusuf a.s. pernah merindukan Zulaikha setelah rasa cinta beliau tumbuh kepadanya. Nabi Yusuf pun berdoa kepada Allah SWT setiap kali beliau merindukannya. Anda bisa mempraktikkannya, karena rindu yang baik adalah melalui doa berikut:

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِىٓ 

“Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii.”

Dan artinya: “Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu di asuh di bawah pengawasanku.” (Q.S. Thaahaa, ayat 39)

Baca juga:

Cara Mengamalkan Bacaan Doa Nabi Yusuf

Supaya doa-doa Nabi Yusuf dapat bermanfaat lebih baik, ada cara-cara tepat setiap kali Anda hendak mengamalkannya, yaitu:

1. Menjaga Wudhu

Meski berdoa bisa Anda lakukan kapan saja, tetapi alangkah lebih baiknya bila dalam keadaan memiliki wudhu. Jadi ketika memanjatkan permohonan kepada Allah SWT, badan Anda bersih dan suci dari segala hadas.

2. Setelah Melaksanakan Sholat Fardhu

Salah satu waktu mustajab dalam berdoa adalah dengan melakukannya seusai sholat fardhu. Biasanya kesempatan ini ada pada akhir sholat atau sebelum salam. Bisa juga pada akhir sujud kedua sebelum salam. Lantunkan doa tersebut sebanyak tujuh kali.

3. Sambil Menahan Napas

Cara mengamalkan doa Nabi Yusuf agar dicintai juga dengan membacanya sambil menahan napas. Setelah menyelesaikan bacaannya, tiupkan pada kedua telapak tangan Anda lalu usapkan ke wajah. Lakukanlah dengan rutin.

4. Ketika Bercermin dan Menggunakan Wewangian

Salah satu doa Nabi Yusuf agar wajah bercahaya. Jadi Anda bisa mengamalkannya saat Anda tengah menghadap cermin sambil memakai wewangian atau parfum. Amalkan dengan rutin dan sabar.

5. Memanfaatkan Waktu-Waktu Mustajab

Dari sekian jam waktu yang manusia miliki dalam sehari, terdapat beberapa waktu yang berkemungkinan kecil untuk doa Anda tertolak. Waktu-waktu tersebut antara lain:

  • Jeda sesudah adzan dan sebelum iqomah.
  • Ketika adzan berkumandang.
  • Ketika hendak berbuka puasa.
  • Malam lailatul qadar.
  • Sepertiga malam paling akhir.

Keutamaan dan Manfaat Kumpulan Doa Nabi Yusuf

Setiap doa yang Anda amalkan dengan niat yang baik dan iman yang teguh dan kuat pasti mendatangkan manfaat dan keutamaan. Begitu pula doa Nabi Yusuf agar dicintai dan kumpulan doa lainnya dari kisah beliau. Doa-doa yang semata hanya karena Allah SWT memberikan keutamaan dan manfaat seperti:

1. Terhindar dari Musibah

Sebagaimana rezeki, kebaikan dunia, jodoh, dan keberuntungan, musibah juga merupakan kehendak dari Allah SWT. Tidak ada satu pun yang dapat menghindari takdir yang sudah menjadi ketetapan dari-Nya. Namun, kita masih bisa memanjatkan doa dengan ikhlas dan pasrah agar dapat menghindarinya.

2. Memancarkan Aura Cahaya dari Wajah

Nabi Yusuf memiliki aura yang memancarkan cahaya dari wajah. Beliau berakhlak terpuji, dengan selalu berdoa setiap kali becermin. Atas kuasa Allah SWT, mengamalkan doa-doa Nabi Yusuf juga memunculkan aura cahaya dari wajah serta menambah pesona diri Anda.

3. Mudah Melawan Hawa Nafsu

Ada doa Nabi Yusuf yang bertujuan untuk meminta perlindungan dari perbuatan keji dan ajakan maksiat. Godaan hawa nafsu yang menjerat manusia ke jurang hina. Anda bisa mengamalkan doa-doa tersebut untuk mendapatkan manfaat agar lebih mudah melewati segala ujian dunia yang datang dari nafsu.

4. Manfaat Lainnya

  • Selain ketiga keutamaan tersebut, amalan doa Nabi Yusuf yang lainnya yaitu:
  • Memancarkan daya tarik yang dapat memikat lawan jenis.
  • Memudahkan untuk memperoleh jodoh sesuai dengan yang Anda idam-idamkan.
  • Menambah rasa simpati kepada orang lain.

Bukan hanya ada doa Nabi Yusuf agar dicintai yang dapat Anda amalkan. Bahkan bacaan doa lain yang bersumber dari kisah beliau juga mengandung banyak sekali manfaat dan keutamaan. Panjatkan sesuai cara mengamalkan doa-doa tersebut supaya lebih mustajab.

Posting Komentar