Kalimat Efektif untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Tulis Adalah? Ini Contohnya

Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah bagian penting. Hal ini karena mencakup tujuan dan hasil penelitian.

Sebelum membahas pertanyaan “kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah……”, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu karya ilmiah. 

Adapun karya ini merupakan tulisan berdasarkan analisis data dengan menerapkan metode sistematis hingga kaidah ilmu pengetahuan.

Salah satu bagian karya ilmiah adalah tujuan penulisan. Bagian ini merupakan sub bab yang ada pada bagian pembahasan pendahuluan. Penulisan pada bagian ini untuk menjelaskan tujuan dari yang penulis lakukan.

Kalimat Efektif untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Tulis Adalah

Apa kalimat efektif untuk pengantar penulisan dari tujuan karya tulis….

  • A. Di muka telah dikemukakan latar belakang permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut ...
  • B. Tujuan dari pada penulisan ini adalah sebagai berikut ....
  • C. Karena itu tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut ....
  • D. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut ....
  • E. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut ....

Pembahasan:

Pada penulisan pengantar tujuan untuk karya tulis ilmiah harus menerapkan penggunaan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah pembaca pahami secara cepat dan ringkas.

Salah satu ciri dari kalimat efektif adalah menerapkan unsur pokok atau minimal unsur subjek,  predikat hingga penggunaan kata yang tidak berulang.

Kalimat efektif yang dapat digunakan sebagai pengantar penulisan tujuan karya ilmiah yaitu bertujuan sebagai berikut…., maka jawaban yang tepat adalah E. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut.

Apa itu Kalimat Efektif?

Kalimat efektif merupakan kalimat yang mengungkapkan gagasan sesuai dari author atau penulis.  Suatu kalimat dapat tergolong sebagai kalimat efektif apabila pembaca bisa menyampaikan kembali isi dari gagasan tersebut.

Jika kamu telusuri dalam kamus, kalimat efektif juga memiliki makna sebagai “membawa pengaruh”. Hal ini artinya kalimat efektif menjadi kalimat yang membawa pengaruh hingga kemudahan pembaca dalam memahaminya.

Hampir sama pada kalimat umumnya, kalimat efektif juga terdiri dari berbagai elemen. Termasuk Subjek (S), Predikat (P), Objek (O) hingga Keterangan (K). Biasanya, kalimat efektif ini mudah kamu temukan dalam sebuah teks karya ilmiah.

Cara Menulis Kalimat Efektif untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Ilmiah

Setelah mengetahui kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis tidak lain untuk mengungkapkan gagasan, tentunya sekarang kamu paham bahwa kalimat efektif sangat penting.

Karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya tulisan yang mengulas penelitian dari bidang tertentu. 

Di dalam penulisan ini kalimat efektif bertujuan untuk menyampaikan maksud dan tujuan penulis secara langsung dalam karya tulis mereka.

Adapun kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis di bawah ini adalah mencakup ciri-ciri sebagai cara untuk kamu menulis sebuah karya ilmiah. Seperti laporan penelitian, skripsi, jurnal, disertasi dan lain sebagainya.

Baca juga:

Ciri-ciri Kalimat Efektif

Memahami bagaimana penulisan kalimat efektif memang tidak mudah, terlebih bila kamu masih baru dalam penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, perhatikan ciri-ciri dari kalimat efektif berikut:

1. Kesepadanan Struktur

Pada dasarnya  kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur. Hal ini artinya mencakup keseimbangan antara gagasan dan struktur yang terkandung dalam kalimat tulisan dari karya tulis ilmiah.

Adapun struktur ini mencakup subjek dan predikat yang jelas ataupun tidak ada kata penghubung pada kalimat tunggal.

2. Keparalelan Bentuk

Ciri-ciri lainnya dari kalimat efektif adalah harus memiliki bentuk yang paralel. Apabila bentuk pertama menggunakan kata kerja, maka bentuk selanjutnya juga harus kata kerja. Demikian juga bentuk lainnya yang harus mengikuti bentuk pertama.

3. Kehematan Kata

Demi meringkaskan teks karya ilmiah, maka ciri-ciri berikutnya dari kalimat efektif sebagai cara penulisan adalah tidak menggunakan kata yang berulang ataupun frasa yang bentuknya tidak perlu.

4. Kelogisan Bahasa

Ciri-ciri lainnya yang bisa kamu temukan dari kalimat efektif untuk karya ilmiah adalah kelogisan bahasa. Hal ini artinya ide pada kalimat yang digunakan dalam penelitian dapat diterima oleh akal dan penulisan yang sesuai dengan ejaan berlaku.

Setelah mengetahui ciri-cirinya tentunya kamu akan lebih mudah dalam cara menulis kalimat efektif untuk karya tulis ilmiah.

Contoh Kalimat Efektif untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Ilmiah

Tak kenal maka tak sayang. Pelajari lebih banyak contoh kalimat efektif terutama jika kamu ingin membuat pengantar tujuan karya ilmiah. Lihat contohnya di bawah ini:

  • Pekerja dari perguruan tinggi yang terkenal itu menerima hadiah (salah).
  • Pekerja dari perguruan tinggi terkenal itu menerima hadiah (benar).

Pada contoh di atas kata yang hanya pemborosan kata. Sebab, tanpa kata "yang" kalimat sudah bisa berdiri sendiri dan jelas.

Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah cara penulisan yang berfokus pada isi penting tanpa menggunakan pemborosan kata atau frasa. 

Hal ini membuat kalimat efektif bertujuan untuk meringkas tulisan menjadi singkat dan jelas.

Posting Komentar