8 Contoh Takdir Muallaq di dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam Islam adalah istilah takdir muallaq. Bagi yang ingin tahu arti dan contoh takdir muallaq, bisa cek secara lengkap dalam artikel ini!

Umat muslim mungkin sudah pernah mendengar tentang takdir muallaq. Bagi yang belum tahu, kami akan memberikan penjelasannya dengan detail sekaligus contoh takdir muallaq yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara sederhana, Islam memang mengajarkan kita bahwa semuanya yang terjadi pada hidup manusia adalah kehendak Allah SWT. Entah itu yang telah ditentukan atau yang masih terbuka dengan adanya perubahan. 

Dengan adanya takdir ini, besar harapan untuk manusia dalam berusaha sebaik-baiknya demi mencapai tujuan tapi tetap berserah diri kepada Allah SWT. Jangan lupa untuk menerima apa saja yang menjadi keputusan-Nya dengan ikhlas. 

Apa itu Takdir Muallaq?

Secara bahasa, takdir muallaq adalah upaya untuk mengubah takdir atau apa yang akan terjadi dengan cara kerja keras serta ketekunan doa. 

Lalu, secara istilah muallaq adalah ketentuan Allah SWT pada semua umat-Nya yang takdirnya bisa berubah dengan usaha atau ikhtiar serta doa dari manusianya itu sendiri. 

Nah, ikhtiar itu bagi yang belum tahu, merupakan usaha lahiriah manusia demi mendapatkan sesuatu dengan cara yang benar dan halal serta tidak melanggar larangan-Nya. 

Ikhtiar itu sendiri hukumnya wajib dan menjadi ibadah dengan pahala yang besar. Tentu karena tujuannya demi memenuhi kebutuhan pribadi maupun menafkahi keluarganya. 

Jadi dari uraian ini, takdir muallaq adalah hal yang bisa menjadi pemikiran kita bahwa Allah SWT juga melihat usaha maupun doa dari seseorang. 

Contoh Takdir Muallaq

Contoh takdir yang bisa diubah bisa kamu temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Menurut sejumlah sumber, ini dia contoh takdir yang dapat kamu rubah sesuai dengan usahamu: 

1. Keberhasilan dalam Pekerjaan dan Usaha

Setiap orang yang ingin berhasil dalam pekerjaan dan usahanya sendiri, memang wajib bekerja keras untuk mengambil semua peluang yang ada. 

Selain itu mereka pun harus memperbaiki kelemahan dirinya demi menunjang suksesnya atau keberhasilan dalam pekerjaan. 

Hanya saja, keberhasilan dalam karir adalah hal yang tidak pasti. Banyak faktor yang bisa memengaruhi seperti lingkungan sampai dengan kebijakan dari perusahaan. 

Keberhasilan di dalam pekerjaan ini juga termasuk salah satu contoh dari takdir muallaq. 

Meskipun toh keberhasilan di dalam karirmu memang tidak pasti, usaha sekeras dan sebaik mungkin juga berdoa memohon pertolongan Allah SWT adalah hal yang penting. 

Dengan mengusahakan pekerjaan sebaik mungkin juga meminta pertolongan-Nya, maka manusia pun bisa berhasil di dalam karir, pekerjaan, atau usaha yang mereka jalani. 

2. Keberhasilan di dalam Hubungan Percintaan

Takdir muallaq bisa berubah sesuai usaha yang dilakukan manusia sebab memang Allah SWT memberikannya. Salah satu takdir yang hasilnya bisa berubah karena usaha adalah dalam hubungan percintaan atau asmara. 

Seseorang dapat berusaha memperbaiki diri, mencari lebih banyak teman demi mendapatkan jodoh atau pasangan yang sesuai. 

Namun, keberhasilan di dalam hubungan juga menjadi hal yang belum pasti. Ada faktor seperti perbedaan perspektif, norma, karakter, nilai-nilai yang bisa mempengaruhinya. Termasuk juga yang paling penting adalah kehendak Allah SWT. 

Sebagai salah satu contoh dari takdir muallaq, setiap orang termasuk kamu pun bisa berusaha sebaik-baiknya untuk mencari pasangan yang cocok. 

Jika mungkin di awal hubungan progresnya belum terlalu bagus, maka kamu perlu berusaha sebaik mungkin. Jika memang tidak menemukan kecocokan, bisa dikatakan kamu dan dia memang belum berjodoh.

3. Kesehatan dan Penyembuhan

Semua yang terjadi dalam hidup kita, memang telah seluruhnya diatur oleh Allah SWT. Hanya saja, berdiam diri tanpa melakukan apapun bukan pilihan yang tepat jika ingin mencapai sesuatu. 

Misalnya ada yang ingin tetap menjaga kesehatannya. Dengan diam saja dan tidak melakukan apapun, mungkin kamu akan rentan sakit atau lebih gampang sakit. 

Nah, usahanya gimana? Bisa dengan olahraga, makan-makanan sehat, juga gaya hidup sehat. 

Benar sekali. Ini juga termasuk contoh dari takdir muallaq. Meskipun begitu, ada hal yang di awal perlu kamu tahu bahwa kesehatan ini juga sesuatu yang tidak pasti. 

Terkadang meskipun sudah berupaya hidup sehat, ada faktor genetik yang mengakibatkan kamu jatuh sakit atau lebih gampang sakit. 

Begitu juga dengan lingkungan. Jadi memang ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi. Meskipun begitu, bukan lantas kamu nggak ngapa-ngapain dan tidak menjaga kesehatan. 

Kamu tetap harus berusaha demi menjaga kesehatan tubuh dan wajib memohon kepada Allah SWT agar bisa hidup sehat sampai akhir. 

4. Kesuksesan dalam Pendidikan

Contoh takdir muallaq selanjutnya adalah kesuksesan dalam pendidikan. Sebagai contoh, seorang siswa yang belajar dengan keras untuk persiapan ujian masuk universitas. 

Usaha dan berdoanya siswa itu adalah hal yang penting. Akan tetapi, hasil, bukan siswa itu yang menentukan. 

Hasilnya bisa bagus dan bisa juga tidak. Bisa bagus karena Allah SWT mengizinkannya dan bisa tidak karena Allah SWT juga belum mengizinkannya. 

Misal nih. Nilainya udah bagus banget dan akhirnya lulus tes universitas. Akan tetapi, biayanya cukup mahal dan siswa tersebut belum layak menerima beasiswa. Akhirnya gagallah iya untuk masuk universitas. 

Akan tetapi, bisa juga berhasil karena usaha belajar keras yang ia lakukan sekaligus karena izin dari Allah SWT. 

Baca juga:

5. Rezeki Keuangan

Ya, Allah SWT sudah mengatur semua rezeki dari manusia dengan porsi yang paling tepat untuk seseorang. Meskipun sudah ditetapkan, kamu baru bisa mendapatkannya hanya ketika sudah berusaha dengan maksimal. 

Kita tidak akan pernah tahu seberapa besar rezeki keuangan yang sudah Allah SWT takdirkan. Demi mengetahuinya, kamu memang harus berusaha sampai batas optimalmu. 

Ini termasuk sebagai salah satu . Ilustrasinya begini. Misalnya nih, Allah SWT di awal mungkin sudah menetapkanmu jadi seseorang yang kaya raya. 

Akan tetapi, dalam hidupmu, kamu hanya bermalas-malasan, tidak belajar dari kesalahan, dan hanya pasrah saja tanpa bekerja keras untuk meraihnya. 

Bisa jadi takdirmu sebagai seorang kaya raya di dunia tidak bakal terpenuhi karena minimnya usaha. Hayo, usahanya sudah sampai mana nih yang mau kaya? 

6. Keimanan

Selanjutnya contoh takdir muallaq adalah keimanan. Hal ini juga sesuatu yang bisa kamu ubah. Jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan menambah keimananmu dengan memberikan hidayah. 

Akan tetapi, jika kamu enggan, maka sukar untuk meningkatkan keimanan. Kecuali memang Allah SWT telah menyelamatkannya sebelum hari kiamat. 

7. Manusia Rupawan

Kata siapa paras seseorang sudah tidak bisa berubah? Masih bisa berubah dengan usaha yang maksimal loh. Misalnya, kamu bakal tampak lebih menarik kalau merawat wajah dengan skincare dan rutin berwudhu. 

Kamu bisa tampil lebih catchy dan keren jika mengenakan baju terbaik, bersih, dan juga rapi. Akan tetapi, contoh dari takdir muallaq ini pun bisa berlaku sebaliknya. Jika kamu kurang merawat wajah maka jadi kurang menarik. 

8. Aura dan Wibawa

Yap, wibawa juga aura dari seseorang pun termasuk contoh dari takdir muallaq. Aura dan wibawamu bisa terpancar dengan sempurna jika benar-benar menjadi diri-sendiri. Selain itu bisa bertambah maksimal jika keilmuan yang kamu miliki cukup tinggi. 

Itulah beberapa contoh takdir muallaq yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dari artikel ini, kami hanya ingin bilang kalau sebagai manusia kita memang harus berupaya dengan maksimal!

Posting Komentar