Penggalan Kalimat Resensi Buku Non Fiksi Terdapat dalam Pernyataan? Ini Jawabannya!

Penggalan kalimat resensi dalam buku non fiksi terdapat dalam pernyataan tertentu pada jawaban. Ayo temukan jawabannya disini dengan mudah.
Daftar Isi [Tutup]

    Penggalan kalimat resensi buku non fiksi terdapat dalam pernyataan tertentu dalam sebuah soal. Resensi biasanya ditulis untuk menceritakan kembali dan memberikan pendapat tentang sebuah buku.

    Sedangkan buku non fiksi sebuah karya yang kamu tulis berdasarkan fakta, kejadian, dan peristiwa sebenarnya. Penulis boleh memberikan opini hanya saja tetap berdasarkan kajian ilmiah.

    Penggalan Kalimat Resensi Buku Non Fiksi Terdapat dalam Pernyataan 

    Jika kamu bertanya, penggalan dari kalimat resensi buku non fiksi terdapat dalam pernyataan apa? Berikut ini jawabannya:

    • A. Buku ini secara keseluruhan memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia pada masa depan dalam lingkungan yang baik-baik
    • B. Gaya Mochtar Lubis sangat khas, penggunaan majas perbandingan banyak digunakan dalam buku ini
    • C. Semua unsur yang harus dimiliki dalam sebuah buku fiksi terpenuhi dalam buku ini
    • D. Buku ini mengisahkan tentang seorang guru yang bernama Isa yang hidup pada masa revolusi
    • E. Dalam Burung-Burung Manyar, pengarang menghubungkan kejadian yang dialami tokoh utamanya Setidewa alias Teto yang beraku

    Dari beberapa penggalan kalimat resensi tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A. Buku ini secara keseluruhan memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia pada masa depan dalam lingkungan yang baik-baik. 

    Mari kita bahas satu per satu alasan dari pemilihan jawaban tersebut. Pertama adalah tentang buku non fiksi. Tentunya tipe cerita non fiksi memiliki ciri yang diambil dari kejadian nyata atau peristiwa tertentu. 

    Apabila kamu melihat jawaban B, yakni memberikan pernyataan tentang majas, tentunya hal ini sangat berkaitan dengan cerita fiksi. Dalam menceritakan sebuah cerita khayal atau fiksi seringkali menggunakan bahasa majas.

    Sedangkan apabila menuliskan cerita non fiksi sebaiknya tidak menggunakan majas karena yang kamu deskripsikan tidak boleh berlebihan. Harus sesuai dengan kenyataan dan fakta yang ada.

    Untuk jawaban C sudah jelas tertulis dalam narasi bahwa yang diceritakan adalah buku fiksi. Sedangkan soal membahas tentang buku non fiksi. Untuk itulah pastikan kamu tidak memilih jawaban ini.

    Sedangkan untuk pilihan D sebenarnya mengarah kepada bentuk tulisan fiksi. Seorang guru bernama Isa mungkin saja sebuah tokoh cerita yang belum tentu jelas kebenarannya.

    Jawaban E sudah pasti mengisahkan tentang buku fiksi dalam novel Burung-Burung Manyar. Sedikit pengetahuan umum akan memberikan gambaran hal tersebut.

    Pengertian Resensi Buku

    Banyak ahli yang mendeskripsikan tentang resensi. Akan tetapi, kamu bisa mengambil intisari bahwa resensi adalah sebuah ulasan yang berisikan tentang pertimbangan, perbincangan, kritikan, keunggulan, kelemahan, dan yang lainnya.

    Dalam artian resensi adalah sebuah ulasan isi buku baik itu positif ataupun negatif. Terkadang juga berisikan rekomendasi apakah buku tersebut layak atau tidak untuk bisa kamu baca.

    Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam resensi novel adalah:

    1. Judul

    Dalam sebuah resensi penting untuk memberikan judul sehingga pembaca dapat mengetahui gambaran umum tentang karya tersebut. Buatlah sebuah judul yang menarik sehingga bisa memberikan ketertarikan untuk pembaca.

    2. Data dari Buku

    Hal ini sangat penting untuk bisa mencantumkan berupa judul, nama penulis, tahun terbit, lokasi penerbit, jumlah halaman, dan apabila memungkinkan memberikan harga buku tersebut. 

    3. Pendahuluan 

    Tulislah pendahuluan yang tidak terlalu panjang, akan tetapi memberikan berbagai informasi yang menarik, membahas permasalahan, dan juga solusi. Ceritakan dalam 1-2 paragraf sehingga tidak terlalu membosankan.

    4. Isi Resensi

    Kamu bisa menuliskan tentang apa yang ada dalam buku, akan tetapi dengan gaya bahasamu sendiri. Jangan mengutip isi buku sama dengan tulisan atau resensi. Jika ingin mengutip, bisa membuat sedikit kutipan dari penggalan naskah. 

    5. Penutup

    Pada bagian ini biasanya berisikan kesimpulan yang singkat, padat, dan juga jelas. Sehingga, pembaca menjadi tertarik untuk membaca karya yang kamu buatkan resensinya. 

    Baca juga:

    Pengertian Non Fiksi

    Adalah karangan yang bersifat informatif dan mengandung kebenaran dari peristiwa, orang, dan berbagai informasi yang akan tertuang dalam sebuah karangan. Maka dari itu penulis harus melakukan riset dan analisa mendalam terlebih dahulu.

    Dalam buku non fiksi menggunakan bahasa baku, biasanya berupa tulisan ilmiah populer, dan juga biasanya merupakan sebuah penemuan. Penulis non fiksi tentunya sudah terbiasa dengan format ini.

    Jika menggabungkannya ke dalam resensi non fiksi, maka keseluruhan tulisan haruslah valid. Termasuk juga dalam memperkenalkan pengarang tujuan pengarang buku terdapat pada bagian awal pembahasan data buku.

    Penggalan kalimat resensi buku non fiksi terdapat dalam pernyataan yang menggambarkan tentang ciri-ciri non fiksi. Untuk itulah penting untuk mengetahui jenis cerita dari sebuah ulasan, resensi, atau karya lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>